Diagram atau Skema Jaringan Komputer

By Ali H

Masih banyak yang bertanya tentang skema jaringan, bagaimana menghubungkan perangkat jaringan untuk membentuk suatu jaringan computer yang operasional. Diagram atau skema jaringan bisa bermacam-macam tegantung kebutuhan dan skala besar kecilnya suatu jaringan. Ada skema yang baku yang diperlukan dalam kebutuhan diagram jaringan skala besar yang biasa dibutuhkan untuk kebutuhan dokumentasi yang dalam kebutuhannya diperlukan sebagai alat bantu untuk memudahkan troubleshooting jaringan jika ada masalah.

Sebelumnya perlu difahami beberapa symbol dari diagram jaringan yang umum dipakai dalam membuat diagram jaringan. Gb 1 berikut adalah beberapa dari symbol perangkat jaringan yang umum dipakai dalam membuat sebuah diagram jarkom. Fungsi dari masing-masing perangkat tidak dibahas diartikel ini akan tetapi anda bisa memahami beberapa perangkat jaringan di link ini.

 

symbol skema jaringan

 

Gb.1 Symbol perangkat jaringan

Yang umum dipakai pada skala jaringan kecil adalah symbol workgroup switch; router; dan bridge. Sementara untuk skala besar, Ethernet router biasa dipakai untuk jaringan local dengan jumlah node computer yang besar.

 

Berbagai macam diagram jaringan

Berikut adalah berbagai macam diagram jaringan atau skema jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk rumahan, kantoran atau jaringan korporasi. Sebelumnya perlu juga diketahui bahwa suatu computer dalam suatu jaringan memerlukan suatu kartu jaringan yang disebut Ethernet Card / NIC adapter dengan RJ-45 port baik yang berkecepatan 10/100Mbps ataupun yang gigabit Ethernet.

 

Jaringan Dua Komputer

Jaringan yang paling sederhana adalah jaringan yang menghubungkan dua buah computer. Skema jaringan dua computer bisa dilihat pada gambar 1 berikut ini.

skema jaringan 2 komputer

Gb 1 Skema jaringan 2 komputer

Yang perlu diperhatikan adalah kabel UTP yang anda pakai. Untuk koneksi back-to-back anda harus menggunakan konfigurasi kabel cross UTP. Akan tetapi ada beberapa jenis adapter NIC yang mempunyai fitur Auto-MDIX atau Autosensing ports dimana anda bisa menggunakan jenis kabel cross atau straight dan system akan mendeteksi secara automatis dan menyesuaikan seperlunya. Klik disini untuk jelasnya kabel cross dan straight through.

Anda juga bisa menggunakan sebuah Switch untuk bisa menghubungkan kedua computer atau lebih untuk membentuk sebuah jaringan workgroup yangbisa saling berkomunikasi. Satu hal yang perlu diperhaikan adalah pemberian IP address untuk masing-masing computer. Konfigurasikan property TCP/IP dari masing-masing computer dengan contoh IP address dibawah.

Komputer A: IP address = 192.168.10.10 subnet mask 255.255.255.0

Komputer B: IP address = 192.168.10.12 subnet mask 255.255.255.0

Biarkan gateway dan DNS kosong

Untuk jelasnya cara konfigurasi TCP/IP klik link ini.

 

Skema Jaringan Wireless Router

Salah satu tujuan utama anda mempunyai jaringan wireless dirumah adalah untuk bisa berbagi koneksi Internet broadband anda (misal Speedy).  Jaringan speedy dulu umumnya hanya sebuat modem ADSL yang sudah ada fitur routernya tanpa terintegrasi dengan jaringan wifi. Kalau toch harus menginginkan jaringan wifi maka harus menambahkan sebuah wireless access point yang dihubungkan ke salah satu port Ethernet dari modem jika ada.

Saat ini Speedy banyak menawarkan modem router yang sudah terintegrasi dengan wireless access point dalam satu perangkat tunggal dari berbagai macam vendor atau umum disebut wireless ADSL modem. Salah satu contoh adalah ASUS DSLN-66U yang diagram koneksinya bisa digambarkan dalam gambar berikut ini.

skema jaringan wifi speedy

Gb 3 Skema jaringan wifi dirumah

Diagram ini adalah umum dipakai pada jaringan rumah yang menggunakan layanan koneksi internet dari Telkom (Speedy). Wireless modem ADSL mempunyai port WAN jenis RJ-11 (untuk koneksi kabel telpon) yang dihubungkan langsung ke kabel jaringan telpon. Biasanya agar bisa difungsikan sebagai telpon dan sekaligus internet maka kabel dari Telkom dipecah dengan alat yang disebut sebagai spliter sehingga telpon bisa digunakan bersamaan dengan internet tanpa saling mengganggu.

Disamping itu modem jenis ini bisa dilengkapi dengan 4 buah port Ethernet baik dari jenis 10/100Mbps atau jenis port Gigabit. Sambungkan kepada beberapa computer dengan menggunakan kabel UTP straight yach maksimum sebatas 100 meter saja. Untuk koneksi ke smart-phone, tablet dan laptop computer bisa menggunkan koneksi wifi.

 

Skema Jaringan Kantor Kecil

Walaupun prinsipnya sama, untuk jaringan business kantoran kecil skema jaringan pada gambar 3 berikut bisa mewakili berbagai macam jaringan untuk keperluan bisnis anda. Diagram atau skema jaringan ini terdiri dari sebuah router (yang merupakan pelindung garis depan dari jaringan internal anda), sebuah firewall (yang juga merupakan pelidung jaringan anda dengan filter security) dan juga skema jaringan internal anda dengan beberapa computer desktop dan sebuah server.

 

Skema jaringan LAN

Gb 4 – Skema jaringan LAN

Skema jaringan dalam suatu corporasi biasa juga digunkan untuk membantu anda dalam membuat suatu risk assessment tentang titik-titik kritis yang perlu diberikan perhatian dalam mengantisipasi kemungkinan adanya disaster.

Diagram jaringan berikut adalah yang sedikit lebih kompleks yang biasa diimplementasikan pada perusahaan skal menengah yang memerlukan layanan web-server sendiri di jaringan DMZ (demilitarized zone).

skema jaringan komputer perusahaan

Gb 5 Skema jaringan komputer perusahaan menengah

Beberapa server seperti file server; DNS; exchange server dihubungkan ke suatu Switch Ethernet yang bisa dikelola (manageable switch). Termasuk untuk kebutuhan koneksi wifi untuk melayani smart-phone, laptop dan tablet computer lainnya diperlukan satu atau beberapa perangkat wireless access point (WAP).

Untuk skala jaringan menengah banyak yang menggunakan perangkat router dan firewall terpisah, sementara pada beberapa kasus banyak menggunakan fungsi router dan firewall dalam satu perangkat.

Lihat juga artikel berikut:


Share

You may also like...

16 Responses

  1. Gunawan says:

    OK juga =>> Lanjutkan….

  2. ninie says:

    Mohon dibantu:
    Saya hendak membuat jaringan untuk kantor 2 lantai dengan 1router per lantai, karena sinyal 1 buah router (Lynksys E2000) hanya dapat menjangkau 1 lantai.
    Keperluan pemakaian adalah Lt. Atas dengan wireless akses, dan Lt.dasar dengan wireless akses dan 4 bh wired akses (CPU LAN).

    A. Mohon bantuannya untuk skema jaringan yang benar, apakah:
    1. Modem => router 1 (lt.atas) => router (lt.dasar) => HUB 8port (lt.dasar)
    2. Modem => router 1 (lt.atas) => HUB 8 port (lt.dasar) => router (lt.dasar).

    B. Mana port router yang digunakan antar koneksi, yang internet atau 1,2,3,4? Dan type pemakaian kabel yang digunakan, straight atau cross, untuk skema yang benar?

    Terimakasih,
    Ninie

    Bagaimana skema jaringan

  3. Ki Grinsing says:

    Linksys E2000 adalah wireless router yang harus dihubungkan ke modem (modem tanpa fitur NAT atau tanpa fitur routing). Kalau anda pakai Speedy – kebanyakan Speedy memakai modem Gateway – artinya sudah ada routernya. Pastikan dulu kalau itu adalah modem-only device, kalau itu modem dengan fitur router (seperti hampir kebanyakan modemnya speedy) maka yang agan butuhkan adalah wireless access point.

    Asumsi modem-only device, maka modem (rj-45) => port WAN/internet dari linksys e2000. Satu line port (4-port rj-45) linksys ke Switch 8-port dan satu port lagi ke lantai atas coneksi ke wireless access point, bukan tambah linksys e2000, tapi linksys wap610n atau pake tp-link TL-WA901ND – biasanya dari modem ke router pake kabel utp cross, kabel lainnya straight.

    jika pakai speedy, dan belum beli linksys e2000 – coba beli tp-link TD-W8961ND – ini adalah modem plus wireless router dg 4 port ethernet.

  4. Jeffry says:

    Mohon dibantu :
    saya hendak membuat jaringan untuk kantor 2 lantai menggunakan 1 line telp internet speedy :
    pertanyaan saya, bagaimana skema jaringan dengan keperluan lantai dasar 1 modem speedy > 1 hub 8 port (client), dan lantai 2 (atas) 1 hub 8 port (client).
    terima kasih
    Jeffry

  5. ki says:

    Sama saja, cukup hubungkan satu port switch kepada router / modem dengan kabel utp begitu juga hubungkan switch bawah dengan switch atas dengan utp cable …

  6. Devi Anjani says:

    mohon dibantu mas,
    Saat ini saya memakai persis skema pd Gb 2 Skema jaringan wireless, namun saat ini mau dibatasi penggunaan wifi nya hanya utk device tertentu saja, dan utk PC desktop semua hrs menggunakan kabel LAN.

    Nah utk urutan/skema kabel LAN dgn hardware berikut ini bgmn ya mas?
    1. Cable Modem Cisco 2100
    2. Linksys EA4500 (wifi)
    3. D-Link Unmanaged Switches 8 port
    4. 6 PC Desktop Client (LAN)
    5. 4 Laptop (wifi)
    6. 1 PC Desktop Server (LAN)

    mohon bantuannya secara detail mas, saya masih awan utk hal ini..
    terima kasih sebelumnya..

    • Ki says:

      Modem port (RJ45) dikoneksikan ke WAN port EA4500.
      Switch Dlink konek ke salah satu port LAN EA4500 dan semua client LAN bisa dikoneksikan ke EA atau ke Dlink, itu saja …

      • Devi Anjani says:

        sipp.. makasih mas udah saya coba bisa..
        saya coba tanpa menggunakan WAN port EA4500 nya kok tdk bisa ya? ada yg perlu di setup lagi kah pd modem nya?

        Terima kasih

        • Ki says:

          emang WAN port diinjeksi input internet, kalo tanpa WAN port dari mana dapet koneksi internetnya? Modem ke WAN port agar bisa berbagi koneksi internet dengan fitur NAT nya.

  7. Rai says:

    mantap gan..
    saya jadi mengerti bagaimana membuat skema jaringan dengan penjelasan yang pasti
    sangat membantu. terima kasih

  8. andigi says:

    Saya akan membuat jaringan kecil dengan 2 Router :
    1. Modem Wifi Router : merk Hwuawe OPTIC dari Speedy
    2.. Modem Wifi Router TPLINK.

    A. Modem Wifi Router 1 saya asumsikan Utama karena dia berkabel Fiber Optic
    lgsg dari FO Telkom, ini langsung terhubung dengan PC 1 + Printer
    Jaringan langsung ini sudah bisa terkoneksi langsung dengan Internet Conection
    B. Dari Modem Wifi Router 1 ini saya hubungan via kabel RJ 45 Direct ke MODEM
    WIFI Router merk TPLINK. Disini tersambung dengan PC 2 dan 3 dan Notebook
    Catatan : Disini pun semuanya sudah terhubung dengan internet conection
    dan tidak ada masalah, baik wifi nya maupun koneksi kabelnya dgn
    RJ45.
    Pertanyaan :
    – Bagaimana menSHARING Data yang ada di PC 1 ke PC 2 dan PC 3 maupun ke
    NoteBook ? atau sebaliknya
    NB :
    kalau saya pergunakan Switch / HUB, Sharing Data tidak masalah dengan Work
    Group. Tp kalau dengan Modem Wifi ROUTER tidak bisa terkoneksi.

    Langkah : IP di PC 2 dan PC 3 sdh sy coba ubah, juga disamakan Subnetnya tp malah nggak isa terkoneksi dengan internet
    Tolong bisa dibantu… syukur step by step agar bisa paham karena saya new be.
    Terimakasih

    • Ki Gr says:

      Kayaknya ada yg kurang benar pada konfigurasi ke 2 dimana modem wifi router FO ke TPlink router lewat rj45 kalo tplink difungsikan sebagai wireless router. kecuali kalo tplink router BISA difungsikan sebgai wireless Access point (WAP) dimana gateway mengarah ke IP router Optic baik PC1,2 dan 3 serta laptop dan dhcp hanya difungsikan di modem Optic.

      coba didisable NAT pada tplink atau kalo ada konfigurasinya bisa diubah menjadi WAP.

  9. oji says:

    assalamualaikum kang,mau tanya,saya ada tugas kampus untuk riset jaringan di perusahaan,namun yang saya riset hanya bagian accounting ny saja,tetapi di perusahaan yang saya riset itu tidak mau memberi kan info nya secara detail,,jadi yang mau saya tanyakan jika ingin membuat sekema diagram untuk satu ruangan accounting itu yg perlu di perhatikan apa ya,,tolong penjelasannya.

  10. ki Grinsing says:

    Wa’alaikum salaam, …reset ke perusahaan tentunya mereka tidak mau memberikan data system mereka secara detail …ini kan bagian dari rahasia perusahaan …apalagi skema jaringan dan system detail mereka akan keep betul secara rahasia.

    Yg diperlukan cukup saja dari jaringan yang dipakai apa – WIndows atau Linux, terus koneksi internet pakai apa; apa jaringan bisa di remote access dari luar; ERP yang dipakai apa; siapa saja key person dan key rolenya apa; something like that lah ….

    • oji says:

      ohhh begitu ya pak,, pantas saja saya keep betul akan hal itu,,oh ya terima kasih ya pak le…tapi kira2 pak,mohon maaf ini satu lagi,,jika memang kita hanya di berikan data se minim itu dan sesingkat itu,dalam penyusunan jaringan aktual yg berada di perusahaan itu apa yang harus diperhatikan kira2,sedangkan prusahaan itu sendiri tidak memberi kan data begitu detail.. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *