Linksys Velop dan TP-link Deco Mesh Wifi System

Linksys Velop dan TP-link Deco merupakan produk baru dalam technology mesh wifi system yang memadukan wireless router dan range extender.

Dalam article ini

  • Pendahuluan
  • Linksys Velop Tiga Band
  • TP-link Deco Dua band

Pendahuluan

Teknology wifi berkembang sangat pesat termasuk perkembangan technology wireless router. Ketika awal kemunculan wireless router salah satunya oleh Linksys dengan produk andalannya ketika itu WRT54G yang berbasis wireless 802.11g standard kecepatan router hanya sampai 54Mbps saja.

Kecepatan wifi

Dan kini kecepatan router berbasis wireless AC (802.11ac) sudah bisa menembus total bandwidth sampai 5400Mbps tiga band, dua band 5GHz yaitu sampai 2167Mbps dan satu band 2.4Ghz sampai 1000Mbps dengan total bandwidth sampai (2167+2167+1000Mbps=5334Mbps). Contoh produk ini adalah TP-link Archer 5400; Asus AC5400 atau Linksys AC5400 wireless AC5400 routers.




 
Sebenarnya masih ada lagi technology wifi baru yaitu wireless AD (802.11AD) yang bisa menembus kecepatan bandwidth total sampai 7200Mbps dengan tiga band, band 2.4GHz, 5GHz dan band 60GHz. Silahkan lihat salah satu produk dr TP-link Talon AD7200.

Mesh wifi system

Kita faham dalam jaringan computer ketika jangkauan wireless router kita tidak sampai pada titik yang dibutuhkan untuk mendapatkan sinyal wifi untuk hape atau laptop kita maka ditambahkan wireless range extender agar jangkauan wifi lebih luas.

Dan kini kita tidak perlu repot lagi, ada perangkat wireless mesh wifi system yang memadukan produk wireless router dengan range extender. Dan salah satu produk yang banyak dipasaran adalah Linksys Velop 3 band mesh wifi system. Disamping itu TP-link juga memperkenalkan TP-link Deco M5 yang merupakan mesh wifi system dua band.

Linksys Velop

Saat ini Linksys menawarkan satu produk mesh wifi system – Linksys Velop tiga band. Produk ini dirilis untuk menyaingi produk andalan dari Netgear Orbi yg juga tiga band. Disamping Linksys Velop dan Orbi tiga band masih ada beberapa lagi yg berbasis tiga band sebut saja Asus Lyra, Ubiquiti Amplifi HD, eero pro.

Linksys Velop

Satu jaringan

Tidak seperti jaringan wifi yg terdiri dari wireless router, extender atau juga wireless access point yang bisa mempunya beberapa nama jaringan (SSID) yg berbeda, dalam mesh wifi system hanya ada satu nama jaringan wifi agar memudah kan anda roaming dari satu tempat dirumah ketempat lain dalam jangkauan mesh wifi anda.

Linksys Velop menggunakan technology wifi tiga band, ada beberapa model yang menggunakan dua band saja seperti TP-link Deco, Google mesh wifi, Luma dan juga versi lama Eero.

Router dan satellite

Dalam mesh wifi system biasanya terdiri dari satu wireless router yang terhubung ke modem dan satu atau lebih satelitenya atau extendernya. Linksys Velop mesh wifi bersifat modular minim ada dua, router dan satelitenya – walaupun satu juga bisa tapi fungsi mesh jadi tidak ada. Jika ada beberapa titik unit Velop maka setiap node akan mengambil koneksi ke Velop berikutnya secara optimal dan membagi beban wifi clients secara berimbang diseluruh rumah anda seluas 2000 sq ft (sekitar 185 meter persegi), jadi kalo dua unit bisa meliputi rumah anda dengan koneksi wifi seluas 4000 sq ft (sekitar 371 meter persegi).

Satu hal yg bagus dalam system mesh ini adalah jika salah satu unit gagal fungsi maka system akan membangun kembali jaringan wifi secara automatis.

Fitur utama

  • System mesh tiga band yg mendistribusikan koneksi internet yg sama kuat dg beban merata keseluruh jaringan wifi
  • Speed total 867+867+400Mbps
  • Support MU-MIMO dan 256 QAM technology
  • Solusi satu nama jaringan yang sama dalam satu jaringan, jika satu node gagal maka akan terbentuk kembali jaringan tanpa node tersebut.
  • Setiap unit berbentuk ramping dan compact dan antenna internal ada diatas modul, bersifat modular
  • Jangkauan wifi sampai sekitar 4,000 sq ft (2 unit) atau sekitaran 371 meter persegi
  • Tersedia Linksys app yg membimbing anda melakukan proses setup dg mudah termasuk setting parental control, jaringan tamu, auto fix node dengan menggunakan perangkat mobile anda
  • Bisa bekerja berama dengan perangkat Alexa – kendali lewat voice

Harga per 2 unit Linksys Velop ini dibandrol dengan harga sekitaran $320.00 di Amazon. Ntah berapa harga di sini.

TP-link Deco M5

Dibanding Linksys Velop yang tiga band, TP-link merilis system mesh wifi dua band yaitu TP-link Deco M5 dimana satu set berisi tiga unit perangkat untuk bisa meliputi seluruh rumah besar anda dengan jangkauan sekitar 4,500 sq ft atau sekitaran 420 meter persegi.

TP-link Deco M5 mesh wifi system

TP-link Deco M5 memberikan tiga unit perangkat per set dengan kekuatan yang sama setiap unit dengan bandwidth AC1200 (867Mbps @5Ghz  + 400Mbps @2.4Ghz).

Salah satu kelebihan dari TP-link Deco adalah fitur TP-link Home Care yang didukung oleh Trend Micro antivirus software, memastikan bahwa semua client yg terkoneksi dg setiap unit Deco dilindungi dg antivirus Trend Micro.

Fitur utama

  • Berbasis technology wireless AC1300 dual band
  • Speed sampai 867Mbps @5Ghz + 400Mbps @2.4Ghz tiap unit
  • Dibekali processor quad core
  • 4x internal antenna, 2x Gigabit Ethernet ports dan 1x port USB type-C dan juga Bluetooth 4.2
  • Bersifat modular, tambah unit sesuai kebutuhan
  • Technology Beamforming, MU-MIMO, band steering
  • TP-link ARTTM – adaptaive routing technology memastikan client mendapatkan jalur paling bersih dan cepat ke setiap unit Deco
  • Router-based antivirus dg fitur TP-link Home Care oleh Trend Micro

Dikelas segmen jaringan AC1200 TP-link Deco in ibersaing ketat sama produk serupa yg diproduksi oleh Google, Goole mesh wifi system.

Dimasa depan, mesh wifi system menjadi trend menggantikan wireless router dan kebutuhan akan wireless range extender. Bahkan sekarang EnGenius menawarkan wireless mesh AP digabung dg IP camera – EnGenius EWS1025CAM meshcam

Artikel serupa

Semoga bermanfaat



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *