Apa Itu Jaringan Komputer

Apa sich pengertian jaringan komputer  itu? Bagaimana sich sistem jaringan komputer itu bekerja? apa saja yang perlu diketahui?

Pengertian jaringan komputer?

Secara sederhana pengertian dari jaringan komputer adalah sekumpulan komputer  yang terhubung satu sama lain baik lewat kabel jaringan maupun medium udara atau gelombang radio. Hal ini dimaksudkan agar kesemua komputer  yang saling terhubung tersebut bisa saling berkomunikasi dalam batasan-batasan keamanan yang di terapkan. Dengan demikian maka dimungkinkan untuk bisa saling berbagi atau sharing documents, printer, dan segala bentuk sumber daya lainnya.




Jaringan dalam sebuah komputer

Sebuah komputer itu sendiri pada dasarnya adalah suatu sistem jaringan dimana semua komponen yang membentuk suatu komputer  itu saling berkomunikasi melalui jalur bus didalamnya. Antara CPU (central processing unit – otak dari suatu komputer ), ROM (read only memory – memory baca saja berisi bahasa mesin), RAM (random access memory – memory penyimpan sementara untuk processing), dan semua elemen pendukungnya saling berkomunikasi untuk melaksanakan tugasnya masing-masing untuk menyelesaikan suatu tugas prosessing yang termasuk diantaranya adalah menjalankan perintah yang diketik melalui keyboard, memproses aplikasi software yang sedang dijalankan, atau membantu proses transmisi data melalui adapter jaringan (NIC) lewat media transmisi untuk menuju komputer  tujuan.

 

Jaringan dua komputer back-to-back

Dua buah komputer yang dilengkapi dengan NIC (network interface card) adapter yang dihubungkan satu sama lain melalui kabel membentuk suatu sistem jaringan komputer dan bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Biasanya konfigurasi seperti ini dimasa lalu dilakukan untuk melakukan backup data dari satu PC ke PC lainnya sebelum PC tersebut diupgrade atau di install ulang OS (operating system) nya. Ini adalah cara klasik untuk backup data dari satu PC ke PC lainnya. Semua orang bisa melakukannya, tidak perlu jasa seorang ahli. Sekarang backup data banyak menggunakan hard disk external melalui koneksi port USB.

Pengertian jaringan komputer bisa berupa komunikasi antar dua handphone yang dilengkapi dengan Bluetooth dan saling didekatkan untuk melakukan transfer lagu, video atau gambar pada dasarnya adalah jaringan komputer  juga.

Handphone canggih dan gadget lainnya adalah piranti berkomputer dalam bentuk mini apalagi sekarang tablet komputer  yang bersifat mobile, compact dan ringan mulai sangat luas dipakai. Sebut saja iPad dan beberapa jenis tablet sejenisnya, sedang komputer  sekarang sudah dikemas dalam satu perangkat yang disebut All-in-one PC. Gambar 1 menunjukkan diagram dua PC yang terhubung menggunakan kabel UTP dan dua telpon cellular yang terhubung lewat komunikasi Bluetooth.

Jaringan dua PC

Jarkom menggunakan switch

sistem jaringan dari dua komputer  atau lebih bisa dibuat dengan menggunakan sebuah Ethernet switch. Banyak dijual dipasaran Ethernet switch yang berisi beberapa port (RJ-45) bisa 8 port, 12, 16, 24 atau 48 port. Jarkom dengan switch ini dengan beberapa koneksi komputer  merupakan jarkom local atau lazim disebut jaringan LAN (local area network). LAN menghubungkan beberapa komputer, switch, printer dan perangkat network lainnya dengan menggunakan kabel dengan technology Ethernet.

jaringan komputer dengan switch

Gb. 2 menunjukkan diagram koneksi tiga komputer  yang terhubung dengan Ethernet switch dengan menggunakan kabel UTP. Jarkom dengan switch ini tidak terhubung dengan dunia luar (Internet), hanya local saja.

 

Koneksi ke Internet

Bagaimana jika ingin berhubungan dengan dunia luar (Internet)? Untuk bisa berhubungan dengan dunia luar pada umumnya perlu berlangganan koneksi broadband internet melalui penyedia jasa layanan internet (ISP) misal lewat Speedy Telkom. Perangkat selanjutnya adalah sebuah modem (dan router). Modem ini adalah perangkat penghubung antara pelanggan dengan kantor pusat ISP melalui kabel line telpon atau fiber optic.

 

Koneksi internet dengan Switch dan modem

Dengan adanya koneksi internet, pada dasarnya pengertian jaringan komputer  ini tidak lagi local (LAN – local area network) akan tetapi sudah terhubung dengan WAN (wide area network) alias terhubung dengan komunikasi global. Karena dengan adanya koneksi WAN ini kita bisa berkomunikasi keseluruh dunia lewat email, bertukar dan berbagi data, streaming video dari internet, komunikasi suara lewat internet atau VoIP (Voice over IP), ikut berpartisipasi dalam konferensi video atau ikut webinar dll. Untuk sistem jaringan komputer  skala bisnis dengan banyak network resources, tentunya anda memerlukan tenaga IT untuk membangunnya atau membayar jasa konsultan.

Gambar 3 adalah diagram koneksi beberapa komputer  dengan Ethernet switch dan sebuah modem-router dari ISP.

jaringan dengan switch

Koneksi internet dengan wireless gateway

Pada umumnya perangkat modem banyak yang terintegrasi dengan wireless Access Point atau umumnya disebut perangkat wireless gateway. Gambar berikut ini adalah diagram jarkom  dengan menggunakan wireless router gateway. Dengan adanya wireless gateway, local network kita menjadi wi-fi network (wireless fidelity).

Jaringan dengan wireless

Dengan wireless / Wi-Fi network maka beberapa perangkat mobile seperti laptop, smart-phone, iPad ataupun Tablet lainnya bisa berkomunikasi atau terhubung kepada jaringan tanpa kabel. Bahkan dengan menambahkan wireless print-server pada printer, kita bisa mengakses printer secara wireless dan bisa meletakkan printer ditempat yang aman dan mudah terjangkau tanpa harus terhubung ke network dengan menggunakan kabel.

 

Koneksi internet dengan Cellular

Koneksi ke internet tidak hanya lewat koneksi kabel broadband, bisa juga menggunakan wireless cellular network. Penyedia jasa cellular network dengan technology 3G atau 4G sekarang ini tidak hanya menyediakan layanan voice saja akan tetapi juga layanan data internet. Telpon genggam sekarang ini sudah bisa sekaligus digunakan untuk mengakses internet. Apakah kita juga bisa berbagi jaringan internet 3G ini dengan beberapa piranti mobile lainnya atau laptop dan PC. Tentu saja, ada banyak wireless router sekarang ini yang dirancang khusus untuk berbagi internet dengan menggunakan internet 3G.

cellular-network

Gambar 5 diatas menunjukkan diagram sistem jaringan komputer  dengan berbagi internet cellular (3G) dengan menggunakan wireless router 3G. Umumnya 3G router mempunyai port USB untuk menyisipkan modem cellular USB sehingga satu account 3G bisa digunakan bersama-sama untuk mengakses cellular internet. Layaknya seperti wireless router biasa, semua piranti mobile seperti laptop, tablet dan smart-phone lainnya bisa berbagi internet lewat jaringan Wi-Fi ini.

 

Jaringan business atau corporate

Kantor-kantor atau korporasi-korporasi sekarang ini sudah pasti membangun sistem jaringan komputer LAN sendiri untuk menunjang produktifitas dan kebutuhan akan komputer  processing diantaranya untuk menunjang applikasi database perusahaan misal applikasi database finance, ataupun aplikasi database yang bersifat modular yang memadukan modul-modul finance, maintenance, material, marketing dll yang biasa disebut ERP (Enterprise resource planning). ERP banyak dipakai pada jaringan perusahaan yang berskala besar atau jaringan enterprise yang mempunyai beberapa LAN tersebar diberbagai lokasi baik di satu Negara ataupun lintas Negara. Umumnya semua LAN tersebut di integrasikan menjadi satu enterprise network dengan koneksi antar LAN mereka dengan koneksi WAN (wide area network). Jarkom skala bisnis memang kompleks, makanya diperlukan banyak network engineer dan bahkan melibatkan jasa konsultan untuk membangunnya.

 

Layanan teknology WAN

Untuk koneksi WAN kita bisa bekerja sama dengan jasa penyedia layanan WAN dengan technology WAN yang mereka sediakan misal menggunakan leased line, frame relay ataupun broadband internet lainnya. Dengan enterprise network antar LAN, suatu enterprise bisa menggunakan satu database tunggal yang sama yang selalu up to date dan bisa diakses oleh seluruh user pada enterprise network mereka, tentunya dengan batasan-batasan tertentu. Hal ini untuk menghindari akses database yang berbeda oleh kantor cabang dengan database yang terupdate di kantor pusat. Komunikasi lewat internal network antara kantor pusat dan cabang menjadi lebih aman dan cepat.

 

Kebutuhan VPN

Adakalanya bahwa dalam suatu jaringan perusahaan kemudahan untuk mengakses resource perusahaan tidak hanya terbatas pada saat user berada pada lokasi perusahaan. Bahkan akses untuk itu bisa dibuka agar kemudahan untuk bisa mengakses data perusahaan bisa dilakukan disaat user berada jauh dari lokasi LAN perusahaan. Koneksi ini biasa dilakukan lewat jaringan internet dengan membuat suatu tunnel yang aman dengan technology VPN (virtual private network). bahkan technology VPN ini biasa dipakai untuk menghubungkan antar site tentunya dengan biaya yang lebih murah.

 

Ancaman bahaya internet

Suatu sistem jaringan korporasi tentunya menyimpan semua informasi di dalam storage-storage data yang disimpan di lokasi internal. Informasi adalah suatu asset perusahaan yang juga perlu mendapatkan perlindungan dari segala ancaman bahaya atas pencurian data baik ancaman dari luar (Internet) maupun dari dalam. Untuk itu suatu network harus diberikan perlindungan maksimal terhadap segala ancaman bahaya.

Pada prinsipnya ada dua macam ancaman bahaya terhadap jaringan kita termasuk asset informasi yang ada dalam jaringan yaitu ancaman dari Internet dan ancaman dari internal sendiri. Ancaman bahaya dari internet umumnya jaringan internal dilengkapi dengan sebuah firewall di setiap titik masuk internet. Tidak cukup hanya dengan firewall, dari internal jaringan pun diberikan perlindungan terhadap segala macam serangan virus yang datang dari internet. Firewall standard tidak semata-mata bisa memberikan perlindungan total terhadap jaringan internal. Virus juga menjadi musuh utama dan ancaman terhadap asset informasi perusahaan.

 

Ancaman virus

Virus menyerang setiap titik kelemahan yang terdapat dalam sistem jaringan. Untuk itu sistem manajemen patch dari OS (Windows dan sejenisnya) juga perlu diimplementasikan untuk menutup segala macam titik kelemahan system. Disamping itu juga, sistem manajemen virus perlu juga di implementasikan.

 

Strategy backup restore

Disamping itu, informasi yang disimpan dalam sistem jaringan pun juga perlu mendapatkan perlindungan in case suatu saat terjadi suatu bencana, maka informasi tersebut masih bisa diselamatkan atau dikembalikan seperti semula walau sistem infrastructure jaringan hancur. Untuk itulah strategi backup restore yang rapi perlu juga di implemantasikan, agar suatu saat terjadi kerusakan atau kehilangan akan bisa dikembalikan seperti semula.

Dalam suatu jaringan enterprise yang bersifat kritis dan kesinambungan business adalah suatu tuntutan, high availability (HA) sistem harus lah dibuat. Pengertian jaringan komputer yang bersifat high availability bahwa sistem tidak boleh ada downtime sedikitpun dan jika terjadi suatu disaster maka sistem bisa failover ke site lain.

Check juga disini untuk semua dalam kategory Jaringan Komputer.




Share

You may also like...

1 Response

  1. MUA Semarang says:

    Informative sekali. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *