Berbagai Solusi Kebutuhan IT Untuk Jaringan Komputer Anda

Dalam artikel ini dibahas solusi IT dari berbagai macam jaringan computer baik untuk kebutuhan rumah, kantor kecil dan juga jaringan korporasi.

  1. Untuk kebutuhan rumah
  2. Untuk kebutuhan kantor kecil
  3. Untuk solusi IT skala besar



 
Berikut akan saya bahas satu persatu dari berbagai macam solusi jaringan untuk baik kebutuhan rumahan atau kebutuhan menunjang bisnis anda. Tak semua orang atau bisnis kecil bisa melakukan bahkan mengenal kebutuhan IT mereka, maka tak jarang mereka butuh konsultan IT.

 

I. Solusi IT untuk kebutuhan rumah

Dengan semakin murahnya biaya sambungan internet broadband, kebutuhan untuk membuat jaringan computer baik dirumah maupun di kantoran kecil semakin meningkat. Hal ini didukung dengan membanjirnya piranti jaringan yang tinggal pakai. Solusi jaringan yang bagaimana yang anda butuhkan maka sesuaikan dengan piranti yang anda beli.

Kenali Kebutuhan Anda

Untuk bisa memulai membangun suatu jaringan computer baik dirumah atau dikantoran kecil, yang perlu dikenali pertama kali adalah kebutuhan anda. Pada umumnya suatu jaringan computer di rumah bisa dibedakan untuk kebutuhan:

1. Kerja

2. Kerja dan Main

3. Multimedia

Pada dasarnya pengelompokan ini hanyalah masalah pemilihan piranti router yang mana yang paling cocok untuk kebutuhan anda. Konsep jaringan tetap sama kecuali performa dari router yang juga berhubungan dengan harga piranti yang anda butuhkan. Semakin tinggi tuntutan performa dari router anda, semakin mahal harganya. Walaupun tidak jarang produk dari vendor yang diklaim performa tinggi malah dalam kenyataannya kurang memuaskan kinerjanya.

Kebutuhan kerja saja

Untuk keperluan kerja dirumah, jaringan computer anda sebenarnya tidak memerlukan suatu piranti router dengan performa tinggi karena fungsi utama hanyalah untuk browsing, email, file sharing, sharing printer dan sebagainya. Jadi solusi IT yang anda butuhkan hanyalah standard saja, anda sendiri bisa membuatnya tanpa perlu seorang konsultan IT.

Modem ADSL

Bagi sebagian besar pengguna jasa Internet Speedy yang merupakan layanan DSL, tentunya modem dari Telkom sudah mencukupi untuk sambungan satu computer saja. Akan tetapi anda bisa tambahkan sebuah Switch Ethernet agar bisa dibagi bersama beberapa computer. Itu jika modem dari Telkom hanya sebuah modem biasa dengan satu sambungan USB dan atau satu port Ethernet.

Kebanyakan modem dari Telkom adalah jenis modem gateway yang sudah berfitur NAT / firewall. Dan jika anda menginginkan jaringan anda bisa memberikan akses Wifi maka bisa menambahkan sebuah wireless access point (AP). Akan tetapi saya lebih menganjurkan anda membeli sebuah wireless modem gateway ADSL (seperti TP-link TD-W8960N 300M) yang merupakan sebuah perangkat tunggal untuk jaringan wired dan wireless anda.

ADSL modem gateway diagram

Berikut adalah diagram sederhana dari solusi IT jaringan rumah dengan layanan Speedy.

jaringan adsl modem wireless gateway

Biasanya anda memerlukan sebuah splitter yang bisa membagi kabel telpon jadi dua, satu ke Telpon rumah dan satunya ke modem. Lebih detailnya silahkan baca cara membangun wifi dirumah.

Pelanggan Cable broadband

Ada beberapa vendor dalam penyedia layanan Cable broadband yang biasa di perkotaan seperti Fastnet First Media. Untuk solusi IT jaringan computer ini anda membutuhkan Cable modem dan sebuah wireless router untuk layanan wifi dirumah anda.

Untuk solusi jaringan sederhana untuk kebutuhan kerja anda perlu wireless standard saja seperti Linksys E1100 atau TP-link TL-wr941nd Wireless N Router.

Cable broadband diagram

Secara umum, gambar berikut adalah diagram jaringan computer Wi-Fi di rumah yang terdiri dari modem Cable broadband, wireless router sebagai pusat jaringan. Dan untuk kebutuhan multimedia perlu serta wireless bridge media jika anda mempunyai beberapa home theatre seperti XBOX, HDTV dan Blu-Ray.

Diagram cable wifi gateway

Sharing printer USB

Bagaimana jika anda memerlukan sharing printer USB anda? Pada umumnya sharing printer dilakukan secara traditional dengan memasang pada salah satu computer dan dikonfigurasi untuk bisa sharing lewat jaringan. Atau anda bisa membeli sebuah piranti printer-server agar bisa sharing printer tanpa harus sharing menggunakan computer. Yang lebih praktis, anda bisa memilih sebuah wireless router yang mempunyai port USB yang bisa digunakan sharing printer. Tapi tidak semua USB port pada wireless router bisa diberdayakan untuk sharing printer.

 

Untuk itu sudah selayaknya anda memerlukan sebuah wireless router yang mempunyai port USB untuk sharing printer missal saja D-Link DIR-632. DIR-632 ini dilengkapi dengan 8 buah port Ethernet 10/100Mbps dan sebuah USB port untuk bisa sharing printer atau storage. Router ini sangat ideal untuk kantoran kecil atau kantor rumah anda.

Kerja dan bermain

Scenario kedua, jika anda menginginkan suatu jaringan wireless dimana anda bisa bekerja dan bermain game dan juga streaming video, maka anda fokuskan router yang berkecepatan tinggi dan jernih. Anda bisa memilih router dengan spec wireless N dual band dan Quality of Service misalkan Asus RT-N56U yang merupakan routr dual band dengan 2 port UBS sehingga memungkinkan anda memasang storage dan printer secara bersamaan tanpa harus ganti-ganti port seperti pada router dengan hanya satu port USB.

Masih sama kebutuhan rumahan ini sederhana instalasinya, tidak terlalu rumit dan tentunya tidak perlu konsultan IT segala kecuali orang yang tidak faham sama sekali dengan jaringan computer alias nol potol.

Kebutuhan Multimedia

Jika anda memerlukan suatu jaringan computer untuk keperluan gaming yang responsive dan streaming High Definition video yang bebas lelet dengan jangkauan rumah yang besar maka jaringan anda haruslah yang berperforma tinggi.

Misal saja jaringan wireless yang dibuat versi terbaru generasi kelima 5G yaitu Linksys EA6500 cloud router atau Netgear R6300 wireless ac router, yang merupakan router dengan speed sampai 1300Mbps. Kedua router ini di-design untuk multimedia misal untuk online gaming responsive dan streaming HD media dengan jangkauan yang lebih luas. Keduanya adalah simultaneous dual-band wireless gigabit router, keduanya dilengkapi dengan 4-port Gigabit Ethernet dan juga 1 WAN port Gigabit dan juga dilengkapi dengan dua port USB.

Home theater

Nah apakah beberapa piranti home theater anda juga dilengkapi dengan Ethernet port yang bisa anda gunakan untuk koneksi ke internet? Kebanyakan piranti home theater sekarang ini seperti Blu-Ray player, XBOX, HDTV dilengkapi dengan Ethernet port yg bisa dikoneksikan ke wireless media bridge agar bisa koneksi ke jaringan wireless anda. Hal ini sangat bagus untuk menghilangkan sliweran kabel jaringan. Gunakan media bridge wireless dg multiple port seperti Linksys WUMC710 Wireless-AC 5GHz Universal Media Connector Bridge.

Pilihan router tersebut diatas didasarkan pada kebutuhan koneksi wireless agar bisa memberikan akses yang bersifat mobile tanpa harus repot dengan kabel jaringan. Dan tentunya harus didukung dengan sambungan broadband internet yang cepat dengan bandwidth yang lebar.

Kebutuhan rumah dua lantai

Scenario berikutnya adalah jika anda ingin membangun jaringan computer pada rumah tingkat anda yang meliputi akses jaringan wireless dimana untuk menarik kabel jaringan adalah sangat repot bahkan kurang memungkinkan sementara untuk akses wireless dari lantai satu ke lantai dua pada ujung sisi terjauh tidak terjangkau alias dead-spot? Solusi anda adalah menggunakan Wireless router dengan powerline adapter misal WNXR2000 N300 Wireless Router + Built-In Powerline Av atau gunakan saja dengan bantuan beberapa Powerline AV adapters.

Solusi jaringan computer atau jaringan wireless dirumah anda tergantung kebutuhan anda, jadi sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda yang utama apa.

 

II. Solusi IT bisnis kecil menengah

Solusi IT untuk kebutuhan bisnis biasanya tidak lepas dari kebutuhan akan komunikasi voice / telephone disamping kebutuhan akan data. Kebutuhan akan komunikasi data biasanya berupa jaringan wired dan wireless computer dengan sambungan internet. Untuk kebutuhan skala bisnis kecil Microsoft menyediakan solusi Small Business  Server 2012 Essentials yang merupakan server pertama sangat cocok dengan bisnis kecil dengan user sampai 25 orang yang lebih ekonomis.

Jika focus anda adalah bisnis anda bukan repot dengan masalah infrastructure IT yang memang anda belum perlu membayar seorang pegawai IT khusus, akan tetapi cukup sewa seorang konsultan IT sekali saja untuk instalasi dan konfigurasi. Selebihnya anda cukup pelihara dengan technical skill yang pas-pasan saja sambil focus ke bisnis anda. Windows 2012 Essesntials membantu anda meminimalkan waktu, upaya dan biaya anda untuk berbelanja kebutuhan solusi IT.

diagram windows 2012 essential

Jika pada versi Windows Small Business Server Standard sebelumnya yang juga diintegrasikan dengan Exchange messaging, Essential 2012 juga sama jika customer ingin hosting exchange di kantor akan tetapi bisa juga bebas memilih untuk layanan public cloud Exchange dan berlangganan Office 365.

Jika bisnis anda mulai berkembang ke kelas menengah, tentunya anda juga ingin mengembangkan skala jaringan IT anda juga. Ini lah saatnya anda butuh konsultan IT untuk pengembangan, migrasi atau solusi IT apapun sesuai kebutuhan anda. Misal saja anda perlu mengembangkan jaringan kantor cabang di daerah lain, konsultan anda bisa memberikan solusi terbaik sesuai kebutuhan bisnis anda.

Windows server 2012 Hyper V virtualization bisa memberikan solusi yang comphrehensive kebutuhan IT anda. Apakah anda menginginkan suatu system IT yang tingkat availability nya Five-Nine (99.999%) dimana downtime setahun hanya 5 menit saja …hal itu bisa di deploy. Hal ini memungkinkan dengan adanya clustering, live migration dan synchronization untuk menunjang tingkat high availability dan Disaster recovery datacenter anda. Jika anda belum mempunyai tenaga engineer maka percayakan pada konsultan IT yang berpengalaman.

 

III. Solusi IT kebutuhan Enterprise

Kalau ini bukan main-main, karena sudah pasti jika corporasi anda sudah mempunyai departemen IT sendiri yang sudah tak mungkin anda sebagai salah seorang stakeholder IT di corporate tersebut membaca artikel ini. Yach karena bacaan anda sudah makalah-makalah dan materi-materi yang berisi persiapan ujian certifikasi paling tidak atau bahkan setumpuk projects yang sudah menghadang didepan  ….go away and give me your hand for high quality artikel.

Semoga berman’faat.
>

Share

You may also like...

2 Responses

  1. Fasial says:

    Sangat bermanfaat

  2. Ki Gr says:

    Sukron !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *