Jaringan Private Virtual alias VPN

Koneksi Jaringan Private Virtual Untuk Koneksi Jarak Jauh atau Koneksi Remote Lewat Jaringan Public Internet.

Apa itu VPN?

Jaringan Private Virtual atau lebih kerennya Virtual Private Network (VPN) adalah suatu technology yang memungkinkan anda melakukan koneksi kepada jaringan private anda lewat Internet secara aman melalui traffic terowongan (selanjutnya akan kami sebut tunnel biar tidak jauh dari istilah technology terkait) didalam paket-paket yang terenkripsi dengan aman. Koneksi jaringan private virtual (alias VPN) merupakan solusi yang murah untuk menghubungkan remote site bersama-sama melalui jaringan public alias jaringan internet. Koneksi jaringan private virtual adalah jaringan logical yang secara fisik menyambung Internet.




Bagaimana prosesnya?

Dengan koneksi Jaringan Private Virtual, pertama-tama paket private di enkripsi kemudian di-encapsulasi (alias dikemuli atau diselimuti) didalam suatu paket public yang ditujukan kepada remote server VPN. Informasi routing ini memudahkan muatan data private yang di enkripsi untuk dilewatkan dalam tunnel melalui jaringan public internet untuk mencapai titik tujuan. Setelah data yang diencapsulasi ini diterima disisi server VPN, server VPN kemudian mempreteli header public dan men-decripsi muatan data private tersebut.

Suatu fitur penting dari koneksi Jaringan Private Virtual ini adalah jaringan fisik public dimana data dikirim melewatinya menjadi transparan pada kedua ujung komunikasi walaupun dalam kenyataannya data ini melewati beberapa hop router yang memisahkan kedua komputer tersebut lewat jaringan Internet satu sama lain seakan-akan hanya terpisah satu hop saja melalui koneksi Jaringan Private Virtual.

Konsep diagram

Perhatikan dalam gambar dibawah ini bahwa server VPN sebagai koneksi remote harus menggunakan IP public terdaftar sementara jaringan private menggunakan skema IP address private untuk computer-komputernya, baik IP address manual maupun IP address yang diterima dari system DHCP server. Perhatikan gambar diagram VPN berikut ini secara konseptual.

Diagram Jaringan Private Virtual

Diagram Jaringan Private Virtual

 

Untuk membuktikannya, dalam Jaringan Private Virtual ini anda bisa menggunakan command “tracert” dari masing-2 komputer dan akan terlihat bahwa kedua komputer terpisan hanya satu hop saja.

Dari komputer A (yang mempunyai IP address pada konfigurasi property TCP/IP nya adalah 198.200.100.5)

C:\> tracert computerB

Tracing route to computerB [198.200.200.13]

Over a maximum 30 hops:

1 460ms 460ms 580ms computer[198.200.200.13]

Trace complete

Jika dari Komputer B:

C:\>tracert computerA

Tracing route to computerA [198.200.100.5]

Over a maximum 30 hops:

1 460ms 460ms 580ms computer[198.200.100.5]

Trace complete

Akses remote VPN

Koneksi remote akses Jaringan Private Virtual memudahkan para karyawan yang bekerja dari rumah melakukan koneksi kepada jaringan corporate atau jaringan kantor pusat. Didalam jaringan infrastruktur Windows server dari seri 2003 sampai 2012 R2, administrator sebelumnya harus mendefinisikan berikut ini:

  • Policy remote akses yang memberikan hak akses melalui koneksi Jaringan Private Virtual.
  • Membuat Group khusus misal group VPN-Group untuk group mereka yang berhak melakukan koneksi remote.
  • Melakukan edit profile dari masing-masing user dalam group VPN-Group untuk mengijinkan akses remote.

Pada sisi komputer client VPN ini, atau laptop yang menggunakan Windows OS, untuk melakukan koneksi Jaringan Private Virtual user menggunakan wizard “New Connection” untuk melakukan koneksi ke server remote Jaringan Private Virtual. Clients PC kemudian melakukan koneksi ke Internet (apakah GSM/4G modem atau melalu Internet broadband – Speedy atau Cable) dan membentuk koneksi VPN ke server VPN remote.

Tapi jika piranti VPN dipakai, banyak piranti jadi VPN diantaranya adalah Cisco PIX firewall, atau dari TP-link seri TL-ERxxx yang jauh lebih ekonomis dan dijamin handal, CD instalasi client yang datang bersama saat pembelian bisa dipakai untuk instalasi client VPN. Tentunya setelah infrastruktur Jaringan Private Virtual sudah terbentuk dengan konfigurasi IP address public yang dipakai pada server VPN remote. IP address public ini akan sangat mudah jika menggunakan IP public statis, bagaimana jika anda pelanggan Internet dari ISP biasa yang menggunakan IP public dynamis? Gunakan layanan DDNS alias Dynamic Domain Name Server.

DDNS

Sebagian besar bisnis kecil menengah menggunakan layanan internet dari Speedy atau Cable atau apapun itu model layanannya, hampir semua ISP memberikan IP dynamis untuk pelanggannya mengingat sudah mulai berkurangnya jumlah IP address public. Untuk itulah dengan IP Dynamis maka IP address public di modem anda selalu berubah setiap kali habis dimatikan, kecuali modem anda selalu ON terus menerus dan suatu saat ada saatnya dimatikan atau mati karena suatu hal mungkin listrik mati jika tidak ada UPS nya. Dengan adanya IP dynamis yang selalu berubah maka anda tidak bisa menggunakan IP public dynamis untuk keperluan meremote VPN dalam remote server VPN anda. Client atau pasangan remote bisa kehilangan IP address untuk koneksi ke jaringan VPN. Untuk itulah dibutuhkan layanan Dynamic DNS alias DDNS. Bagi pelanggan Speedy ada layanan DDNS ini yang dinamakan dengan SpeedyDDNS.

Extranet atau Jaringan Private Virtual router ke router

Pada koneksi Jaringan Private Virtual extranet, dua kantor remote terhubung satu sama lain dengan menjalankan fungsi server VPN Routing and Remote Access (RAS) dalam system jaringan Windows server. Setiap server VPN ini masing-masing bisa melakukan inisiasi atau menjawab koneksi VPN. Hubungan VPN ini tergantung pada authorisasi interface demand-dial, bukan tergantung pada authorisasi masing-masing individu user. Untuk setiap interface VPN deman-dial, anda harus melakukan satu set konfigurasi credensial “dial-out” termasuk suatu user-name dan password, domain, dimana secara default user-name nya adalah nama interface demand-dial itu sendiri. User-name harus juga cocok dan klop dengan interface deman-dial pada server VPN penerima.

Jika anda tidak menggunakan jaringan server Windows, anda bisa menggunakan perangkat jadi VPN router misal dari Cisco atau pilih saja TP-link yang jauh lebih ekonomis dan handal.

Protocol-2 Jaringan Private Virtual

Pada system Windows 2003, Windows server 2008 dan yang paling gress Windows server 2012 ada tersedia dua macam standard protocol tunneling.

1. PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocols)

2. L2TP/IPSec (Layer 2 Tunneling Protocols / IP Security)

PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocols)

Berikut adalah ringkasan dari protocol PPTP pada jaringan private virtual.

  • Keamanan melalui paket-2 enkripsi PPTP ini kurang aman dibanding dengan jenis protocol L2TP/IPSec.
  • Tidak memerikan integritas data (yaitu semacam suatu bukti bahwa data tidak dimodifikasi selama dalam transit pengiriman)
  • Tidak memberikan data authentikasi asli/asal (semacam bukti bahwa data dikirim oleh user yang authorized)
  • Berdasarkan pada ektensi protocol Point-to-point (PPP)
  • Mendukung enkripsi melalui enkripsi Microsoft Point-to-Point Encryption (MPPE)
  • Menggunakan user-name dan password untuk authentication
  • Pilihan yang bagus untuk kemampuan dasar VPN
    • Protocol PPTP ini sudah ada beserta didalam semua client OS Windows modern
    • Tidak memerlukan suatu public-key infrastructure (PKI)

L2TP/IPSec (Layer 2 Tunneling Protocols / IP Security)

Pada jenis koneksi L2TP/IPSec pada jaringan private virtual, protocol L2TP memberikan terowongan (tunnel) VPN, protocol Encapsulation Security Payload (ESP) yang merupakan suatu feature dari IPSec memberikan enkripsi data.

  • L2TP/IP merupakan protocol standard industry tunneling, yang pada Windows pertama kali dipakai sejak Windows 2000
  • Encrypsi diberikan oleh IPSec
  • Setting yang di recommendasikan adalah pemakaian certificate public-key infrastructure (PKI), akan tetapi bisa juga memakai kunci pre-shared
  • keuntungan
    • Data confidentiality
    • Integrity
    • Authentication
  • Pada Windows 2000, XP, Server 2003, Vista telah dilengkapi dengan built-in L2TP/IPSec client. Microsoft L2TP VPN client tersedia pada internet untuk di download.

Certificates komputer dan L2TP/IPSec

Pada kebanyakan koneksi Jaringan private virtual berlandaskan L2TP, authenticasi komputer dilaksanakan dengan menggunakan infrastruktur certificate. Untuk bisa berhasil pada implementasi jenis VPN ini, anda harus menginstall certificate komputer yang di-keluarkan oleh Certificate Authority (CA) yang sama pada masing-2 client VPN dan server VPN.

Preshared key adalah string shared dari jenis plain-text yang digunakan untuk meng-enkripsi dan men-dekripsi komunikasi IPSec. Preshared keys ini tidak dimaksudkan untuk authenticasi yang aman, untuk itu makanya hanya boleh dipakai untuk keperluan testing saja.

Perangkat jadi VPN

Ada banyak perangkat VPN jadi tersedia di pasaran sekarang ini yang sangat mudah instalasinya bsik dsri Cysco, Netgear atau dari TP-link yang kami bisa sediakan untuk anda. Berikut adalah salah contoh diagram VPN antara kantor pusat dan kantor cabang (bisa beberapa kantor cabang) dan juga beberapa user yang terhubung lewat internet dengan menggunakan VPN client ke kantor pusat baik dari rumah ataupun dari mana saja berada. Kantor pusat menggunakan VPN router model TL-ER6120, sementara di kantor cabang menggunakan model TL- TL-R600VPN. VPN router 6120 ini bisa digunakan untuk multi-WAN dan mendukung sampai 100 IPCsec VPN tunnels dengan system VPN berbasis hardware yang lebih tinggi performanya dibanding VPN yang berbasis software.

Untuk jaringan LAN dikantor pusat maupun dicabang menggunakan Switch TP-link JetStream 24-port Gigabit dengan 4 combo SFP slot (TL-SG3424). User dengan laptop menggunakan software VPN Client yang juga disediakan oleh TP-link untuk memudahkan kita melakukan konfigurasi client VPN.

Diagram vpn router TP-link TL-ER6120

Diagram jaringan VPN dari produk TP-link antara kantor pusat dan cabang dan remote user

 

Dibanding model VPN router dari vendor lain misal dari Cisco atau Netgear yang masih tergolong mahal, TP-link menyediakan perangkat VPN router yang jauh lebih ekonomis dan handal.

Anda bisa gunakan TP-link TL-ER6120 dikantor pusat anda dan model yang sama di kantor cabang atau model dibawahnya misal TL-R600VPN dikantor cabang.

Jika anda membutuhkan solusi VPN untuk small medium bisnis anda yang terdiri dari beberapa kantor cabang gunakan saja produk TP-link ini, sangat ekonomis.

 

Bisnis kecil

Bagi anda pelaku bisnis kecil yang ingin mendambakan suatu solusi jaringan komputer yang ekonomis, anda bisa menggunakan Windows server 2012 R2 Essential yang memungkinkan anda hanya menggunakan satu server untuk manajemen data dan network resources dan juga memungkinkan anda akses server dan komputer anda dari mana saja anda berada seperti dari rumah, airport, hotel atau dari pantai saat liburan seakan anda duduk didepan desktop komputer anda di kantor. Selama anda bisa mendapatkan akses internet dari laptop atau tablet berbasis Windows phone maka anda bisa melakukan koneksi ke kantor anda dengan sangat aman lewat jaringan internet.

Semoga bermanfaat dan salam.

By Ki Grinsing



Share

You may also like...

117 Responses

  1. umenk says:

    maaf kk, saya kurang paham nh dgn pernyataan di atas. . . mklum saya masih awam….
    tolong donk dikasih cara lebih rincinya….
    thenks sebelumnya…..

  2. admin says:

    he..he..gini, intinya …kalau kita mepunyai jaringan LAN d rumah dan kalau kita sedang jalan keluar kota …kita bisa mengakses jaringan kita dari luar melalui internet dengan aman …VPN sangat penting sekali buat jaringan corporate yg mempunyai banyak karyawan yg sering bepergian dan perlu akses ke jaringan kantor lewat internet …

  3. Zelda The Knight says:

    Om Admin
    Koneksi VPN tuh Bandwith Maxnya rapa??
    tyus tuh bandwith isa di curi kgk ma user lain?
    coz internet di humz lemotnya minta ampyun
    Padahal dari pihak provider tuh ktny internetnya lebih cepet dari pada sp**dy
    tolong pencerahannya sekian terimas kasih

  4. admin says:

    VPN yach tergantung bandwidth yang di-remote…kalau remote site bandwidthx lebar yach bisa lapang koneksinya ..kalau yang koneksi banyak yach dibagi dwonk …kalau di bomb oleh banyaknya koneksi ke suatu titik jadinya serangan DoS (denial of services) yang bikin mampetnya bandwidth remote site …kecepatan internet at homz tergantung juga ..kalau B/W x dipakai barengan yach bakal lemot disisi ISP nya …yg akibatnya pelanggan juga lemot …

  5. Tulus says:

    Bos, mohon bantuannya.
    Dikantor saya ada 2 komputer untuk akses jaringan Internet / VPN.
    Padahal saya cuma dapat 1 user & 1 password.
    Qr2 bagaimana ya caranya biar 2 komputer bisa jalan bersamaan meskipun cuma punya 1 user VPN?
    khan teorinya 1 user VPN hanya bisa digunakan oleh 1 komputer (alias g bs 2 komputer pakai 1 user VPN secara bersamaan).
    Mohon bantuannya jika ada tips & triks.
    Jadi kalo bisa dipk bersamaan kerjaan semakin cpt terselesaikan.

  6. Ki says:

    jenis anda ini valuntary tunnel yach? kalo valuntary memang tidak perlu RAS server, jadi sifatnya ad-hoc satu client ke kantor pusat. Kalo tunneling compulsary kedua sisi remote berupa RAS server ..jadi site-to-site ato router to router connection …
    kalo disisi anda memakai wireless router yang mempunyai fitur VPN passthrough bisa dipakai bersamaan ..router-to-router VPN …konfigurasinya gak bisa satu arah..kedua sisi di konfigure agar klop.

    kedua pc di kantor koneksi ke internet pakai apa?keduax konek satu jaringan ato tidak?

  7. Bang Ucup says:

    kalau yang banyak dijual di dunia maya itu gimana ? legal apa nggak mas,misalnya iklannya begini “DI JUAL PERDANA INTERNET VPN 30Rb/Bln….”

  8. Ki says:

    Yach emang legal sich, biasanya kan untuk kepentingan keamanann yang tinggi misal untuk Teleworker yg mo connect ke kantor network yg sangat restrictive. Mereka gak semabarangan bisa connect ke kantor lewat public network, pasti lewat VPN. Telkom punya produt untuk jaringan VpnIP untuk jaringan corporate untuk menghubungkan antar cabang mereka dng sangat aman …Kalo iklan yg dimaksud yg mana sich.

  9. Suroto says:

    Maaf mau tanya .., banayak VPN DI JUAL BEBAS dengan harga yg murah ..,dengan memakai chip dari telkomsel ..,apakah itu tidak mengganggu jaringan telkomsel sendiri ?.., dan terus terang saja saya pake vpn yg 30 rb / bulan tapi kenep lemot banget?

  10. Ki says:

    lemot koneksi itu banyak penyebabnya …bisa jadi bandwidth pas browsing lagi booming jadi high traffic udah pasti lemot. Atau web server yg kita kunjungi emang punya bandwidth yg kecil dan diakses dg traffic tinggi …makanya kenapa kalu kt browsing dini hari respon cepat …

  11. Nelys says:

    sori baru ikutan……gw cuman mo tanya ne akses sebenernya sekali regis az ato update perbulan,,,,,N lo bleh tau user yg kita daftarin ko jarang bisa konec ya…apa ada orang lain yang pake

  12. MasMas says:

    @Suroto.. fyi, ada yg jual VPN dgn kartu AS seharga 150rb dan dengan menggunakan apn yg 15rb/bulan. jadi biaya langganan internetnya/bulan 15rb.. liat dari caranya ga pake crack”an, cz bayar itu smua… bw sepertinya shared sma user” lain. nih speedtest as vpn pada saat siang hari h**p://www.speedtest.net/result/741038145.png

  13. kodoq says:

    om mau tanya, kerjaan saya tiap hari mengakes data ke kantor pusat (saya admin cabang) menggunakan VPN, tapi ketika saya bekerja tsb, saya tidak bisa browsing internet.. jadi kalo mao brosing, program untuk mengkoneksikan ke data di pusat harus di diskonek dulu… tolong pencerahan supaya saya bisa browsing internet… karena saya mempunyai usaha sampingan yang membutuhkan koneksi internet untuk mengecek email-email bisnis saya… PM ya om.. makasih

  14. Ki says:

    kalo menurut konsep dari vpn itu sendiri kan memang membentuk tunnel khusus / private melalui jaringan publik …jadi jaringan internet itu di pakai sebagai tunnel ke sisi ujung satunya sehingga aman layaknya koneksi kabel saja …jadi dedicated line. Kecuali emang ada dua point satu khusus koneksi router ke kantor pusat (biasanya koneksi point-to-point Vpn-ip) dan satu router menuju ke jaringan publik (internet).
    tapi anda bisa akali di connection, disana ada option “Use default gateway on remote network” coba anda disable option ini apa anda masih bisa konek vpn atau nggak. Kalo option ini di disabled dan koneksi vpn masih bisa jalan maka anda bisa control local resources anda.

    Any idea?

    Ki

    • ima says:

      pake web browser apa ya itu? dulu saya vpn aktif masih bisa browsing tp setelah pake kaspersky saya tdk bs browsing kalau vpn sedang aktif

  15. rizky says:

    mas mau tanya gmana cara menghubungkan FO KE UTP

    • admin says:

      FO biasanya diapkai sebagai backbone uplink antar switch. tentunya gak sembarangan …ada konektor khusus dan di switch juga ada adapter khusus atau memang swicth khusus …setahu saya gak umum (gak ada) kalau langsung dr FO ke UTP. Yg ada yach dr FO ke trunk switch …dan switch nya pakai UTP.

  16. mubarok says:

    Thanks postingannya sangat membantu, kbetulan saya baru menggeluti dunia VPN….
    MO tanya ki… di salah satu client user VPN da yang sering putus pada jam2 tertentu padahal koneksi internet normal, sementara di saat yang bersamaan client lain di kota yang sama koneksi VPN tidak masalah alias lancar2 aja.Sekedar info aja koneksi internet pake speedy sedangkan VPN untuk keperluan akses data ke server pusat. Kira2 penyebabnya apa ya Ki….mohon pencerahan ya Ki dan makasih sebelumya

    • admin says:

      coba bandingkan: saat normal lakukan command di dos prompt (C:/> maksudnya) dengan ketik “pathping vpn-anda” enter. Tentunya “vpn-anda” adalah ip address vpn server kantor pusat anda misal “pathping 202.10.121.5”
      lakukan juga saat putu2 ..bandingkan hasilnya dimana yg mempunyai packet lost terringgi yg bikin putus…
      atau juga bisa lakukan “tracert vpn-anda” …lihat dimana packet lost terbesarnya …tentunya anda perlu tahu ip router2 yg dilewatinya …apakah disisi vendor atau justru di router kantor pusat anda.

      Cheers

  17. nur hidayat says:

    ki, tolong dong jelasin apa beda vpn hardware dgn vpn software seperti openvpn? apa beda dlm hal kompresinya seperti di voip?
    trus mana yg lebih handal koneksinya, yg akses vpn nya cepet dgn bandwidth minimum? apakah ada yg canggih seperti itu?
    Soalnya saya coba install server openvpn, b/w ada 4Mbps, ada client yg mengeluh koneksinya lambat? apa karena b/w kantor di shared utk browsing jd lambat ya? client kira2 ada 10an yg konek bareng. Sebenrnya brp sih b/w yg diperlukan di sisi main office dan client ?
    kalo VPN hardware merk cisco atau netgear gitu ada b/w requirementnya ga?
    maaf klo pertanyaannya banyak, soalny msh awam soal vpn.
    terima kasih banyak atas jawabannya.

  18. ki says:

    frankly, gw gak pernah pake openvpn …jadi gak isa tahu gimana performance nya. nurut hemat gw sich kalo namanya software, dia numpang platform os pada suatu hardware yang multifunsi. Jadi mestinya tasks akan terbagi dan bisa jari performa akan menurun / berkurang …
    Tapi kalo hardware vpn memang hardwarenya didesign khusus untuk task tersebut dan lagi dedicated hardware tidak untuk task lainnya walau ada fungsi2 prndukungnya seperti routing.
    Tentunya dalam satu pipa bandwidth akan dibagi untuk beberapa tasks yg berjalan termasuk akyifitas browsing didalamnya. Nah kalau opensource mestinya anda bisa membuat alokasi bandwidth (QOS) khusus untuk vpn task.

  19. nur hidayat says:

    Ki, pertanyaan dari manajemen yg sulit adalah, “apa dgn vpn hardware terjamin client bisa koneksi tanpa gangguan?”
    Best practise nya gmn sih ki, klo mo implementasi vpn hardware, brp b/w di client dan brp di pusat? Misalnya kalo pake NETGEAR ProSafe SSL VPN, di client jg perlu pasang alat yg sama ya?

  20. ki says:

    Interupsi gangguan bukan cuma dari sisi hardware anda, layanan ISP anda juga bisa jadi kontribusi gangguan misal anda pakai layanan Speedy …bisa saja link dari premisies anda ke CO Telkom gak bagus…volume traffic ISP juga pengaruh … dan juga support engineer yg handal (anda) juga menentukan performa.

    seberapa besar bandwidth? ini juga tergantung kebutuhan anda. Tentunya di main office perlu bandwidth lebih besar idealnya sejumlah bandwidth dr masing2 site.

    seberapa besar offices anda? dan fungsi dr vpn main task nya apa…kalo untuk jaringan corporasi anda dan perlu handal serta security yg tingi, anda bisa gunakan layanan Telkom VPN-IP lewat jaringan kabel mereka tersedia di seluruh indonesia. biasanya dipakai untuk corporasi dg banyak site iterlink.

  21. nur hidayat says:

    Ya betul ki, ada bbrp faktor yang berpengaruh. Bos maunya kalo openvpn diganti dgn vpn hardware, dijamin koneksi lancar tanpa terputus, tanpa gangguan, maunya jadi solusi terakhir.
    “Dijamin”, itu yg rasanya ga mungkin. Klo jaminan alat sih mungkin, tp jaminan jaringan, mungkin pasang FO sendiri kali ya.
    Makasih atas sharing nya ki, sdh saya share ke bos komentarnya, skrg saya mo belajar ngitung bandwidth yg diperlukan aplikasi dl.

  22. yoyo says:

    maaf saya mau tanya,
    saya mempunyai modem usb wireless, sifat ip nya dinamik,sedangkan saya memerlukan ip statik utk membuka account paypal saya, apakah ada suatu hardware yg bisa merubah ip saya menjadi ip statik, sehingga setiap saya online saya tetap menggunakan ip tersebut selamanya.

    makasih.

  23. ki says:

    sifat ip dinamic itu dari ISP nya … bisa aja diubah ke static tapi kan perlu minta ip static ke isp anda …jadi bukan perlu ditambahin hardware ..tapi emang ip dr isp anda. Contact isp anda dan advice kalau bisa makai ip static …
    Kalau mau daftar ke DynDns yang bisa menjadikan ip dynamis anda menjadi accessible layaknya ip statis. Tapi ada jasanya, dyndns standard pertahun sekitaran $29. Anda akan diberi tool software untuk di install ke server anda agar ip dynamis juga akan ter-record secara synamis juga di NS server mereka.

  24. yoyo says:

    maaf ki, saya membaca ada suatu alat yg bisa menyimpan ip kita jd statik, yaitu dengan “Skyline Portable Wireless-N 3G Router”
    apa benar ki, mohon penjelasan.

  25. Ki says:

    Skyline Portable Wireless-N 3G Router adalah router untuk cellular kayak dir-412 dlink. Dia perlu usb modem cellular …jadi ip public nya yach dari isp anda, tergantung apakah ip yg dikasihkan dynamic ato statis (pada umumnya sich dynamis).

  26. indra says:

    Bagaimana setting routerboard450G untuk mengakses jaringan LAN dari internet.tks

  27. admin says:

    di Microtic tempat anda tanya …biar lebih dalam

  28. Agus says:

    Di kantor ada program accounting, Bisa tidak program ini jalan lewat Vpn. Artinya setiap cabang bisa akses ke pusat ( server Accounting )?

  29. Ki says:

    tentu saja bisa ..masalahnya seberapa bagus performanya jika lewat vpn, seberapa lebar bandwidth yg dipakai dipusat maupun dimasing2 branch, seberapa berat applikasi tsb bila dijalankan lewat vpn …seberapa banyak user yg akses lewat vpn …

  30. Sulis says:

    Bagaimana dengan pengalokasian IP Address di masing-masing cabang? Apakah harus memakai subnet yang sama ato bisa berbeda masing-masing?
    Contoh: cabang1 192.168.0.xxx, cabang2 10.14.64.xxx, cabang3 1.1.1.xxx

    • admin says:

      semua harus disesuaikan dengan kebutuhan business anda, seberapa besar nodes yang dipakai dan apa ada perlu keharusan bikin segmentasi jaringan (VLANs) …dan tentunya anda juga perlu memikirkan route summarisation agar mudah dalam penulisan routing pada access list anda. Walo beda2 subnet yach gak apa asal anda juga perlu memikirkan penulisan routing lines masing-masing segmen jaringan

  31. subyantoro says:

    ki mau nanya saya punya AP tplink tl-wr543g yang support VPN Pass-through dan saya sudah dapat id serta passwor dari kantor bagaimana settingnya ?
    saya selalu gagal error 619 terus. Padahal saya coba ditempat lain bisa ( sama-sama pakai speedy). Mohon pencerahan Ki.

    Subyantoro

  32. Ki says:

    saya gak kenal tl-wr543g tapi kalo dilihat dr spec nya emang dia wireless router yg connect ke modem speedy. nah modem speedy ini modem-only ato modem-router yg juga support vpn-pass-through?
    Error 619 biasanya masalah authenticasi yg gagal …sebelum terbentuk handshake antar dua end sudah time-out …atau bisa saja configurasi vpn disananya tidak mengenal ip address anda, jadi ditolak …coba tanyakan ke adminnya vpn sana, mungkin saja emang diprotek berdasarkan ip address tertentu. Atau coba ping ato tracert ke vpn server apa bisa respon

    coba langsung tanpa router, dari pc langsung ke modem speedy ..lihat apa bisa vpn connection.

  33. Aufa says:

    Mr. Admin…

    Mohon informasi apakah VPN L2TP jika diaktifkan akan memutus koneksi internet ( misal : utk browsing, YM ) trus..cara / seting agar bisa koneksi internet lg gimana

  34. Ki Grinsing says:

    biasanya saat instalasi vpn tunnels l2tp default dari instalasi adalah menggunakan default gateway pada remote server seperti ini: “Use default gateway on remote network”. Maka semua trafic ke arah remote server. Jika di server tidak me-reroute traffic client untuk access internet, maka anda tidak bisa akses internet. Anda bisa coba untuk “disable default gateway” kalau anda bisa akses option ini. Kalo tetap makai default gateway vpn server, yach routing anda berubah jadi tidak bia akses internet anda sendiri.

  35. robert says:

    saya mau tanyak sekarang saya lagi pakai vpn buat CCTV, apakah dengan jaringan sekarang (server VPN), saya bisa remote atau perintah printer saya di host computer buat cetak ?

  36. Ki Grinsing says:

    kalo agan bisa remote tunnel ke server, apa yg bisa dilakukan server itu yach bisa … masalah cctv, gw punya artikel ttg ini dimana CCTV bisa dimonitor lewat iPhone

  37. Riza says:

    Pembahasan yg menarik ttng VPN, saya mau tanya siapa tau bisa bantu.
    Masalahnya seperti ini: VPN sudah saya buat melalui mikrotik, dial dari jaringan luar ke private sudah connect. Ping ke jaringan private juga reply, cuma yang jadi masalah untuk akses ke LAN/folder sharing & print sharing saya gak bisa akses, cuma browsing doank yang bisa.
    Kira-kira masalahnya dimana ya om? apa ada rule yang salah di firewall mikrotik saya?
    terima kasih

  38. yuliawan says:

    gan gimn settingan tiap router2nya..klo bs dishare tutorialnya gan..heeeee..

  39. antok says:

    mohon bantuan, saya telah membuat koneksi antar kantor dengan ipsec. Saat saya mem-ping kantor lain berhasil. Tapi saya tetep tidak bisa meng-akses folder2 dikantor lain (PC di kantor lain tidak terbaca di network). Bagaimana caranya biar kita bisa saling meng-akses folder antar kantor?

  40. ki says:

    Coba masukkan routing jaringan di masing2 jaringan lawan agar bisa dikenali. Jadi jangan hanya satu IP saja, satu IP jaringan yang dimasukkan dalam routing tablenya.

  41. bun says:

    gan ku moganti pasworld di modem kok ndak bisa y yg keluar pre-shared key error apaan tuh.
    tlg infonya y

  42. Ki says:

    modem apaan? masih inget password sebelumnya gak? biasanya minta old password, kalo gak inget sama sekali yach bisa direset. pre-shred key biasanya password wireless WPA …

  43. jendra says:

    ki , gw mau tanya,cara buat server vpn dengan modem flash ??? kalau dari modem flash kan IP nya diacak.. dan IP itu ga bisa untuk dial VPN dari komputer lain..mohon penjelasan dan kasih tau caranya …

  44. ady says:

    pa.. sy dari dinkes kab.bogor punya server LAN merek DELL subsidi dari kemenkes tahun 2006 ingin di jadikan sebagai server VPN kira2 apa yg di pelukan untuk dijadikan data center di kantor kami, intinya laporan2 dari semua puskesmas bisa masuk ke situ.
    mohon pencerahannya, makasih.

  45. ki says:

    Kebutuhan VPN tidak hanya sebuah server,justru yang penting adalah infrastructure WAN. Banyak perangkat tersedia dipasaran terutama router yang mendukung fasilitas vpn. Dan juga di sisi client (puskesmas) juga harus ada router yang mendukung vpn juga. Apa bapak punya engineer untuk menangani ini semua?
    Kalau tidak ada ada solusi menggunakan satu server di pusat, dan akses remote dari branch sebagai client menggunakan access anywhere Windows 2012. Anda bisa baca proposal bisnis kecil disini

  46. manto says:

    Gan ane mo tanya kebetulan ane juga dikantor make VPNIP, nah yang saya mo nanya bisa gak layanan vpnip digunakan slain pengiriman data internal ke pusat, saya gunakan juga untuk brows ke internet global sperti google dll.
    karena selama ini saya gak bisa koneksi ke internet global make vpnip. mohon pencerahan gan.

  47. ki says:

    @Manto: ini vpvnip dari produknya Telkom kah? VpnIP dari Telkom itu semacam leased line saja, jadi koneksi jalur dari premises anda ke kantor pusat. Kalo kalo kantor pusat tidak buka layanan internet ke subnet anda yach gak bisa, jadi hanya sekedar jalur leased line untuk data saja tanpa protocol internet.

  48. tia says:

    mau nanya dong, apa bedanya ipsec aja sama l2tp/ipsec ya? ada yg punya tutorial merancang remote access VPN berbasis l2tp/ipsec ga? makasih

    • Ki says:

      l2tp/ipsec itu satu kesatuan – protocol tunneling l2 dengan IP security (ipsec) yang memberikan inkripsi sampai 256-bit. Dibanding point to point yang hanya 128-bit inkripsi saja, maka l2tp-ipsec lebih dianjurkan demi keamanan tunneling.

  49. Nasrul says:

    maaf mau tanya!
    Dikantor saya ada dua jaringan yaitu internet dan Intranet(VPN).nah saya mau gabungkan 2 jaringan ini menggunakan Mikrotik.mohon bantuannya penjelasannya dan tutorialnya.

    terima kasih….

  50. rizal says:

    kang admin mu nanya ini kan baru teori kalau untuk setting nya gimana
    soalnya server saya susah di akses dari luar router saya pk mikrotik

  51. Fajri says:

    Mau tanya pak, gimana implementasi jaringan wan dengan vpn ?

    • Ki says:

      vpn ada kan emang dipakai untuk koneksi wan lewat jaringan public (internet) secara aman seakan jaringan private …

  52. Harumin says:

    Pak mau tanya ,,,, saya di tes untuk mengakses alamat ex. trowongan.example.ac.id, saya di beri username dan password untuk konfigurasi vpn.
    jaringan ini menggunakan metode vpn. setelah konfigurasi vpn saya lakukan. saya melakukan eksekusi alamat tersebut. dan halaman yang di tampilkan kosong. Nah gimana caranya supaya. gimana saya bisa akses terowongan.example.ac.id.
    1.gimana saya bisa lihat data celah supaya saya bisa akses
    2.gimana cara penemuan celah tersebut
    3.Seandainya saya bsa masuk gimana solusi mengatasi celah tersebut

    • Ki Gr says:

      vpn kan biasanya ada security rules yang diterapkan, jaringan atau ip address mana boleh akses, user dan password yang boleh, terus authorisation apa yang boleh diakses. Jadi mestinya ada permit access untuk IP/jaringan; authentication dan authorization. Jadi sejauh mana konfigurasinya?

  53. Consessa says:

    Hi Boss ane mau tanya kalo setting VPN untuk dikantor ane kena berapa yah ? harap reply ke email aja boss nanti kita via sms, bbm, wa, atau line. thx

  54. Eidhelwise says:

    pak, di kantor saya menggunakan vpn. tapi hanya bisa membuka website tertentu saja(website perusahaan saja). bagaimana cara agar saya bisa membuka/browsing website lain? mohon penjelasannya. trima kasih

  55. Taufiq Yunan says:

    Mohon Bantuan……….. kenapa pptp cuma bisa sekali Koneksi? Apa masalahnya

  56. OKi says:

    Salam…

    Saya sudah konfigurasi vpn (PPTP) pada router dikantor (sebagai server) dan laptop (sebagai client). Jaringan vpn sudah terbentuk antara laptop dan router dikantor. Yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. Mengapa saya tidak bisa browsing webserver dikantor saya padahal konfigurasi IP vpn sudah satu segment dengan IP webserver..?
    2. Mengapa setelah vpn terbentuk tapi default gateway pada koneksi vpn di laptop tidak ada..?

    Mohon bantuannya

    Terimakasih

    • Ki Gr says:

      Coba dech perhatiin waktu instalasi VPN disana ada step yang berhubungan dengan gateway. Kalo gateway gak ada tentunya tidak bisa browsing ke default internet anda …kalau default gateway ke VPN server tujuan yach internet mengarah kesana …

  57. jhon says:

    tolong bagi yg bisa seting vpn jarak jauh bantu dong sms 085246160334

  58. Heru Saputra says:

    Saya mengalami masalah seperti ini:
    Jika jaringan VPN dengan IP address dan DNS tertentu diaktifkan, jaringan internet (speedy putus) namun jika IP address dan DNS dibuat automatic, Jaringan VPN putus namun jaringan speedynya aktif. Kira-kira dimana letak permasalahannya ya?? Trims

    • Ki Gr says:

      jika vpn sudah terhubung maka koneksi menuju ke sisi ujung koneksi. jika kompi kita setelah terhubung ke sisi ujung vpn server maka akan mengikuti konfigurasi yg diberikan dari server vpn ujung ke kompi kita. jadi intinya kompi kita yg terhubung menjadi bagian dlm jaringan yg ada di jaringan vpn. jd lihat konfigurasi apa yg diberikan dr sisi jaringan vpn ke kompi yg konek.

  59. Dhimas says:

    Ki saya sangat tertarik dengan artikel vpn ini, dan sekarang ini saya sedang menjalnkan projek metode vpn, rencananya saya ingin menarik data absen dari mesin absen fingerprint kantor cabang dari kantor pusat dengan menggunakan laptop,koneksi jaringan di pusat menggunakan citynet sementara koneksi internet di cabang menggunakan modem bolt. Yang saya mau tanyakan adalah : 1. Apa saja device yg saya butuhkan, 2. Menggunakan metode vpn seperti apa, dan 3. Bagaimana cara konfigurasi mengkoneksikan mesin absen agar datanya dapat ditarik dari pusat menggunakan internet,
    Mohon jawabannya ki deadline soalnya nih , bisa jawab via email ki, terimakasih yah ki

    • Ki Gr says:

      implementasi vpn kurang detail kalau dibahas lewat diskusi …butuh panduan dari produk yg mo dipakai. Minim hrs sewa ip public static untuk mengenali server vpn, atau jika pakai internet dg ip dynamis perlu jasa DDNS …apalagi anda mo bahas absensi, hrs tahu data yg keluar dr absensi bagaimana… ? semua hrs difahami secara detail agar bisa dibuatkan solusi koneksinya…

      alternative lain,

      kalo rumit kenapa tidak pakai database saja yg disimpan di domain website anda, bikin database mysql dan program php yg bisa diakses lewat website kan lebih mudah ..tidak perlu sewa ip, server vpn dll.

    • hari says:

      sya sudah mengimplementasikan VPN untuk mesin absensi (saya pakai merk solution). Sudah sya terapkan di 16 kantor cabang . Lancar jaya ,
      dengan requitment system : 1pc server vpn/webserver OS linux dikantor dan ip static speedy

      🙂
      kontak me : hapehape8@gmail.com

  60. Husni Alhamdani says:

    Cara ngeremote-nya gimana melalui VPN ?

    terima kasih

    • ki Grinsing says:

      VPN praktisnya melibatkan banyak teknology didalamnya, harus ada vpn server, ada public IP sebagai address tujuan server-name, security tinggi juga terlibat. Sekarang jaringan anda udah dibikin server vpn belum? udah ada public IP untuk akses vpn server belum? Untuk bisa ngeremote kan harus dikonfigure dulu vpn server …dan diberikan ip public untuk vpn servernya ..atau pakai ddns…baru bisa diremote…!

  61. bunkzu says:

    knpa jaringannya lambat lambat loding skali???bagaimana biar jaringannya kencang???

  62. Ali H says:

    Yg dari Riau tadi coba buka link TPlink berikut ini:

    koneksi vpn dengan tplink

    Good luck!

  63. bedul says:

    mau tanya ki…di tempat ku kenapa yah setiap PC connect VPN dia bisa connect,tetapi begitu di ping dia RTO…setelah saya lihat di configurasi IP nya dia ternyata mendapatkan IP yg sama dengan PC yang sebelumnya connect…

    • ki Grinsing says:

      koneksi vpn emang mengubah ip saat koneksi ke jaringan disisi vpn server menjadi bagian dari jaringan disisi jaringan vpn … jadi di ipconfig ngikutin jaringan vpn…kenapa tidak bisa di ping ..? bisa jadi emang admin ‘deny’ echo …!coba tanyakan ke admin vpn server …

      • bedul says:

        sudah saya tanyakan ki,di sana juga untuk range IP di kasi batas 10 IP untuk user vpn tersebut tetapi pada saat kita conenct lebih dari 3 PC IP akan conflig,mohon bantuannya ki mungkin ada kesalahan pada konfigurasinya

        • ki Grinsing says:

          ip conflict dengan jaringan yg dimana…di jaringan vpn atau dijaringan local. Bisa jadi di sisi vpn 10 ip itu tidak di exclude pd dhcp server….atau bisa jadi conflict dg ip jaringan local kalau jaringan local mempunyai rang ip network sama dengan network di vpn…coba periksa lagi.

          • bedul says:

            conflig dengan IP VPN..untuk seting 10 IP tersebut dikasih range IP misal 140 – 150 dan sdh di seting DHCP dengan IP tersebut

          • ki Grinsing says:

            harusnya kesepuluh IP range itu dikeluarkan dari dhcp, kalau tidak maka akan konflik dg jaringan local…coba di exclude saja …

  64. ardiyanto says:

    selamat pagi bapak…
    Saya mau menanyakan … dikantor saya ada peralatan berupa VPN Encryption … bagaimana yah cara setting VPN nya? Apa kita harus punya IP Static atau tidak? terima kasih

    • ki Grinsing says:

      Model dan serinya apaan …kan biasanya ada manual book nya …ada nggak?Mungkin bisa dilihat brandnya misal Cisco atau apa gitu?

  65. darmo says:

    gan, klo mau mengkonfigurasi VPN (misal pake vpnbook) antara 2 jaringan yg brbeda agar bisa saling akses data gmn ya, kondisinya jaringan yg satu punya IP public static dan yg satu lagi IP public dynamic (tapi sudah DDNS), saya sudah baca howto nya di web vpnbook tapi masih belum paham betul karena masih pemain baru 😀
    makasih sebelumnya gan.

    • ki Grinsing says:

      vanbook yg gratisan itu ych …kagak pernah make vanbook ane. Asal vpn server bisa ngenali domain name – dalam hal ini ddns, mestinya tidak masalah. Kalo server hanya mengenali IP address statis yach gak bisa …pakai server vpn apa?

  66. sutiyono says:

    Mas saya mau nanya ni kenapa yah, ko pc saya ga bisa digunakan jaringan internetnya?
    Padahal connection sudah ada tapi saat saya buka mozila firefox itu ga bisa malah muncul tulisan server not found
    Setting sudah saya coba benar kan tapi tetap ga bisa, tolong sarannya ya mas

    • Ali H says:

      maksudnya kalo udah konek ke vpn gak bisa internetan gitu? Biasanya gateway sudah diambil alih ke arah gateway nya disisi vpn lawan …coba dipisahin routing table selain kearah jaringan vpn lawan diarahkan ke g/w internet …

  67. muhamad ridwan says:

    Saya mau tanya,.dikantor saya kan pakai VPN untuk akses ke kantor pusat,. Untuk jaringan ISP Telkom,., Apakah bisa VPN dipergunakan diluar kantor semisal pake laptop/hp lewat modem/jaringan telkomsel,. bagaimana caranya dan untuk mendapatkan username dan Password yang berbeda dari penggunaan yang dikantor,., tks

    • ki Grinsing says:

      bisa saja dong …tapi kan harus minta ke adminnya vpn, harus user password dan tentunya alokasi ip address yang bisa diijinkan…advice ke adminnya vpn Gan …

  68. graldi sualang says:

    Om admin. Begini, saya mahasiswa jurusan T.I yang rencananya ambil tugas akhir mengenai jaringan, setelah baca artikel ini, judul yang saya angkat mengenai vpn. Dimana om supaya saya bisa dapat tutorialnya buat koneksi, remote, dan pertukaran data antar 2 komputer/jaringan yng berbeda atau yng jauh. Klo bisa yang pake win server aja spya low price sesuai kantong mahasiswa. Terimakasih. Mohon bantuannya om admin.

  69. Graldi Sualang says:

    om Admin, ini komentar k-2 saya, Saya sudah berhasil membuat server vpn dan client vpn dengan menggunakan windows 7 dengan menggunakan 2 bh komputer. Untuk koneksinya sudah bisa jalan ping ok dan komunikasi data menggunakan app chat yang sudah saya buat, jalan (terkoneksi). tapi di sini, saya hanya menggunakan 1 koneksi menggunakan hotspot dari smartphone.
    yang menjadi kendala, ketika setiap komputer sya hubungkan dengan koneksi yang berbeda ( 1 komputer 1 jaringn inet lewat hotspot) clientnya tidak bisa terkoneksi dengan server.

    Pertanyaannya. :
    1. Apakah bisa vpn server menggunakan inet dari hotspot mobile smart phone dapat terkoneksi dengan client yang sama2 menggunakan hotspot juga (koneksi dengan inet berbeda/ 2 smart phone 2 komputer?

    2. Kalo bisa, dimana saya bisa dapatkan tutorialnya?

    Terimakasih.
    Mohonbantuannya

    • Ki Gr says:

      1. kalo server di hotspot kan tidak tahu IP nya berapa, dan selalu IP address berubah karena dia sebagai client dr hotspot dg ip yang juga berubah terus …kecuali ip tersebut dari hotspot yang sudah didaftarkan DDNS nya sehingga client dr hotspot berbeda cukup menuju ke server vpn dg nama DDNS saja bukan IP address.

      2. pelajari lagi konsep dasar vpn…semua intinya sama

      • Graldi sualang says:

        Saya sudah buat ddns mlalui situ pnydia lynan tsbt, host dan ipnya sdh ada.. Tapi cuma sekedar sampai di situ om admin.. Untuk penerapannya blum saya pahami.. Klo bisa buat tulisan untuk masalah saya, itu sngat membantu sekali…

        • Ki Gr says:

          maaf bukan pakai @ jadi email dunk…misal nama vpn server nya adalah vpnserveranda.layananddnsandaDOTcom

          • graldi sualang says:

            Itu sudah ada om admin.. Cara panggilnya yang saya blm mengerti.. Taruh ddns yng saya buat itu harus di letakan dimana klo di server win7nya..client juga di mana? Berharap ini udh teratasi.. Sdh hmpir 1bulan om gk.berhasil juga.. Tolong bantuan.

        • Ki Gr says:

          Coba diurut dulu …check list:
          1. vpn server udah dibikin dg ip address public – bukan ip private agar client koneksi ke ip public ini. kalo ip ini bukan ip statis ..alias ip dynamis, maka daftarkan ke ddns dengan nama tertentu…nanti client memanggil nama bukan ip address
          2.. ada user-name dan password…user ini punya autorisasi ke jaringan mana?
          check dulu itu …

          • Graldi sualang says:

            Om.. Disini saya tidak menggunakan router.. Vpn servernya saya buat dari incoming conection.. Apa bisa? Dari pertanyaan pertama saya..

      • Ki Gr says:

        DDNS ini maksudnya nanti ente manggil server vpn nya pakai domain name misal servervpnku@penyediaddns.com bukan lagi manggil ip address…karena ip terus berubah …

  70. Dery says:

    Mas mau tanya kalo isp nya menggunakan modem biasa(yg d colok ke laptop) apakah bisa untuk melakukan vpn

    • Ali H says:

      bisa dunk …ISP kan memberikan akses internet ke laptop, dan laptop dengan koneksi internet bisa melakukan koneksi vpn kemana saja asal ada vpn server tujuan, user dan password …jika tdk ada batasan lain di vpn tersebut tentu bisa

  71. Budi says:

    Mas mau tanya apakah bener kalo pakai VPN menjadi lebih cepat akses internetnya ?

  72. Ono says:

    gan…klo bicara tentang VPN wirelss hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dari sisi tekhnologinya maupun pengoperasiannya serta kekuatan dan kelemahannya….tks gan

  73. faisal says:

    Ki mau nanya, kalau saya tidak bisa akses VPN (L2TP) kantor saya via salah satu ISP kenapa ya? sedangkan kalo lewat internet operator celular bisa, padahal ISP tsb untuk akses internet biasa normal , temen2 yang menggunakan ISP yang sama jg bisa akses ke VPN , konfirmasi dari sisi ISP tidak ada blocking IP juga, mohon pencerahannya ki, trimakasih

  74. Ali says:

    Om admin, boleh ga saya kursus network sama om admin…kalo boleh info ke email ya sama prosedurnya ,ke : alipriyayi@gmail.com

  75. Hans says:

    Selamat siang rekan2, Sy mau tanya, Dimana sy bisa berlangganan IP public melalui vpn? dan berapa biaya berlangganan per bulannya?. Maksudnya, sy ada Inet tp tdk IP publik, pihak ISP tdk bs memberikan, jd bisakah sy melakukan vpn ke penyedia IP publik, agar sy bisa dpt IP publik tersebut dan mengaksesnya dari mana saja. Terimakasih

  76. Graldi sualang says:

    Admin, Bisa di berikan tutorial penggunaan ddns untuk membangun vpn dengan windows server misalnya?

    • Ali H says:

      Intinya kan untuk koneksi client remote ke server VPN kan lewat IP address yang tetap (IP public) atau lewat nama domain yang sudah punya IP address public statis. DDNS menggantikan nama domain yang punya IP dynamis misal dirumah pakai speedy tidak mungkin punya ip statis kecuali ip dynamis. Speedy punya layanan ddns bagi pelanggan speedy bisa daftar agar punya ddns (dynamic domain name service).

      • Graldi says:

        Ya. Om. Untuk setingannya sdh sya buat di win server. Klo hanya untuk jaringan lokal, client sdh bisa konek. Tpi klo sya pke jrngan wan, tidak bisa konek. Ip publicnya selalu brubah2.

  77. arif says:

    tanya dong, cara mengatasi error 800 & error 691.

  78. purnomo says:

    pak mau tanya, di kantor saya ada jaringan VPN nah kalo saya bisa koneksi dengan Internet Publik bagaimana caranya ,, makasih!!

    • Ki Gr says:

      @purnomo prinsipnya sama, harus tahu user name VPN utk connect dan password, terus IP address public server VPN dan tentunya admin VPN harus memberikan authorisasi drmana iP anda akan connect ke server. Bisa saja admin membatasi hanya dr IP ttt saja, atau janya point to point HQ to branch saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *