Inovasi Netgear R8000 X6 Nighthawk Router Tiga-band

Tidak sampai setahun sejak Netgear meluncurkan R7000 yang diklaim sebagai router paling cepat dengan bandwidth total sampai 1900Mbps, Netgear sudah meluncurkan versi router terbarunya dengan teknologi tiga band dengan bandwidth total sampai 3200Mbps. Router ini diberi nama Netgear X6 Nighthawk atau seri Netgear R8000. Lihat artikel wireless ac router R7000 dan RT-AC68U.




 

Apa hebatnya router ini?

Netgear R800 ini dan juga masih ada satu lagi yang akan muncul besutan dari Asus (RT-AC3200) merupakan router dengan technology tiga band yaitu satu band 2.4GHz dan 2 band 5GHz. Tentu saja router ini ditujukan untuk rumah yang luas atau koneksi router dengan density perangkat wifi yang lumayan banyak dan cocoknya buat applikasi streaming dan gaming online yang lembut dan halus tanpa brebet.

Awal kemunculannya di Amazon router ini dibandrol dengan harga sekitaran $300 USD, cukup mahal buat ukuran kita tapi respon customer menunjukkan sangat positif dengan tingkat kepuasan yang tinggi. Bagi anda pengguna layanan Speedy ada baiknya menggunakan perangkat router ADSL all-in-one seperti TP-link Archer D7 yang berbasis wireless ac juga. Sementara R8000 ini bagusnya untuk layanan internet Cable dengan modem Cable didepannya.

Netgear Nighthawk X6 router

Apa saja fitur utamanya?

Tidak jauh dari fitur unggulan router performa tinggi seperti R7000 dan juga Asus RT-AC1900 router X6 Nighthawk inipun dikemas dengan fitur unggulan berikut:

  • Dibesut dengan teknologi tiga band yaitu Tx/Rx 3×3 (2.4GHz) plus  3×3 (5GHz) serta band ketiga 3×3 (5GHz)
  • Dikemas dengan 6 antenna luar power tinggi dengan technology Beamforming baik pada band 2.4 maupun 5GHz
  •  Ditanamkan chip processor dual core 1GHz dengan tiga offload processor dan dikemas dengan memory flash 128MB dan 256MB
  • Teknology smart-connect yang memilah jalur wifi secara otomatis bagi masing-masing koneksi perangkat agar mendapatkan koneksi terbaiknya pada band wifi yang sesuai
  •  Port Ethernet Gigabit baik LAN (4port) maupun WAN (1port) interfacenya
  • Sama seperti versi R7000 dilengkapi dengan 1xUSB 3.0 dan 1xUSB 2.0 baik digunakan untuk storage maupun printer sekaligus
  • Dilengkapi dengan software Vault PC ReadyShare untuk backup automatis ke storage yang dikoneksi ke port USB
  • Dukungan IPV6 dan VPN

Untuk spesifikasi data dari Netgear X6 klik disini!

Ada baiknya kiranya anda melihat video pengenalan produk R8000 Nighthawk berikut ini untuk memahami lebih dekat bagaimana produk ini dipasarkan ke consumer.

Dalam waktu tidak beberapa lama kemungkinan besar para pabrikan lain dari produk router untuk consumer ini akan dirilis misal saja dari Asus RT-AC3200 yang juga dibesut dengan technology tiga band dengan tortal bandwidth sampai 3200Mbps.

Tiga Bands

Kita tahu bahwa banyak bermacam-macam perangkat wifi yang ada sekarang ini tentunya mereka menggunakan berbagai macam technology wifi yang berbeda baik wireless N dan berbagai wireless ac dengan speed yang berbeda. Dengan technology tiga band ini, berbagai macam perangkat wifi akan terkoneksi ke router melalui wifi band yang terbaik perangkat tersebut bisa terhubung dan memilih band secara automatis. Layaknya mobil formula 1 akan berjalan secara maksimal di sirkuit sentul, sementara mobil pribadi bagus berjalan di jalan told an motor tentu di jalanan umum, begitu kira-kira. Jadi motor yang berjalan lambat tidak menghalangi mobil formula di jalur yang sama.

Semua perangkat wifi yang berjalan di 2.4GHz band akan memilih jalur wifi 2.4MHz band, begitu juga semua perangkat wifi dari wireless ac akan memilih jalur wifi 5GHz band wireless ac. Sehingga perangkat berkecepatan rendah tidak menjadi penghalang perangkat lain yang berbasis wireless ac 1200 seperti Netgear A6200 wireless ac1200 USB adapter.

6 antenna luar

Tidak seperti router wifi pada umumnya yang biasa dikemas dengan tiga antenna luar, Netgear R8000 ini dikemas dengan menggunakan 6x antenna luar dengan power amplifier sehingga kelihatan garang. Technology yang digunakan adalah Beamforming yang memberikan focus beam pada client.

Keenam antenna ini bisa dikemas masuk dan juga bisa direntangkan agar bisa memberikan jangkauan maksimal ke seluruh sudut ruangan rumah besar anda.

Netgear R8000

ReadyShare Vault PC software

Kalau dalam Apple Airport Time Machine router mendukung fitur Time Machine yang sangat menguntungkan bagi pengguna computer Mac untuk backup automatis ke storage router, maka Netgear Nighthawk X6 juga memberikan software gratis “ReadyShare Vault PC software” yang digunakan untuk melakukan fungsi backup automatis seperti pada Mac untuk semua perangkat computer ataupun perangkat mobile anda yang terhubung ke router. Semua file backup disimpan pada storage yang dipasang pada port USB baik pada USB 2.0 maupun USB 3.0 SuperSpeed.

Masih banyak fitur lain yang membuat router ini mempunyai kelas high end, kelas premium untuk menunjang performa tinggi dari jaringan wifi yang anda harapkan untuk semua perangkat wifi anda baik untuk streaming video, online gaming ataupun tugas-tugas jaringan lainnya seperti social networking, email ataupun sekedar browsing internet.

Netgear R8000 ini juga mendukung technology VPN untuk koneksi tunnel yang aman ke jaringan rumah anda saat anda diluar lewat koneksi internet. Fitur parental control juga dilengkapi dalam system router ini untuk memungkinkan anda membuat filter internet. Jaringan Guest juga ada untuk jaringan Guest tersendiri.

Note: Netgear disamping sudah merilis wireless router 3 band pada segment jaringan AC5400, Netgear juga sudah meluncurkan wireless router berbasis teknology wifi terbaru wireless AD yaitu Nighthawk X10 AD7200 router dengan total bandwidth sampai 7200Mbps.

Lihat juga artikel:

Ads




Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *