Apa Itu SFP Transceiver

Dalam perkembangannya perangkat jaringan computer memberikan solusi koneksi dengan kecepatan sangat tinggi dengan memanfaatkan kabel fiber optic yang relative sangat kebal terhadap interferensi sehingga sangat jernih. Dan salah satu yang dipakai sebagai interface koneksi kecepatan tinggi adalah SFP transceiver.




Apa itu SFP

SFP merupakan kependekan dari small form-factor pluggable yaitu suatu perangkat yang compact berupa suatu transceiver yang bersifat hot-pluggable yang biasa digunakan dalam applikasi komunikasi dan telekomunikasi data. Form factor dan interface kelistrikannya dispesifikasikan oleh suatu perjanjian multi source (multi-source agreement – alias MSA).

Interface serat Optic

Perangkat ini menjadi interface suatu perangkat jaringan motherboard yang biasa digunakan pada sebuah router atau switch kepada kabel jaringan fiber optic ataupun copper. Perngkat SFP transceiver ini dirancang untuk mendukung standard komunikasi pada jaringan SONET, Gigabit Ethernet, Fibre Channel atau lainnya.

Mengingat ukurannya yang lebih kecil dibanding pendahulunya transceiver GBIC, yach memang SFP ini dianggap sebagai penggantinya, produk ini juga lazim disebut sebagai “mini-GBIC”.

Pilih yang sesuai

Dengan memilih modul SFP yang sesuai, port kelistrikan yang sama pada switch dapat terhubung ke serat optic dari berbagai jenis baik multimode atau singlemode dan panjang gelombang yang berbeda. Jadi sifatnya sangat praktis, jika anda harus mengupgrade serat-optic, maka modul SFP juga perlu diganti dengan yang sesuai.

Cisco SFP Transceiver

SFP mengubah sinyal listrik serial ke sinyal optik serial dan begitu juga sebaliknya. Modul SFP bersifat hot swappable, bisa diganti saat ON dan perangkat ini mengandung ID dan sistem informasi pada Switch.

Combo SFP Ports

Ada model switch yang bersifat combo, artinya port ini berpasangan bisa dipakai baik untuk port Ethernet port biasa langsung ke cable UTP atau port ini juga bisa dipakai untuk port SFP. Jadi jika dipakai sebagai SFP port maka port Ethernet ini jadi inactive walau cable ini terhubung dengan kabel jaringan.

XFP dan SFP+ untuk 10 Gigabits

Untuk kapasitas yang lebih besar dari SFP ada yang disebut dengan XFP transceiver. Modul XFP ini bisa menangani speed sampai 10Gbps koneksi optic serat. Sementara SFP hanya bisa sampai 4.25Gbps saja. Akan tetapi harus juga dipasangkan kepada interface yang juga mendukung XFP, jadi tidak bisa dipasang pada switch yang mendukung SFP.

Bagaimana instalasinya

Sebuah switch ada beberapa model yang menyediakan port SFP ini, sebut saja Cisco Catalyst 3750G series yang menawarkan 4 port SFP. Masukkan modul SFP ini kedalam port yang sesuai di Switch tersebut dan tinggal pasang kabel optric yang sudah jadi misal Multimode Duplex Fiber Optic Cable seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

koneksi switch dengan sfp transceiver

Transceiver ini mempunyai semacam kaitan untuk mengkaitkan modul transceiver ini dengan kabel serat optic yang sudah jadi seperti Multimode duplex optic cable. Biasanya ada dua macam model kabel jadi serat optic ini baik yang singlemode maupun yang multimode duplex untuk dua arah transmit dan receive.

cable optic multimode

Gambar diatas adala contoh cable multimode optic duplex yang biasa dipakai untuk koneksi ke SFP transceiver misal pada Cisco GLC-SX-MM-OEM SFP series yang biasa dihubungkan ke Cisco Catalyst 3750 atau series lainnya.

Kebanyakan pada jaringan HA bisnis besar banyak menggunakan cluster yang tentunya melibatkan koenksi optic untuk ke fibre channel.

Semoga bermanfaat, salam.

Ki Grinsing




Silahkan lihat artikel terkait:

Share

You may also like...

2 Responses

  1. anshar says:

    Cara mengetahui Apakah SFP tersebut diperuntukan untuk SIngle Mode atau Multi Mode, ataukah sama saja bentuk dan rupanya.

    Thanks!

  2. KG says:

    multimode itu duplex jadi bisa transfer receive lewat dua line yg berbeda dan ada tandanya Tx dan Rx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *