Bagaimana Membangun Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer dan internet tidak bisa dipisahkan. Bagaimana membangun jaringan komputer dengan koneksi internet? Untuk mempelajari pengertian dasar komputer ikuti link ini.

Pendahuluan

Kalau kita bicara tentang jaringan komputer, maka tujuan utama sekarang ini adalah agar bisa berbagi koneksi internet dengan beberapa komputer lain dirumah atau dikantoran kecil. Kalau jaringan komputer untuk perusahaan dari skala kecil sampai interprise koneksi internet adalah sangat vital utamanya untuk kebutuhan komunikasi baik E-mail, data, voice, video converence ataupun kebutuhan koneksi global lainnya.




Koneksi jaringan internet untuk perusahaan lebih banyak sebagai elemen kunci untuk kebutuhan komunikasi global. Bahkan untuk kebutuhan browsing internet sangat dibatasi dengan berbagai security policy mengingat banyaknya threat yang datang dari internet, apalagi yang berhubungan dengan situs porn. Company biasanya menerapkan filter management terhadap content site yang boleh dikunjungi dengan berlangganan layanan website management semacam Web Spy untuk memfilter black list site dan hanya melewatkan white list site saja, dan juga management account siapa yang boleh dan tidak boleh akses internet, akses download, time management akses internet dan sebagainya.

Kita tidak akan membahas jaringan komputer untuk company baik dengan skala kecil menengah sampai dengan skala enterprise yang rumit. Kita hanya akan membahas bagaimana anda bisa membangun jaringan internet di rumah sendiri.

Jaringan Internet untuk Rumah / SOHO

Apa saja opsi anda untuk bisa membangun jaringan komputer dengan koneksi internet di rumah atau di kantoran kecil anda? Ada tiga opsi utama walaupun ada beberapa layanan internet dengan kalangan terbatas juga di beberapa kota besar dengan koneksi Wifi.

  1. Berlangganan layanan internet dari Telkom Speedy
  2. Berlangganan jaringan 3G cellular dan kini sudah 4G LTE
  3.  Berlangganan layanan Cable broadband (Jakarta, Surabaya) dan kota-kota besar sudah banyak penawaran dari First Media dan model layanan lain)

Ketiga opsi ini akan kita bahas pada seksi-seksi berikut ini.

Jaringan Internet dengan Telkom Speedy

Telkom sangat aggressive sekali akhir-akhir ini untuk memasarkan layanan koneksi internet Speedy untuk di rumahan dan juga untuk perkantoran skala kecil mengingat infrastructure untuk layanan Speedy sudah tersedia di rumah pelanggan yaitu jaringan kabel telpon. Layanan Speedy memang berbasis xDSL yang menumpang lewat kabel voice yang ada tanpa harus saling mengganggu. Kedua layanan voice (telpon) dan Internet bisa berjalan bersama lewat jaringan kabel telpon yang ada. Dan kini Telkom sudah mulai menawarkan jaringan fiber optic ke rumah-rumah pelanggan dengan produk IndiHome layanan TV Cable dan broadband internet super cepat fiber optic.

Perangkat yang dibutuhkan

Jika anda sudah berlangganan speedy, biasanya Telkom menyediakan sebuah modem ADSL gateway yang dikoneksikan langsung ke satu komputer lewat kabel jaringan UTP dari port Ethernet modem ke NIC adapter computer anda. Bagus jika modem gateway dari Telkom berisi empat buah port RJ-45, anda bisa koneksikan ke beberapa komputer sekaligus seperti gambar berikut ini. Jika modem in hanya menyediakan satu port Ethernet (RJ-45) saja maka anda bisa menambahkan sebuah switch yang berisi 8 atau 12 port.

Jaringan internet dengan modem gateway

Untuk koneksi Wifi

Bagaimana jika anda ingin memberikan akses wireless kepada beberapa perangkat mobile seperti laptop (dengan Wifi adapter), Smart-phone, iPad, Android dan handphone lainnya yang ada fitur Wifi nya?

Menambahkan wireless AP

Dengan modem gateway yang ada cukup tambahkan sebuah wireless access point (wireless AP) seperti D-link Dap-1360 yang multi-mode. Anda bisa baca artikel lain cara membuat jaringan internet dengan Dlink di link jaringan wifi dengan Dap1360 ini.

Menggunakan wireless ADSL modem gateway

Untuk lebih praktisnya, jika anda menginginkan jaringan internet dengan koneksi Wifi, Speedy biasanya juga menawarkan beberapa jenis wireless modem gateway. Atau anda bisa juga beli sendiri banyak dipasaran seperti Tp-link TD-W8961ND yang sangat bandel atau model terbarunya adalah TD-W8980 wireless N600 modem gateway dan bahkan produk TP-link Archer D9 begitu laris manis sekarang ini.

Wireless gateway ini dilengkapi empat buah port Gigabit bisa anda gunakan untuk koneksi langsung ke computer dengan kabel UTP. Bagusnya wireless gateway ini adalah fitur dual band sehingga bisa akomodasi koneksi perangkat wifi anda baik yang beroperasi pada 2.4GHz band atau yang 5GHz band sekaligus.

Anda bisa menghubungkan perangkat jaringan seperti komputer, printer dan storage (lewat koneksi USB), iPad, Android dan HP anda pada jaringan komputer internet ini baik lewat koneksi kabel maupun wifi seperti gambar berikut ini.

Diagram jaringan speedy dengan modem gateway

 

Jaringan Internet dengan 3G

Mungkin di tempat cost anda tidak disediakan telpon untuk bisa berlangganan Speedy, nah solusi untuk berbagi koneksi internet dengan beberapa temen gunakan saja modem USB dari 3G dan gunakan wireless router khusus 3G seperti TP-Link TL-MR3020.

Praktisnya wireless router ini adalah modelnya yang kecil, bisa dibawah kemanapun anda pergi asal ada jaringan cellular maka jaringan internet bisa dibuat secara instan. Anda bersama teman dan kolega bisa berbagi koneksi internet dengan laptop mereka, iPad, Android dll bersamaan hanya dengan satu koneksi modem USB.

 

Jaringan internet dengan 3g

Bagusnya lagi jika di rumah anda juga bisa menggunakannya untuk koneksi ke Speedy, cukup untuk beberapa koneksi perangkat mobile anda. Pada jaringan 4G LTE prinsipnya sama, cari wireless router yang mendukung 4G LTE  seperti produk dari Netgear – Netgear LG6100D LTE Data Gateway 6100D.

Layanan Cable broadband

Untuk di beberapa kota besar seperti di Jabotabek dan Surabaya, anda bisa berlangganan Cable broadband internet yang bisa sekaligus layanan TV cable seperti layanan dari First Media. Bagaimana anda bisa membuat jaringan komputer dengan koneksi Internet dari Cable broadband ini?

Modem untuk Speedy tidak bisa dipakai, karena layanan Cable menggunakan modem khusus Cable seperti Motorola SB5150 yang murni modem cable, artinya modem yang tidak mempunyai fitur router seperti pada modem Speedy. Jadi anda memerlukan sebuah wireless router untuk bisa membuat jaringan internet wifi. Ingat jangan salah beli, biasanya ada yang salah membeli sebuah wireless access point ketimbang harus wireless router. Ada bedanya antara wireless access point Vs router ini terutama pada fitur NAT. Atau bisa menggunakan produk wireless gateway Netgear Nighthawk C7000 AC1900 cable gateway.

Bagaimana koneksinya?

Jaringan internet dengan layanan Cable broadband (seperti First Media) menggunakan Cable modem murni sehingga anda mempunyai banyak pilihan wireless router yang luas sekali ragamnya dari yang kelas murah wireless N150 router sampai generasi kelima wireless ac seperti Netgear R6300 wireless ac router.

ISP anda akan memberikan sewa modem dan memberikan koneksi di rumah dengan menghubungkan cable coaxial Cable ke modem. Sementara untuk koneksi ke wireless router dilakukan dengan menghubungkan kabel UTP dari port RJ-45 modem ke port WAN pada wifi router.

Gambar berikut adalah diagram umum untuk jaringan komputer dengan koneksi Cable broadband internet. Fastnet biasanya menawarkan dua jenis wireless router dari Linksys EA4500 atau yang standard Linksys E900.

Jaringan internet dengan wireless gateway

Untuk pilihan wireless router, Asus RT-N56U atau penerusnya RT-N66U bisa menggantikan Linksys ini. Kedua jenis router Asus ini mempunyai rating yang sangat bagus sekali di Amazon dengan rata-rata diatas 4.0 untuk skala 5 bintang.

Klik disini untuk spec Asus AC66U dan harga sekarang

Dan untuk jaringan wifi tunggal dari jenis Cable wireless gateway seperti yang ditawarkan oleh Surfboard SBG6782, maka hanya ada satu perangkat yang menggabungkan fungsi cable modem DOCSIS 3.0, wireless AC1750 router dan Switch. Berikut adalah diagram jaringan wifi dari Cable modem gateway dengan produk Surfboard SBG6782.

 

SBG 6782 AC1750 Cable Gateway

Perhatikan koneksi coaxial cable langsung dikoneksikan ke port coax di Modem gateway dan wuss, jalan dech anda bisa mendapatkan jaringan wifi dirumah dengan layanan cable.




Lihat artikel terkait:

Share

You may also like...

6 Responses

  1. ITScience says:

    Terima kasih atas infonya, kami dari XI IPA 2 (Tugas TIK)

  2. Rainzzz says:

    ITScience
    wah lu anak MAN 2 bkn?

  3. Rainzzz says:

    Thanks buat infonya,boleh di share g gan,buat tugas sekolah?

  4. Sulis says:

    Makasih atas infonya, dan saya izin mengcopy ya:)

  5. Tedi says:

    Nambah ilmu ne, oh gan, saya mau tanya apakah penyebab jaringan internet saya ini : Ketika hujan turun, mendadak internetnya putus, apa pengaruh kabel ke speedy atau apa ya ?

  6. info ini akan sangat menambah wawasan saya,terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *