Jaringan Komputer dan keamanan


>




Masalah Jaringan Lambat

By Ki Grinsing

Apa saja faktor yang bisa memberikan kontribusi terhadap masalah lambatnya jaringan dan bagaimana memperbaikinya performanya?

Congestion jaringan

slow network

Dalam suatu infrastructure jaringan yang sangat besar, suatu jaringan yang efficient adalah suatu keharusan. Jika design infrastructure jaringan kita tidak efficient, maka applikasi atau akses ke resource jaringanpun menjadi sangat tidak efficient dan terasa sangat lambat.

Performa jaringan yang sangat lambat ini biasanya disebabkan oleh congestion jaringan (banjir paket pada jaringan), dimana traffic data melebihi dari kapasitas bandwidth yang ada sekarang. Kalau boleh diibaratkan seperti jalanan ibukota pada jam sibuk, kapasitas jalan tidak mencukupi dengan berjubelnya jumlah kendaraan yang memadati jalanan, akibatnya adalah kemacetan yang luar biasa. Kalau pada hari libur maka jalanan terasa lengang dan anda bisa memacu kendaraan dengan cepat.

 

Faktor jaringan lambat

Apa saja faktor yang bisa memberikan kontribusi lambatnya jaringan dan bagaimana memperbaikinya?

Collision

Technology Ethernet yang sudah using seperti 10 Base2; 10Base5; dan 10Base-T, mereka menggunakan algoritma CSMA/CD yang menjadi sangat tidak efficient pada beban yang lebih tinggi. Performa jaringan ini akan menjadi turun drastis jika prosentase utilisasinya mencapai lebih dari 30% yang membuat jaringan menjadi sangat lambat.

Istilah collision domain mendefinisikan sekumpulan perangkat jaringan dimana data frame mereka bisa saling bertabrakan. Semua piranti yang disebut diatas menggunakan hub yang berresiko collisions antar frame yang dikirim, sehingga semua piranti dari jenis jaringan Ethernet ini berada pada collision domain yang sama.

Gunakan Switch

Bagaimana solusi menghilangkan collision domain dan algoritma CSMA/CD yang bisa membuat jaringan anda lambat, adalah mengganti jaringan HUB anda dengan Switch LAN. Switch tidak menggunakan BUS secara ber-sama2 seperti HUB, akan tetapi memperlakukan setiap port tunggal sebagai sebuah BUS terpisah sehingga tidak mungkin terjadi tabrakan.

Switches menggunakan buffer memori juga untuk menahan frame yang datang, sehingga jika ada dua piranti yang mengirim frame pada saat yang bersamaan, Switch akan melewatkan satu frame sementara frame satunya lagi ditahan didalam memory buffer menunggu giliran frame pertama selesai dilewatkan. Mengganti semua HUB anda dengan Switch akan meningkatkan kinerja dan performa jaringan anda dan kelambatan jaringan akan berkurang secara significant.

Bottlenecks

Beban user yang sangat tinggi untuk mengakses jaringan akan menyebabkan bottleneck jaringan yang mengarah pada kelambatan jaringan. Aplikasi yang memakan bandwidth yang sangat tinggi seperti aplikasi video dapat menyumbangkan suatu kelambatan jaringan yang sangat significant karena seringnya mengakibatkan system jaringan menjadi bottleneck.

Atur letak server

Anda perlu mengidentifikasikan aplikasi (khususnya aplikasi yang dengan beban tinggi) yang hanya diakses oleh satu departemen saja, dan letakkan server pada Switch yang sama dengan user yang mengaksesnya. Meletakkan resource jaringan yang sering diakses pada tempat yang dekat dengan pemakainya akan memperbaiki kinerja dan performa jaringan dan juga response time.

Gunakan gigabit backbone

Performa LAN juga bisa diperbaiki dengan menggunakan link backbone Gigabit dan juga Switch yang mempunyai performa tinggi. Jika system jaringan menggunakan beberapa segment, maka penggunaan Switch layer 3 akan dapat menghasilkan jaringan yang berfungsi pada mendekati kecepatan kabel dengan latensi minimum dan secara significant mengurangi jaringan yang lambat.

Serangan Trojan Virus

Jika environment jaringan anda terinfeksi dengan Trojan virus yang menyebabkan system anda dibanjiri oleh program-2 berbahaya (malicious programs), maka jaringan akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan anda, dan terkadang bisa menghentikan layanan jaringan.

Gunakan antivirus

Anda memerlukan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan Trojan virus dan berbagai macam serangan jaringan lainnya. Software antivirus yang di install terpusat pada server anti-virus yang bisa mendistribusikan data signature secara automatis kepada client setidaknya akan memberikan peringatan dini kepada clients. Dan jika ingin mendapatkan perlindungan yang sangat solid dan proaktif maka Software keamanan jaringan corporate BitDefender adalah solusi anda.

BitDefender Corporate Security adalah solusi manajemen dan keamanan bisnis yang sangat tangguh dan mudah digunakan yang bisa memberikan perlindungan secara proaktif terhadap serangan viruses, spyware, rootkits, spam, phising, dan malware lainnya.

BitDefender Corporate Security menaikkan produktifitas bisnis dan mengurangi biaya akibat malware dan lainnya dengan cara memusatkan administrasi, proteksi, dan kendali workstation, sekaligus juga file-file, email, dan traffic Internet didalam jaringan corporate anda. Kunjungi Bitdefender untuk lebih jelasnya.

 

diagram wsus praktis pada jaringan

Gunakan WSUS

Jika corporate anda menggunakan jaringan Windows, maka penggunaan WSUS (Windows System Update Services) adalah suatu keharusan. WSUS secara automatis meng-update patches critical Windows anda, security patches, dan Windows critical update kepada clients pada saat dirilis update dari Microsoft. Clients anda tidak perlu update langsung ke internet, cukup koneksi ke server WSUS, sehingga mengurangi beban bandwidth internet anda, karena hanya server WSUS saja yang terhubung ke internet untuk download updates.

Virus biasanya menyerang adanya kelemahan system yang sudah diketahui, dan Windows update akan melakukan patch vulnerability (menambal lobang titik lemah) sehingga menjaga kemungkinan serangan terhadap lobang kelemahan system ini.

Berjaga-jaga terhadap serangan virus yang menyebabkan lambatnya jaringan anda adalah jauh lebih baik terhadap organisasi anda. Dan regulasi dan kebijakan masalah pemakaian Email dan juga kebijakan pemakaian Internet sangat mebantu dalam hal ini.

Lambat jaringan waktu proses authentication

Jika dalam corporate anda mempunyai banyak site yang di link bersama dan setiap site / cabang dan kantor pusat di konfigurasikan sebagai active directory site terpisah dan domain controller di integrasikan dengan DNS server, disaat peak hours jam sibuk user pada kantor cabang sering mengalami proses logon yang lambat sekali bahkan time-out. Hal ini akibat dari masalah bottleneck saat komunikasi interlink lewat koneksi WAN link yang menjurus lambatnya system.

 

diagram penempatan global catalog pada jaringan inter-site

 

Saat user logon ke jaringan, Global Catalog memberikan informasi Universal Group membership account tersebut kepada domain controller yang sedang memproses informasi logon tersebut. jika Global Catalog tidak tersedia, saat user melakukan inisiasi proses logon, user hanya akan bisa logon kepada local machine saja, terkecuali jika di site tersebut domain controllernya di configure untuk Cache Universal Group membership di setiap kantor cabang. Bisa saja sich domain controller di masing-masing cabang di promote Global Catalog, akan tetapi waspadai juga replikasinya yang bisa menyebabkan link WAN menjadi lambat. Anda bisa mengatur frequensi replikasi menghindari jam sibuk jika memungkinkan.

Dengan meng-enable Universal Group Membership Caching disetiap cabang, akan menyelesaikan masalah kelambatan jaringan jenis ini.

Satu lagi masalah konfigurasi Switch redundance link yang bisa mengakibatkan Broadcast Storm – atau bridging loop, sudah dibahas pada artikel STP.

Semoga berman’faat, Salam

Ki Grinsing


Check juga

Share

23 comments to Masalah Jaringan Lambat

  • edday

    =)) kacau….gw sama sekali gak paham…..[-o< tolong……bisa di jelas kan lebih mudah lagi untuk orang awam seperti saya ini thankz

  • admin

    he…he…he…need a visual explanation mungkin …!
    yang mana Bro …!semuanya …?

  • anto

    klo gw sebagai server..” apa yg hrus gw lakuin,,
    agar jaringan gw g lambat lg….
    yang diatas faktor yang bisa memberikan kontribusi lambatnya jaringan …
    nah gw mnta tolong nie bro gmana cara penyelesaian nya,,,padahal gw udeh pake im2…

    tolong y broo….

  • Ki

    frankly gw gak nge dg pertanyaan ini ..mungkin lebih specific dikit?

  • jadi ingat tempT saya bekerja pak ki..super lambat setalah ganti software billingnya dg sw baru menggunakan postreSql…lemot sekali

  • bro.. gmn caranya supaya saya bs masuk ke google,,

    masalahnya net w koneksinya nyabung alias ga da masalah ,,
    tapi ko bwat brosing ga konek,,
    kira2 apa ya yg harus di perbaiki,,
    thank sebelumnya,,

    • admin

      hi slamet …anda di jaringan kantor ato dirumah …?kalo dikantor apa ada internet, kalo ada apa pake infrastructure AD …anda punya A/C logon? Kl ada dan anda punya logon bisa saja oleh adminnya anda tidak diberi authorize ada policy pengguna internet … kalo dirumah pakai apa?

  • navi

    Bueh,…………
    w lum nGerti,………….
    lum ampE k Ctu ilmu w,……..
    msh awAm bued w,.

  • Ki

    eh nak Navi cucu’ku …yang sabar yoch …!banyak baca and do’a …he..he..

  • benny

    saya mau tanya , apakah dgn penggunaan mikrotik itu jaringan bisa jadi cepat . karena warnet saya lemot sekali sedangkan yg warnet dekat saya cepat krna pakai mikrotik itu . saya tnggl dilampung tengah dan saya awam mslh computer , trmksh

  • Ki

    mikrotik emang handal karena kernel pake linux …tapi apakah bisa menghilangkan kendala yg diluar jaringan kita sendiri misal bandwidth dari ISP emang lemot, website farms yang emang lemot, dll. Kalo toch difahami mikrotik bikin cepat, tetap saja tidak bisa menghilangkan kendala external …mikrotik emang sangat ekonomis menggantikan router versi vendor besar macam Cisco yg emang mahal (?), tapi kalau anda awam masalah networking …anda perlu dukungan engineer handla yg faham betul masalah networking.

  • Ben

    warnet gw pake router mikrotik. klo pingtest dr router hasilnya berbeda dgn pingtest dr windows (cmd) yg di router stabil 2 digit, tp yg di windows terkadang ada loncatan ampe 3 digit. klo saya tanya ISP koneksi ga ada masalah. tp klo maen game OL jadi patah2. kira2 masalahnya dmn yah? di ISP, router, atau pc client / pc kasir (billing)

  • Ki

    kalo mo ngetest jangan pake ping …coba pake pathping dan tracert …disana ana kelihatan perjalanan dari hop ke hop …perhatiikan mana yg tinggi.

    kalo game patah-2 bisa saja video ram yg kkurang spec. tapi kalo online tach bisa jadi bandwidth …dan kualitas nya. kalo router bisa melakukan QOS maka akan bagus. say agak tahu apa mikrotik bisa punya fitur QOS.

    kalo wireless router kebanyakan kita bisa set QOS untuk gaming …kalo ada fitur QOS …

  • henry gunawan

    saya mau buka warnet tapi masih awam masalah jaringan yang bagus. klo bisa alat2 apa saja yang di perlukan agar jaringan warnet saya bagus, tolong cantumin mereknya. terima kasih

  • ajis

    mau tanya bos, gmana cara instalasi WSUS dan spesifkasi komputer yang bgmana yang mendukung WSUS ini…..tolong dong jelasin artikel tentang gambar LAN diagram Large size……mohon pencerahannya

    • admin

      diagram secara khusus gak ada, karena anda bisa pake salah satu server w2003 anda yg mana saja misal gabung sama windows 2003 file server atau salah satu domain controller anda. Yg penting infrastructure windows server dan active directory (AD) sudah settle dg bagus, karena kalo gak pake AD gak befungsi dg sempurna krn banyak bermain di group policy di system AD anda.
      saya saya da nulis di sini patch management

  • dedi

    bagaimana yea menangani server yang lambat??????/

  • dony

    saya mau tanya…..bagaimana cara memproteksi jaringan pada server karena data2 kadang2 sering hilang>>>>> terima kasih banyak sebelumnya….

  • Ki Grinsing

    pertama proteksi terhadap internet threats dg emperkua firewall, dan juga proteksi virus baik terpusat atau di masing-masing PC. dan yg paling penting adalah strategy backup restore yang bagus. Kalau pakai Windows server 2003 keatas bisa diaktifkan Volume shadow copy service (VSS)untuk restoring data previous update atau bahkan data hilang bisa direstore langsung dari user sendiri jika diaktifkan.

  • ilham

    bang , saya mau tanya nih, lappy saya kan abis di install ulang, koneksi masih ga ada masalah, abis itu saya tinggal study tour kan 9 hari, trus pas pulang saya coba nyalain, koneksinya jadi lemot, udah gitu pas saya cek network status sent sama received oke, trus klik “diagnose” ada tulisan begini “your broadband modem is experiencing connectivity issues” lalu saya klik “next” muncul kaya gini “the connection between your access point, router, or cable modem and the internet is broken” itu apanya yg salah ya ? saya pake wireless di rumah. mohon bantuannya

  • ki

    modem pakai apa? adsl ato cable ato 3g..?
    Misal adsl speedy, mereka punya utility untuk test koneksi bandwidth. Bisa saja kualitas kabel koneksi dari rumah ke isp tidak bagus. Kalo pakai spliter coba dilangsung saja …kali saja splitter tidak bagus. Ato coba kalo pagi sekali apa ada ngaruh lebih cepat. Biasanya load yg besar juga ngaruh ..kan share bandwidth.

  • ilham

    Cisco, cable modem. saya udah coba langsungin dari modem langsung ke lappy , hasilnya koneksi oke, tp ngeliat abang saya, dia pake wireless asik2 aja, ga ada masalah, kenapa ya ? apa settingan wireless di lappynya yg salah ?

  • ki

    coba lihat setting di lappy samain dg yg abang punya, ato kalo bisa periksa konfigurasi router apa ada setting QoS – Quality of service yg sengaja di prioritaskan sama kompi si abang…

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>