Diagram atau Skema Jaringan Komputer

Masih banyak yang bertanya tentang skema jaringan, bagaimana menghubungkan perangkat jaringan untuk membentuk suatu jaringan computer yang operasional. Diagram atau skema jaringan bisa bermacam-macam tegantung kebutuhan dan skala besar kecilnya suatu jaringan. Ada skema yang baku yang diperlukan dalam kebutuhan diagram jaringan skala besar yang biasa dibutuhkan untuk kebutuhan dokumentasi yang dalam kebutuhannya diperlukan sebagai alat bantu untuk memudahkan troubleshooting jaringan jika ada masalah.

Sebelumnya perlu difahami beberapa symbol dari diagram jaringan yang umum dipakai dalam membuat diagram jaringan. Gb 1 berikut adalah beberapa dari symbol perangkat jaringan yang umum dipakai dalam membuat sebuah diagram jarkom. Fungsi dari masing-masing perangkat tidak dibahas diartikel ini akan tetapi anda bisa memahami beberapa perangkat jaringan di link ini.

 

symbol skema jaringan

 

Gb.1 Symbol perangkat jaringan

Yang umum dipakai pada skala jaringan kecil adalah symbol workgroup switch; router; dan bridge. Sementara untuk skala besar, Ethernet router biasa dipakai untuk jaringan local dengan jumlah node computer yang besar.

 

Berbagai macam diagram jaringan

Berikut adalah berbagai macam diagram jaringan atau skema jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk rumahan, kantoran atau jaringan korporasi. Sebelumnya perlu juga diketahui bahwa suatu computer dalam suatu jaringan memerlukan suatu kartu jaringan yang disebut Ethernet Card / NIC adapter dengan RJ-45 port baik yang berkecepatan 10/100Mbps ataupun yang gigabit Ethernet.

 

Jaringan Dua Komputer

Jaringan yang paling sederhana adalah jaringan yang menghubungkan dua buah computer. Skema jaringan dua computer bisa dilihat pada gambar 1 berikut ini.

skema jaringan 2 komputer

Gb 1 Skema jaringan 2 komputer

Yang perlu diperhatikan adalah kabel UTP yang anda pakai. Untuk koneksi back-to-back anda harus menggunakan konfigurasi kabel cross UTP. Akan tetapi ada beberapa jenis adapter NIC yang mempunyai fitur Auto-MDIX atau Autosensing ports dimana anda bisa menggunakan jenis kabel cross atau straight dan system akan mendeteksi secara automatis dan menyesuaikan seperlunya. Klik disini untuk jelasnya kabel cross dan straight through.

Anda juga bisa menggunakan sebuah Switch untuk bisa menghubungkan kedua computer atau lebih untuk membentuk sebuah jaringan workgroup yangbisa saling berkomunikasi. Satu hal yang perlu diperhaikan adalah pemberian IP address untuk masing-masing computer. Konfigurasikan property TCP/IP dari masing-masing computer dengan contoh IP address dibawah.

Komputer A: IP address = 192.168.10.10 subnet mask 255.255.255.0

Komputer B: IP address = 192.168.10.12 subnet mask 255.255.255.0

Biarkan gateway dan DNS kosong

Untuk jelasnya cara konfigurasi TCP/IP klik link ini.

 

Skema Jaringan Wireless Router

Salah satu tujuan utama anda mempunyai jaringan wireless dirumah adalah untuk bisa berbagi koneksi Internet broadband anda (misal Speedy).  Jaringan speedy dulu umumnya hanya sebuat modem ADSL yang sudah ada fitur routernya tanpa terintegrasi dengan jaringan wifi. Kalau toch harus menginginkan jaringan wifi maka harus menambahkan sebuah wireless access point yang dihubungkan ke salah satu port Ethernet dari modem jika ada.

Saat ini Speedy banyak menawarkan modem router yang sudah terintegrasi dengan wireless access point dalam satu perangkat tunggal dari berbagai macam vendor atau umum disebut wireless ADSL modem. Salah satu contoh adalah ASUS DSLN-66U yang diagram koneksinya bisa digambarkan dalam gambar berikut ini.

skema jaringan wifi speedy

Gb 3 Skema jaringan wifi dirumah

Diagram ini adalah umum dipakai pada jaringan rumah yang menggunakan layanan koneksi internet dari Telkom (Speedy). Wireless modem ADSL mempunyai port WAN jenis RJ-11 (untuk koneksi kabel telpon) yang dihubungkan langsung ke kabel jaringan telpon. Biasanya agar bisa difungsikan sebagai telpon dan sekaligus internet maka kabel dari Telkom dipecah dengan alat yang disebut sebagai spliter sehingga telpon bisa digunakan bersamaan dengan internet tanpa saling mengganggu.

Disamping itu modem jenis ini bisa dilengkapi dengan 4 buah port Ethernet baik dari jenis 10/100Mbps atau jenis port Gigabit. Sambungkan kepada beberapa computer dengan menggunakan kabel UTP straight yach maksimum sebatas 100 meter saja. Untuk koneksi ke smart-phone, tablet dan laptop computer bisa menggunkan koneksi wifi.

 

Skema Jaringan Kantor Kecil

Walaupun prinsipnya sama, untuk jaringan business kantoran kecil skema jaringan pada gambar 3 berikut bisa mewakili berbagai macam jaringan untuk keperluan bisnis anda. Diagram atau skema jaringan ini terdiri dari sebuah router (yang merupakan pelindung garis depan dari jaringan internal anda), sebuah firewall (yang juga merupakan pelidung jaringan anda dengan filter security) dan juga skema jaringan internal anda dengan beberapa computer desktop dan sebuah server.

 

Skema jaringan LAN

Gb 4 – Skema jaringan LAN

Skema jaringan dalam suatu corporasi biasa juga digunkan untuk membantu anda dalam membuat suatu risk assessment tentang titik-titik kritis yang perlu diberikan perhatian dalam mengantisipasi kemungkinan adanya disaster.

Diagram jaringan berikut adalah yang sedikit lebih kompleks yang biasa diimplementasikan pada perusahaan skal menengah yang memerlukan layanan web-server sendiri di jaringan DMZ (demilitarized zone).

skema jaringan komputer perusahaan

Gb 5 Skema jaringan komputer perusahaan menengah

Beberapa server seperti file server; DNS; exchange server dihubungkan ke suatu Switch Ethernet yang bisa dikelola (manageable switch). Termasuk untuk kebutuhan koneksi wifi untuk melayani smart-phone, laptop dan tablet computer lainnya diperlukan satu atau beberapa perangkat wireless access point (WAP).




Untuk skala jaringan menengah banyak yang menggunakan perangkat router dan firewall terpisah, sementara pada beberapa kasus banyak menggunakan fungsi router dan firewall dalam satu perangkat.

Lihat juga artikel berikut:

Share

You may also like...

38 Responses

  1. Gunawan says:

    OK juga =>> Lanjutkan….

  2. ninie says:

    Mohon dibantu:
    Saya hendak membuat jaringan untuk kantor 2 lantai dengan 1router per lantai, karena sinyal 1 buah router (Lynksys E2000) hanya dapat menjangkau 1 lantai.
    Keperluan pemakaian adalah Lt. Atas dengan wireless akses, dan Lt.dasar dengan wireless akses dan 4 bh wired akses (CPU LAN).

    A. Mohon bantuannya untuk skema jaringan yang benar, apakah:
    1. Modem => router 1 (lt.atas) => router (lt.dasar) => HUB 8port (lt.dasar)
    2. Modem => router 1 (lt.atas) => HUB 8 port (lt.dasar) => router (lt.dasar).

    B. Mana port router yang digunakan antar koneksi, yang internet atau 1,2,3,4? Dan type pemakaian kabel yang digunakan, straight atau cross, untuk skema yang benar?

    Terimakasih,
    Ninie

    Bagaimana skema jaringan

  3. Ki Grinsing says:

    Linksys E2000 adalah wireless router yang harus dihubungkan ke modem (modem tanpa fitur NAT atau tanpa fitur routing). Kalau anda pakai Speedy – kebanyakan Speedy memakai modem Gateway – artinya sudah ada routernya. Pastikan dulu kalau itu adalah modem-only device, kalau itu modem dengan fitur router (seperti hampir kebanyakan modemnya speedy) maka yang agan butuhkan adalah wireless access point.

    Asumsi modem-only device, maka modem (rj-45) => port WAN/internet dari linksys e2000. Satu line port (4-port rj-45) linksys ke Switch 8-port dan satu port lagi ke lantai atas coneksi ke wireless access point, bukan tambah linksys e2000, tapi linksys wap610n atau pake tp-link TL-WA901ND – biasanya dari modem ke router pake kabel utp cross, kabel lainnya straight.

    jika pakai speedy, dan belum beli linksys e2000 – coba beli tp-link TD-W8961ND – ini adalah modem plus wireless router dg 4 port ethernet.

  4. Jeffry says:

    Mohon dibantu :
    saya hendak membuat jaringan untuk kantor 2 lantai menggunakan 1 line telp internet speedy :
    pertanyaan saya, bagaimana skema jaringan dengan keperluan lantai dasar 1 modem speedy > 1 hub 8 port (client), dan lantai 2 (atas) 1 hub 8 port (client).
    terima kasih
    Jeffry

  5. ki says:

    Sama saja, cukup hubungkan satu port switch kepada router / modem dengan kabel utp begitu juga hubungkan switch bawah dengan switch atas dengan utp cable …

  6. Devi Anjani says:

    mohon dibantu mas,
    Saat ini saya memakai persis skema pd Gb 2 Skema jaringan wireless, namun saat ini mau dibatasi penggunaan wifi nya hanya utk device tertentu saja, dan utk PC desktop semua hrs menggunakan kabel LAN.

    Nah utk urutan/skema kabel LAN dgn hardware berikut ini bgmn ya mas?
    1. Cable Modem Cisco 2100
    2. Linksys EA4500 (wifi)
    3. D-Link Unmanaged Switches 8 port
    4. 6 PC Desktop Client (LAN)
    5. 4 Laptop (wifi)
    6. 1 PC Desktop Server (LAN)

    mohon bantuannya secara detail mas, saya masih awan utk hal ini..
    terima kasih sebelumnya..

    • Ki says:

      Modem port (RJ45) dikoneksikan ke WAN port EA4500.
      Switch Dlink konek ke salah satu port LAN EA4500 dan semua client LAN bisa dikoneksikan ke EA atau ke Dlink, itu saja …

      • Devi Anjani says:

        sipp.. makasih mas udah saya coba bisa..
        saya coba tanpa menggunakan WAN port EA4500 nya kok tdk bisa ya? ada yg perlu di setup lagi kah pd modem nya?

        Terima kasih

        • Ki says:

          emang WAN port diinjeksi input internet, kalo tanpa WAN port dari mana dapet koneksi internetnya? Modem ke WAN port agar bisa berbagi koneksi internet dengan fitur NAT nya.

  7. Rai says:

    mantap gan..
    saya jadi mengerti bagaimana membuat skema jaringan dengan penjelasan yang pasti
    sangat membantu. terima kasih

  8. andigi says:

    Saya akan membuat jaringan kecil dengan 2 Router :
    1. Modem Wifi Router : merk Hwuawe OPTIC dari Speedy
    2.. Modem Wifi Router TPLINK.

    A. Modem Wifi Router 1 saya asumsikan Utama karena dia berkabel Fiber Optic
    lgsg dari FO Telkom, ini langsung terhubung dengan PC 1 + Printer
    Jaringan langsung ini sudah bisa terkoneksi langsung dengan Internet Conection
    B. Dari Modem Wifi Router 1 ini saya hubungan via kabel RJ 45 Direct ke MODEM
    WIFI Router merk TPLINK. Disini tersambung dengan PC 2 dan 3 dan Notebook
    Catatan : Disini pun semuanya sudah terhubung dengan internet conection
    dan tidak ada masalah, baik wifi nya maupun koneksi kabelnya dgn
    RJ45.
    Pertanyaan :
    – Bagaimana menSHARING Data yang ada di PC 1 ke PC 2 dan PC 3 maupun ke
    NoteBook ? atau sebaliknya
    NB :
    kalau saya pergunakan Switch / HUB, Sharing Data tidak masalah dengan Work
    Group. Tp kalau dengan Modem Wifi ROUTER tidak bisa terkoneksi.

    Langkah : IP di PC 2 dan PC 3 sdh sy coba ubah, juga disamakan Subnetnya tp malah nggak isa terkoneksi dengan internet
    Tolong bisa dibantu… syukur step by step agar bisa paham karena saya new be.
    Terimakasih

    • Ki Gr says:

      Kayaknya ada yg kurang benar pada konfigurasi ke 2 dimana modem wifi router FO ke TPlink router lewat rj45 kalo tplink difungsikan sebagai wireless router. kecuali kalo tplink router BISA difungsikan sebgai wireless Access point (WAP) dimana gateway mengarah ke IP router Optic baik PC1,2 dan 3 serta laptop dan dhcp hanya difungsikan di modem Optic.

      coba didisable NAT pada tplink atau kalo ada konfigurasinya bisa diubah menjadi WAP.

  9. oji says:

    assalamualaikum kang,mau tanya,saya ada tugas kampus untuk riset jaringan di perusahaan,namun yang saya riset hanya bagian accounting ny saja,tetapi di perusahaan yang saya riset itu tidak mau memberi kan info nya secara detail,,jadi yang mau saya tanyakan jika ingin membuat sekema diagram untuk satu ruangan accounting itu yg perlu di perhatikan apa ya,,tolong penjelasannya.

  10. ki Grinsing says:

    Wa’alaikum salaam, …reset ke perusahaan tentunya mereka tidak mau memberikan data system mereka secara detail …ini kan bagian dari rahasia perusahaan …apalagi skema jaringan dan system detail mereka akan keep betul secara rahasia.

    Yg diperlukan cukup saja dari jaringan yang dipakai apa – WIndows atau Linux, terus koneksi internet pakai apa; apa jaringan bisa di remote access dari luar; ERP yang dipakai apa; siapa saja key person dan key rolenya apa; something like that lah ….

    • oji says:

      ohhh begitu ya pak,, pantas saja saya keep betul akan hal itu,,oh ya terima kasih ya pak le…tapi kira2 pak,mohon maaf ini satu lagi,,jika memang kita hanya di berikan data se minim itu dan sesingkat itu,dalam penyusunan jaringan aktual yg berada di perusahaan itu apa yang harus diperhatikan kira2,sedangkan prusahaan itu sendiri tidak memberi kan data begitu detail.. terima kasih.

  11. Tiyok Tkj says:

    Pak. Saya Setyo Rach Utomo . Saya sekolah di SMK TKM Tekhnik Tamansiswa Purworejo.Kelas 11 TKJ. Saya ingin bertanya. Jika saya menggunakan modem dari telkom dengan kabel fo dan saya ingin membagi bandwith tersebut dengan sama rata ke semua lab di sekolah saya. Apakah lebih baik langsung disambungkan ke router ataukah swotch terlebih dahulu?. Dan akan saya sambungkan ke server . Beberapa akses point. Dan pc client. Terimakasih. Jika bapak bersedia menjawab. Karenaa saaya masih pemula sekali. Hehe.

    • Ali H says:

      membagi bandwidth biaanya tergantung dari router yang dipakai apakah dia punya fitur membagi bandwidth atau tidak, dan biasanya dibagi berdasarkan ip atau ntwork address. jadi periksa dulu router atau modem gateway yg dipakai coba saja masuk ke menu konfigurasinya apa ada fitur tsb.

  12. yudi says:

    artikel yang sangat bermanfaat gan, terima kasih.

  13. adyl says:

    sre kak…q da tgs ni ttg gambar skema jringan lan,man,dan wan? ada gak gambarnya?

  14. majid says:

    mas boleh minta saranya, saya hendak membangun jaringan untuk kantor saya kebetulan kantor saya ada empat lantai rencananya lantai 3 terdapat jaringan wifi dan juga LAN sedangkan yg lainnya jaringan wifi, dan jaringan tersebut terhubung jaringan fiber optik telkom. kira2 supaya jaringan wifi di lantai 1,2,4 kuat skema yang digunakan seperti apa ya apakah setiap lantai harus di pasangkan wirelles acces point/ penguat jaringan wirelles? dan modem yang harus digunakan kira2 jenis apa ya karena kata org telkomnya jaringan lan dan wifi tidak boleh menggunakan satu modem karena bisa ganggu. mohon pencerahannya mas makasih..

    • Ali H says:

      FO dari Telkom itu kan sebenarnya ke customer sudah ada modem, ane kurang faham kenapa harus pakai 2 modem. Modem kan penghubung dari centra telkom ke gedung atau teknisnya disebut sebagai CPE (customer premise’s equipment). Ane belum pelanggan FO telkom jadi kagak tahu dipelanggan itu berupa murni modem atau modem gateway (ada NAT). Perlu ditanyakan ke Telkom, kalau pure modem perlu router dan Switch, kalau modem gateway perlu switch dan wireless AP. Cari switch yang POE.

      Untuk kasus ente pakai saja business cloass wireless AP yang bisa dimanaje misal Cisco Aironet, atau yang lebih ekonomis TP-link EAP220. Jadi sudah mendukung POE, kabel power dari kabel UTP saja dipasanga di langit2 kantor tiap lantai. Jangan pakai WAP rumahan …pakai yg business class. Untuk tplink coba cek disini EAP220

  15. Yusuf malik says:

    Mas minta pencerahan, di sekolah saya ada 2 lab komputer, per lab nya 40pc.
    Selama ini pake kabel error terus. Moe ganti pake wifi.
    Yang jadi pertanyaan saya
    Perangkat keras apa yg wajib ane miliki selain wi-fi doogle, dan wi-fi router.?
    Dan bagaimana topologinya? Karena 4mbps speedy internetnya lambat kaloe di bagi 80pc.
    Saya coba pake server cache pake squip tp ngak ngerti setting nya.

    • ki Grinsing says:

      benarnya kalo system perkabelanya bagus koneksi kabel lebih solid dibanding wifi yg banyak interferensi. Kalo wifi sich emang bagus untuk mobile, bagus semua smartphone bisa konek. Kalo mo pakai wifi tambah saja wireless access point untuk bisnis misal TP-link EAP220 yg dual band yg bisa dimanaje lewat software walau dlm ratusa perangkat AP. Masih tetap pakai speedy kan?

  16. benny says:

    halo mas,
    mau tanya, saya pake koneksi indihome (dengan router + wifi)
    dari kabel optik langsung masuk ke router tersebut, apakah artinya modemnya jadi satu dengan router tersebut?
    karena di router tersebut hanya kosong 4 port LAN, kalau saya mau memasang beberapa kabel LAN (untuk kebutuhan beberapa komputer dan perpanjangan repeater wifi)
    apakah cukup dengan membeli switch saja? (dengan asumsi saya sudah punya repeaternya)
    kalau iya apakah cara pasangnya

    Router –> Switch –> Repeater

    ataukah

    Router –> Server –> Switch –> Repeater

    mohon pencerahannya saya buta networking :)

    terima kasih ya mas

    • ki Grinsing says:

      ane belum pakai fiber indihome ..tapi yang jelas indihome menggunakan teknology FTTH (fiber to the home) …prinsipnya sama dr optic => modem yg sudah ada converter optic to ethernet => router. Jadi modem speedy tidak bisa dipakai karena dia kabel adsl / line telpon kecuali model gateway yg ada EWAN port. Biasanya ada perangkat all-in-one dimana modem fiber plus router jadi satu…seperti yg anda pakai ..

      boleh tahu router jenis apa merek dan serinya …? jika emang ada 4 port ethernet yah emang untuk koneksi kabel ke kompi/laptop ..jika perlu banyak port tinggal tambah switch pakai kabel cross dr router ke switch …tapi biasanya udah autosensing jadi mo cross/straight sama saja …
      yg anda maksud repeater ini “wireless repeater” atau penguat biasa..?

  17. mustopa zulfikar says:

    permisi master, saya mau tanya untuk jaringan WAN, cara setting database ke server pusat dan memiliki 4 cabang di kota berbeda apa saja yang dibutuhkan untuk hardware dan software nya… Terimakasih

    • ki Grinsing says:

      kenapa tidak di hostkan saja di webhosting misal dengan domain tertentu …terus bikin apps nya dan akses lewat website saja …

      atau yang dimaksud VPN kali …coba dibaca artikel di VPN komunikasi antar cabang

  18. syahrofi1 says:

    mohon bantuan
    saya mempunyai 1 hub 16 port tp link
    2 modem tp llink speedy
    untuk 12 pc client
    1 pc server
    gimana gabunginya?
    sewaktu 2 minggu lalu bisa tanpa mikrotik hanya tinggal colok aja n ganti tp sama gatway
    ip 192.168.1.10
    sub mask 255.255.255.0
    default gatway 192.168.1.1
    sedangkan DNS
    8.8.8.8
    8.8.4.4
    nah untuk modem kedua
    ip 192.168.1.10
    sub mask 255.255.255.0
    default gatway 192.168.1.254
    sedangkan DNS
    8.8.8.8
    8.8.4.4
    hanya beda pada gatway aja, seumpama client no 4 ikut modem pertama dengan angka 192.168.1.1 bisa langsung pindah ikut modem kedua hanya dengan ganti gatway menjadi 192.168.1.254
    sbelum pake beginian bisa, tapi 2 minggu ini tidak bisa
    mohon pencerahanya

    • ki Grinsing says:

      emang kedua modem speedy ini activ dua2nya dengan dua line telkom yang berbeda atau gimana?
      Dan kenapa ip modem sama kalo dua2nya aktif.

      kalo salah satu aktif, default gateway itu pasti mengarah ke ip address modem, jadi kalo ip modem 192.168.1.10 maka semua clients harus mengarah ke ip ini untuk gateway nya.

  19. Asep Suryana says:

    maaf mas mau tanya
    kalo ngegabungin 1 komp + 4 mesin absen
    komp nya conect lewat jalur wi fi
    sedangkan mesin absennya langsung ke modem router adsl d-link 2750-e
    gimana ya?
    cat : tidak conect internet

    • ki Grinsing says:

      intinya kan sama, mesin absen dianggap sebagai perangkat jaringan kalau emang ada koneksi port Ethernet RJ45. Jadi dia juga butuh IP address. Nah apa mesin absen ini bisa menerima IP automatis dari DHCP server nggak? Lihat saja di manual book atau spec dari mesin ini, jadi mesin absen konek lewat kabel UTP ke router dan PC koneksi lewat wifi gitu kan? harusnya bisa asal mesin absensi dapet IP address.

  20. adjie says:

    Mohon bantuannya pak:
    Saya msh pemula hendak bangun jaringan di kantor saya 3lt. Dari 3lt tersebut ingin pake wifi smw.. Di kantor saya pake spedy.
    Yg ingin saya tanyakan apa saja perangkat yg saya butuhkan untuk wifi 3lt.
    Dan diagramnya seperti apa ya pak…

    Makasi

    • ki Grinsing says:

      kalo buat 3 lantai mendingan pakai access point business …bisa saja pakai Cisco Aironet …tapi mahal, coba pakai TP-link EAP220 tiap lantai…dari modem router speedy jika tersedia 4 port ethernet kan bisa dipakai masing2 kabel ke AP TP-link.

  21. firman says:

    mohon bantuan pak,
    jadi begini pak, saya punya 2 komputer, sambungan speedy, 1 printer usb, 1 printer LAN
    pertanyaannya bagaimana supaya saya berbagi koneksi internet dan printer 2 komputer tsb,
    apa aja alat yang perlu di tambah, terima kasih.

    • ki Grinsing says:

      @firman, apa saat ini sudah berjalan baik internetnya? Kalau ada 2 printer usb dan printer LAN ganti saja modem yang sekarang dengan modem wifi yang ada port USB nya misal TP-link W8970 yang udah ada 2 port usb, satu port bisa digunakan untuk sharing printer usb dan satu lagi bisa untuk sharing disk drive USB. Untuk printer LAN bisa gunakan kabel UTP ditarik ke router, router 8970 itu kan ada 4x port LAN, pakai untuk printer dan 2 komputer. Untuk smartphone atau laptop bisa koneksi lewat wifi…

  22. firman says:

    makasih pak, mdem inet masih baru di pasang, supaya modem spedy masih bisa di pakai, apakah bisa saya koneksikan pakai HUB atau sejenisnya, trus gimana setingnya, trma ksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *