Kabel LAN atau Kabel Jaringan

Pendahuluan

Kabel lan merupakan media transmisi Ethernet yang menghubungkan piranti-2 jaringan dalam jaringan komputer anda. Adalah sangat bermanfaat jika anda mengenal lebih baik mengenai kabel lan sebelum anda membuat design jaringan. Design kabel jaringan yang bagus, merupakan unsur pendukung yang membuat jaringan komputer lan anda nantinya mudah dipelihara dan bisa diandalkan. Jadi kabel lan sangat bermanfaat sekali dalam realitas jaringan.




Berbagai macam kabel jaringan

Yang berikut adalah jenis-2 kabel lan yang umum dipakai dalam jaringan lan.

Kabel Koaksial

Kabel lan coaxial digunakan pada Ethernet 10Base2 dan 10Base5 beberapa tahun yang lalu. 10Base5 mengacu pada thicknet sementara 10Base2 mengacu pada thinnet sebab 10Base5 dulu menggunakan kabel lan coaxial yang lebih tebal.

Awalnya Ethernet mendasakan jaringannya pada Kabel lan coaxial yang mana bisa membentang sampai 500 meter dalam satu segmen. Kabel lan coaxial ini mahal, dan maksimum hanya sampai kecepatan 10Mbps saja. Kabel lan coaxial ini sekarang sudah tidak popular.
 

kabel coaxial

Kabel jaringan koaxial

UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded twisted pair)

Ada dua jenis kabel dengan kawat tembaga ini yaitu STP dan UTP, akan tetapi yang paling popular adalah kabel lan UTP.

Kabel jaringan UTP dan STP

 

Gambar diatas ini menunjukkan detail komponen dari kabel lan UTP dan STP.

Kabel lan UTP adalah yang paling popular yang terdiri dari 4 pasang kabel yang saling melilit dengan kode warna khusus yang standard dan diisolasi dengan plastic. Tingkatan dari kabel UTP ini diindikasikan oleh banyak nya lilitan atau pumtiran per inci, tingkat rendahnya attenuasi, kurang nya tingkat interferensi dan gejala crosstalk. Panjang maksimum per segmen dari kabel lan ini adalah 100 meter saja, jika lebih panjang dari 100 meter maka anda tidak bisa menjamin tingginya tingkat attenuasi. Kecepatan yang bisa dicapai adalah sampai 1 Gigabit yaitu dari jenis kabel lan UTP Cat5e, yang mana jumlah puntiran atau lilitan dari pasangan kabel sedikit lebih banyak per inci dan ditambah lagi adanya jaket kabel nilon tunggal sebagai insulasi. Jadi sekali lagi grade dari UTP kabel ini ditentukan oleh banyaknya puntiran per inci.

Standard UTP

  1. Kabel lan UTP Cat 1, dipakai untuk jaringan telpon.
  2. Kabel lan UTP Cat 2, kecepatan maksimum 4 Mbps, aslinya dimaksudkan untuk mendukung Token Ring lewat UTP.
  3. Kabel lan Cat 3, dengan kecepatan maksimum 10 Mbps. Kabel lan ini bisa dipakai untuk jarigan telpon dan merupakan pilihan kabel lan UTP masa silam.
  4. Kabel lan UTP Cat 4, kecepatan maksimum adalah 16 Mbps, umum dipakai jaringan versi cepat Token Ring.
  5. Kabel lan Cat 5, kecepatan maksimum 100 Mbps, sangat popular untuk kabel lan desktop.
  6. Kabel lan UTP Cat 5e, dengan kecepatan maksimum 1 Gigabps, tingkat emisi lebih rendah, lebih mahal dari Cat 5 akan tetapi lebih bagus untuk jaringan Gigabit.
  7. Kabel lan UTP Cat 6, kecepatan maksimum adalah 10 Gigabps, dimaksudkan sebagai pengganti Cat 5e dengan kemampuan mendukung kecepatan-2 multigigabit.

Identifikasi UTP

Anda harus terbiasa dengan baik untuk bisa mengidentifikasikan cabling ini dengan memeriksa pin-2 nya. Sebenarnya ada dua macam standard yaitu:

1.       T568-A adalah kabel lan UTP jenis straight through, kedua ujung penempatan kabel pada pin-2 konektor RJ-45 adalah sama.

2.       T568-B adalah kabel lan UTP jenis cross-over. Anda bisa perhatikan dengan seksama pada kabel cross-over ini, pasangan pin 2 dan 6 dan pasangan pin 1 dan 3 bertukar tempat.

pin kabel utp dan warna

 

Lihat susunan pasangan warna dan penempatan masing-masing warna pada pin-pin jack RJ45 dalam tabel warna kabel berikut ini:

pasangan warna dalam kabel utp

Pasangan warna kabel UTP

 

Meghubungkan piranti

Aturan main dari pemakaian kabel ini adalah sebagai berikut, jika untuk menghubungkan dua jenis piranti yang berbeda, gunakan kabel lan UTP straight-through. Sementara jika anda menghubungkan dua piranti yang sejenis, gunakanlah kabel lan cross-over.

warna dan pin utp cross dan straight

 Penggunaan cross atau straight UTP cable ke piranti jaringan

Komponen UTP

Dalam instalasi kabel UTP ini, ada dua macam jack RJ-45 yang kita perlukan yaitu keystone jack RJ45 dan Amphenol RJ45. Perhatikan gambar berikut ini:

keystone dan amphenol jack rj45

Sebelah kiri Keystone jack dan kanan Amphenol RJ45

Keystone jack kita perlukan pada pemasangan di tembok biar rapi dan biasanya dimasukkan kedalam outbow atau inbow box kemudian ditutup dengan faceplate. Modular keystone jack RJ45 juga digunakan pada patch panel kabel UTP sebagai sentral distribusi kabel ke dalam gedung. Faceplate ini ada dudukan tempat dipasangkan modular keystone jack RJ45. Perhatikan gambar berikut ini.

 

Data outlet outbow dan faceplate rj45

Perlu diingat bahwa keystone jack dan amphenol RJ45 dijual beda untuk masing-masing Cat5e dan Cat6. Jika kabel UTP anda Cat6 maka untuk mendapatkan data throughput optimal maka dianjurkan baik kabel dan keystone jack keduanya harus yang versi Cat6.

Peralatan yang diperlukan pada instalasi kabel UTP ini adalah Tang Crimping yang digunakan untuk menekan kabel UTP yang bersesuaian dengan ampenol RJ45 jack dan harus cocok antara nomor-nomor pinnya dari no 1 sampai 8.
Peralatan lain adalah punch down yang digunakan untuk menekan kabel-kabel UTP kedalam keystone jack dan tentunya juga harus bersesuaian dengan nomor pin-pin seperti pada gambar susunan kabel diatas.

Punnch down dan crimping tool

Sebelah kiri adalah punch down tool sementara satunya lagi adalah Crimping tool untuk Cat6. Para praktisi jaringan sudah faham peralatan ini.

Kabel Fiber optic

Fiber optic merupakan media transmisi terkini untuk standard Ethernet dalam kabel lan. Perbedaan utama dalam hal fungsi antara kabel fiber optic dan kabel electric adalah sebagia berikut:

  • Jarak lebih jauh
  • Jauh lebih mahal
  • Kurang interferensi magnetic, membuatnya lebih aman
  • Dapat menunjang kecepatan sampai 10Gigabits

 

penampang fiber optik kabel

Penampang kabel fiber optik

Ada dua macam kabel lan dalam piranti optic ini:

  • Multimode (MM), menggunakan ukuran diameter fiber optic lebih luas
  • Single mode (SM), menggunakan diameter fiber optic sangat kecil. Jenis ini sangat mahal dikarenakan proses fabrikasinya lebih presisi. Kabel optic ini bisa mencapai jauh lebih panjang dari pada jenis optic MM.

 

Konektor optic

Untuk mentransmisikan data lewat kabel lan optic ini anda memerlukan sebuah strand optic tunggal untuk satu arah. Anda memerlukan dua strand optic untuk kedua arah masing-2 untuk kirim dan terima. Konektor untuk masing ujung dari fiber optic ini umumnya seperti gambar berikut:

 

konekstor fiber optik

 

Studi kasus

Kita kembali ke scenario awal kita, bagaimana menghubungkan setiap bangunan dengan menggunakan kabel lan berdasarkan pengetahuan kita tentang kabel lan diatas? Gambar berikut ini adalah gambar best practice cara menghubungkan dua gedung dengan kabel lan, dalam scenario kita menggunakan kabel lan outdoor UTP Cat5e. Anda bisa menggunakan kabel lan UTP crossover. Kabel crossover saling disambungkan pada port trunk dari switch yang akan disambungkan. Anda perlu mengkonfigure port ini agar berfungsi sebagai port trunk. Untuk lebih jelasnya lihat artikel selanjutnya konfigurasi jaringan.

 

drop cable dan uplink cable

 

Drop cable adalah kabel yang menghubungkan setiap computer dengan switch. Kabel lan ini seharusnya memakai kabel UTP Cat 5e dengan ujung masing-2 mempunyai konektor RJ-45. Kabel lan minimum adalah 0.6 meter dan maksimumnya adalah 100 meter.

 

Perlakuan Praktis terbaik

Bagaimana konfigurasi best practice yang lebih popular dalam jaringan komputer untuk menghubungkan antar computer dengan switch ini? Gambar berikut ini gambaran sederhana tentang cara menghubungkan kabel lan antara switch dengan komputer dalam jaringan anda.

gambaran umum system perkabelan dan patch panel

Wall jack adalah titik hubung sejenis dengan yang sering kita dapati dalam telepon, sehingga bisa menghubungkan jaringan kabel lan UTP RJ-45.

Patch cable adalah segmen kabel UTP yang dipakai untuk menghubungkan kartu interface jaringan ke wall jack atau untuk menghubungkan bagian-2 lain dari instalasi kabel jaringan ini.
>

Patch panel merupakan panel penghubung yang menyediakan multi port yang menyalurkan kabel-2 ke piranti-2 atau hardware penghubung lainnya seperti switch.

Dalam scenario kita, anda bisa mengaplikasikan cara ini pada masing-2 gedung HRD; Mining dan Workshop. Nah untuk memudahkan pemeliharaan jaringan kabel lan ini jika ada masalah dikemudian hari, anda harus membuat tanda atau penomoran untuk setiap wall jack yang terubung ke patch panel. Dan juga pastikan bahwa anda mempunyai datar dari system penomoran ini dan letakkan didalam patch panel untuk mempermudah pemeliharaan jika ada masalah dalam jaringan kabel lan. Satu lagi yang perlu diingat adalah kabel lan ini adalah musuhnya tikus. Tidak jarang tikus memporakporandakan kabel lan anda dengan cara menggigit sampai putus. Untuk itu anda perlu menghindari hal ini dengan cara memasukkan kabel-2 lan ini kedalam duct in sedemikian rupa agar tikus tidak bisa masuk.

Salam

Ki Grinsing




Lihat artikel terkait:

  1. Local area network alias jaringan local
  2. Jaringan WAN konsep
  3. Jaringan wireless – WLAN
Share

You may also like...

203 Responses

  1. Wow! what an idea ! What a concept ! Beautiful .. Amazing

  2. yanuar says:

    bagus banget tutornya

  3. wildan says:

    mantap pak..untuk belajar.
    Thanks…

  4. budi says:

    pak saya pakai cross link utk jaringan antara laptop dengan pc,dan mengunakan kabel coxical panjangnya kurang lebih 12M,pada status jaringan muncul conected,tetapi kok ngak bisa ngenal satu sama lain?

  5. admin says:

    Lho kok cross pakai coaxial …?
    cross itu UTP…? kalau memang UTP, pastikan kabel sudah benar crossnya, terus check IP addressnya masing-2 apa sudah benar dan berbeda, subnet masknya juga harus sama …
    untuk memastikan konfigurasi TCP/IP anda ping ke localhost ketikkan:
    ping 127.0.0.1 …jika konfigurasinya benar maka responya 0% loss.
    jika sudah benar ping ke komputer lawan ping ke IP address lawan misal
    ping 192.168.0.2 da lihat statistiknya, kalau benar berarti statistiknya 0% loss.

  6. navi says:

    bagus sekali, sangat membantu. thanx yach… GBU

  7. fepu says:

    alaooww ….maaf nih mo nanya kalo konfogurasi utp lebih dari 100m tanpa repeater switch baik UTP straight-through maupun UTP jenis cross-over , apakah harus maksimal 100 m ataukah ada cara lainnya mungkin konfigurasi nya beda lagi?

    terima kasih atas perhatiannya.

    • admin says:

      sebenarnya masih bisa kalau tidak terlalu berlebihan dari panjang maksimum. Akan tetapi qualitas dari signal strength akan menurun dan semakin jauh semakin tidak bagus …makanya agar mendapatkan sinyal maksimal dibatasi sampai 100 m saja tanpa repeater

  8. Bayu says:

    Siang mas

    Saya lagi coba sharing 2 komputer dengan akses Speedy tanpa pakai switching, pertama kali dengan jarak hanya 2 meter koneksi jaringan dan internetnya oke saja dan berhasil, tetapi ketika jaraknya kemudian jadi kurang lebih 10 meter jadi tidak terdetect, apakah karena pemasangan kepala kabel crossnya yang tidak benar ya, karena saya beli kabel UTP sudah tinggal pake karena saya tidak punya alatnya, kalau 10 meter seharusnya tidak ada masalah kan tanpa switching.
    Terima kasih sebelumnya atas responnya.

    Salam

    Bayu

  9. Bayu says:

    Maaf sambung yang diatas, yang dimaksud tidak terdetect di atas, ketika saya ping ke komputer lawan, kdang bisa, kadang request time out, 1 komputer hanya punya ram 128 mb untuk windows XP, sedang komputer yang satu ram 2 gb. Apakah hal ini juga menjadi salah satu sebab?

  10. admin says:

    kalo dg kabel 2 m gak masalah …berarti kabel 10 meter bermasalah. coba waktu bagus test dengan di command prompt c:\> ipconfig /all dapat ip address nggak. dan saat bermasalah check juga dg cara yg sama, apakah mendapatkan IP address, dns. IP address harus beda memang, subnet mask sama biasanya 255.255.255.o, dns juga harus sama keduanya.
    satu lagi koneksi kabel 2 pc ini kayak apa …?kalau itu dari modemnya speedy harusnya ada kabel usb untuk satu pc dan satu port RJ-45 untuk LAN. Anda bisa pakai satu PC dengan USB, dan satu PC pakai kabel cross ke modem-router speedy (port RJ-45).

  11. Bayu says:

    waktu 2 meter dpt semua kok ip addressnya, untuk modem speedynya mang ada 1 usb dan 1 ethernet card, dan waktu pake kabel 2 meter networking sama internet gak ada masalah mas, nah waktu pake kabel yang 10 meter masalah timbul deh.

  12. admin says:

    kabel 2 meter bawaan dari Speedy itu kabel Cross, dan harusnya kabel 10 meter tersebut juga harus cross kalau di konnect dari modem-router speedy ke NIC PC. kalau ak ada alat bisa dilihat pin nomor 2 dan 3 nya, kalau sama berarti bukan cross.

  13. Firman says:

    ada ga sih connector buat nyambungin 2 kabel lan? soalnya sekarang butuh kabel lan 20m tapi udah ada 2 kabel 10 m, sayang kalo ga dipake. thanks before

    • admin says:

      harusnya tidak ada …kecuali semacam wall jack, yang memang fungsinya sebagai penyambung patch cable ke distribution board. kalau toch ada harus sebagus fungsinya wall jack, karena kalau sambungan manual bakal mengurangi signal strength. kalau toch ada bakal lebih mahal daripada harga kabelnya ….

  14. Rama says:

    Dikantor udah ada satu switch yang online dan bisa diakses untuk sharing file and browsing sebut aja switch A.
    kemudian kita nambah switch lagi (switch A penuh)! switch A dan switch B dihubungkan pakai cross, tapi komputer di switch B gak bisa/sering gagal untuk saling ping, tapi bisa ping ke komputer di switch A, komp di switch B juga udah bisa browsing, tapi gak bisa sharing file!!

  15. Ki says:

    Hi Rama, sebelum menjawab perlu beberapa bahan analisa seperti mengingat kadang bisa kadang nggak bisa:
    anda pakai infra windows server atau apa?
    jarak antar switch berapa meter?
    ip pool pada dhcp server berapa …apa tidak over leased?
    saat gagal ping konfigurasi IP address di pc bagaimana (ipconfig /all)? apa sudah benar subnet masknya? apakah ada IP conflict?
    anda pakai internet ke luar pakai apa …router/firewall, pakai modem-router telkom yg ada dhcp nya?

  16. martani says:

    ditempat saya kerja pake lan, beberapa hari yang lalu tambah komputer disalah satu ruangan. Pada saat menggunakan satu komputer cukup dengan koneksi dari wall jack langsung ke pc dan koneksi lancar-lancar saja. namun ketika ditambah pc dan mengunakan switch koneksi nya malah menjadi sangat lambat. mohon pencerahan

    • admin says:

      maksudnya setelah ditambah switch lagi …semua jaringan jadi lambat begitu…? apakah menggunakan switch atau hub? kalau begitu tambah switch semua jaringan jadi lambat ..bisa jadi broadcast storm…bridging loop…harus dipastikan STP nya di enable kalau memang ada koneksi redundant….
      mungkin bisa lebih jelas lagi …

  17. pemula says:

    nanya tentang connection, singkat saja.

    dari Modem ke HUB pakai straight?
    HUB ke PC pakai Cross?

    TIA

    • admin says:

      kalau ii modem-router dari speedy itu, koneksi pakai cross (biasanya kabel warna biru dari speedy itu cross) dari port RJ-45 modem ke Switch / Hub. Kalau dari Modem ke PC langsung juga sama Cross. kalau dari Switch ke PC -straight …

  18. pemula says:

    terimakasih banyak atas
    responnya

    jadi
    MODEM-ROUTER—->cross—->HUB/SWITCH—–>straight—–>PC1
    —–>straight—–>PC2
    —–>straight—–>PC3

  19. Ki says:

    Betul, kalau ini kasusnya modemnya Speedy pada umumnya. Tapi kalau Router khusus kayak Cisco 2600 series atau lainnya, maka dari Eo router ke switch adalah straight. Dari switch ke PC semua straight. Ada juga jenis Switch akhir-2 ini yang support automatis mendeteksi jenis kabel, baik cross maupun straight bisa …

  20. imron says:

    wah,,terima kasih banyak pak,
    semoga materi yang bapak beri ini bermanfaat bagi saya dan semua orang,..amin.

    sukses buat bapak dan saya.

  21. boo-chan says:

    thank u tutor!!!

    bagus nih buat belajar!!

    makasih buat pak “admin” nya ya.

  22. Yana says:

    Kalo jaringan di atas 100 meter sebaiknya pake repeater atau gimana???
    pake repeater apa bisa membantu???
    soalnya kasusnya rt rw net ditempat kami ada yg diatas 100m
    koneksi lelet bgt.
    mohon pencerahan. terimakasih

    • admin says:

      Kenapa lelet ..karena banyak loss packet yang harus di-ulang2 ..jadinya lelet. Standard memang maksimal 100m, kalau lebih memang akan tidak dijamin ..bakal banyak loss signal. Bisa saja pakai repeater, perhatikan juga system grounding sangat berpengaruh pada kualitas signal kalau grounding jelek.

  23. Uchiha IT bDg says:

    wahh bagus omm
    wat nambah2 ILMU sip TQ tass ilmunya

  24. l'qodri says:

    boleh copy materinya???
    buat tugas kul neh

  25. l'qodri says:

    makasih ya pak,,
    thanks a lot pokoknnya mah,,hehe

  26. Mochamad Ibnu Rohman says:

    Thanx y atas ilmunya, gw br aj nyelesein koneksi internet pake kabel UTP RJ45 dg jarak 250 meter, itu jg dg 5 sambungan manual pake solder n hasilnya klo d test pake speed test waktu ping cm berkurang 100ms.

    VSAT—-> Modem HX50—–> Kabel 250m UTP RJ45—–> Switch—-> Kabel 2m UTP RJ45 —–> Router WIFI

  27. Ki says:

    Standard 100 m bukan berarti selepas 100 m itu bakal putus sama sekali tidak …maksudnya dalam standard industri sudah pasti mereka melakukan pengukuran yg mana jaminan yg bisa diberikan adalah dipatok 100 m. Diluar 100m tentunya standard ini tidak menjamin bebas signal attenuation. Anda hanya mengukur tingkat delay …apakah ada lost paket kita juga gak tahu …apalagi kalo pakai system error detection, kalau dia detect lost paket maka data akan diulang … kalau ada pengulangan kirim data paket berarti tambah delay …

  28. resa says:

    maaf mengganggu sebelumnya……
    saya punya peprmasalahan pada pemasangan jaringan lan. crita singkat nya saya menyambungkan lan dengan jarak 150 M tapi pada meter ke 90 saya putus dan saya beri switch hub.pas saya tes ternyata data nya tidak dapat keluar.dan tes ping yang keluar RTO. tapi pas saya tes pake lan tester kabel bagus.tolong solusi nya biar dapat tersambung.. trimakasih sebelum nya.

  29. admin says:

    sambungan antar switch ini switch dari vendor dan jenis yang sama nggak? Misal Switch Cisco ada port trunk yg memang khusus buat uplink antar switch yang memakai kabel Cros …bukan straight through …Tapi ada juga Switch yg auto sensing …akan tetapi kebanyakan kalau sambungan antar switch perlu kabel cross ..coba dech check lagi ….Txz

  30. firmansyah says:

    ini blog sanagt bagus buat pelajar .
    seperti saya

  31. ary says:

    ilmunya sangat bermanfaat buat saya yg lagi setting gedung baru nih. cuman 4 lantai sih.
    tapi mo nanya: kapan patch panel harus digunakan? sebagai orang awam, saya ngeliat koq ndak ada pengaruhnya klo patch panel tidak saya gunakan alias cukup hub aja langsung yg konek ke PC.
    mohon saran dan masukannya.

    trims

    • admin says:

      Kalau anda pede banget bahwa kabel anda tidak akan pernah bermasalah dalam perjalanan waktu nantinya …silahkan anda langsungkan ke switch. Patch panel sangat memudahkan anda dalam hal maintenance nantinya …jika salah satu pc putus koneksi, drop kabel bisa dicoba-2 ganti sebelum menyimpulkan bahwa kabel antar patch panel yg putus …tanya pada orang telkom bagaimana mereka menarik kabel telpon, mereka tidak menariknya langsung dr central office ke rumah pelanggan.

  32. DADANG says:

    Langsung aja gan…
    kalau untuk repeter (switc) maksimumnya berapa switch? misalnya jarak 500m,mungkinkah dipasang 5 switch?kalau kita sambung antar pc di rtrwnet pake kabel coax mungkin ga ya?

  33. Ki says:

    kabel coaxial maksimum untuk 10Mbps saja …jaringan lama, apa ada sekarang Switch yg masih support coaxial? Gw ragu apa bisa optimal dg dibentang 5 switch pakai UTP. Umumnya sich dg jarak sgitu pakai fiber optic sebagai backbone, tp itu mahal sekali kalau untuk rtrw. apalagi kabel UTP harus yg jenis Cat5e outdoor …bagusnya sich pake wireless outdoor yg longer distance range …mahal juga sihc …ada yg lebih tahu?

  34. lili says:

    kapan2= ajarin buat website yang bgus bgt spert ini y……………!!!!!!!!!!!!! [^.^]

    • admin says:

      iyo cduk …mengko nang warung kopi bae yoch …he..h.e.ini kan cuma pake wordpress …gak mikir …tinggal tempel2 saja …

  35. kiss says:

    mas mau nanya kalo kabel Lan yg cocok untuk Outdoor yg mana ya? soalnya saya mau coba share koneksi internet ama temen..

    makasih sebelumnya…

    • admin says:

      kabel UTP? UTP khusus outdoor bawah tanah atau kondisi extrim ada yg sebesar jempol Cat5e khusus outdoor – bagus untuk dilingkungan pabrik sebagai backbone.

  36. bosco says:

    saya tidak berhAsil menghubungkan antara 2 buah komputer.
    padahal kabel penghubung sudah terpasang sudah benar.
    pertanyaan:
    apa penyebabnya?

    • admin says:

      menghubungkan 2 kompi harus:
      1. menggunakan kabel cross
      2. konfigurasi IP address manual misal 192.168.1.1 pada kompi A dan 192.168.1.2 pada kompi B, subnet mask 255.255.255.0, gateway kosongin aja

      masing kompi test dg command prompt c:\> ping localhost > ini untuk mastiin konfigurasi tcp/ip benar

  37. IRHAM RUSYAD says:

    keren oii…………….

  38. bagei mana bila ada tulisan serper notpon.dan sayah sudah beberapa nkali mencoba dan di ulangi?

  39. kabel lan sangat baik di gunakan untuk media transmisi Ethernet yang di gunakan untuk piranti2 jaringan

  40. Nanda arindia says:

    saya sudah memasang jaringan Lan di sebuah sekolah. tetapi mengapa tidak bisa di gunakan. padahal sudah terpasang dengan benar.

    pertanyaan :
    bagai mana cara menggunakan jaringan Lan…??

  41. Ki says:

    seberapa benar jaringan anda? setelah anda merasa jaringan benar, test di PC masing2 dg command “ping localhost” atau “ping 172.0.0.1” jika dapat respon 0% lost …test perhatikan konfigurasi tcp/ip anda: “ipconfig /all” berapa dapat IP address, subnet mask, gateway …apakah semua pc sudah berada pada segmen jaringan yg sama …apakah anda menggunakan dhcp server?

  42. sofia says:

    apa standard cat 5e untuk type a dan b?

  43. sofia says:

    apa standard cat5 type a dan type b

  44. izhar says:

    Tolong dong cari in gambar nya yg lebih banyak..!

  45. Hendra says:

    Wuuuaaahh…
    Muuantaaabb Bos..!!
    kayanya ini tempat yg pas buat berkeluh kesah tentang jaringan…
    hehehe…

  46. chika says:

    trima kasih atas informasinya karna sangat berman faat bagi saya ha…ha…ha….

  47. posis says:

    gw juga agak oyong,jika mengenang soal lan ini.betapa tidak di warnet gw masalah ini sering timbul tiba-tiba,ya sudah engak koneklah,data biling tidak terbaca com client lah…..hm..sehingga gw menganggap bahwa CPU yang rusak atau haus barangkali dan kesimpulannya gw service ke tk computer .ya……..duitlah….ha…ha….ha….

  48. Ki says:

    masalah LAN, disamping switch yg bagus (jangan hub), kabel-lan yg koneksinya bagus (jangan diputar-putar atau di tekuk 90 derajat, jangan dekat /paralel kabel listrik), yang perlu juga diperhatikan adalah system grounding pada kelistrikan anda. Buat grounding yang mendekati nol volt.

  49. Mel says:

    Tolong bantu saya untuk menemukan toko/perusahaan yg menjual cable UTP Cable Cat6. dg Connector on First&second End:1 x RJ-45 Male.
    Panjang 15 ft, black collor
    Features: Snagless
    Conductor: Copper

    Regards

  50. Risa says:

    sebenar nya apa yang di maksud kabel UTP dan apa pula kegunaa nya ?

    • admin says:

      kabel utp (un-shielded twisted pair) itu yach kabel jaringan yg dipelintir berpasangan agar tidak terjadi crossing … mereduksi induksi …kan ada tuch di artikel ..

  51. dhe says:

    thx infonya,, bsa bntu tugas kul saya,,,,

  52. rendy menni says:

    bisa ya???

  53. inoex says:

    Numpang nanya neeh, kalau mau pasang kabel jaringan ke patch panel kira2 alat untuk masangnya pake apa ya dan gimana caranya soalnya saya coba pasang tapi selalu saja lepas

    makasih

    • admin says:

      ada alatnya tuch kayak orang Telkom tuch lihat kalo dia lagi betulin kabel telpon …kayak pisau ada pengaitnya di ujung …tanya di kelistrikan ada kali

  54. Jeff's Blog says:

    drop cable dan straight through cable itu brbeda yaa..?
    pada gambar diatas, drop cable digunakan untuk menghubungkan Node dgn switch..
    Pdhal yg saya tahu, tuk mnghubungkannya, itu dgn straight through cable..
    jd bingung nih..
    tolong d’jelasin dong..
    soal’a saya masi newbie..

  55. Pemula says:

    Bos….aku jd bingung kata temenku klo Cross-over klo kabel no.2 pasangannya ke no.6 tpi di artikel Bos…no.2 pasangannya no.5…
    tks. atas pencerahannya.

    • admin says:

      Ma’ap bro …gwa yg salah tulis nich …wong di gambar kan 2 ke 6 …nyuwun gunge pangapunter. terima kasih atas koreksinya.

  56. Dwipur says:

    Boss kalo bisa tolong dong dimuat artikel tentang merakit patch panelnya atau mengupas lebih dalam tentang patch panel

    Suwooon yaaa sebelumnya

  57. Harto says:

    Boss gimana kalo mau sharing, biar jaringan internet ceria saya bisa dipakai untuk dua komputer atau lebih? thanks sbelumnya.

  58. ki says:

    ceria itu gsm kan? pake modem apaan? ma’af kurang tahu ceria.
    coba baca artikel ini dir 412

  59. andi says:

    bos numpang nanya kalo komputer (1) tidak bisa buat internet tapi kalau pake komputer (2) lain di lan saya bisa….dan komputer (1) saya di coba di lan komputer (2) bisa…. itu bagaimana ya pak?

  60. ki says:

    comp1 dan comp2 ada di LAN yg sama ato nggak? ato comp1 tidak do connect ke lan tapi waktu connect ke lan gak bisa gitu maksudx?
    lan ini pake server proxy ato apa…? please rinci dikit?

  61. adeliasebastian says:

    bagaimana cara menginstal komputer

  62. ki says:

    @adelia: maksudnya install windows ke computer baru getu? masukkan cd-install ke CDROM ….ubah boot-first ke cdrom dan boot compi …anda akan dibawa masuk ke instalasi …ikutin saja instalasi wizardnya

  63. andi says:

    sama jaringannya cuman pakai swich …apa kira2 kabel rj45 nya yg rusak ya bos soalnya lan 1 pakai rj warna putih dan yang satu pakai rf warna abu2 gelap. kabel abu2 dicoba di komputer server ataupun komputer yang memakai kabel putih lancar namun ketika di coba di komputer satunya tidakbisa konek. saya coba diagnosis di devault gateway tidak sama. setelah saya samakan dengan ip address server tetap saja tidak bisa konek…pusing bos

  64. AMANU says:

    terima kasih

  65. Agis Nizomi says:

    Kita menggunakan sistem LAN di kantor. Menggunakan program ibs. Dalam perjalanannya setelah install ulang windows. dari komputer client tidak mnegakses dari komputer server… Kalau dari komputer server kita run ping (IP Address client), maka akan reply. Tapi bila dari komputer client kita run ping IP Addres, tidak ada reply. Tolong penjelasannya apa masalahnya. Terimakasih.

    Agis

  66. Ki says:

    masalah ping gak bisa …anda harus memeriksa konfigurasi ip address dr server maupun client. Perhatikan apakah ip address berada satu subnet yang sama…atau subnet mask nya sama misal 255.255.255.0 …dan juga ip address masing2 berada dalam jaringan yg sama (asumsi satu subnet tanpa ada routing)…misal server pada 192.168.1.25 subnet 255.255.255.0 dan client pd 192.168.1.1 subnet sama dna gateway juga sama …gunakan command ipconfig /all

  67. Darwin Sinurat says:

    Saya mengkoneksikan beberapa PC ke swicth. Switch ini terhubung ke Internet (speedy). Lalu dari switch ini juga saya menyambungnya ke switch yang lainya yang jaraknya kira2 70 meter. Nah, dari switch yang lain tersebut saya pun kemudian menyambungkannya ke satu PC yang jaraknya kira2 50 meter.

    Kenapa ya sering koneksinya terganggu? apa karena terlalu jauh? Waktu pertama saya pasang tidak ada masalah. Tetapi kenapa setelah beberapa lama malah susah untuk koneksi. Saya liat icon tray nya berkedip. Dan koneksi kabel pun tidak ada masalah.

    Apa perlu setting IP addres lagi? ada pengaruh gak dengan setting IP Addres?

    Tolong dong solusinya?

  68. admin says:

    emang terlalu jauh,…kenapa pertama bagus kemudian drop, karena terjadi akumulasi loss packet yang di retransmit terus menerus …apalagi kalau hub bukan switch …satu lagi, system grounding anda kalau gak 0Volt atau diatas 5 volt, maka bakal drop terus …

  69. sulee says:

    saya suka di bikin bingung soal jaringan tentang alamat ip ato alamat no ada engga yah buku panduan tentang jaringan yang mudah di pahami.

  70. ivan says:

    kebetulan nih,,warnet q kok aneh ya,,
    downloadnya bagus,tapi kok uploadnya drop bngt.
    udah cek modem,terus nanya oprator speedy pun bagus gk ada maslah,apa ini masalah di kabel lan.tolong ya kasih solusinya.tq

  71. Ki says:

    se lelet apa upstream nya …? pada umumnya kebanyakan modem upstream mempunyai speed 1/3 dari downstream. jadi relatif lebih lambat …dan tergantung juga seberapa density user pada suatu backbone di area tersebut. coba saja pakai speedtest nya di website telkom speedy

  72. ivan says:

    udah pake spedetest,tapi masih drop juga uploadny.
    terus klo udah kya gitu,dimana ya penyakitnya..?

  73. ivan says:

    download normal 2mbps,upload cacad bngt cuma mentok 60kbps..jadinya lemot abis.

  74. Ki says:

    upload ke sisi yg websitenya lemot kan juga ngaruh …itu upload kemana …dulu, kalau diujung sananya juga lemot juga ngaruh. download-upload speed dipengaruhi sisi paling lemot …kalo di sisi sana bisa download dibatasi b/w nya ..maka sisi upload akan mengikuti sisi ujung

  75. ivan says:

    tapi ini jaringanny gk stabil untuk uploadny,nti klo modem diutak-atik dikit n kabelnya dipindah2,,normal lagi,tpi sling 1jm drop lgi aploadny..!!
    sampe teknisi speedy pun bingung penyakitnya dimana,,coz dari speedy gak da masalah.kya mn ki bisa ngasih solusi gak,,apa ini dari kabel,modem or komputer yang bnyak virus.kasih penjelasan yang lisan ya,,,tq

  76. Ki says:

    kalau gitu masalahnya test satu persatu. coba langsung dari modem speedy langsung satu label ke PC …test. kalau punya spare switch coba ganti. Bila perlu test satu persatu PC lepas dari switch…dan lihat apa ada kemajuan. Jika semua PC bermasalah …coba ganti switch, dan test lagi. Kalau masih bermasalah, buat satu pc bersih dari nol / format dan install ulang dan koneksikan ke switch dg satu pc tersebut …dan lihat hasilnya. Atau beli satu kabel baru buat cek gantian.

  77. ari says:

    anak tkj bisa merakit komputer

  78. gandhi says:

    apa perbeddaan kabel utp dan stp.??
    terus selain kegunaa’an rj 45 apa lagi selain untuk lan ?

  79. Ki Grinsing says:

    utp – unshielded twisted pair yg umum dipakai kabel twisted (berpulir / dipuntir) dan tidak diselimuti seperti pada gambar nomor 2 … dibanding dengan stp (shielded / diselimuti twisted pair) ..tentunya yang stp lebih mahal dan lebih aman dari interferensi bukan?

  80. ermawan says:

    salam,langsung aja,numapang nanya kenapa ya switch 8 port 3 com ,komputer yang lain langsung ndak konek atau putus dari server,begitu nyolok network baru.tank’s

  81. Ki Grinsing says:

    ernawan, coba ganti kabel yang dipakai kompi lain yang normal ato pindah port switchnya.
    Atau kalo masih gak jalan, coba driver NIC diupdate, kalo masih gak mau coba lagi ganti NIC adapternya …dari compi lain. Kalo masih masalah ….OS kali …

  82. Nabilah says:

    thanks atas informasinya mas….saya harap mas dapat berkongsi informasi yang lain….

  83. rahmad says:

    tolong carikan jenis jenis kabel penghubung jaringan dan fungsinya

  84. Nabilah says:

    bagus nya informasinye….

  85. wahjoe says:

    ada nggax gan.,
    gambar topologi jaringan menggunakan 20 komputer,3 HUB
    1 bangunan tapi 2 lantai

  86. gatra says:

    tolong di ksh materi tik kls 9 smp

  87. wayan says:

    thanks gan, bantu banget buwat ulangan tik

  88. yoeyoen says:

    permasalahan tiap”media penghubung jaringan…beserta solusinya ?

  89. Ki Grinsing says:

    @yoeyoen: maskudnya apa Gan ….artikelx?

  90. aryguitar says:

    Kenapa kabel jaringan dari host masuk patch panel dulu, kenapa gak dari host langsung ke switchnya,..?
    Fungsi dari patch panel ..?

  91. ki says:

    Patch panel itu dipakai pada perkantoran yang besar agar memudahkan management kabel jaringan, dan dengan penomoran tiap2 port akan memudahkan troubleshooting jika terjadi suatu masalah. Kalo hanya jarak satu ruangan dan berjumlah sedikit gak perlu lah pakai patch panel.

  92. soleha says:

    dari soleha

  93. ady says:

    bagai mana cara membuat kabel jaringan

  94. ady says:

    membuat kabel lan

  95. ki says:

    untuk kabel UTP yach bro …harus punya alatnya namanya crimping tool. dan urutannya harus ngelihat gb diatas “identifikasi utp” masalah warna2 harus sejajar untuk straight through

  96. jeckson says:

    gan ada berapa warna kabel lan cat 6??

  97. ki says:

    lho sama kan pake standard 568-A dan 568-B color code

  98. Lengkap banget panduannya mas 🙂

  99. hany says:

    gan kalau buat antar cpu,gmn caranya…..misal 1 jaringan di buat langsung ke 2 cpu….bisa tidak ya,tanpa harus narik 2 kabel lan dari servernya………makasih

  100. ki says:

    @hany:

    maksudx kabel untuk antar dua CPU? harus pakai kabel cross. Walau ada beberapa jenis NIC adapter bisa mendeteksi jenis kabel straight dan cross secara automatis. Jadi yg perlu dilakukan adalah konfigurasi tcp/ip masing2 kompi dengan address yang beda dengan subnet yang sama. misal PC a 192.168.1.1 yang satunya 192.168.1.2

  101. Doelss says:

    Mohon pencerahannya Gan…
    Ada 1 komputer workstation (WS) di jaringan ane yg sinyalnya PUTUS-NYAMBUNG terus, karena jaraknya ke Server cukup jauh (100mtr). Solusi terbaiknya apa ya Gan, apa perlu tambahan alat lain ?? Thanks ya Gan sebelumnya!

    • Ki says:

      Jarak emang da maksimum, jadi rentan interferensi. Coba periksa kualitas kabel, pindah port di Switch, update driver NIC adapter di PC, ato ganti NIC yang baru yang duplex. Perhatikan jalur kabel apa banyak kabel power juga, apa kabel berbelok dengan tajam….? Have a try…!

  102. doni says:

    gan, mohon pencerahan.

    saya dapat kerjaan mengenai lan,
    yang di maksud dengan ” panel distribusi tiap tiap lantai, patch panel switching” apa y gan.
    dan kabel back bone dari hub server ke hub lantai dasar.

    anggap aja server di lantai atas , masing2 lantai dasar dan basement terdapat switch hub.
    klo berkenan boleh Pm nomor hp agan ke email saya.

    terima kasih gan

    • Ki says:

      patch panel itu yang kayak di gambar terakhir. Jadi antar lantai ada kabel penghubung (backbone) yang tidak boleh satu harus ada dua, dan switch harus yang managable dan punya fitur STP dan harus active. Misal switch Cisco seri 2900 keatas yang managable biasanya ada dua port uplink untuk koneksi antar switch. Begitu Gan …tiap lantai ada swicth dan agar rapi dimasukkan panel, dan antar lantai dihubungkan kabel backbone …dst.

  103. waheeda says:

    Apa berbezaan UTP dan FTP Kable?

    • Ki says:

      UTP dan STP kali …?Kalo UTP namanya juga unshielded (tidak berbalut), sementara STP itu shielded artinya berbalut. Tiap pasangan dua kabel di balut dengan lapisan pelindung agar terhindar dari interferensi, begitu juga semua pair juga dibalut, lihat gambar no 1.

  104. Akentt says:

    Nanya nih Min. . kemarin sy pasang kabel dari Toko ke Rumah kurang lebih 50Meter. RJ 45 udah d’pasang lalu udah Test pke Tester bagus Nyambung. tp pas nyoba d’pasangin ke rumah koq gak bisa Konek yaa. . pdhl ada 2 Cpu bahkan Laptop udah d’coba tp hasil ny Nihil. sebelum ny PC/Laptop d’coba pke kabel lain bisa. . trims

    • Ki says:

      nah tuch berarti kabelx dwonk … mungkin urutan kabel salah, itu cross ato straight through …? ato konek dari antar switch, kalo dari switch ke switch pake cross….

  105. yunash says:

    Mohon pencerahannya: saya ikut RT RW net dengan menggunakan kabel UTP AMP sejauh +- 50 mtr dan udah 2 kali ini tau2 koneksi terputus. waktu terputus yg pertama kabel saya potong dan saya ganti RJ 45 nya, bisa konek lg. apakah permasalahannya di kualitas kabel utp ampnya atau pemasangan RJ 45nya yang kurang bagus. TKS.

    • ali h says:

      kabel utp jangan pakai sambungan nanti bakal ada attenuasi sinyal disana…harusnya satu sambungan langsung kecuali disambung pakai patch paenl misal. Kualitas kabel kalau dibuat outdoor kena panas dingin yach bisa menurun …kualitas koneksi ampenol rj-45 juga pengaruh harus kuat dan kokoh …

  106. yunash says:

    maaf nanya lg Pak: kalo pingin di dlm rumah bisa wifi belinya wireless router atau access point Pak?tks

  107. Belajar Komputer says:

    Lengkap sekali penjelasanya. Bermanfaat bagi saya

  108. ari says:

    pak numpang nanya ni sebenarnya berapa sih jarak antara bts sama client maxsimal

  109. nath says:

    Lebih baik mana jaringan dengan wifi atau dengan kabel UTP untuk kantor lingkup sedang?

    • Ki says:

      tergantung urgensi koneksi nya. Kalo suatu applikasi memerlukan koneksi yang konstan dan tidak mentolerir suatu koneksi yang tidak stabil sedikitpun, maka koneksi kabel harus dipakai. Kalo untuk kebutuhan mobile devices wifi dipakai. gabungan keduanya baik kabel dan wifi sudah umum dipakai.

  110. Djarwo82 says:

    saya mau konsul om, saya lg dlm situasi perbaikan jaringan data di sbuah pabrik, u/ installasi sekitar 300m dengan persyaratan bagus, berkualitas, efisien & efektif (low cost but good quality, dalam hal penggunaan kabel sebaiknya saya gunakan :
    a. UTP Cat5e?
    b. STP cat..?
    c. UTP Cat6?
    d. another option..?
    mohon berikan saran jawaban dan penjelasannya.

    kemudian untuk jarak potongan diberapa meterkah? atau berapa repeater yg saya perlukan? (juga mhon saran untuk type/brand repeaternya)

    Regards,

    • Ki Gr says:

      kalo jarak 300m ma kudunya pakai FO, emang fiber mahal utamanya bikin konektornya. Emang bisa aja sich tiap 100m dikasih backbone Cat6 antar switch GIgabit, tapi kalo jarak 300m kasih backbone FO. Untuk brand lebih baik yang satu vendor brand, misal Cisco dan yang managable switch.

  111. chris says:

    kasus :komputer 1(kompi 1) kabel LAN kompi 1 rusak/tidak menyala,kemudian di kompi 2 kabel LAN 2 kompi 2 menyala,sy mau tanya,jika kabel LAN 2 dicolok ke kompi 1 yang LAN 1 rusak,apa bisa digunakan?sy gunakan smartbilling,tapi knp ga konek ya?setau saya pakai LAN berapa aja bisa,jika kabel LAN 1 rusak ya pakai kabel LAN 2 langsung colok pasti nyala n konek,tapi ini tidak konek padahal LAN 2nya menyala

    • Ki Gr says:

      Bisa saja ini masalah di NIC adapter dari kompi 1, kabel ditukar dari yang bagus tidak masalah. Kalo masalah kabel, kabel ditukar pasti beres.

      ATo bisa saja masalah port di Switch, coba tukar port dengan kabel yang sama ato port sama kabel beda. Apa ada perbedaan, kalo kabel dipinadah ke port lain jalan bagus yach emang port switch yang masalah, tandai saja port tsb “mati”.

  112. tayo says:

    pada port lan walaupun kita tidak colok kabel lannya tetap menyalah lampunya dua-duanya..kira-kira masalahnya apa ya??

    • Ki Gr says:

      kalo kabel dicolok atau tidak dicolok tetep nyala biasanya port tersebut rusak. Tapi kalo kabel dicolok ke switch dan sambung PC sementara PC mati tapi tetep nyala di portx, bisa jadi PC tidak di shutdown sempurna alias dalam keadaas sleep mode …

  113. Paschalis says:

    dikantor saya ada 3 PC
    selama ini hanya 2 PC (PC.1 dan PC.2) yang saya koneksikan denga kabel LAN untuk sharing file (tanpa LAN hub)
    misal saya mau koneksikan 3 PC tersebut dengan PC.1 sebagai sumber data, apa bisa pada PC.1 ini saya tambah LAN card sehingga pada PC.1 terdapat 2 colokan LAN (onboard dan LAN card) untuk saya sambung ke PC.2 dan PC.3
    mohon maaf kalo mungkin pertanyaan saya ngawur dan trimakasih sebelumnya untuk pencerahannya.

    • Junet says:

      Bisa saja tapi lebih rumit karena harus membuat daftar route …akan lebih mudah beli switch (hub) sehingga semua pc terkoneksi ke switch. Nanti jika nambah pc lagi kan masa nambah NIC adapter lagi …rumit. Beli saja switch.

  114. ibnu says:

    numpang nanya nih
    maksudnya system grounding itu apa yaa?
    maklum ank baru,,hehe

    • Ki Gr says:

      Ground itu kan tanah ….. jadi kalo dalam system kabel listrik kan ada dua normallnya, nah kita tambah satu untuk ditarik ke bumi untuk membuang segala gelombang electromacnetic ke bumi agar tidak mengganggu jaringan electronic anda. Ini lah yang disebut system grounding, dan sangat penting sekali, coba saja dalam jaringan perkabelan anda tidak dipasang grounding, atau grounding tidak bagus, atau antar line netral ke ground lebih besar dari 25 volt (minimum 5 volt saja) maka kualitas jaringan akan ngacau.

      Sound system saja kalau ground tidak bagus bakal dengung …cheers

  115. fauzia says:

    ijin share ya 🙂

  116. arif says:

    saya mau tanya, sya punya switch ZyXEL. di switchnya ada port untuk full duplex fiber dengan menggunakan sfp. tapi kenapa lampu lednya gak nyala ya padahal udah dipasang ke sumber dengan media converter. mohon penjelasannya. Terima Kasih

    • Ki Gr says:

      biasanya SFP terdapat Transmit (Tx) dan Receice (Rx) dan dilengkapi lampu LED jika sinyal masing dideteksi atau ada sinyal Tx atau Rx masing2. Transmit di perangkat A harus bertemu dengan Receive di perangkat B, dan sebaliknya. Apa ada sinyal tersebut dideteksi di Tx atau Rx?

      • arif says:

        diperangkat A (media converter) terdapat transmit dan receiver karena full duplex dan lampu LEDnya menyala, tapi di perangkat B (switch yg terdapat SFP)juga terdapat transmit dan receive tetapi lampu LEDnya tidak menyala, apa karena switchnya yg bermasalah? atau tidak compatible dengan media converter yang saya punya? terima kasih

        • Ki Gr says:

          kalo di A konekstor kabel yang ke switch sfp dilepas, apa LED mati? Saya pikir sich kalo ada sinyal Tx dan Rx nyala kan logikanya ada sinyal masuk, tapi di sisi sfp kok tidak nyala berarti tidak mendapatkan sinyal Tx ..kayaknya sich media converternya gak comptbl….

          • arif says:

            kalo yang di perangkat A lampu LEDnya gak mati, cuma di sfp switch aja yang mati. oalaah, okee deh terima kasih banyak gan

  117. Rukman says:

    Mohon share, Adakah software untuk test loss cable utp cat6 tanpa alat tester LAN?

  118. Rukman says:

    Mohon info, Adakah tempat sewa alat test cable utp cat6 yang bisa menampilan loss (db)?

  119. Rudi says:

    Mau nanya nih Pak : Klo membuat jaringan LAN sejauh 300 meter menggunakan kabel UTP cat6 gimana caranya yah? Minta saran dong, thanks sebelumnya.

    • Ki Gr says:

      UTP maksimum hanya 100 meter saja, kalo mo 300 meter, tiap 100 meter dikasih transeiver / switch …

    • Ki Gr says:

      UTP maksimum hanya 100 meter saja, kalo mo 300 meter, tiap 100 meter dikasih transeiver / switch …bisa saja kalo maksa tapi akan terjadi noise yang tinggi dan bisa jadi RTO terusan …tidak bagus buat data.

  120. Adiyoga says:

    Melayani konsultasi jaringan lewat telepon pak? terima kasih

  121. Januaristek says:

    HUB apa yang pak untuk jaringan ?
    Ini Saya Coba pakai Hardisk cloud storage >> kemodem trus dari modem ke HUB >> PC1 & PC2 lemot abis 🙁 , tapi kalau sambungan langsung tanpa HUB Lancar ( sayangnya Hardisk storage saya gak berfungsi 🙁 )

    • Ki Gr says:

      Kalo untuk jaringan yang bagus switch bukan hub, tentu tahu bedanya bukan? hub broadcast single broadcast domain …kalo switch tiap port satu single broadcast domain. Port modem gigabit atau bukan? port hub gigabit bukan? kalau semua port hub dan modem gigabit pastikan kabel juga CAT5e atau CAT6…

  122. Januaristek says:

    Maksud saya HUB yang bagus untu Jaringan , ( punya Dlink 5 port )

  123. Ahmad zaini says:

    untuk mengetahui grounding 0 itu bisa di lihat dari apa ya..
    maaf awam banget..

    • Ki Gr says:

      Grounding diukur dengan multimeter / avometer setelan AC Volt. Dirumahan umumnya hanya ada dua kabel karena grounding ke bumi tidak dipasang. Kalo di pabrik atau kantoran biasanya dipasang gronding kabel yang ditamam ke bumi jadi ada tiga kabel. Ukur dari kabel grounding ke netral dan lihat berapa Volt ac nilainya. Bagus nya 0 volt kalau grounding nya bagus, dibawah 4 volt masih boleh dibilang bagus.

  124. dhiank says:

    Permisi pak, Mohon infonya…. di kantor aku ada splitter yang 1 line yang aku sambungkan ke speedy modem dan switch langsung ke komputer untuk internet. teleponnya udah gak aku gunakan sudah lebih 2 tahun. tapi kira2 kalau aku copot line d modem dan sambungkan telepon itu bisa tidak ya??
    terima kasih sebelumnya

    • Ki Gr says:

      kalau telpon tidak dipakai gak usah pakai splitter, langsung saja kabel dari telkom itu langsung ke modem…jadi splitter dilepas saja akan lebih bagus….

  125. zony says:

    Mas, kalau ada yang minta hub. Kabel lan yang jaraknya lebih dari 400 m bagaimana ya mas ?

    • Ki Gr says:

      kaidahnya kan maksimum yang dianggap aman untuk kabel Utp adalah 100m, kalau sampai 400 m itu perlu fiber optic … bisa saja sich nyambung akan tetapi bisa membuat jaringan lemot karena kalau jarak sejauh 400 m akan banyak terjadi drop packet … jika system mengganggap ketidak sesuaian data Tx dan Rx maka akan terjadi re transmit yg berulang-ulang sebelum keluar RTO …dan akibatnya yach itu jaringan lambat.

  126. zony says:

    Terima kasih mas.

  127. Nccnet says:

    Mas, mo nanya nih, kalo kabel UTP tu di pakai uda lama pada jaringan, apa ngaruh pada akses internetnya jadi lambat, trus kalo pengarus brapa lama kira2 masa pakai kabel tu baru diganti kabel yang baru, makasih mas..

    • Ki Gr says:

      tentunya semakin tua ngaruh juga … apalagi kabel utp yg terexpose panas matahari atau outdoor ..bisa berubah resistanx … jangan sampai ditekuk sampai 90 derajad…kalo mo ganti ganti yg CAT6 saja biar udah siap speed Gigabit…

  128. sis says:

    mas, mau tanya, kalo saya menggunakan akses point to point, terus dari ap ke switch pake konfigurasi kabelnya apa, cros apa straight ? switch nantinya terkoneksi ke beberapa PC.
    AP–> switch–>PC
    Brige –>switch–>PC trimakassih..

    • Ki Gr says:

      pakai cable straight … kalau switch ke switch harus cross.

      Perlu juga diketahui bahwa hampir semua perangkat Ethernet baik switch, maupun NIC kebanyakan bersifat auto cross-over function (MDI-X) jadi mau cross atau straight sama saja system akan mengenalinya …

      • Rendra says:

        Ini dia yg mau saya tanyakan juga.. jikalau switch atau hub udah mendukung MDI-X trus mau diconnectkan ke switch/hub yg sama juga pake kabel yang straight ada pengaruhnya gak? Mungkin lemot atau hub cepet rusak.. terimakasih

        • ki Grinsing says:

          kalo cascade ke antar switch harus cross gan …. udah sering kejadian ane pake switch HP walo udah auto MDI-X tapi kalo untuk koneksi uplink – antar switch harus cross…

          • Rendra says:

            Oh.. gitu… tapi ini tetep bisa connect…cuma kadang putus nyambung.. hehehehe.. apakah pengaruh krn kabelnya straight ya.. atau emang hub. Saya yg rusak.. makasih

          • ki Grinsing says:

            biasanya kalo sering putus nyambung ada sambungan salah satu PC yg bikin dia saturasi …test satu per satu PC untuk di putus seharian …lihat reaksinya PC mana yg bikin masalah …

          • Rendra says:

            Ohh… ya..ya..ya.. okey deh tak cobanya.. makasih banyak sudah dijawab.. nanti kalau ada trouble lagi boleh ya sharing disini… 🙂

  129. Danugra Martantyo says:

    permisi mas mau tanya
    saya barusan pasang kabel lan tapi kenapa ya pas saya colok kabel lan connected ke laptop tapi nanti malah wifi saya mati. Dan sebaliknya kalo kabel lan saya lepas colokannya dari laptop, wifi bisa lagi
    terimakasih

    • Ki Gr says:

      kabel lan ini konek kemana, ke router atau switch? terus pakai dhcp kagak? taau mungkin ip address manual, bisa jadi ip address conflict…

  130. igun says:

    mas om saya mau tanya dikantor saya pake kabel jaringan ke alat pinjerprint, yang jadi masalah kabel utp yang dari switch ke pinjer print ada yang putus saya tester angka 1 nya mati digigit tikus,seharusnyakan angka 1-7 nyala semua,apakah bisa salah satu pin nya dikorbanin misal kabel coklat nya di tukar ke orange putih gitu,masalahnya buat menarik kabel baru agak susah musti bongkar plafon,,saya memakai tipe straight,,terimakasih,,maaf masih pemula..

    • Ki Gr says:

      kalo punya diagram perkabelan dari finger print yach harusnya bisa diakalin, cari kabel warna yang gak kepakai untuk dimanfaatkan pengganti kabel yg putus. Biasanya pin no 6 warna orange kagak kepakai, jadi bisa dimanfaatkan pengganti string yg putus.

  131. igun says:

    terimakasih atas jawabannya,,tapi ada satu pertanyaannya,,bukankah dalam kabel stright warna ORANGE pin no 2 kalo di tester?,,(maksud saya bisakah kabel warna orange putih di ganti dengan warna lain jika warna orange putihnya putus kalo di tester lampu no.1 nya mati yang lainnya no 2 -8 nyala atauKAH semua warna harus tersambung/terpakai dalam model tipe kabel stright ya,,,terimakasih

    • Ki Gr says:

      intinya kan kalo ganti warna …misal warna orange di pin 6 diganti warna lain yach tetap posisinya di pin tersebut …misal pin 1 pake kabel manapun menuju ke pin 1 juga diarah sebaliknya…yach emang tidak standard menurut aturan warna yang seharusnya dikiutin.

  132. jatex says:

    pak admin apakah kabel upt klo kurang panjang bisa di sambung.
    ini saya nyambung tulisanya conected tapi tidak mau loding di mana kesalahanya?

    • ki Grinsing says:

      disambung yachbisa saja …tapi masalahnya terletak pada kualitas sambungannya yang bikin tingkat signal loss tinggi sehingga data bakal RTO terusan …apalagi kalo nyambungnya hanya dipuntir saja…disorder baru bagus…kabel data kagak sama kayak kabel listrik

  133. intan says:

    Mas saya mau tanya dong. Kan sy punya router MOVISTAR dan pin nya itu ukuran yg kecil, bukan yang 8. Dan gak bs dicolokan ke kabel telpon nya. Kira2 kalo beli pin yang cocok utk di sambungkan ke Router movistar nya bs gak ya? Bales please.

    • ki Grinsing says:

      Kalo MOVISTAR itu sejenis modem ADSL …jadi itu pin RJ11 yang emang dikoneksikan ke kabel telpon, bisa langsung di colok ke saluran kabel telpon bila perlu pakai splitter untuk dibagi ke telpon rumha dan MOVISTAR …kalau intan berlangganan Speedy udah bisa dipakai tinggal tlp ke 147 Telkom bisa tuch…

  134. postingan yang bermanfaat gan, jangan lupa kunjungi juga
    Cara setting / konfigurasi kabel utp category 5e portofolio
    arga yudha adhiprama, kunjungan baliknya gan trimakasih

  135. arga yudha says:

    artikelnya bagus gan, kunjungi juga blog saya di cara setting konfigurasi kabel utp arga yudha

    atau link.nya di https://jaringan-argayudha.blogspot.com/2015/09/cara-setting-konfigurasi-kabel-utp.html

    untuk tutorial tentang arduino dan sistem informasi kunjungi juga di http://www.argayudhaadhiprama.com/ ,

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

  136. agus says:

    numpang nanya kalalu socket cabang 2 RJ 45 di pasang di satu tempat bisa di pakai dua komputer ngga yah gan.

    • Ali H says:

      Oh tidak boleh …dan jangan gunakan spliter untuk RJ-45…bakal konflik data , harus satu pc satu kabel ke switch …

  137. Nadia says:

    Mas mau tanya,saya pake kabel straight dari modem ke pc bisa konek. Trus pc saya mati 5hari pas saya coba hidupin lagi kabel nya ga bisa konek. Nah ini saya mau crimping ulang baiknya pake straight apa cross?

    • Ki Gr says:

      dari modem speedy biasanya sudah router jadi pake kabel straight …kalo dari modem CABLE misal fastnet murni modem …perlu ke router dulu …dr router ke PC pake straight…

  138. Tian says:

    mas mau tanya nie,
    aku mau coba pake access point TP-LINK (TL-WA5110G). hanya ingin mencoba memancarkan wi-fi. kabel LAN penghubung ke laptop jenis straight atau cross mas?
    aku binggung.

    • Ki Gr says:

      kalao laptop dianggap sebagai switch nya maka make kabel straight … karena hanya sebagai transmisi saja

  139. arjo says:

    numpang tanya master,saya rencana mau nyebar wifi saya ke rumah temen ,tp rumah temen saya agak jauh skitar 150m,,,,
    pertanyaanya apa bisa seumpama saya pake kabel LAN dari router saya kerumah temen saya kemuadian dirumah tmen saya dikasih router lg untuk nyebar wifi ,, dan apakah kabelnya mampu mengirim koneksi dengan jarak segitu?

    satu lgi sama minta pendapat dan saran cara lain agar saya bisa nyebar wifi kerumah tmen

    terima kasihh

    • Ki Gr says:

      kabel UTP jaringan hanya bisa sampai 100m saja, lebih dr 100m akan tidak stabil banyak noise. Kalo pakai wifi coba gunakan wifi jenis long range dan dikonfigure sebagai wireless bridge …atau wifi bridge point to point…

  140. kangdaro says:

    Pak admin mau tanya.. saya menghubungkan dua buah hub gigabit dengan kabel UTP cat 6 sepanjang 50 meter, awalnya sya coba model straight Tdk mau nyambung.. kmdian sya ganti cross jg tetep sama hasilnya.. kira-kira permasalahanya dmana ya???
    Kalo sya coba hubungkan pc ke hub menggunakan kabel 50 meter td mau nyambung..

    • Ki Gr says:

      biasanya switch yang manageble ada port khusus uplink yg dikonek pake cross cable, atau ada port khusus untuk cascade…untuk switch / hub yang standard emang tidak ada…pastikan pakai cross

  141. 95Henrietta says:

    I must say you have high quality posts here.
    Your page can go viral. You need initial traffic
    only. How to get it? Search for: Etorofer’s strategies

  142. Selamat malam, saya mau membuat RT RW NET.
    Target adalah kost-kostan…
    server saya sebut (kantor)
    kecepatan data 10Mb/s

    jadi jarak dari Kantor ke Kost A itu 120m
    jarak dari Kost A ke Kost B itu 50m

    pertanyaan:
    1. Kabel jenis apa yang harus saya gunakan untuk jarak antara Kantor ke Kost A ?
    2. Untuk mengefisiensi kabel, Kost B request melalui switch yang ada di Kost A daripada harus request ke Kantor. Apakah bisa? Apa kekurangan dan kelebihannya?
    3. Disetiap Kost saya mau menggunakan Switch untuk mengarahkan LAN ke setiap kamar, lebih bagus mana dengan saya memasang AP di Kost tersebut? Keuntungan dan Kerugian dari segi Penyedia layanannya apa dan dari Pengguna Layanannya apa?

    Masih banyak pertanyaan yang mau saya tanyakan, mungkin saya bisa konsultasi melalui email Bapak nantinya. Terima kasih 🙂

  143. Daffa says:

    Selamat malam om..
    Mau nanya nihh om..
    Transfer data dari laptop windows 7 ke windows 10 pakai kabel CAT5E kecepatannya kok cuma 11MB/detik yaa..
    Di penjelasan di atas kecepatannya 1gb/s..
    Apakah kecepatannya memang hanya 11MB/detik yaa atau ada yg salah dari perangkat saya atau kabelnya.???
    Mohon penjelasannya yaa om..maaf saya masih awam..

    • Ki Gr says:

      Kalo antar laptop mestinya pakai kabel UTP cross dan kecepatan biasanya mengikuti speed yg paling rendah dr kedua labtop.

  144. Juni says:

    Saya ada 2 komputer, server dan client. masalahnya klu di server saya non aktifkan firewall jaringan LAN putus dari client ke server, tp dari server ke client terhubung. tapi kalau firewall di Aktifkan jaringan LAN terhubung dari client k server, dari server ke client. sementara saya menggunakan aplikasi yang harus Non Aktifka firewall……apakah ada yg punya Solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *