Apa Saja Perangkat Keras Jaringan Komputer

Apa saja perangkat keras untuk membuat suatu jaringan komputer baik dirumah atau di kantor?

Pendahuluan

Suatu jaringan komputer menghubungkan dua atau beberapa komputer sehingga memungkinkan ke semua komputer yang ada pada jaringan tersebut bisa saling berkomunikasi satu sama lain tergantung kebutuhan dan keamanan. Tentunya itu semua bisa terjadi jika satu sama lain terhubung dengan suatu perangkat keras jaringan dan juga perangkat lunak (software) yang biasa disebut sebagai operating system (OS) atau software jaringan lainnya.




 

OS sebagai pengendali suatu komunikasi komputer antar jaringan seperti Windows, Linux, Mac, Unix dan sebagainya. Windows bisa terdiri dari Windows clients (seperti Windows 10, Windows 8, 7 atau versi lama Windows XP yang sudah dipensiunkan pada tahun 2014) ataupun Windows server misal Windows server 2003, Windows server 2008 dan versi terbaru Windows server 2012 dengan Hyper –V virtualisasi. Kita tidak membahas OS lebih dalam lagi di artikel ini, akan tetapi lebih focus pada perangkat keras (hardware) jaringan komputer.

Perangkat Jarkom

Apa saja hardware jaringan untuk membentuk suatu jarkom? Walaupun sebuah komputer itu sendiri pada dasarnya adalah suatu jaringan komputer tunggal, ada beberapa komponen dasar agar satu komputer bisa berkomunikasi satu sama lain lewat suatu medium penghubung baik lewat kabel maupun lewat gelombang radio (wifi) dengan pengendali satu atau beberapa protocol jaringan. Apa saja mereka itu?

NIC Adapter

NIC adapter adalah suatu kartu jaringan yang biasa dipasang pada suatu komputer baik untuk komunikasi lewat medium kabel ataupun melalui medium udara atau gelombang udara. NIC adapter ini biasa tertanam dalam salah satu slot PCI pada motherboard komputer ataupun melalui port USB.

NIC adapter ini dalam suatu jaringan nantinya membutuhkan suatu IP address yang unik dalam suatu jaringan komputer sebagai suatu identitas diri yang bisa kita berikan melalui suatu kompfigurasi protocol TCP-IP. Disamping itu suatu NIC adapter dan juga semua perangkat jaringan lainnya mempunyai suatu IP address yang unik diseluruh dunia yang ditanam kedalam hardware perangkat tersebut yang disebut sebagai MAC address.

NIC adapter pada komputer

NIC adapter ada yang berupa wifi, jadi wifi adapter baik versi adapter wifi PCI, PCI express, ataupun yang berupa adapter wifi USB. Semua termasuk kedalam golongan NIC adapter.

Switch Ethernet

Sebuah switch berfungsi untuk mendistribusikan packet data sesuai dengan alamat tujuan dalam suatu jaringan local (LAN). Sebuah switch mempelajari MAC address dari masing-masing perangkat jaringan yang terhubung kepadanya; membangun table MAC; dan membroadcast frame ke semua port.

Gigabit Switch

Sebuah switch yang cerdas mempunyai fitur STP (spanning tree protocol) yang bisa mengeliminir fenomena broadcast storm. Baca lebih jelasnya apa itu STP protocol. Untuk penggunaan switch pada jaringan perusahaan dengan skala yang luas, gunakan switch yang bisa dimanage atau manageable switch yang juga bisa memberikan uplink atau port untuk koneksi antar switch. Dan juga switch tersebut harus mendukung VLAN (virtual LAN) walau penggunaan fitur ini sudah jarang digunakan untuk beberapa alasan tertentu atau untuk tujuan membuat segmentasi jaringan dengan traffic yang sangat tinggi.

Router

Perangkat keras jaringan komputer yang satu ini digunakan hanya untuk jaringan yang harus melintas cloud atau WAN atau untuk komunikasi antar jaringan yang melintasi jarak yang sangat jauh. Secara teori perangkat router membantu me-route packet data dari satu segmen jaringan ke segmen jaringan yang berbeda. Pada teori IP address kita telah pelajari bahwa IP address terdiri dari IP jaringan dan IP host. Pada jaringan LAN biasanya komunikasi antar host bisa menggunakan sebuah Switch. Sementara untuk komunikasi antar jaaringan diperlukan sebuah router. router umumnya digunakan untuk komunikasi WAN.

komunikasi router inter lan

Pada gambar diatas terlihat router di masing-masing lokasi terhubung lewat sebuah router untuk membentuk suatu jaringan antar LAN lintas lokasi jaraj jauh.

Modem

Jika anda berlangganan internet dari ISP maka biasanya operator jaringan internet ini akan memberikan atau menyewakan sebuah modem. Modem adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang umum digunakan untuk kebutuhan komunikasi WAN atau perangkat penghubung antara jaringan local (LAN) kita dirumah dengan jaringan WAN yang ada di local office operator misal Telkom.

Pada skala rumahan, modem umumnya menggabungkan perangkat modem murni dengan fitur router. sebut saja modem dari Speedy yang sudah termasuk modem ADSL plus router agar anda bisa berbagi koneksi internet pada jaringan local dirumah anda.

Untuk didaerah kota-kota besar sekarang ini sudah banyak pemain atau operator jaringan fiber optic, wifi atau jaringan Cable. Untuk layanan Cable yang biasanya termasuk layanan TV channel juga modem yang digunakan adalah Cable modem juga. Dan Cable modem juga ada yang sudah terintegrasi dengan wireless router, sebut saja besutan dari Arris (aka Motorola) Surfboard SBG6900 terbaru yang terdiri dari built-in DOCSIS 3.0 Cable modem plus wireless AC1900 router.




Lihat juga artikel terkait:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *