Archer D7 Wireless AC ADSL Modem dari TP-link

Maraknya perangkat jaringan wifi yang berbasis standard (masih draft sich) wireless ac (802.11ac) yang merupakan technology wifi generasi ke lima (5G) telah menjadi mind set bagi user kalo perangkat jaringan kita tidak berbasis wireless ac tidak affdhol. Tidak heran jika semua pabrikan sudah mengaplikasikan technology wireless ac ini ke produk wireless router dan juga wireless adapter mereka. Sebut saja Netgear R6300 yang berbasis wireless ac1750, atau Linksys EA6500.

Ane telah bahas beberapa produk wireless ADSL modem router pada artikel sebelumnya yang semuanya masih berbasis wireless N standard, nah produk ADSL modem berikut adalah wireless modem ADSL yang berbasis wireless AC yaitu Archer D7 yang merupakan besutan dari TP-link.




 

Apa hebatnya produk ini

Tidak salah emang kalo TP-link sangat popular di Indonesia atau Asia secara umumnya, yach emang produk TP-link relative lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah dibanding produk dari pabrikan lain yang sekelasnya misal dari Linksys atau Netgear.

TP-link Archer D7 adalah sebuah wireless router berbasis technology wireless ac (802.11ac) yang sudah termasuk modem ADSL didalamnya. jadi mas Bro cukup beli satu produk untuk membangun jaringan wifi dirumah hanya jika ente berlangganan layanan ADSL misal Telkom Speedy.

Fitur utama:

  • Berbasis 802.11ac dengan speed sampai 1750Mbps
  • Simultaneous dual band dikemas dengan external antenna yang bisa dilepas
  • Dilengkapi dengan 3x gigabit LAN port dan 1xEWAN port
  • Dilengkapi dengan 2 port USB 2.0
  • Dukungan tunnel VPN sampai 10 tunnel IPSec

TPlink archer D7 adsl modem

Fitur ini udah bisa mencukupi untuk mendukung jaringan wifi dirumah untuk mengakomodasi semua perangkat mobile dari laptop, komputer tablet, smart-phone baik Android ataupun iPad, dan juga semua jenis perangkat multimedia termasuk game console XBOX, Blu-Ray player, TV internet dan sebagainya.

Koneksi Wifi

Semakin banyak perangkat wifi yang ada dirumah maka butuh bandwidth yang lebih lebar agar bisa menampung semuanya dengan kecepatan transfer dan koneksi lebih baik. Kita tahu kalau jaringan wifi itu berbagi bandwidth dengan semua perangkat wifi yang konek ke jaringan. Dengan dual band semua perangkat wifi baik yang bekerja pada band 2.4GHz dan 5GHz band bisa diakomodasi dengan total speed sampai 1300Mbps (5GHz) dan 450Mbps (2.4GHz).

Kita bisa bandingin dengan produk dari Netgear D6200 yang dikemas dengan technology wifi wireless ac1200 dengan total bandwidth sampai 300 Mbps (pada 2.4GHz) dan sampai 867 Mbps (pada 5GHz). Tapi dua produk ini beda harga yang sangat mencolok, lebih mahal di TP-link (yach emang wajar dengan fitur kecepatan tinggi).

Koneksi kabel

Semua wireless router dilengkapi dengan beberapa port Ethernet yang kebanyakan berjumlah 4 port untuk koneksi langsung komputer dengan kabel jaringan UTP. Archer D7 dikemas dengan 3 buah Gigabit port LAN dan satu Gigabit port EWAN yang bisa dipakai baik sebagai port LAN ataupun WAN jika dikoneksikan ke modem Cable / koneksi internet cepat (Fiber optic). Jadi total ada 4 port Gigabit Ethernet, bandingkan dengan Netgear D6200 yang dikemas dengan 5 port Gigabit Ethernet, empat untuk LAN dan satu untuk WAN, jadi bukan port EWAN kayak di TP-link.

Port USB

Terkadang kita merasa ribet jika harus gonta-ganti port USB untuk koneksi printer ke storage disk atau sebaliknya. Archer D7 dikemas dengan dua port USB yang memungkinkan kite pasang kedua printer dan disk storage sekaligus, kagak perlu ribet gonta-ganti port. Dibanding D6200 yang hanya dikemas dengan satu port USB saja, TP-link lebih menguntungkan.

Akan tetapi ada sisi fitur yang memudahkan kita bisa akses hard disk external USB secara remote pada D6200 dengan cara mendaftarkan terlebih dahulu langsung dari modem ini dengan account ReadyShare cloud. Jangan mendaftarkan lewat website http:// readyshare.netgear.com, akan tetapi daftar langsung dari modem D6200 ini. untuk akses disk USB anda secara remote gunakan account Readyshare untuk logon ke website http://readyshare.netgear.com, anda perlu download windows client ke komputer terlebih dahulu.

Bagaimana dengan TP-link Archer D7? Fitur remote akses bisa dilakukan lewat koneksi VPN, bisa dilakukan dengan membuat IPSec VPN tunneling dan memungkinkan kita membuat sampai 10 tunnel. Netgear juga ada fitur VPN pada menu advanced nya.

Sampai saat ini harga dari perangkat wifi yang berbasis technology wireless ac masih terbilang mahal. Bahkan Archer D7 ini masih sangat mahal di Amazon harganya masih sekitaran $300, sementara D6200 jauh dibawahnya sekitaran $170.

TPlink archer d7 - port

Untuk memudahkan membuat perbandingan antara kedua modem router ini, berikut ditampilkan table perbandingan spesifikasi, hanya spec yang penting saja tidak semuanya tentunya biar jelas.

Table perbandingan Archer D7 Vs D6200

 

TP-link Archer D7 AC1750 Netgear D6200
Teknologi Wifi Wireless ac1750 Wireless ac1200
Kecepatan Wifi Dual band simultan dengan kecepatan sampai 450Mbps (pada 2.4GHz band) dan sampai 1300Mbps (pada 5GHz band) Dual band simultan dengan kecepatan sampai 300Mbps (pada 2.4GHz band) dan sampai 867Mbps (pada 5GHz band)
Antenna 3x Antenna luar yang bisa dilepas dengan gain 3x 2dBi pada band 2.4GHz dan 3x 3dBi pada band 5GHz Antenna dalam dengan teknologi Beamforming dan dikemas dengan WiFi Boost dengan penguat radio power tinggi
Port Ethernet 3x Gigabit port LAN dan 1x port EWAN 4x Gigabit port LAN, satu port WAN dengan teknologi autosensing
Port USB 2x port USB 2.0, mendukung Samba (Storage) /FTP Server / Media Server / Printer Server 1x port USB 2.0 dengan ReadySHARE USB Access dan cloud access
Fungsi wifi WDS Bridge, WMM, Wireless Statistics WDS – wireless AP atau wifi repeater
Dukungan VPN Dilengkapi dengan fitur VPN sampai 10x koneksi IPSec tunnel Ada fitur VPN pada menu advanced
Harga di Amazon sekitaran $303 Sekitaran $170

 

Archer D7 bisa menjadi salah satu modem speedy wifi andalan. Ente juga bisa buat koneksi VPN antar office, jadi sangat cocok untuk kantoran kecil yang punya cabang kantor di tempat lain, ato kota lain. Dengan Netgear D6200 modem ini lebih banyak kemudahan dengan software Genie nya yang memudahkan kita mengelola jaringan rumah kita secara remote lewat Smart-phone kita.

Cheers,Ali H




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *