Berbagai macam masalah jaringan yang umum

Masalah Jaringan Bisa Menyebabkan Terganggunya Bisnis Anda

Pendahuluan

Masalah Jaringan bisa menyebabkan gangguan pada aplikasi jaringan dan gangguan pada kesinambungan bisnis. Skala dari gangguan ini bisa bervariasi tergantung dari sumber gangguan dan dampak yang ditimbulkannya pada jaringan infrastructure anda. Masalah jaringan bisa menyebabkan downtime (hayo apa nich bahasanya…?) dan downtime ini bisa bervariasi tergantung seberapa bagus anda merencanakan contingensi planning. Manajemen yang bagus pada dokumentasi system jaringan anda dapat membantu anda meminimalkan downtime dan memudahkan anda dalam troubleshooting masalah jaringan anda.




 

Berbagai macam masalah jaringan

Ada banyak jenis masalah jaringan yang dapat menyebabkan gangguan pada sebuah komputer, gangguan jaringan local, sampai gangguan pada koneksi jaringan global bisnis dalam corporate anda.

 

Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan

Yang ini merupakan masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnya kabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch anda karena digigit tikus; masalah jaringan yang berdampak pada satu blok gedung karena putusnya kabel antar switch (uplink cable); atau bahkan berdampak pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan anda karena kegagalan backbone cable.

Dampak ambruknya jaringan

Masalah jaringan yang berdampak pada sebuah komputer saja mungkin bukan masalah besar kecuali itu komputer sang jendral or sang direktur anda. Tapi masalah jaringan yang berdampak pada jaringan lan anda secara keseluruhan atau bahkan berdampak secara global dalam bisinis corporate anda bisa membuat keringat dingin anda keluar deras. Dalam system infrastruktur jaringan yang berskala besar, system redundansi haruslah diterapkan. Sehingga kalau terjadi kegagalan dalam satu jalur jaringan tidak akan menyebabkan kegagalan jaringan dalam waktu yang lama.

Enable STP switch

 

Dalam jaringan multi switch yang kompleks maka Spanning Tree Protocol (STP) haruslah di enable dan di tuning secara manual. STP adalah suatu service yang memungkinkan jaringan switch-2 dan bridge-2 LAN anda terkoneksi satu sama lain secara redundant dengan suatu mekanisme yang bisa mencegah bridging loops. Bridging loop itu paket data yang berputar-putar dalam jaringan nyari alamat sampai kecapekan dan akhirnya koid. Bridging loop ini bisa menyebabkan trafik jaringan anda macet atau disebut broadcast storm.

 

Masalah jaringan karena kegagalan piranti jaringan

Skala gangguan akibat dari kegagalan piranti jaringan juga bisa bervariasi, dari hanya sebuah komputer karena kegagalan NIC – lan card; beberapa komputer karena kegagalan switch; atau bahkan berskala luas karena kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan lan card di salah satu komputer bisa diganti dengan network card cadangan anda.

Link redundansi

Terus bagaimana kalau kegagalan jaringan itu akibat kerusakan pada switch? Design anda mengenai redundansi jaringan akan sangat membantu dalam menyelamatkan kegagalan jaringan anda. Kebutuhan load balancing dan redundansi haruslah dikaji untuk setiap kebutuhan berdasarkan penggunaan link redundansi; piranti router; switch dan multi-homed host yang bersifat kritis. Tujuan dari system redundansi ini dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan layanan dimana tidak ada satupun titik rawan kegagalan.

Masalah Jaringan - Redundansi

Mari kita perhatikan pada gambar diatas tentang system redundansi.

Redundansi switch; jika terjadi masalah dikarenakan kegagalan pada switch A, Switch B masih bisa berfungsi untuk mensuplay link kepada server dan juga ke dua distribusi switch dan link ke WAN. Jenis masalah jaringan ini tidak akan mempengarui system server down.

Redundansi router akan membuat backup link WAN saat terjadi masalah pada salah satu router. Misal salah satu router yang menghubungkan jaringan frame relay anda ke kantor lainnya, maka masih ada backup link di router satunya.

Redundansi link – akan membackup link jika ada masalah jaringan dengan terputusnya link ke server atau ke switch.

Kita bisa mengaplikasikan system redundansi ini pada model scenario sebelumnya yang menghubungkan kedua kantor Mining dan HRD dengan menarik dua kabel UTP Cat5e bawah tanah sebagai link redundansi. Pastikan bahwa kedua kabel redundansi ini tidak terhubung kepada switch yang sama, karena kalau terjadi kegagalan pada switch maka akan percuma juga.

Untuk redundansi link internet, sebenarnya sudah banyak dipasaran router dengan port WAN dua atau lebih sehingga tidak perlu lagi dua router. Router jenis ini biasanya untuk kantoran kecil menengah dimana dua port WAN bisa failover – failback. Jadi jika link utama fail, maka akan failover ke link backup. Atau bisa juga kedua link dibuat load balancing, sebut saja FVS336G Dual Wan Gigabit SSL VPN Firewall.

 

Masalah jaringan karena kegagalan system

Walaupun kegagalan system bukanlah akibat dari kegagalan infrastruktur jaringan, tetap saja user anda akan menelpon anda dengan pertanyaan seperti berikut: “halo Agus…apa ada masalah jaringan? Ane kagak bisa mengakses email ane nich… atau sesuatu seperti ini “ane kagak bisa akses internet …atau bahkan pertanyaan dari seorang operator radio “halo Agus …saya kok gak bisa akses foldernya Presdir yach …kenapa yach?”

Kegagalan system bisa saja karena ada masalah dengan DHCP server anda sehingga clients tidak menerima IP address. Atau bisa saja karena ada masalah dengan system Directory Services anda sehingga clients tidak bisa logon ke jaringan.Atau bisa saja karena ada masalah dengan register nama pada system DNS anda.

 

Masalah jaringan karena penyebaran virus

Jenis ini juga merupakan masalah jaringan yang bukan karena kegagalan infrastruktur jaringan fisik, akan tetapi system jaringan anda akan kebanjiran traffic dari pengaruh virus yang menyerang system server dan menulari ke semua komputer dalam jaringan anda. Kinerja dari system jaringan anda akan menjadi sangat pelan sekali bahkan boleh dibilang ambruk. Apa yang bisa anda lakukan dengan serangan virus ini adalah menerapkan best practice security policy, pertahanan system anda harus kebal sekali.

Segala macam masalah jaringan, anda sebagai network dan system administrator haruslah bisa menyelesaikan masalah. Tidak perduli apakah masalah tersebut merupakan kegagalan piranti jaringan anda; atau masalah system komputer anda; ataupun intruder yang menyerang system infrastructure system anda. Suatu design jaringan redundansi yang bagus dan system manajemen yang bagus merupakan suatu keharusan dalam skala jaringan yang bersifat luas dan kompleks.

Salam,

Ki Grinsing




Lihat juga artikel lainnya:

>

 

95 Responses

  1. rahs says:

    mas… lam kenal…. kami punya masalah dalam penggunaan jaringan….

    kita terhubung dengan beberapa client dengan menggunakan radio wireless, ada yang sebagai AP dan Bridge…

    Dan kami juga menggunakan beberapa server yang terpusat di satu tempat, dan selama ini tidak menjadi kendala.

    Nah sekarang, ada salah satu server terdapat di salah satu bridge… Jaringan kami menggunakan 2 jalur, utara dan selatan… yang jadi permasalahannya adalah disalah satu jalur tidak bisa mengakses server kami tersebut… dan hanya bisa Nge-Ping pada AP. nah kira-kira apa yang menyebab salah satu jalur gak bisa mengakses ke server tersebut… Terima kasih sebelumnya.

    • admin says:

      coba periksa lagi mas, perubahan apa selama ini. Kalau secara logica kan mungkin saja MAC dari salah satu AP itu tidak terdaftar ke Bridge. coba periksa MAC address yang di permit ..jangan-2 keubah …itu kalau menggunakan MAC security sich ..masalahnya kan dulunya bisa, nah perubahan apa sejak gak bisa itu jadi bisa dilokalisir letak masalahnya. atau bisa saja kalau arah antara bridge dan AP sudah bergeser tidak lagi LOS – line of sight …kalau itu memang antenna directional ..

  2. JULI says:

    dikantor saya menggunakan SIM Rumah Sakit dengan sistem LAN dgn 23 unit komputer termasuk dengan servernya. Masalah yang saya hadapi adalah apabila lebih dari 10 unit komputer yang aktif maka komputer selebihnya tidak bisa menggunakan SIM-RS tersebut kira-kira dimana letak kesalahannya. trims

    • admin says:

      apa bukan masalah lisensi …? coba check sama vendornya, jangan-2 memang untuk versi 10 user saja …
      kalau masalah jaringan selama sesama komputer bisa saling ping …coba dari komputer yang bisa SIM lakukan ping ke komputer yang tidak bisa jalan …kalau bisa saling ping, no problemo sama jaringan …kalau bermasalah coba check IP pool dari DHCP server nya …

  3. JULI says:

    trima’s sebelumnya, lisensi dari vendor tidak ada masalah (kami dibenarkan menggunakan sampai dengan 50 unit komputer) dan saya sdh lakukan ping sesama komputer tidak ada masalah,cuma dikomputer dinformasikan
    connection Faliled
    SQL State : “01000”
    SQL Server Error 71
    [microsoft][ODBC SQL Server Drever][DBNETLIB]Connection open(Connect())
    connection Faliled
    SQL State : “08001”
    SQL Server Error 17
    [microsoft][ODBC SQL Server Drever][DBNETLIB]SQL Server does not exist or access denied

  4. JULI says:

    perlu saya tambahkan bahwa apabila pada run saya lakukan pengecekan server akan ada command sbb :
    No more connections can be made to this remote computer at this time because there are already as many connections as the computer can accept

  5. Faridz says:

    mksih bnyk infony..

  6. Faridz says:

    Eh sekalian mo tanya..
    Komputer saya LAN nya rusak terus saya ganti pake LAN CARD awalnya sih g pa2 tp waktu di install ulang windowsnya, sharing data jadi lambat bahkan komputer jadi hank. Penyebabnya kenapa y?

    • admin says:

      ini LAN connect pake apa ..Switch ato Hub? apakah LAN card baru drivernya sesuai …LAN card yg rusak itu ob-board atau PCI? kalo yg rusak on-board, coba di-disable di BIOSnya …, atau jangan2 ada setting FX-Duplex atau HF-duplex .., kalo ada settingan duplex, coba pilih Full Duplex.

  7. mistah says:

    mas mau tanya……… bisa ajarin segmentasi ga??
    bentar lagi mau uts..
    thx

    • admin says:

      lho segmentasi itu yach membuat segmen jaringan yang mana subnet jaringannya berbeda. bisa saja satu segmen jaringan mempunyai IP jaringan 198.168.100.0 dengan subnet mask 255.255.255.0 sementara segmen jaringan lainnya dengan IP jaringan 198.168.200.0 dg subnet mask 255.255.255.0. Dibedakan dengan angka 100 dan 200 itu sudah beda segmen. ada artikel di design IP dan subnet

  8. david says:

    askum
    mas maw nanyak
    apa ce mas yang menyebabkan suatu masalah ini.
    komp. A dapat nge-ping ke komp. b
    tapi komp. B gak bisa nge-ping ke komp. A
    MAKASIH

  9. david says:

    mas balasannya kirim ke FB or email aku aja y

    • admin says:

      Gak bisa sepenggal gini David, kalo mo troubleshoot hrs tahu diagram dan konfigurasinya kayak apa …gejala gak bisa ping balik bisa karena routing gak bagus, atau gateway IP, coba check gateway nya apa benar mengarah ke mana, atau default route nya

  10. Momocha says:

    buat Juli mungkin saya bisa membantu anda…masalah yang anda hadapi
    SQL State : “01000″
    SQL Server Error 71
    [microsoft][ODBC SQL Server Drever][DBNETLIB]Connection open(Connect())
    connection Faliled
    SQL State : “08001″
    SQL Server Error 17
    [microsoft][ODBC SQL Server Drever][DBNETLIB]SQL Server does not exist or access denied

    adalah masalah dikarenakan client tidak bisa membuka server.dilihat program SI anda apakah menggunakan ADODC atau ODBC lalu setelah anda mengetahuinya anda install prosedur tersebut.sebagai contoh apabila menggunakan ODBC maka yang perlu anda lakukan adalah masuk ke control panel kemudian administrative tools lalu install ODBC menggunakan sql server yang ditembak ke alamat server bisa computer name atau ipnya.setelah succes saya rasa komputer tersebut dapat langsung konek ke server.thx.

  11. Dian Humanto says:

    Boleh tanya, switch di warnet saya sudah 3 bulan ini kerja nonstop 24 jam, apa bisa pengaruh kepada performanya? Karena hampir 3 minngu terakhir koneksi dinternet di tempat saya down banget performanya kalau sudah di sharing ke beberapa user, tapi kalau hanya digunakan 1 komputer saja di server kembali cepat koneksinya. Juga kalau modem habis di restart biasanya langsung cepat walau di sharing tapi beberapa menit kemudian kembali lambat…tolong pencerahannya..trims ya

  12. Ki says:

    bisa dianalisa manual kalau memang gak ada spare backup:
    1. bisa jadi salah satu pc kena virus …coba scan dg antivirus semuax.
    2. kalau satu pc saja OK, coba saat semua hidup tanpa konek internet, satu pc konnect ..apakah cepat, bisa jadi emang bandwidth kecil
    3. kalau switch habis di restart Ok …kemudian down lagi …bisa jadi ada broadcast storm…atau salah satu port rusak …bisa di test satu-per-satu port di lepas saat lemot koneksinya, perhatikan ada ngaruh nggak. jika ada ngaruh di salah satu pc, coba cek lagi driver LAN nya …scan, update windows, dll setidaknya udah tahu pc yg mana ..
    4. kalau gak nemu …yach anda harus punya backup switch …to test.

  13. iip samsul says:

    mau nanya?
    warnet saya clien 1 dan 4 printernya ga bisa saring ke server..di coba ga kena aja..padahal internet lancar..trims

  14. Ki says:

    he..he..saya nich lagi di client no. 5 pantes jalan bagus …
    mestinya yg jelas printer jaringan tidak bermasalah …coba lakukan prosedur yg sama pada komputer yg jalan …
    pastikan driver printer sama …dan windowsnya update.

  15. wardan Sy. says:

    permisi …. mohon solusi nya ya??
    komputer saya memakai intel board S3000AH.
    RAM 2Gb, dual Ethernet Card
    saya instal WinProf SP-3.
    saya share dengan 8 komputer.
    komp saya 192.168.1.2
    Komp lain 192.168.1.5 s/d 15
    1. Apa penyebab komputer saya ini tiba2 tidak bisa di akses oleh komp yang lain?. setelah di restart bisa terbaca kembali. tapi nanti masalah itu muncul lagi.

    saya sudah mengganti kabel LAN nya.
    saya sudah instal ulang.

    terima kasih sebelumnya.

    • admin says:

      harus dikaji lebih teliti lg bro … bisa saja anda memakai hub yg bikin broadcast storm. Saat hidup semua dan sharing semua, dan saat down …coba satu persatu di disconnect dan lihat hasilnya …bisa saja salah satu pc yg broadcast ato kena virus …
      kalo pc yg di share itu running aplikasi yg berat yach bisa saja stuck … ato ada program yg looping …coba teliti lagi sebelum ganti hardware ato kabel …

  16. wardan Sy. says:

    makasih banyak jawabannya.
    saya masih mencoba semalam.
    sampai siang ini saya tunggu tidak saya apa2in komp saya.
    (keadaan masih stabil dan masih bisa di akses).

    kemudia setelah saya pakai komputer saya untuk browsing2, main photoshop, page maker dll, langsung saja icon drive yang di share berubah menjadi icon drive biasa. begitu juga folder yang saya share icon nya berubah menjadi tidak ter share lagi.

    kemudian sya harus merestart kembali komputer sy baru muncul icon drive yang ter share.

    mohon bantuan temen2 yang pernah mengalami kasus serupa. makasih banyak…

  17. wardan Sy. says:

    sory, maaf,
    tambah informasi lagi, saya memakai switch hub merk D-link 8 Port dan 16 Port.
    apakah switch hub berpengaruh??

  18. septian says:

    selamat siang..,
    saya mau tnya.., untuk komputer server sama client nmr 1 itu slalu lancar,. sedangkan 2 sampai 15 kalo uda nyala kira2 15 mnt slalu putus2 jaringanya,.
    malah kadang ga bisa sama skali..,
    untuk saran, kira2 saya hrs mnggunakan DNS brp?? uda saya coba2 slalu sama saja,!
    trima kasih.

    • admin says:

      Anda pakai apa? apa ada DHCP, apa ada DNS local, anda pakai infrastructure AD atau SOHO pakai Speedy misalnya.
      Kurang lengkap informasix bro …kalo anda pakai HUB lama (bukan switch lho) dan ato ada NIC yg gak seragam ada FDX atau SDX …bisa sangat berpengaruh, bisa saja ada salah satu NIC yg drivernya gak sempurna dia bisa brodcast traffic yg bikin broadcast storm bisa saja. Coba satu persatu PC, di matikan kalo terjadi stuck …perhatikan yg mana bikin stuck …

  19. bambang says:

    mas salam kenal q bambang, nagai mana cara set IP di win ME

  20. bambang says:

    mas salam kenal, di clien warnet saya kok di control panel ne work connection kok gambarnya itu ada kunci gemboknya kenapa ya , kira kira apanya y yang bermasalah. trimakasih sebelunya

  21. Ki says:

    kunci gembok kayak apa …apa ini yg wireless, apa ada jaringan wireless disana? bisa connect gak?

  22. must says:

    saya menghubungkan dua kabel

    tapi di satu sisi saya cek yang hidup berseberangan dengan di sisi lainnya

    satu sisi yang hidup nomor 1,3,5,6

    di sisi lain yang hidup 2,4,7,8

    bagaimana itu pak? terima kasih

  23. Ki says:

    kalo masalah kabel coba lihat di sini Kabel LAN dibahas lebih lengkap masalah perkabelan.

  24. Jamal says:

    Software untuk scan hardware pada PC (biar ketahuan butuh driver apa aja) nama softwarenya apa ya mas?

    • admin says:

      software apa yach …? benarnya kan bisa di cek di windows device manager – kan kelihatan tanda kuning cross kalo ada device yang gak dapet drivernya …
      ato scan dari windows sendiri …coba start > program > windows update > pilih hardware > anda bisa scan disana connect ke internet …

  25. pak, mau tanya. saya ngekos. dan teman kosan anak kosan pake UPNP FG2_U_4041, internet kosan jadi melambat bgt (alias belet). donlod aja cuman dapet 1kb. parah bgt lah,, gimana cara matiin koneksinya orang itu yah?? saya sudah kesal sekali. dan tmn2 kosan saya di rugikan akibat itu, main game jadi patah2, dsb. mohon bantuannya. trims
    cgt_stillvirgin@yahoo.com

  26. SAGALA says:

    kenapa sih…sekarang jaringan telkom begitu lambat dan cepat terputus-putus apalagi kita mau kirim laporan jadi terhambat.

    • admin says:

      wah kalo ini mestinya nanya ke Telkom alias 147 ..he..he..
      biasanya kalo yg akses banyak tentunya bandwidth terbagi banyak juga dwonk … coba kalo pagi sekali aksesnya kan cepat karena masih pada ngotok …he..he..

  27. Andi Rahli says:

    Apa ya masalah yang seringt kali serius di hadapi dalam sistem jaringan komputer untuk akses speedy pak !!!!!

  28. Ainoen says:

    Saya seorang teknisi komputer, sy mau ty ada beberapa komputer di clinet saya, itu tidak bisa run ke komputer lain. Kalo tidak bisa run ( membuka komp. lain lain lewat jaringan) itu kompnya tidak bisa print, kira2 ada yg puya solusi nggak ya….?

    • admin says:

      pertama kali anda mesti cek konfigurasi tcp/ip compi anda, test di command prompt c:/> ping localhost atau ping 127.0.01 jika respon bagus no paket loss …periksa koneksi ke computer lainnya dengan ping IP address pc tersebut …jika bagus apa punya akses ke sharing printer tersebut … mungkin ini bisa membantu

  29. budi says:

    mas, mbak, om, dek, smua nya …
    kalo jaringan nya lemot,,.. itu gimana..??

    padahal dari TELKOM nya udah bagus..
    waktu di ceck konecksi nya di RUN-CMD hasil nya

    Reply From 192.168.1.64: bytes=32 time<1ms TTL=128
    Reply From 192.168.1.64: bytes=32 time<1ms TTL=128
    Reply From 192.168.1.64: bytes=32 time<1ms TTL=128

    Ping statistics for 192.168.1.64:
    Packets: sent = 4, Received = 4, Lost = 0 ,
    Apprroximate round trip times in milli-seconds:
    Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms

    TAPI LEMOT . . . . . . ! ! ! ! !

    • admin says:

      ngetesnya jangan pake ping test … gak ketahuan lemot gaknya … coba masuk ke websitenya speedy terus cari login area …disana ada cara ngetest berapa speed speedy anda dari rmah ke local office speedy …emang banyak faktor yg bikin lemot jaringan, bisa jadi krn banyak load yg lagi online, kualitas jaringan dr rumah ke telkom, ato emang web-site tujuan yg melewati banyak hops …dll

  30. lucan says:

    mohon pencerahan ”
    Saya setting jaringan lokal cuma 2 komputer memakai hub,mnggunakan win xp, ketemu permasalahan, ada satu komputer (PC1) tidak bisa diakses padahal begitu buka network group nya nama komputer(PC1) tersebut terdeteksi oleh komputer satunya (PC2), komputer yang tidak bisa diakses tersebut (PC1) dapat mengakses pc yang lainnya (PC2).

    Saat PC2 meng click PC1 di workgroup nya muncul messge box
    …\\workgrop is not accesible.you migh not have permission to use this network resourcescontact administrator of this server to fin out if you have acces permission…
    Thes service is not started …

    yg membuat sy tdk mngerti ketka di Ping ip ke PC1 oleh PC2…bisa reply begitu juga sebaliknya..”
    ada virus kah di PC1 atu PC2 ??

    mohonpencerahan Terim kasih

    • admin says:

      coba di pc1 files and print share nya di enable, masuk di tcp/ip property lihat disana apa sudah dicontreng …kemudian lihat di pc1 tersebut buat sharing tertentu di suatu folder …test dari pc2 bisa gak diakses …

  31. Hadi says:

    aku punya masalah ne boz., aku punya 4 client.. 1proxy server,. trus 1router
    seperti gambar di bawah ini :

    [img]http://img683.imageshack.us/img683/600/67235011.jpg[/img]

    saya bagi per client 256k dari router, nah brarti kan prosy servernya lost..
    yang saya pengen tanya, gimana jika proxy servernya juga di kasi limit seperti client,
    sedangkan jika saya kasih 256k di proxy server brarti client cuma dapat 256/4k, ga mungking saya kasih 1M di proxy.
    gimana ya caranya proxy saya kasi limit dan client mempunyai brandwidth tetap??
    makasih 🙂

  32. Ki says:

    ini tingkat advanced nich …kalo b/w bisa di set per client, proxy kan gak perlu berperan sebagai b/w shaper juga – cukup sebagai authentication dan caching server saja ….anda router dan proxy pake apa …proxy pake ISA server? router Cisco IOS ato ..?

  33. Hadi says:

    proxy pake isa tp router pake mikrotik…
    magsud saya.. biar proxy ga lost jadi proxy mau saya beri limit.. boros kalo proxy saya lost
    intinya kalo saya mau kasih limit di proxy bagaimana caranya tetapi tidak merubah limit di client..
    makasih ya boz atas balasannya..hee

  34. Hadi says:

    proxy pake isa tp router pake mikrotik…
    magsud saya.. biar proxy ga lost jadi proxy mau saya beri limit.. boros kalo proxy saya lost
    intinya kalo saya mau kasih limit di proxy bagaimana caranya tetapi tidak merubah limit di client..
    makasih ya boz atas balasannya..hee
    boleh minta YM nya dng, biar bsa chat,,.. 😉

    • admin says:

      hady, mikrotik bukan wilayah gw …
      jadi kalo semua PC dan proxy di kasih limit lewat mikrotik kenapa pc clients juga harus dikasih limit lewat proxy ISA…proxy nya kan gak usah dibikin policy untuk bikin limit bandwidth clients …kalo misalnya ISA dibikin sama 250kb …dan clients tidak dibikin limit lewat mikrotik tapi lewat ISA …apa gak bisa gitu (referensi bandwidth management isa

  35. admin says:

    he..he..sorry prend …beberapa hari ini sibuk nemenin si junior ngurusin ini itu masuk unair ..jadi belum bisa jawab sekarang …

  36. Ardy says:

    Pak, saya mau tanya nih, dulu di kantor saya pakai 2 jaringan, 1 jaringan untuk koneksi ke “INTERNET”, satu lagi untuk koneksi ke “SERVER”, jadi kalau ada yang ingin koneksi INTERNET dan SERVER maka harus dipasangin PCI (LAN Card). Nah sekarang ini saya sudah ganti jadi 1 jaringan, semua komputer bisa koneksi INTERNET begitu juga dengan komputer SERVER. IP semua komputer disetting secara manual (ada krng lbh 18 komputer). Di kantor kami memakai program VB, Database : SQL Server, Report : Crystal Report, masalahnya sekarang kalau preview report kadang2 muncul Run-time error ‘-2147206458 (80043ac6)’ Access Denied. (pesan ini hanya muncul “KADANG2” saat ingin Preview Report, Reportnya ini dishare dari SERVER, padahal Programnya bisa nyambung ke SERVER). Thx b4…

  37. Ki says:

    HiArdy, kalau semua PC saat ini bisa connect ke internet semuanya ..saya rasa jaringan anda fine2 aja …dlm arti semua konfig PC dg IP yg proven to work …masalah anda ada di cristal report …ato khususnya di ODBC connection…coba advice ke ahli database …mungkin temen2 ada yg bisa bantu

  38. yasin says:

    punya tutorial lengkap untuk membangun jaringan client server ga??
    kalo punya kirimin saya lewat email yaaa…
    makasih…

  39. Teguh Nurjaya says:

    Selamat malam…minta tolong ikh….
    masalahnya gini:
    komputer tuh aku bikin lan 3 komputer semuanya konek internet,
    tapi ada satu komputer yang gax bisa baca komputer client.
    alamat IP nya uda q otak atik masih tetep juga gx bisa baca, masalah di driver lan atau pada kabel ya???
    tolong dibantu…kirimin lewat email ya,,,,
    sebelumnya makasih.

  40. ichalk says:

    mas minta tolong kenapa ya di PC saya sering terjdi koneksi hingga 1 gbps tapi tidak terkoneksi?
    dan komputer nya ja hang gitu

  41. Ki says:

    untuk mastiin apakah NIC adapternya ato masalah lainnya …coba dech di -disable dulu NIC adapternya dan lihat apa yg terjadi …ato lepaskan dulu konektor kabel ke jaringannya …

  42. putra says:

    cara efektif untuk membagi bandwith internet biar rata gmn caranya ya? mohon penjelasannya. thanx.

  43. Ricka says:

    kantor saya memakai VPN Telkom untuk menghubungkan dari kantor cabang ke 5 kantor unit.ada di satu kantor unit yang jaringannya bermasalah.ketika ping ke router time pingnya diatas 100 ms padahal posisinya switch telah dilepas.sehingga tidak ada pemakaian LAN thd jaring tsb.dg kondisi tersebut kira2 apa penyebabnya?

  44. Ki says:

    @Ricka: untuk mengetahui seberapa bagus koneksi anda dan dimana point-2 yg bermasalah …anda bisa lakukan dengan command tracert atau pathping untuk bisa mengetahui di hop keberapa packet menjadi lambat …

  45. m sukron says:

    hai q mau gabung proksy biasanya melarang akses websait knapa dan jika pekek mikrotik hrz memakai mozila proxy gimana caranya tidak memaki mozila froxy Norkus Cantik

  46. ramlan efendi x2 says:

    pak ini tugas saya mohon diterima tapi kalau salah mohon diberi tahu???

  47. taufik says:

    saya ada masalah mengenai aplikasi online kalau dilihat dari segi k=jaringan onlinenya bagus tapi kalau pada saat mau buka aplikasi online kok malah menjadi lambat…..saya butuh bantuannya…??

  48. Ki says:

    running applikasi online cepat lambatnya memang tergantung aplikasi itu sendiri seberapa besar dia butuh bandwidth. Jika di running lewat VPN kedua sisi di server dimana aplikasi running dengan disisi user juga harus bagus bandwidthnya … sudah pasti tingkat delay sangat besar.
    ada router tertentu bisa memberikan fitur QoS untuk applikasi tertentu misal voice, streaming dan gaming agar diberikan prioritas traffic diatas traffic data lainnya.

  49. Wahyudi says:

    Gimana cara buat mirror server gan…??? jadi ketika server kantor ada yg down, server lainnya siap menggantikan seketika itu juga…

  50. jaka says:

    gan tolong saya kasih tau cara benerin client coz cma satu yg gk konek apa nya ya???

  51. Ki Grinsing says:

    agak detail gan … jaringan pake apa, di kantor, di rumah pake speedy, atau apa …?

  52. yunee says:

    mas/mba’ apa sih masalah-masalah yang terjadi pada jaringan lan………………tlong di jwab ya

  53. Ki Grinsing says:

    Umumnya masalah pada jaringan lan antara lain:
    1. masalah kabel: bisa karena putus, karena konfigurasi pin-pin rj-45 yang gak benar (lihat artikel kabel lan), kabel yg terlalu panjang lebih dr 100 meter (untuk utp), dan jenis kabel
    2. piranti jaringan masalah: mungkin karena rusak portnya (pada switch), rusak NIC adapter pd komputer atau drivernya perlu di update,
    3. access right – authentikasi dan authorisasi misal tidak punya hak akses internet, hak akses folder, bahkan tidak bisa akses jaringan karena login salah
    4. virus treat –trojan virus bikin lambatnya jaringan bahkan bisa buntu …
    5. ada redundansi link antar switch dan tidak dienable stp protocolnya
    6. masalah sepele misal system grounding electric juga bisa mempengaruhi switch dan jaringan
    7, …8,….9,….dlll

  54. puput says:

    gan, saya mau tanya. jaringan LAN di kantor sya bermasalah, saya perhatikan kalau kabel jaringan di salah satu komputer ditancapkan kemudian loading jaringan di cabang2 LEMOT banget. itu kenapa yah?

    #mohon dijelaskan.. makasii 🙂

  55. ki says:

    Loading jaringan di cabang2 lemot? apa mereka logon ke kantor pusat? System nya apa? Windows server ato apa? Apakah tiap cabang logon ke pusat pakai domain yg sama? apa tiap cabang tidak punya DC sendiri?
    Bisa jadi kompi yg bermasalah ngebroadcast traffic outbound yg besar saat connect ke jaringan, mungkin virus.

    more detail please…

  56. astawan says:

    Ijin baca bos… trims

  57. puput says:

    windows server gan..

  58. SOFYAN says:

    permisi gan boleh sharing dkit ga yah…
    ane lg ada masalah pada jaringan komputer nih..
    trouble pada tunnel adapter isatap sama tunnel adapter teredo tunneling peusedo.
    media disconnected …
    yg harus ane lakuin apa? GAN

  59. ki says:

    emang agan makai IPv6 …? Kalo gak pake dan emang ISP agan juga belum support tentunya protocol toredo menunjukkan media disconnected …

  60. apek says:

    msalah apa yang terjadi ktk cient loddingnya lemot

  61. wawan gobel says:

    Permisi Mas, mo nanya kalau untuk membagi bandwith sebesar 40 Mbps Astinet menggunakan perangkat apa ya, posisinya harus outdoor, soalnya kalo langsung masuk ke radio AP dijadikan hotspot cm sebentar lsg hang dan pingnya awalnya 1ms bs jd ribuan ms. Makasih sebelumnya Mas.

    • Ki Gr says:

      emang pakai router apa? biasanya pada router ada configurasi bandwidth management …coba di oprak di menunya

  62. rahma says:

    Bantuin dong gan, judul yg bisa diangkat utk TA D3 tentang jaringan komputer, masalah yg terbaru utk saat ini

    • Ki Gr says:

      he..he…yang ringan2 aja …coba pikirkan bisa nggak mengandalkan standard wifi 5G (802.11ac) bisa menggantikan koneksi kabel Gigabit dengan handal …nah kan wireless ac itu kan teoritically bisa sampai 1300Mbps, apa bisa handal kaya koneksi kabel Gigabit …he..he..jengan ding gak relevan kali yach …

  63. iwan says:

    pak mau tanya masalah cctv.di dalam setup network dr nya tertulis UPNP failed.Please open UPNPI maksudnya apa n pak,karena ngak online lag krumah apa ngaguanya ni pak..trims

    • Ki Gr says:

      UPNP itu ada pada konfigurasi router anda, biasanya untuk akses ke dalam jaringan dari luar itu ada port tertentu yang perlu dibuka dengan enable UPNP . Ada di router configuration untuk ngebukanya. Dan biasanya ada port yang perlu di map ke ip tertentu / server

  64. elen says:

    numpang nanya mas.. Untuk setiap hak akses (permission) baik pada printer ataupun folder, p saja akibatnya jika diberi tanda cek Allow atau Deny nya

    • Ki Gr says:

      untuk cek Deny biasanya akan menimpa Allow …jadi kalo mau ijinin akses yach jangan di click Deny, cukup di contreng Allow saja…

  65. butros ndun says:

    pak kalaw buat jaringan wi fi karmana?

  66. yusuf says:

    bagaimana cara utk menyelesaikan kebutuhan sambungan komputer saat ini yg mencapai 21,6 triliun sambungan. padahal maksimal jaringan 4,2 miliyar>

    • Ki G says:

      drmana ada hitungan 21,6 triliun, berapa banyak manusia sekarang ini?
      Sekarang sudah ada protocol IPv6 disamping yg sudah IPv4. Microsoft Windows mulai versi 7,8 dan WIndows 10 serta versi server sudah menggunakan IPv6 disamping IPv4.
      IPv6 panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mebuat addressing hingga 2 pangkat 128=3,4 x 10 pangkat 38 host komputer di seluruh dunia.

    • Ki G says:

      kalo mo lebih dalam pelajari IPv6 di WIkipedia

  67. alvin says:

    mas mau tanya..
    kenapa yah beberapa komputer sering restart sendiri…
    apakah karena pembagian ip dinamis yang conflic menyebabkan restart…
    mohon pencerahannya

    • Ki G says:

      kalo ip conflict biasanya ada warning “konflik IP
      conflict IP tidak menyebabkan restart, ada masalah dg OS bisa jadi krn virus atau hardware. Memory yg udah aus biasanya tak sanggup dg speed tinggi, coba turunin speed di BIOS biasanya ada maksimum speed, pilih yg normal speed

  68. Veren aprilia says:

    izin bertanya Bagaimana cara memperbaiki jaringan LAN yg bermasalah melalaui Device Komputer ?
    dan Bagaimana untuk mengetahui masalah hambatan akses data apakah terjadi pada LAN atau WAN atau bahkan masalah sebenarnya terjadi pada komputernya ?

    terima kasih ,mohon bantuan nya

    • Ki G says:

      melalui device komputer umumnya update driver lewat internet, atau melihat status dr hardware tsb apakah status “this device is working properly”
      akses data di internet maksudnya?

  69. Veren aprilia says:

    izin bertanya Bagaimana cara memperbaiki jaringan LAN yg bermasalah melalaui Device Komputer ?
    dan Bagaimana untuk mengetahui masalah hambatan akses data apakah terjadi pada LAN atau WAN atau bahkan masalah sebenarnya terjadi pada komputernya ?

    terima kasih ,mohon bantuan nya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *