Membangun Jaringan Wireless – Wifi

Lingkungan sekitar kita hampir dipadati dengan gelombang radio komunikasi baik untuk jaringan Cellular, Radio panggil, maupun jaringan wifi – atau jaringan wireless. Dengan jaringan wifi maka komunikasi data bisa melewati medium udara tanpa dibatasi oleh jarak kabel jaringan.

 

Susahkah membangun wireless network?

Pertanyaan ini sering dilontarkan dari mereka yang belum mengerti betul dengan jaringan komputer. jaringan komputer yang berskala besar seperti dalam suatu jaringan corporate atau enterprise tentulah harus didesign dan dikelola oleh para ahli dalam bidang jaringan dan security. Akan tetapi untuk keperluan jaringan kecil di rumah dan kantor kecil, anda bisa melakukannya sendiri dirumah dengan.




  • Keuntungan jaringan wireless
  • Kebutuhan untuk membangun WLAN
  • Memilih Kebutuhan Perangkat
  • Yang Perlu Diperhatikan
  • Setup dan Konfigurasi

Artikel ini diusahakan sedemikian rupa agar bisa difahami oleh mereka yang kurang faham betul dengan jaringan komputer dan digunakan sebagai acuan untuk membangun suatu jaringan wireless dirumah atau kantor kecil. Tentunya tidak akan membahas kompleksitas mendalam sampai ke model jaringan seperti model OSI, tidak.

Keuntungan Jaringan Wireless

Jaringan wireless mempunyai keuntungan yang nyata: tapa kabel, walau sebenarnya ada jaringan kabel yang terlibat didalamnya. Secara umum suatu jaringan komputer mempunyai keuntungan diantaranya sebagai berikut:

  • Memungkinkan kita sharing sambungan internet dengan beberapa komputer
  • Sharing sebuah printer yang bisa diakses rame-rame lewat jaringan tanpa harus mengantri – just send data untuk di print dan selebihnya system yang akan mengatur antriannya.
  • Dengan adanya jaringan wireless anda bisa browsing internet dari mana saja dirumah selama masih dalam jangkauan wireless – tanpa kabel, bisa di pinggir kolam, di gazebo, di pendopo anda, atau di teras (rumahnya kayak yang di sinetron).
  • Dengan jaringan wireless, anda bisa membuat panggilan telpon Skype gratis ke seluruh dunia tanpa harus menghidupkan komputer anda.
  • Dengan jaringan anda bisa bermain game multiplayer online

Kebutuhan Untuk Membangun Jaringan Wireless

Seperti dibahas diawal, bahwa artikel ini ditujukan buat mereka yang tidak mempunyai pengalaman praktis dalam hal computer networking atau home users yang ingin membangun jaringan wireless dirumah atau dikantor kecil atau SOHO. Untuk itulah maka tidak dibahas secara detail masalah background technis yang rumit kecuali sekedar dasar yang memadai untuk membangun suatu jaringan wireless.

Alasan umum dibutuhkannya jaringan (wireless) dirumah adalah salah satunya yang paling mendasar adalah untuk sharing koneksi Internet dari sambungan broadband internet baik DSL ataupun Cable. Jika kita inginkan dua komputer untuk bisa saling berkomunikasi, maka yang anda perlukan adalah media penghubung agar keduanya bisa saling terhubung yang pada akhirnya bisa saling berkomunikasi.

Infrastructur Fisik Jaringan

Jika hanya ada dua komputer untuk bisa saling berkomunikasi, maka cukup diperlukan sebuah kabel jaringan yang menghubungkan kedua komputer melalui port NIC adapter (LAN Card) mereka. Jika ada lebih dari dua komputer maka anda membutuhkan sebuah Switch LAN (dengan 8 atau 24 port) sebagai concentrator dimana anda menghubungkan semua komputer kepada Switch tersebut melalui kabel jaringan. Dengan konsep ini anda telah membuat suatu jaringan workgroup local LAN. Ini adalah merupakan infrastcruktur fisik jaringan LAN pertama – sebuah Switch.

Bagaimana dengan sambungan internet? Jika dirumah anda telah tersedia sambungan broadband Internet baik berupa Cable atau ADSL, tentunya sudah tersedia modem yang tadinya tersambung langsung dengan sebuah komputer tunggal lewat sambungan kabel USB (ke port USB komputer) atau kabel UTP (ke port NIC adapter komputer). Hampir semua modem (Cable atau ADSL) mempunyai port Ethernet untuk sambungan ke pada LAN. Untuk memungkinkan semua komputer terhubung ke Internet, maka anda perlu membuat (memindah) sambungan kabel UTP dari port Ethernet modem ke Switch.

Gambar berikut adalah diagram jaringan LAN infrastcrutur fisik yang menghubungkan semua komputer ke Switch dan begitu juga modem terhubung kepada switch.

modem dan switch ap

Bagaimana dengan jaringan wireless? Jaringan wireless berarti anda perlu menambahkan / membuat extension secara wireless dari sambungan LAN anda. Prinsip extension jaringan LAN secara wireless adalah dengan menmbahkan sebuah Wireless Access Point. Access point ini berfungsi sebagai jembatan yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara komputer (perangkat jaringan) yang ada di jaringan wireless dengan perangkat jaringan lainnya yang ada pada jaringan kabel. Dari sini prinsip dasar infrastructure jaringan fisik gabungan sebuah jaringan LAN dan jaringan wireless dengan sambungan internet telah lengkap.

Bagaimana Memilih Perangkat Yang Tepat

Pertama kali yang perlu anda lakukan adalah kenali terlebih dahulu fitur / fasilitas modem yang ada sekarang ini. Yang perlu kita perhatikan adalah apakah dia mempunyai fasilitas / fitur firewall atau router, DHCP server, dan Ethernet port. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan akan sebuah wireless access point atau sebuah wireless router yang perlu kita beli.

Jika modem yang ada sekarang ini adalah modem murni yang tidak mempunyai fitur firewall/router dan DHCP server, maka anda memerlukan sebuah wireless router. Wireless router mempunyai fitur lengkap termasuk fitur firewall / router, DHCP services, Swicth LAN dan wireless access point.

Jika modem yang dirumah sekarang ini termasuk type modem dengan dilengkapi fitur firewall / router, dan DHCP server, maka yang anda butuhkan hanyalah sebuah wireless access point untuk membuat jaringan wireless anda.

Untuk mengenalinya tentunya dengan membuka buku manual dari modem tersebut. Atau jika tidak ada, anda harus menanyakan ke ISP anda atau mencari informasinya di Internet setelah mengetahui type dari modem tersebut.

Setelah anda mengetahui kebutuhan akan wireless access point atau wireless router, tentunya peerlu memilih wireless AP/Router yang bagaimana sepsifikasi teknisnya. Jika anda mempunyai budget memadai, maka saya sarankan untuk membeli wireless access point / router dengan fitur technology yang paling bagus yang ada dipasaran. Hal ini akan melindungi investasi anda di masa depan. Apa saja sepecifikasi yang perlu diperhatikan?

  1. Wireless Standard: standard wireless yang paling popular saat ini adalah 802.11n atau lebih dikenal dengan wireless –n yang merupakan technology wifi generasi ke empat. Sementara untuk standard wifi masa depan adalah teknology wifi generasi ke lima yang dikenal dengan 802.11ac atau umum dikenal dengan wireless ac dengan kecepatan yang bisa diadopsi ke beberapa wireless router sampai 1300Mbps, bahkan varian terbaru bisa memberikan agregasi speed sampai 3200Mbps seperti yang diadopsikan pada Netgear X6 dan juga pada TP-link Archer C3200. Bahkan sebentar lagi varian dengan agregasi speed sampai 5300Mbps akan bisa kita rasakan.
    Sudah banyak dipasaran anda bisa dapatkan wireless router berbasis wireless ac ini diantaranya adalah Netgear R6300 / R7000; Asus RT-AC66U / AC68U dan masih banyak lagi. Lihat artikel Wifi router paling cepat Asus AC68U dan Netgear R7000.
  2. Dual-band: perangkat anda support dual frequency band yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz baik yang selectable maupun yang simultaneous. Frequency 5GHz lebih jernih dan sangat bagus untuk streaming video dan juga gaming
  3. Support WPA/WPA2: merupakan standard industry keamanan wireless paling baru. Semua perangkat wireless dengan standard Wireless –n akan support standard WPA/WPA2 ini, walaupun banyak juga jenis wireless –g dilengkapi dengan standard WPA/WPA2 ini.
  4. Technology antenna cerdik MIMO (multiple in multiple out) atau technology serupa yang bisa memberikan jangkauan wireless lebih baik dan juga lebih cepat. Dan yang sekarang ini dikemas pada wireless ac router menggunakan teknology antenna Beamforming yang mengunci client dengan sinyal yang kuat.

Banyak sekali produsen pabrikan yang memproduksi jajaran perangkatnya dengan keempat fitur dasar tersebut diatas. Tentunya harganya sedikit lebih mahal dibanding standard dibawahnya, akan tetapi sebanding dengan kualitas yang bakal anda dapatkan.

Jika anda mempunyai perangkat adapter (pada laptop, komputer, smartphone) dengan standard wireless –b/g, apakah akan compatible dengan router /AP dengan standard wireless –n? Hampir semua AP/ router dengan standard wireless –n menjamin backward compatible dengan standard wireless dibawahnya (wireless –b/g) dan biasanya ditandai dengan label Wi-Fi Certified b/g/n.

Yang Perlu Diperhatikan

Sinyal gelombang radio dalam merambat lewat udara tentunya akan terhalang oleh beberapa halangan seperti tembok, pohon, atau benda penghalang lainnya yang tentunya akan mengurangi atau mempengaruhi tingkat penerimaan disisi penerima. Usahakan meletakkan wireless router / AP anda pada area dimana dengan tingkat penghalang yang minim antara router dan penerima (computer). Usahakan segaris lurus dengan AP/router untuk mendapatkan koneksi yang optimal. Metal, aluminium, kaca, tembok akan mempunyai efek negative terhadap kualitas sinyal wireless. Belum lagi gelombang interferensi dari genset, microwave oven, dll juga berpengaruh pada gelombang 2.4 GHz. Lihat juga pertimbangan instalasi wireless.

Konfigurasi dan Setup

adsl modem diagramSebelumnya kita perlu mengenali terlebih dahulu port-port apa saja dari modem anda. Berikut adalah gambar sebuah modem DSL yang umum di pasaran.

Port USB biasa digunakan untuk koneksi langsung dari modem ke satu komputer. akan tetapi untuk kebutuhan membangun jaringan wireless anda, maka anda tidak memerlukan port USB ini. Yang anda butuhkan adalah port Ethernet RJ-45 yang akan dikoneksikan kepada wireless AP atau router anda pada port dengan label WAN (atau WLAN port, atau Internet). Port RJ-45 ini juga bisa anda koneksikan langsung ke sebuah Switch jika anda tidak ingin menggunakan jaringan wireless.

Sementara port RJ-11 adalah port dimana anda hubungkan ke line telpon. Biasanya fihak Telkom memberi anda splitter yang memecah line telpon anda menjadi dua, satu kabel ke modem dan satu kabel lagi ke handset telpon anda. Keduanya bisa berjalan tanpa saling mengganggu karena DSL internet dan voice Telpon menggunakan frequensi yang berbeda.

Gambar berikut menunjukkan bagaimana anda menghubungkan port-port tersebut kepada wireless AP atau wireless router anda. Dari modem ke wireless router anda harus menggunakan kabel jaringan jenis cross cable atau pastinya adalah kabel bawaan dari modem tersebut yang memang jenis cross.

diagram adsl modem switch dan wireless ap

Sebelumnya kita perlu melakukan konfigurasi awal pada router tersebut. Gunakan kabel jaringan (biasanya datang bersama router) dan koneksikan salah satu Ethernet (Swicth) port dari router ke NIC port dari salah satu komputer anda. Jalankan CD-ROM instalasi dan ikuti wizard instalasi sesuai buku petunjuknya. Setelah itu koneksikan router ke modem seperti terlihat pada diagram diatas.

Untuk selanjutnya bila memerlukan konfigurasi yang lebih advanced, anda bisa lakukan lewat web-based utility diantaranya memberikan IP address Internet (tentunya dengan bantuan dari ISP anda by phone) dan IP address kepada router anda dan juga konfigurasi DHCP services. DHCP services router by default sudah enable, jadi sebenarnya anda biarkan saja sudah bisa beroperasi. DHCP ini sangat penting buat jaringan anda karena dia akan berfungsi sebagai pemasok konfigurasi IP address kepada semua komputer yang ada pada jaringan anda secara automatis. Lihat juga artikel setup wireless router untuk lebih jelasnya.

Pengguna Speedy

Untuk pengguna Speedy Telkom, untuk lebih gampangnya membuat jaringan wifi adalah dengan menggunakan perangkat tunggal wireless ADSL router seperti TP-link TD-W8970 wireless N300 ADSL router atau yang versi terbaru TP-Link Archer D7 wireless ac adsl router. Keduanya merupakan perangkat all-in-one, satu perangkat untuk kebutuhan modem ADSL, wireless router dan switch untuk bisa membuat jaringan wifi dengan koneksi internet Speedy Telkom. Tidak perlu repot-repot menggunakan perangkat modem ADSL, Switch dan wireless AP terpisah. Cukup satu saja menggantikan semua perangkat diatas.

Instalasi lebih gampang dan konfigurasi hanya satu saja tempat saja. Cukup koneksikan kabel telpon, baik langsung atau lewat spliter, kepada port RJ11 yang ada tanda Internet atau WAN atau Telpon. Setelah itu configurasi menu sesuai petunjuk buku manual dan tentunya bila perlu bantuan Telkom lewat 147.

Pengguna layanan Cable

Bagi pengguna layanan Cable internet misal FastNet, anda membutuhkan Cable modem plus wireless router untuk membangun jaringan wifi dirumah. Ada juga beberapa jenis produk yang menggabungkan fungsi cable modem dan wireless router dalam satu perangkat (perangkat all-in-one) seperti yang umum adalah Motorola SBG6580 atau jenis terbaru dari Netgear C3700 wireless cable router. Atau versi terbaru yang berbasis wireless AC (wifi G5) bisa pertimbangkan milik Arris Motorola SBG6872, atau dari produknya Netgear C6700 wireless AC Gateway.

Bagi anda yang ingin berbagi koneksi jaringan cellular misal 3G anda juga bisa menggunakan wireless router khusus 3G, misal saja TP-link M5350 yang compact dan mungil.

Terus Bagaimana Computer Clients Mendapatkan IP Address?

Yang perlu anda lakukan adalah melakukan konfigurasi TCP/IP pada clients computer untuk mendapatkan IP address secara automatis. Pada artikel sebelumnya mengenai jaringan komputer sederhana telah dibahas cara melakukan setup bagaimana mendapatkan IP address secara automatis.

Akan tetapi ada sedikit perbedaan cara melakukan koneksi dari adapter wireless di komputer anda tergantung fitur dari wireless router anda, ada wireless router yang menggunakan wizard untuk koneksi ke router dengan menggunakan fitur security yang didukungnya yang biasanya disebut sebagai Wi-Fi Protected Setup (WPS).

Jika system keamanan dari router tidak diaktifkan maka biasanya anda hanya memerlukan searching nama jaringan wireless (SSID name) dari komputer anda dan jika sudah mengenali jaringan wireless yang ada dengan nama SSID yang ada, anda sudah bisa terhubung kepada jaringan tersebut secara automatis dan anda sudah terhubung langsung. Tentunya jika komputer anda ada adapter wifi yang sudah terpasang, biasanya laptop sudah terpasang dari pabriknya, dan tidak semua desktop komputer ada adapter wifi – anda harus menambahkannya.

Akan tetapi jika system keamanan sudah di setup menggunakan wireless security WPA atau WEP , maka anda harus memasukkan account sebagai authenticasi beserta passwordnya. Kedua sisi antara komputer dan wireless router harus sama setting untuk WPA ataupun WEP nya. Selebihnya anda sudah bisa melakukan koneksi dan bisa berbagi internet, file, documents, digital media dan juga printer bahkan anda bisa melakukan game online bersama-sama.

Lihat juga artikel lainnya:

Salam, Ki Grinsing




Share

You may also like...

139 Responses

  1. indira says:

    Penjelasan-penjelasan tentang jaringan dan perangkat-perangkat lainnya sangat mendetail, karena hal itu jadi saya tidak bisa menahan diri untuk menanyakan sesuatu :D.

    Saat ini sedang marak-maraknya RT/RW net, saya bisa minta tolong jelaskan secara detail peralatan dan konfigurasi yang tepat dari penyedia layanan ke node-node client, terutama client yang juga menggunakan wireless. Sebelumnya hanya tervikirkan jika tiap client menggunakan wireless(integrated) seperti kebanyakan laptop saat ini,atau eksternal wireless(USB) akan sudah cukup untuk tiap-tiap client. Setelah baca artikel diatas(dan lainnya) saya baru sadar, hal itu cuma dapat dilakukan jika jarak tiap client berada di tempat tanpa adanya penghambat signal atau berada dekat dengan antene wireless, tapi jika client menggunakan wireless dan meng-akses layanan dari dalam rumah(terhalang tembok, dll) apa ada kemungkinan jarak jauh dari penyedia layanan tetap dapat diterima, atau di perlukannya hardware tambahan untuk tiap-tiap rumah client?.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  2. admin says:

    sebenarnya prinsipnya sama saja …seberapa luas cakupannya. ada piranti wireless access point yang memang untuk keperluan outdoor dengan antenna Omni dengan penguat sekian watt. anda bisa cari di catalognya Cisco kalau gak salah Aironet. Saya pernah pakai di daerah tambang sampai melintasi jarak sekitar 300 meter untuk antar tower, dan di sekitar tower dengan antenna Omni ini bisa menerima sinyal di kamar para penghuninya dengan lumayan bagus, apalagi diluar kamar. Kalau untuk rumahan, piranti aironet Cisco ini harus diletakkan di tempat yang tinggi bagus kalau ada tower tinggi.
    disisi client juga akan lebih bagus kalau pakai USB wireless yang mempunyai antenna agak tinggi.

  3. MAUL says:

    Mohon pencerahan detail..

    Di tempat saya terdiri dari 5 lokasi yang jaraknya berjauhan, masing-masing lokasi rencananya kami akan membuat jaringan agar dapat berkomunikasi untuk bagi pakai program Aplikasi.
    Sedikit saya gambarkan, pada lokasi A : 3 PC, B : 5 PC, C : 1 PC, D : 1 PC, E : 1 PC , sedangkan Jarak antara Lokasi A – B :300 Mtr, A – C :250 Mtr, A – D :250 Mtr, A – E : 250 Mtr.
    Namun di Lokasi B sekarang ini 3 PC terhubung dengan ADSL Modem Router untuk Pendukung Kerja sehari (Internet ).
    Rencananya saya akan membuat jaringan baru dengan Wireless, dan Akses bagi pakai Program Aplikasi tersebut pada setiap Lokasi yang terpusat di lokasi A (server).
    Apa saja peralatan pendukung yang harus di siapkan sehingga setiap lokasi A,B,C,D dan E dapat terhubung dengan baik. Mohon pencerahan kalau bisa secara detail. Kira – kira peralatan apa yang di perlukan pada masing-masing lokasi? Dan ini hanya untuk LAN tanpa akses ke Internet, hanya lokasi A yang dapat dihubungkan untuk mengakses internet dengan ADSL Modem yang terdapat di lokasi B.

  4. Ki says:

    Dari design kondisi anda ini jaraknya semuanya sekitaran 300 meter. Kalau anda ingin merencanakan menggunakan jaringan wireless, maka di site B anda perlu menggunakan wireless Bridge dengan antenna directional mengarah ke site A juga menggunakan wireless Bridge dengan antenna omni dalam point-to-multi-point Bridge sehingga kedua LAN saling bisa berkomunikasi tentunya yang outdoor purpose dengan kondisi line of sight (LOS). Artinya semua AP/ Bridge bisa saling melihat dan tidak ada halangan.
    Untuk Site A sebagai central, bisa menggunakan point-to-multi-point Bridge (Wireless WDS Bridge mode) dengan antenna Omni outdoor. Di masing-2 site C, D, dan E, juga di install Bridge dengan outdoor antenna directional mengarah ke Site A sebagai multi-point Bridge. Hal ini akan memudahkan anda nantinya jika menambah clients di masing-2 C,D,E tinggal menggunakan Switch untuk bisa menmbah beberapa computer.
    Apakah anda menggunakan infrastructure AD dengan DNS, DHCP segala? Jika menggunakan AD ada baiknya menggunakan proxy yang integrate dengan AD sehingga access internet bisa diatur sesuai user account.
    Untuk Access point banyak dipasaran misal Cisco WAP4410N dan diganti antenna Omni outdoor untuk site A dan site B,C,D,E mengguankan directional antenna mengarah ke site A. mungkin ini pandangan saya, kalau ada tambahan rekan lainnya?

  5. MAUL says:

    oh ya.. satu hal lagi nih… Lokasi sebenarnya sih masih satu atap/gedung (4 persegi panjang )hanya saja masing-masing lokasi berpencar-pencar dan di apit diantara mesin-mesin produksi yang ontime 24 jam produksi..apakah dapat menggangu konerja jaringan…trus..untuk pc – pc penerima menggunakan USB WLAN/PCMCIA Card kira2 bisa receipt ngga?

  6. admin says:

    rasanya dengan kondisi pabrik harus berhati-hati, karena banyak terjadi interferensi dengan mesin, metal, tembok, harusnya pakai yang dual-band dan selectable to 5 GHz untuk mengurangi interferensi. kalau jarak segitu kayaknya harus pakai antenna directional untuk PC2 mengarah ke Antenna Omni di site A, kalau nggak kayaknya gak sanggup nembus apalagi sumber interferensinya tinggi. antenna harus diluar gedung tuch ..wong 300 meteran gak sanggup.

  7. ima says:

    info yg sangat menarik sekali. saya mau tanya bagaimana menyetting wireless dirumah. tanpa menggunakan kabel, kompt PC saya terhubung keinternet tp saya bingung cara menghubungkan wireless saya agar bs konek ke internet.
    makasih atas penjelasannya. sukses buat websitex

    • admin says:

      koneksi ke internetx pake apa..? speedy? atau dial-up? kalau pake speedy ato semacamnya mereka sudah menggunakan modem-router, tapi biasanya tidak dilengkapi dg wireless AP. kl mo connect wireless yach hrs ada infrastructurx …dari modem speedy bisa ditambahin wireless AP misal linksys wap54g…tinggal konek ke port LAN dari modem – that’s all ..komputer wireless anda bisa connect ke wireless ..tentunya hrs di protect di password agar gak semua orang bisa numpang ..

  8. debby says:

    bagaimana cara mengaktifkan password pada modem 3com, karena pada modem saya yg 3com ini kalau lg aktif semua pada orang pd numpang tanpa ijin, terimakasih ya infonya ^__^

  9. Ki says:

    maksudnya 3Com wireless router integrated mmodem itu?
    kalau semua clients pada range wireless pada masuk yach filter saja pakai MAC address filter, jadi hanya komputer/laptop tertentu saja yangboleh masuk. Lihat MAC address pakai command line misal “ipconfig /all” nanti lihat phisical addressnya baru masukkan dalam daftar yang boleh roaming ke wireless router anda.

    bisa juga aktifkan WEP atau WPA securitynya dan beri password … caranya yach harus masuk ke adminnya cari bagian security …

  10. rahmat k.p says:

    sepertinya menarik ya menggunakan wireles network,he…..he..heeee

  11. otjie says:

    ikutan aja…
    hags.hags.hags

  12. niLadoLphin says:

    hemz…..
    good..good..good..

  13. Heri says:

    menarik sekali, dan saya sangat tertarik untuk mencobanya, tapi berhubung saya ini newbi, jadi ga papa kan kalo minta pencerahan yang scerah-cerahnya… hehehe…
    Kebetulan saya punya warnet dan berada di tengah2 sebuah komplek perumahan, saya tertarik untuk mengembangkan warnet saya ini selain warnet juga jaringan RT RW net, ada tutorial step by step dari mulai peralatan yang dibutuhkan sampe instalasi (konfigurasi dan settingnya)untuk jangkauan radius < 1 km. Sebelumnya terimakasih yang sbesar-besarnya… di e-mailkan juga ga papa tutornya…

  14. Ki says:

    sorry baru balas …
    pada prinsipnya sama saja …tapi masalahnya kan jarak yang 1 km …infrastructure yang mahal …karena pasti membutuhkan antenna yang tinggi agar bisa LoS – segaris pandang antar AP (repeater). Sementara kalau jaringan wireless router biasa di pasaran paling juga 1300ft (sekitar 400 an meter) ideal. Banyak juga produk AP outdoor yang bisa jauh jangkauannya …Coba baca artikel saya mengenai WDS bisa membantu design memakai repeater AP. Tapi perlu diingat juga bahwa anda juga harus mempertimbangkan berapa banyak user yang akan menjadi pelanggan …karena bisa semakin lelet kalau banyak usernya .. …dan juga DHCP anda juga harus dirancang agar bisa memenuhi kebutuhan jumlah pelanggan. Jangan sampai IP pool DHCP anda terbatas (misal 50) sementara user 60 an ..bisa banyak masalah limited connectivity nanti …coba merancang antenna yang digagas Profesor Uno itu mungkin sangat membantu …dalam hacking antenna ..mungkin kalau sempat saya akan bikin artikel lebih detail lagi ….Thanks 4 de visit.

  15. NURDIN says:

    mas.. salam kenal.
    saya sebagai client RT/RW NET,sy menggunakan pc yg tersambung langsung dengan wajan bolic,rencana dan keinginan saya yaitu membangun hotspot dirumah agar bisa dinikmatin oleh anak2 saya dengan menggunakan notebook yg sudah ada perangkat wi fi nya,yg ingin sy tanyakan apa saja perangkat yg sy butuhkan dan bagaimana cara setting alatnya.
    sy mohon minta tolong yg lengkap dengan gambar .

    terimakasih.

  16. Ki says:

    ma’ap Bro baru bisa balas …gini saya bukan pelanggan RTRW, tapi saya kira prinsipnya sama saja. Perlu di chek dulu sebagai Client RTRW…
    1. dr wajan bolic itu melalui kabel (pigtail?) langsung kemana …ke PC ato ke Switch? Kalo ke PC – ke Ethernet ato USB? kenapa saya tanyakan, ada yg RTTRW yg berlangganan satu speedy saja dan di broadcast pakai access point dan di tangkap ke pelanggan tetangganya pakai wireless USB adapter ke PC dan di protect berdasarkan MAC address.
    2. untuk akses ke internet pakai Login atau langsung bisa dapat akses internet …? karena ada RTRW juga yg memang kayak hotspot dimana pelanggan akses internet dengan logon terlebih dahulu …dan akses timenya dicatat lewat system kayak warnet gitu …bahkan ada yg pakai vaucher.

    Jadi kalau RTRW nya hanya memprotect MAC address dari pelanggan, maka dari antenna Bolic itu bisa di-inputkan ke wireless access point, dan tentunya address MAC di daftarkan ke RTRW (itu kalau mereka memprotec berdasarkan MAC address)
    Dg adanya wireless access point di rumah, anda bisa memperpanjang jaringan anda dg wireless, tentunya perlu juga di protect dg system security (WPA) agar gak semua orang bisa akses sembarangan. Mungkin ini dulu …tolong lebih detail lagi …

    Ki

  17. abeng says:

    bang mau tanya nehhh…
    1. apakah perbedaan antara D-Link ama ciscom g11
    2. klo mang beda konfigurasinya kayak gimana.
    3. klo boleh kirimin ke email q dong.

  18. abeng says:

    ada yg lupa lagi nehh…

    kan di tempat PKl aku nehh ada hub, apa bisa buat sambungin wireless secara langsung, soalnya saya bingung nehh.
    bantuin ya mas..

  19. Ki says:

    D-Link yang mana – wireless router, wireless adapters, modem atau access point?
    ciscom g11 itu apa …?

    kalau ada switch dan ada wireless access point / bridge yach bisa saja dikoneksikan agar ada jaringan wireless …

  20. Tom says:

    Selamat sore… Mohon bantuannya bang, antara lain:

    1 bagaimana cara men-set IP Range DHCP server menggunakan IP Private Class A, untuk subnet masknya yang dipakai berapa?
    2 mengingat sebuah AP hanya mampu mengatasi sebanyak 20-an client maka metode apa yang cocok jika dalam pemakaian DHCP server user lebih dari 250.

    Terima kasih atas perhatian dan pertolongannya..

  21. Ki says:

    IP address range Class A untuk private adalah 10.0.0.0 10.255.255.254.
    Untuk cara setup bisa dilihat disini Instalasi DHCP server
    Kalau subnet mask default class A adalah 255.0.0.0, akan tetapi kan tergantung berapa subnet yang akan anda gunakan. Seberapa lebar range IP private class A ini yang bakal dipakai. Misalkan anda memakai hanya 500 IP anda bisa menggunakan 2 subnet dengan subnet mask 255.255.254.0 (untuk mendapatkan 500 an IP address).
    Sekarang berapa banyak AP yg mampu disupport, kan wireless seperti bus saja …kalau semakin banyak yach kasarannya kan dibagai bandwidthnya …lihat saja spec dari wireless AP berapa clients yg bisa disupport, misal bisa 252 yach bikin saja range address satu subnet class A dg subnet mask 255.255.255.0

  22. JANPIETER says:

    Slamt siang bang…
    mo nanya nih..kalo saya mau ganti jaringan diktr dari yang semula menggunakan kabel belden menjadi wireless, dengan kondisi ada beberapa user yang jaraknya ke server kurang lebih 100 mtr, kira2 wireless merk apa ya yang di rekomendasikan tuk saya gunakan…?
    Sblumnya saya udah coba pake wireless Linksys WAP 54G, tapi jarak jangkaunya gak lebih dari 15 meter.seorang teman merekomendasikan untuk menggunakan D-LINK DIR600/E, tetapi saya masih kurang yakin. Saya sangat berharap advis & rekom dari abang-abang sekalian.
    sebelumnya tks b4

    Salam,
    Pieter

  23. JANPIETER says:

    skdr tambahan bang..usernya kira2 10 PC n masing masing berada diruangan yang berbeda dan dibatasi dinding tembok, tapi relatif masih dalam 1 bangunan.

  24. Ki says:

    Sebelum anda melakukan penggantian ke wireless perlu juga mempertimbangkan berbagai macam kemungkinnan sumber penghambat / interferensi / attenuasi…seperti penghalang tembok, radio komunikasi, mungkin juga genset terdekat, saya kira banyak berpengaruh juga …coba baca pertimbangan wireless…Jarak maksimum dalam spec maufacturer tidak bisa jadi patokan karena itu adalah dalam kondisi ideal …sumber atenuasi sinyal harus jadi pertimbangan …kalau anda memang mau mengganti ada baiknya memakai wireless -n dan teknologi antenna MIMO …kalo sumber attenuasi freq 2.4GH sangat kuat …coba ganti ke dual-band (2.4Ghz dan juga 5Ghz) ..seperti D-Link DAP-2553 atau sejenisnya …dual-band sangat bagus buat multimedia ..itupun kalo clients nantinya juga memakai adapter wireless yg dual-band. kalau anda sudah punya wap54g dan mo menggantinya …jangan tanggung investasinya ..ganti ke wireless -n ..dia masih compatibel dg wireless -g clients anda …inget wireless -g sebentar lagi bakal ketinggalan jaman kalo wireless -n sudah diratifikasi secara resmi …mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan …

  25. kisemar says:

    mo nanya om, saya pingin ngeset wireless di rumah, tapi bukan dari adsl. jadi sumber internetnya dr modem gsm. dr modem gsm ini dimasukan ke laptop/komputer terus dipasang router yang disambungkan ke LAN adapther dan dipancarkan ulang. kira2 bisa nggak om… kl yg pakai modem adsl terus disambung ke router jelas sudah bisa. nah yang saya tanyakan kalau kita pake modem gsm masuk komputer ( sebagai server )terus disambung ke router baru dipancarkan …

  26. Ki says:

    dr modem gsm outputnya apa – USB? sebenarnya ada router khusus dimana anda bisa koneksikan dr gsm-modem ke pada router yg biasanya usb juga …kalau kita lihat di smart itu ada juga wireless router khusus GSM …jadi tidak diinputkan kepada kompi …jadi mirip kayak adsl tapi beda router. Jadi konfigurasinya sama kayak membangun jaringan wireless cuma modem dr gsm dan router juga memang khusus untuk gsm …coba di 3 itu ada diiklankan …

  27. ange sang pemikir says:

    mw tanya om..cara instal mikrotik n ngubah password pada modem 3com gmna??
    apa nma situs buat download mikrotik?

    • admin says:

      microtik indonesia kan ada tuch …mikrotik.co.id kalo gak salah coba googling dech …kalo ngubah password 3Com yachmasuk aja ke menu admin …lewat browsing ke address routernya misal http://192.168.1.1 cari menu admin atau sejenisnya …

  28. abiayyub says:

    mas mau tanya nih, adsl wireless modem yg wlpn dipake 24jam/hr tetap tahan panas, dan koneksi jg lancar2 aja? trmksh.

  29. abiayyub says:

    maaf, maksudnya merk dan typenya.

  30. Ki says:

    agak susah nich jawabnya …harus riset perbandingan …merek dan type yg mana yg tahan 24 jam…benarnya sich kita harus bisa menjaga temperatur tetap stabil …tidak terjadi perubahan extrim …dg operasi 24 jam kalo temperatur bisa dijaga stabil misal dg pendingin AC …dia akan bagus sekali …kalo mati hidup mati hidup dg suhu extrem …electronic malah cepat rontok …
    any idea?

  31. zaitul says:

    bagaimana cara pengadaan internet ( untuk Warnet)di daerah atau tempat yang belum ada jaringan teleponnya,

    • admin says:

      kalau di tempat anda bisa menerima jaringan 3g setidaknya jaringan gsm telpon, coba baca artikel saya ini jaringan 3g disini ada gambaran mengenai masalah anda …semoga membantu

  32. elhadiry says:

    Masih dalam rancangan nih, lom ada anggaran membangun wireless network, hehehe… Mudah2an cepat bisa terlaksana, amin… Trim’s infonya, dibookmark dulu yah!

  33. Jack says:

    Dear Admin..

    Mohon pencerahannya..

    saat ini saya berlangganan speedy di rumah, ada 2PC desktop dan 1 notebook ( + Wifi )Modem ADSL yg saya pakai DLink type DSL-520T dan 1 Akses point merek TP-Link type TL-W542G
    Yang jadi masalah saat ini IP ke dua PC selalu bentrok kalo saya menggunakan dynamic IP pada setting TCP/IP nya..

    Bagamaimana konfigurasi IP yg benar sehingga ke 2 pc saya bisa tehubung ke internet dan 1 notebook juga bisa dgn wifi/wireless

    Sebagai info tambahan :
    IP pada akses point : 192.168.1.4 ( LAN )Pada WAN nya dinamic IP
    IP PC 1 : 192.168.1.5
    IP PC 2 : 192.168.1.6

    Default IP pada modem 192.168.1.1

    Terimakasih

    Salam
    JAck

    • admin says:

      Hi Jack@, kalo saya perhatiin …rasanya di access point anda juga aktifkan dhcp untuk LAN nya tapi zona pool ip addressnya overlap sama dhcp LAN pada speedy …(asumsi saya kedua speedy sama AP dhcp nya enable).
      coba ubah konfigurasi dhcp pada AP dan pool ip addressnya ditinggikan karena di speedy dhcp mulai dari address rendah …bagus kalau bisa lihat konfigurasi dhcp di speedy dari ip range berapa …
      misal di speedy dhcp range antara 192.168.1.2 sampai 192.168.1.25 ……..maka di dhcp tp-link AP jangan sampai overlap, misal 192.168.1.50 sampai 60 ….kalau dg setting ini laptop gak dapaet akses internet …coba di speedy dhcp settingnya di exclude Ip address untuk rangenya TP -link …

      Salam,

  34. bagus says:

    Mas, numpang nanya.. sy baru pasang cbn wireless directnet di rumah.. supaya bisa share, saya beli Dlink access point DAP 1150.. bisa diberi pencerahan untuk cara settingannya? rgds,

    • admin says:

      Anda harusnya check ke CBN dulu sebelum beli wireless…jenis modem yang mereka kasih ke pelanggan itu modem atau router dg modem built-in. Kalau hanya sebuah modem dengan 1 port RJ-45 ethernet berarti untuk extensi wireless network anda perlu wireless router bukan DAP-1150 yg merupakan wireless access point. Karena untuk membagi satu IP pubilc anda perlu fasilitas router dg fitur firewall NAT yang kebanyakan tidak dimiliki oleh wireless AP kecuali wireless router.

  35. Mia Widhi says:

    Dear Admin

    Saya punya kasus seputar membangun wireless Network. Modem WAN menggunakan Airlive, jika terkoneksi dengan PC atau Notebook berbasis Windows XP tidak ada masalah. Akan tetapi jika terkoneksi dengan PC atau Notebook berbasis Windows Vista atau Windows 7 seringkali mengalami gagal koneksi dan harus dicoba beberapa kali agar dapat terkoneksi dengan baik bahkan seringkali modem WAN Airlive tersebut di-restart…mohon pencerahan

    Salam, Mia

    • admin says:

      Hi Mia, Airlive ini konek langsung ke PC / laptop dg USB atau Ethernet? Kalo modem tersebut konek menggunakan USB port, maka biasanya memerlukan driver modem agar bisa dikenali. Bisa jadi modem tsb tidak dikenali oleh vista/w7. Kalau modem tsb ada port Ethernet (LAN port) maka lebih baik menggunakan port tsb untuk koneksi langsung ke PC/laptop lewat adapter NIC nya pc/laptop karena tidak memerlukan driver modem. kabel gunakan UTP cross yg biasanya bawaan dari modem juga.

  36. Tulisannya bagus, lengkap, mudah dicerna.

    maksih ya bos…

  37. firdaussila says:

    salam kenal.. 🙂
    bang admin, mohon bantuanya ttg cara setting wds AP Powerking….. (transmiter n repiternya sama2 powerking 1 watt),

    terimakasih

  38. terima kasih atas info dan ilmu jaringan komputer yang sangat lugas dan jelas. saya sangat salut dengan info detail web ini. terima kasih.

  39. FadhiL says:

    The perfect posting !!! Aku udah sering browsing tentang jaringan internet tpi baru di sini aku menemukan yang terlengkap, meskipun aku belum paham seluruhnya.

    BTW mau nanya nih boleh dont ?
    Apa zhe bedanya antara jaringan :
    1. Jaringan Televisi
    2. Jaringan Radio
    3. Jaringan Telepon
    4. Jaringan Internet

    Soalnya aku bingung membedakannya. Terimakasih atas jawabannya.

  40. Asepribadi says:

    lagi stay cun…..maklum baru mengenal jaringan komputer.
    Artikelnya bagus, mudah di fahami, numpang BM biar ga ketinggalan hehe…. Sekses deh

  41. Zebit says:

    Salam kenal.
    Numpang nanya dan mohon dijawab…
    Saya ada jaringan speedy dengan modem adsl tp-link. Kemudian saya juga ada wireless airlive 5470 dan mau saya koneksikan, namun saya belum tau bagaimana cara menyambungkan antara PC, Modem ADSL dan Wireless tersebut, dan bagaimana pula cara setingannya.
    Mohon kiranya admin mau sudi memberi pencerahan.
    Terimakasih…

  42. Ki says:

    kalau gak salah airlive 5470 itu banyak type …lebgkapnya apa? Apa yg WL-5470AP access point atau router nich …?

  43. Zebit says:

    Iyah, aku pake TP-Link yang 8816 dan wireless Airlive WL-5470AP.

  44. Ki says:

    TP-Link 8816 adalah adsl router yg udah dhcp server nya …jadi anda koneksikan Ethernet port router ke Ethernet port di Airlive pakai kabel UTP bawaan dari modem.
    Anda harus ikuti petunjuk dari bukunya …
    1. lihat IP address dari router tp-link misal 192.168.2.1 ..maka anda harus configure ip address dari Airlive pada subnet yang sama misal 192.168.2.254.
    2. pastikan dhcp pada AP enable dan jangan sampai overlap sama yg di router.
    3. next step test dulu dengan client.

  45. Abdal says:

    Salam Kenal Mas.
    Ditempat ku ada 4 laptop dan 2 pc . ada 2 printer . gimana caranya agar printer tersebut bisa digunakan bareng tanpa harus gonta ganti kabel pengennya sih by wireless ,dari penjelasan yang udah dibaca mengenai print server apa bisa atau apa ada alat agar koneksi prnter ke routernya juga gak pake kabel ? trus karna tersambung dengan modem adsl apakah dengan mengkatifkan jaringan didalamnya pulsa internet broadbandnya ikut jalan ,seandainya koneksi ke line telpon umtuk broadband diputus /dimatikan apakah masih bisa koneksi diantar jaringan. mohon pencerahan nya mas. maaf soal nya nubie di uruasan Network makasih sebelumnya.. salam ABdal.

  46. Ki says:

    @Abdel:

    Emang solusi anda perlu pake wireless print-server. Gw gak tahu apa saat ini anda sudah pakai jaringan wireless atau belum. Kalau gak mau tambah cost anda juga bisa configure ke PC anda dan di share lewat jaringan, tapi bikin performa PC jadi down kalo print-jobs menumpuk. Jadi anda butuh sebuah wireless print server yang punya dua port misal …dpr-1260 dlink
    kalau belum punya jaringan wireless, baca artikel router dengan printer port

    broadband akan menghitung kalau hanya lagi ON saja modemnya, kalau misal speedy unlimited kan gak perlu khawatir

  47. Zebit says:

    Aku sudah test dan udag bisa sharing internet pake wifi laptop, ke hp juga bisa.
    Tapi kenapa aku ga bisa masuk ke setingan wifi airlivenya kalo ga salah 192.168.100.252. Dulu waktu sebelum windows diinstall ulang bisa.
    Tolong dibantu yah Ki, masalahnya aku sedang terapin ino di salah satu sekolah di Tangerang.
    Dan mungkin nanti akan ada beberapa pertanyaan lagi…
    Maaf Ki, ngerepotin…

  48. Ki says:

    kalo dr laptop bisa coba running “ipconfig /all” dari dos prompt dan lihat berapa gatewaynya. Biasanya ip address router pada gatewaynya. Gw gak punya data default ip address airlive.

  49. Abdal says:

    saat ini saya udah menggunakan modem ADSL ( tp link TD-8817) bawaan telkom dan baru beli TP -link wireless Router (TD-WR1043ND).Setelah mengikuti petunjuk penginstalannya ternyata tidak mau konek ke internet (No Internet Accsess) udah telpon provider juga gak berhasil .sinyal wifi udah bisa ditangkap oleh komputer disekitarnya tapi tidak bisa untuk browsing dan lain2 . ada kiat khusus mungkin agar hal ini bisa konek ke internet ? mengenai print server yng pernah ditanyakan sebelumnya apakah (TD-WR1043ND) ini support untuk print server di fisiknya ada colokan usb dengan keterangan untuk storage..mohon pencerahannya mas .terima kasih

  50. Ki says:

    @Abdal:

    Solly baru balas:
    tp link TD-8817 itu adalah wired router plus adsl modem. Jadi sama ketemu router juga TD-WR1043ND. Coba cek ip address modem-router (tanpa wireless router) berapa default ip addressnya (kalo gak salah 192.168.1.1). Sementara TD-WR1043ND juga mempunyai default ip sama 192.168.1.1, jadi bisa conflict.
    Coba ubah default ip address dari router misal ke 192.168.1.100, dan ubah dhcpnya range nya menjadi antara 192.168.1.101 sampai misal 150

    see what happen …

  51. yaman says:

    help me..
    dapat sinyal wifi dekat rumah tapi gak bisa akses internetnya,dan gk dapat ip addres, laptop dengan jaringan 802.11n,t kasih y..

    • admin says:

      yach ini namany nyadap ..he..he..si pemilik sengaja memprotect mungkin pakai filter MAC …jadi kalo laptop anda tidak terdaftar dalam daftar MAC address allow filter yach gak bisa connect.

  52. pak novel says:

    Ass.wr.wb.

    Dear Ki Grinsing.

    Saya adalah salah satu guru swasta di Malang. Mengajar di SMK swasta untuk program Teknik Komputer Jaringan. Terus terang dari sebagian besar tulisan anda saya juga ikut “ngangsu” kaweruh untuk saya ‘share’ juga dengan anak didik saya di sekolah. Saya dapat bahan untuk nambah referensi selain modul-2 di sekolah, anak didik saya bisa tahu lebih banyak bukan saja dari buku pegangan mereka.

    Ucapan terima kasih yang tiada putus, semoga sampean selalu dapat BAROKAH dari ALLOH SWT juga tiada putus. Karena ilmu yang bermanfaat yang mampu meringankan siksa kubur kita di akhirat kelak. Jazakumulloh…

    Wass.wr.wb.
    Pak Novel

  53. hasan says:

    makasih udah dikasih tau

  54. beny says:

    thanks tutorialnya bener2 bantu

  55. rio syahran says:

    HI Salam Kenal Mas,

    saya sudah merancang jaringan wireless lan, kombinasi antara beberapa PC dan Laptop yang terpisah oleh 3 lantai bangunan.
    skema yang sudah saya rancang adalah dengan modem TPLINK TD-W81016 saya sambungkan ke BELKIN wireless router lalu saya pecah ke switch yang sudah terkonek dengan beberapa PC dan 2 CISCO LINKSYS E1000 yang saya tempatkan di 2 lantai di bawah. 2 buah CISCO juga sudah saya hubungakan 2pc masing masing unutk share printer. tapi saya masih bingung apakah harus tiap PC dan laptop memeiliki IP adress dan bagaimana seharusnya setting IP adressnya, karena untuk mengakses PC/laptop yang terkonek dengan CISCO saya harus berpindah koneksinya dari BELKIN begitu juga sebaliknya. saya sendiri terkonek ke BELKIN.
    tiap wireless router sudah saya setting IP adress sbg,
    BELKIN 192.168.2.1
    cisco 192.168.3.1
    cisco2 192.168.4.1

  56. Ki says:

    1.> modem ini modem apa yach – modem TPLINK TD-W81016? atau modem tp-link td-8616?

    2.> modem td-8616 conect ke belkin router sudah benar. Tapi kok 2 wireless router lagi ditambahkan ke switch? harusnya bukan wireless router E1000, tapi wireless access point (AP) di dua lantai lainnya lewat koneksi ethernet port di belkin router.

    3.> ip address di clients untuk di Belkin bisa enable dhcp server di belkin router (enable by default). Terus dua wireless AP lainnya tiap lantai juga di enable dhcp servernya. antara belkin dan dua AP lainnya, masing-masing dhcp tidak boleh saling overlap. Misal Belkin 192.168.2.1 sampai 50, AP no 1 dhcp 192,168.2.51 sampai 90, AP no 2 dhcp server 192.168.2.100 sampai 120 …setting ip address seharusnya dalam satu subnet saja 192.168.2.0/24

  57. rio syahran says:

    1. maaf mas iya salah, TPlink TD-W8101G
    2. munking penamaan saya masih salah, istilah antara router dan AP. di lantai bawah saya masih koneksikan lagi 2 PC ke AP cisco untuk share printer. memang seharusnya 2 AP cisco ini di sambungkan melalui BELKIN ya mas? bukan melalui switch.
    3. masih bingung mas.
    4. kalau saya mau menambahkan server bisa di sambungkan langsung ke switch ya mas?

  58. Ki says:

    2. AP memang disambung kan ke Ethernet LAN anda bisa ke salah satu port Ethernet Belkin atau ke switch yang sudah konek ke Belkin port.

    3. untuk memahami instalasi AP bia lihat artikel dap-1360 AP ada kemiripan kebutuhan akan dhcp server. Untuk memahami dhcp klik disni

    4. intinya client apapun bisa di koneksikan ke LAN (baik ke port Belkin atau ke switch yg konek ke belkin)

  59. rio syahran says:

    terima kasih banyak mas sudah di bantu. saya coba terapkan semua ilmunya.

  60. rio syahran says:

    Hi Ki,

    sudah saya coba 2 wireless AP di bawah pakai IP seperti contoh dengan DHCpnya semua enable “Misal Belkin 192.168.2.1 sampai 50, AP no 1 dhcp 192,168.2.51 sampai 90, AP no 2 dhcp server 192.168.2.100 sampai 120”
    tapi PC dan laptop yang terkonek dengan 2 AP di bawah tidak bisa akses internet.
    lalu walaupun workgroupnya sudah saya buat sama tetap tidak terbaca di network.
    saya coba ping ke AP bisa tapi saya ping ke belkin tidak mau.

  61. Ki says:

    Rio, gateway masing-masing AP mengarah kemana? harusnya mengarah ke ipnya Belkin. Cek juga ip dari masing2 AP apa sudah berada pada network yang sama? misal AP1 192.168.2.125 dan AP2 ipnya 192.168.2.126 dengan subnet mask 255.255.255.0 dan gateway mengarah ke ipnya belkin. Test dari PC yg connect ke AP lewat dos ketik ipconfig /all, lihat berapa ip address gatewaynya? bandingkan dg ipconfig yg bisa connect ke internet …berapa ip gateway nya.

  62. rio syahran says:

    gateway nya masih IP dari AP itu masing masing KI.

  63. Ki says:

    gateway harus mengarah ke ip nya router supaya bisa nge route ..ke arah internet

  64. rio syahran says:

    baik Ki saya coba lagi, setting di sisco AP harus static IP address ya? karena kalau saya setting automatic DHCP saya tidak bisa rubah gatewaynya.
    kabel UTP dari belkin ke cisco AP harus pakai type cross ya Ki?

  65. Ki says:

    IP static saja biar bisa di maintain, dan gateway ke arah ipnya belkin. Belkin ke AP pakai cable straight saja …

  66. rio syahran says:

    siap Ki. meluncur segera.

  67. D.Puspita.S says:

    aku pengen tau tentang berapa frekuensi peralatan WAN(Wide Area Network )dan apa saja peralatan WAN yang perlu di gunakan???…
    Tolong di kasih tau ya…
    thanks,,,

  68. Ki says:

    freq. peralatan WAN? perangkat wan banyak macamnya, kalo dalam context rumahan bisa meliputi ADSL modem (untuk speedy misal), router / firewall, switch, dan wireless access point (AP) jika untuk koneksi wireless. Kebanyakan dipasaran sudah terintegrasi jadi satu misal tp-link td-w8961nd yg berupa satu perangkat termasuk didalamnya modem adsl, router/firewall, switch (4-port) dan wireless AP dg frequency 2.4GHz.

  69. Susanto says:

    Ki, baru coba pasang wifi pakai adsl2 TD-8817 sama wireless router TL WR841N. sudah test wifi nya tapi hanya bisa pakai laptop, tapi belum berhasil pakai tablet dan HP, kira salah setting dimana Ki

  70. ki says:

    adsl2 TD-8817 sama wireless router TL WR841N keduanya ber fitur router. Coba cari tahu di konfigurasi menunya apa bisa di change mode menjadi wireless access point.

  71. bola368 says:

    makasih mass infonya..
    info seputar bola, prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA hanya ada di Bola368.net
    Kunjungi juga Bola368.org , Anda puas Kami pun senang.!

  72. rosiqin says:

    mo tanya mas, .. kalau mau membangun sebuah jaringan outdoor ( posisi wireless dikantor guru ) akan di teuskan ke ruangan-ruangan yang lain. kira-kira yang dibutuhkan apa saja ! mohon penjelasannya secara detail. kira-kira jarak kantor guru ke ruangan yang lain 30an meter. trims sebelumnya…

    • Ki says:

      gunakan saja high gain antenna outdoor Omni untuk wireless Access point yang di ruang guru. Hubungkan perankat wireless AP yang bisa menggunakan antenna luar gain tinggi, ato high power agar menjangkau lebih jauh.

  73. ian says:

    saya punya koneksi internet dari lan yang sumbernya dari wifi ke laptop, apakah bisa koneksi internet dari LAN tersebut saya jadikan wifi? caranya bagaimana?

    • Ki says:

      maksudx gimana …? saat ini koneksi pake kabel terus perlu koneksi pake wifi getu?
      kalo udah ada jaringan LAN yang pake kabel dan koneksi internet yach tinggal nambahin perangkat wireless access point agar bisa go wifi kan kayak gambar no 1 tuch ….

  74. salam sejahtera pak..
    saya ingin berkonsultasi tentang cara membangun jaringan warnet dan rental komputer.
    saya mendapat tugas dari sekolah pak
    jadi saya minta bantuan bapak

    • ali h says:

      kalo mo bikin warnet prinsipnya sama kayak artikel ini kalo pakai speedy, cuma bedanya harus ada software yang ngaudit pemakaian user by time berapa jam client login sampai keluar check out …baru software ambil data ini untuk dibikin tagihannya …jaringannya sich sama, ada server untuk software warnetnya …biasanya jaringan kabel, bukan wifi.

  75. sofian says:

    saya kan punya koneksi internet dari kabel LAN, bisa ga di share biar jadi wifi?
    klo bisa gimana caranya? mohon petunjuk

    • ali h says:

      Sofian …kan da dijelasin diatas, kalo da punya LAN pakai jaringan kabel, pingin wifi yach tinggal tambah wireless AP saja …gimana?

  76. AGUS says:

    Salam sejahtera,saya mau tny mas..sy punya router airlive “air 3g II” dgn ip 192.168.1.254
    setelah di seting,signal wifi ny terbaca di komputer lain tetapi selalu ada tulisan no internet access..kira2 apa nya yang slh ya?kalau bisa tlg di bantu dgn contoh lgkp nya,atasa bantuan nya saya ucpkn bnyk trm ksh..

  77. ali h says:

    Koneksinya pakai 3G modem ato pakai WAN modem? Kalo pakai koneksi kabel langsung bisa nggak ke laptop ato computer?

  78. sammy says:

    siang mas…mo nanya ni….
    saya baru beli wireless ap merek TP -Link TL-WA701ND. saya ingin bikin jaringan wifi di warnet saya. sebelumnya jaringan saya topologinya (pake 1 lan card) :

    server biling — switch ——client (ada 8 client)
    |
    |
    modem speedy
    (d-link DSL-526B)

    Alamat ip server biling : 192.168.1.2
    Alamat ip client : 192.168.1.3 – 192.168.1.10
    Alamat ip modem speedy : 192.168.1.1

    waktu saya sambung AP nya dengan topologi (pake 2 lan card):

    server biling (lan card 1) —— switch —— client
    (lan card 2) |
    | |
    | |
    AP wireles Modem Speedy

    masalah timbul kalau setting ip di AP saya pasang 192.168.1.XXX, semua koneksi di biling akan terputus tapi internetnya tetap jalan. Lan card 2 saya kasih alamat ipnya otomatis.

    Kira2 bagaimana setingan yg bener ya…mohon pencerahannya. Soalnya biar signal wifi bisa saya tangkat di table saya, tapi koneksi internetnya tidak bisa saya pake di tablet maupun di laptop….
    sekali lagi saya mohon bantuannya…
    diucapkan banyak terima kasih atas waktunya

    regard sammy

    • ali h says:

      coba AP-wa701-nya di konek langsung ke switch, enable dhcpnya diluar scope dari modem gateway dlink. itu client pakai ip automatic ato static?

  79. ANDRI says:

    Malam Mas, saya mau tanya..

    Rencana saya mau koneksi membuat jaringan dari server di lantai dasar ke beberapa client menggunakan wlan hanya koneksi data dan sofware tanpa internet…tapi jarak antara client agak jauh, masing-masing ada yang di lantai 4, 2 dan 3..kira-kira jaraknya 100 meter.

    Untuk alatnya apa saja yang dibutuhkan, terutama server dan client karena menggunakan PC yang belum ada wifinya..

    Serta setingan dari server, client agar bisa terkoneksi dengan baik..di lokasi tersebut ada live musik dari organ di waktu malam hari..apa bisa menjadi gangguan..

    Mohon pencerahannya

    Trims

    • Ki says:

      kalau wifi di beberapa lantai gitu bisa masalah dengan kendala halangan lantai bertingkat kecuali wifi nya kuat banget, high gain high power access point dengan antenna luar. Tapi kalau mau aman coba pakai powerline adapter. pasang satu powerline adapter dekat server di bawah, dan tiap lantai yang mau dipasangin wifi di PC. Karena pc belum ada wifinya yach bagus pakai powerline saja, ada powerline yang punya port ethernet sampai 4 port, sangat cocok pakai kabel ke pc, jadi tidak perlu wifi. Coba baca artikel powerline adapter

  80. elvira says:

    numpang copy yah

  81. bang terimakasih infonya lengkap banget
    izin copas ya
    ini blog saya technoincom.wordpress.com

  82. iswan says:

    maaf saya pemula gan. saya ada antena bekas aora tv yg masih ada lnbf-nya, yang jadi pertanyaan saya apa bisa disambung ke router dan menjadi penangkap wifi? mohon pencerahannya

  83. Achmad says:

    Mohon penjelasannya saya punya AP Tp – link WA701ND yang tidak bisa konek ke Internet melalui AP ini…, Dan setelah di kkonfigurasi tetap masih ngk Bisa karna saya menggunakan Kabel LAN office yang sudah di tentukan IP nya dari server.,Kalau di PC IP nya yang bisa di gunakan 192.168.1.20. Default Gateway 192.168.1.1,

    Yang jelas Bagaimana Cara setting AP TP-Link WA701ND, Tapi memakai Kabel LAN Internet di PC yang di Office saya…

    Terima Kasih sebelumnya

    • Ki Gr says:

      Hi Ahmad,

      default gateway 192.168.1.1 ini milih siapa? router atau AP tplink ini? Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu, apakah jaringan dikantor mempunyai router (yang nantinya sebagai default gateway).
      Asumsi router ada dengan default IP 182.168.1.1 sebagai default gateway. Konfigurasi AP dengan IP statis dengan IP yang tidak dipakai misal 192.168.1.70, kemudian aktifkan dhcp server dengan scope diluar scope jaringan kabel di kantor. Intinya itu saja, selebihnya lihat manual menu untuk setting security.

      KG

  84. Achmad says:

    Ki. Ini skematiknya

    Internet —- Modem Telkom —– Router —– Switch —– Client

    Nah untuk settingan AP saya Ambil Ethernet dari Client Untuk ke share melalui AP TP-Link WA701ND. untuk status IP 192.168.1.1 ini saya kurang tau kemungkinan dari router status IP nya saya tau dari status PC saya.

    • Ki Gr says:

      ini Internet —- Modem Telkom —– Router(???) —– Switch —– Client —router itu maksudnya WA701 ato apa nich? Sebab modem Telkom itu sudah ada routernya jadi satu…untuk 192.168.1.1 itu gateway dari modem/router, jadi sebagai IP address dari modem/router itu sendiri. Jadi IP AP harus pakai misal 192.168.1.70 dan default IP mengarah ke 192.168.1.1 (ke arah IP modem/router).

      Untuk setting 701nd ini bisa merujuk ke artikel berikut ini wifi network dengan dap1360, wa701 ini hampir sama fungsinya kayak dap1360.

  85. Syukron says:

    Mohon pencerahannya pak …. saya tertarik mengembangkan jaringan wireless untuk laboratorium sekolah … jaringan yang sudah ada saat ini menggunakan kabel tapi sering bermasalah karena keinjek atau kesenggol kabelnya (biasalah namanya anak-anak) … kami mempertimbangkan untuk merubahnya menjadi wireless … mohon masukannya dari bapak :

    1. kira-kira AP yang dibutuhkan Merk dan Type apa? beserta perkiraan harganya yang bisa menangani 40 komputer

    2. lebih bagus mana antara wireless adapter USB atau yang model Card (internal)???? (Merk dan typenya sekalian pak)

    mohon maaf jika dalam penyampaian saya ada yang kuran berkenan

    Terimakasih

    • Ki Gr says:

      @Syukron:

      Kalau untuk kebutuhan banyak bagusnya pakai Cisco Aironet …coba cek ke vendor banyak kok

      untuk adapter USB lebih fleksibel karena mudah instalasinya dan troubleshootingnya dari PCI yang harus bongkar pasang kasing komputer. Untuk type beragam sama saja sich, bisa linksys atau TP-link bagus dan lebih murah

  86. Syukron says:

    mohon pencerahannya pak … di sekolah kami ada laboratorium komputer dengan 40 komputer terhubung … selama ini kami pakai jaringan kabel namun sering bermasalah saat kabel keinjek atau kesenggol … rencananya kami akan mengubah menjadi wireless … mohon pencerahannya :

    1. AP merek dan type yang bapak rekomendasikan yang bisa menangani 40 komputer ??? sekalian perkiraan harganya pak

    2. Wireless adapternya lebih bagus pakai USB atau pakai Card (internal) ???? Merk, Type dan harga yang bapak rekomendasikan

    jaringan kami gunakan untuk internet dan File/printer sharing saja … aplikasinya paling netschool(mohon maaf kalau salah sebut … saya agak lupa) …. mohon saran bapak

    terima kasih

  87. jaf roni says:

    numpang tanya, kode security untuk telkom di gedong tataan apa ya?, soalnya saya mau main di telkom gedong tataan menggunakan kode security,,,,
    mohon dijawab…

  88. Novel Kopriyadi says:

    Saya ingin banyak bertanya, permasalah yg blm saya temui utk mencari dan mendapatkan alat yg menggunakan wifi yg bisa menempuh jarak kurang lebih 10.000 ft secara vericlutk menstransfer video secara langsung ke handphone atau pun ke laptop yg ada koneksi wifinya. Karena utk saya pakai buat terjun dgn ketinggian 10.000 ft, apakah ada yg bisa bantu sy dlm solusi ini. Tks

    • Ki Gr says:

      Kalau buat terjun yach …rasanya alatnya bukan sekedar wifi …sebab wifi itu broadcast nya secara Omni yang menyebar ke semua arah secara horizontal jika pakai antenna standard ….harus ada suatu antenna yang directional ke arah receiver, apalagi terjun itu kan selalu bergerak jadi secara teknis arah antenna juga berubah terus …

      mungkin ada ide lain yang ahli masalah antenna …yach mirip seperti yang dipakai oleh Live TV yang pakai chopper remote itu lho …bagaimana dia bisa siaran live dari chopper remote atau tidak bisa live kecuali di rekam dulu….

  89. admin says:

    wah oke bnget buat pelajar anak SmK

  90. abdi says:

    numpang blajar mas admin. saya mempunyai 4 warnet di daerah yg tidak terjangkau telkom dan saya menggunakan radio acces point dari rumah saya dengan jaringan internet telkom ke warnet saya dengan setingan client. di warnet pertama saya dirikan tower dan 4 radio AP diset sebagai server untuk menyebarkan kewarnet yang lain. radio pertama untuk menerima sinyal dari rumah dan lainya untuk menyebarkan ke warnet yg lain yg jadi permasalahan adalah bila saya dihidupkan keseluruhan radio nya komunikasi nya kok jadi rto. frekwensi yg saya gunakan untuk radio I 10MHz untuk radio 2 20 MHz radio 3 8 MHz dan radio empat di frekwensi 5 MHZ, tetapi kalau radio 2 saya matikan jaringan normal mohon solusinya. terima kasih atas bantuanya

  91. Virgilius says:

    Hallo numpang tanya dan mohon bantuannya. Di sekolah saya menggunakan wifi hotspot, tetapi setiap kali jam istirahat koneksi internet selalu melambat, itu disebabkan oleh banyaknya teman saya yg mengakses internet menggunakan wifi sekolah, baik itu untuk mengakses youtube, facebook, maupun browsing lainnya. Nah pertanyaannya apa yg harus dilakukan pihak sekolah agar ketika jam istirahat koneksi internet tetap stabil ( seperti ketika jam pelajaran berlangsung )??? Selain memperbesar bandwitdh. Apakah ada yg tau???

  92. ki Grinsing says:

    Emang bandwidh internet berbagi semakin banyak yang makai yah emang berebut. Coba cari produk Proxy….. ntah kalo yang gratisan. Kalau microsoft punya produk Microsoft ISA server untuk perusahaan …tentunya mahal, coba cari yg gratisan Proxy yang bisa web cache…

  93. bayu says:

    terimakasi atas informasi di atas gan
    saya terbantu dala membuat jaringan lan kebetulan saya ada tugas dari dosen untuk embuat jaringan lan dengan space kantor sedikit rumit tapi membantu saya dalam proses pembuatannya
    kunjungi balik gan blog saya baru buat Cara Membuat Jaringan Ad hoc Di Windows 7

  94. axed.khabib says:

    deam ki gringsing & om admin
    selamat sore, salam kenal.
    sy mau konsul; di kelas saya terdpt 25 pc(relative) ,1 pc dekstop 1 printer, 1 proyektor,1 mini sound syistem.
    nah, persoalanya..
    1. gimana caranya membangun jaringan ethernet antara 25 pc tsb scara wireless
    yah,.. min buat sharing data tugas lah atau gaming.
    2.lalu untuk penggunaan printer ,proyektor dan mini Sound systm scara wireless dr jaringan yg telah dibangun tadi gimana?
    3.adakah Appx khusus u mengelola jaringan tsb?
    4.kalo jaringan wirelss tsb disambung ke internet dgn wifi(sekolah) bisa konnectkah dan bandwidth nya bisa terbagi rata?
    tolong di bantu buat menyelesaikan maslah
    tsb.
    thanks for a moment,maybe use full for us!!
    wassalamualaikum.

    • ki Grinsing says:

      Untuk membangun wifi, kenali terlebih dahulu jaringan yg sekarang kayak apa? apa sudah ada jaringan kabel ato belum? apa jaringan internet sekolah pakai speedy ato apa?
      Kalo sudah ada speedy, biasanya speedy ada modem yg sudah ada fitur routerx, berarti kalo mo bikin wifi tambah saja wireless access point (WAP) tapi yg kelas bisnis misal tplink eap220
      Dengan jumlah user 25an lebih maka bandwidth speedy juga perlu yg besar…apalagi ntar untuk gaming lagi …wah diseneni gurumu coii …ngegame mulu …!
      Untuk printer secara wifi bisa … beli printer wifi adapter…atau beli printer adapter jaringan konek ke jaringan ethernet atau switch …bisa !

  95. yayan says:

    saya kan di rumah berlangganan koneksi rt rw dari tetangga. koneksi ke pc menggunakan kabel lan. Apakah saya bisa share internet menggunakan wifi? kalo bisa apa saja tambahan yang dibutuhkan?

  96. eQ says:

    Selamat siang admin. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.
    Saya mau minta bantuan dr pengalaman admin. Saya mau bangun sebuah jaringan lokal basis wifi dengan jumlah client +- 70 yang terbagi pada 3 ruangan dan sebuah pc server http dan ftp yang menjadi source bagi para client. Peralatan yang saya punya sekarang sebuah tp link wr740 dan sebuah linksys wap54g (direncanakan ditambah sebuah wr ato wap agar tiap ruangan punya 1 ssid dan signalnya terjamin).
    Konfigurasi yang saya pikirkan awalnya:
    Pc server
    |
    |
    wireles router(dhcp server_ruangan1)—wap 1(ruangan 2)
    |
    |
    Wap2(ruangan3)

    Namun dari beberapa sumber informasinya WR tp link hanya mampu menangani 10-15 client. Apakah permasalahannya pada dhcp wireless router (dibuka 192.168.1.10-100) atau kemampuan trx datanya? Apakah dengan AP yang terkoneksi via rj45, secara teori 20 client pada AP ikut membebani WR atau hanya 1 beban client pada WR?
    Mohon sarannya untuk 1 perangkat wireles tambahan (budget <500rb) dan apakah konfigurasi yang saya rencanakan sudah efektif dan stabil untuk kebutuhan semua client konek secara bersamaan atau perlu ditambahkan sebuah switch setelah pc server dan ketiga wr/wap dengan ip pool berbeda2 terkoneksi ke switch, atau ada konfigurasi lain yang lebih efisien. Mohon pencerahannya. Tks

    • ki Grinsing says:

      kalo sampai 70 client jangan pakai home version gan….pakai yang business class AP saja …TP-link punya produk itu EAP-220 …bisa dipasang sampai ratusan AP dengan satu kendali software bawaan dari tplink.

      Memang kalo untuk rumahan jenis gak sampai bisa puluhan …pakai yg busines class, paling murah tp-link kalo tidak bisa beli punya Cisco Aironet …coba pelajari disini EAP 220 tplink

      • eQ says:

        Tks respons yg sangat cepat ki Grinsing.
        Kalau untuk mencakup 3 ruangan berbeda dengan EAP 220, WR 740 dan linksys WAP54g, agan mnyarankan konfigurasi yang baik bagaimana?

      • ki Grinsing says:

        modem nya pakai apa …speedy ato Cable First media …? Kalo speedy biasanya sudah modem plus router jadi satu perangkat …berarti yg dipakai bukan wr740 krn dia router juga, yg perlu adalah wireless AP. WAP54 hanya wireless G yg hanya 54mbps saja bandwidthnya…dan untuk dipakai bisnis puluhan tak sangguplah …pakai eap220 saja kalo ruangan berjauhan pakai 3 AP.

  97. eQ says:

    Jaringannya hanya lokal untuk mengakses server http, dbms dan ftp lokal ki Grinsing. Tidak untuk akses internet.
    Distribusi klien tiap ruangan 15-25 org. Jika server dan kedua AP (EAP dan WAP54g) konek ke port ethernet WR740 sbg dhcp server kira2 mampu tidak ki? Atau baiknya satu perangkat yang ditambah adalah WR class bussines sebagai master (server dhcp) kemudian wap54g dan wr740 (diset bridge atau wds) konek ke port rj45 pada wr tsb?

    • ki Grinsing says:

      kalo tidak ada internet, gunakan wr749 sebagai switch saja dan juga ssid sendiri, tambaha eap coba letakkan di tengah … baiknya wap54g tidak dipakai ganti saja eap …kedua eap konek pakai kabel ke wr740 yg juga sbg dhcp server.

  98. eQ says:

    Tks bantuannya ki Grinsinf
    Dicoba dulu.. 🙂

  99. abdul says:

    gan ane mau buka wireles
    kira2 cma 6 pc an
    ane masih awam dengan dunia seperti ini,,
    niatnya c ane cma coba jdikan sebuah wifi,,biar lebiih praktis
    klo boleh tau apa saja yang saya perlukan untuk membuka wireles seperti ini

    • Ali H says:

      Eh agan kalo ente mo buka wifi dirumah …mo pake apa nich internetx speedy ato first media? Kalo speedy gampang aja, Tlp speedy 147 minta dipasangin, sebelumnya beli wifi adsl gateway kalo kagak mo pakai bawaan Telkom, beli aja produk dr TP-link Archer D5 atau sekalian yang Archer D9 biar joss, cukup satu alat ini, tlp Speedy Telkom …mereka setup jalan dech …he..he..gampang banet kan…!

  100. Tino says:

    Dikantor saya menggunakan kabel lan dari server utama untuk internet. dibagi beberapa hub dan langsung ke PC atau laptop per meja. tidak menggunakan wifi menghindari penggunaan yang bersifat pribadi. sedangkan saya dan teman-teman butuh yang berbasis Wifi untuk gadget. di hub jaringan saya masih sisa satu lan yang tidak terpakai, kira2 bisa tidak kalau saya jadikan wifi satu lan yang tidak terpakai? jika bisa, apa saja yang harus saya siapkan untuk membuat wifi tsb? untuk settingannya apakah ada hal yang khusus sehingga saya harus minta pass atau data2 yang diperlukan dari Bag IT? terima kasih sebelumnya.

    • Ki Gr says:

      Untuk wifi perlu nambah perangkat wireless access point (WAP). Password bisa disetting untuk masuknya lewat WAP tersebut. Biasanya bagian IT bisa beri IP khusus untuk WAP agar bisa dimaintain lewat IP statis …

  101. dodi says:

    tanya nih mas kalau mau bangun wifi area d kantor desa yang kebetulan belum tersentuh adsl modem(alias telkom) pake gsm modem alatnya yang di butuhkan apa aja ya

  102. arjo says:

    gan,mau tanya kemarin siang kan saya pasang wifi(nembak jaringan dari wrnet) nah malamnya ujan dan petir,,,antena saya kna tuh petir sampai ke alat yang bawah,langsung ambyar smua tuh alat,router adaptor ama stop kontak pecah gosong semua,padahal alat itu posisi saya cabut dari stop kontak,sampai instalasi listrik rumah saya dan tetangga2 pts smua…
    pertanyaannya…
    antena kaya gtu apa emang membuat petir mudah menyambar atau emang lg nasib saya yang apes gan…
    mohon penjelasannya…

    • Ki Gr says:

      nah petir kan ngelewati konduktor yang paling cepat dia capai alias benda paling tinggi yg bersifat sebagai konduktor ..bisa aja antenna ente yg paling tinggi dibanding lainnya yg bersifa konduktor …biarpun udah dicabut dr stop kontak emang antenna tidak basah apa nempel ke rumah yg juga basah ke ground ….yach kena ding …

  103. Ancha says:

    Mau nanya, rancana mau pasang perangkat, untuk nembak jaringan wirles teman jarak rumah ke rumah teman 1.200 meter, diukur dari google earth, tetapi jaringan wirles teman di pasang dalam rumah, sedangkan rumah aku berada diatas bukit, apa boleh, kalau boleh perangkat apa yang cocok

    • Ki Gr says:

      Dirumah tsb perlu dipasang antenna external Omni, dan dr rumah ente pasang long range AP misal TP-link TL-WA5210g atau TL-WA7510 ..pelajari dulu perangkat ini

  104. Nanang says:

    Mau nanya, di rumah saya skrg pakai indihome dg router huawei, untuk koneksi wifi ke lantai 2 Saya pasang extender TP link tapi sama orang indihome setting passwordnya gak bisa sama.
    Di rumah ada 2 void depan dan tengah (tangga), bagaimana solusinya spy bisa pakai satu router aja tanpa extender dan kalau tetap harus pakai extender sebaiknya pakai apa

  105. rusdi says:

    Maaf masih baru, mau nanya saya mempunyai kendala jaringan telephone telkom belum masuk di daerah kami. pihak telkom hanya bisa melakukan pemasangan jaringan 10 km dari lokasi kami. mohon pencerahannya gimana caranya agar jaringan telephone, internet dan tv kabel dari indihome bisa kami akses di lokasi kami yg belum ada tersedia jaringan tersebut. Terima kasih sebelumnya,

  106. Ki G says:

    pd intinya adlh menghadirkan sambungan internet di tempat lain (A) dg jarak sekitar 10km ke tempat tsb (B). Bisa sambungan speedy tsb ditarik dg sambungan point to point dg menggunakan wifi backbone atau gunakan saja jaringan selular 4G di tempat tsb dg menggunakan 4G router misal TPlink MR6400 pelajari di link ini atau produk lain wireless router 4G LTE

  107. nov says:

    Salam dejahtr semoga sehat selalu..kita mau minta rekomnya..kita rencana mau buat wifi rt rw.antena wifi apa yg bagus bisa di akses dari dalam rumah masing pelanggan dgn jarak 5km.disekitar ada rumah2 bertingkat..tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *