Top 5 Modem Wifi Speedy Dan Harga

Pemain utama dalam dalam layanan internet ADSL di Indonesia adalah Telkom, karena kita tahu bahwa ADSL berjalan lewat jalur kabel Telephone yang sudah ada dalam jaringan Telpon Telkom. Dan salah satu layanan internet ADSL adalah Speedy yang diberikan oleh Telkom kepada pelanggan telpon dirumahan.

Speedy Wifi

Salah satu sarat untuk bisa mendapatkan layanan internet Speedy adalah modem ADSL yang biasanya diberikan kepada kita ketika berlangganan Speedy dari Telkom. Mengingat hampir semua anggota keluarga mempunyai hape smartphone baik Android, Windows phone, BB maupun iOS dari Apple, maka kebutuhan akan koneksi jaringan internet dirumah dengan Speedy adalah koneksi jaringan wifi alias jaringan wireless. Dan yang anda butuhkan adalah Modem Wifi Speedy, satu perangkat yang dibutuhkan untuk melayani semua kebutuhan internet laptop, computer dan semua hape anda. Berapa harga modem speedy dan apa saja wifi speedy yang paling baik dan dijual dipasaran?

Ragam Modem Speedy Wifi




Bagaimana kita bisa memilih wireless router mana yang terbaik tentunya sudah kita bahas sebelumnya. Lihat artikel saya di memilih wireless router terbaik menurut kebutuhan. Untuk kebutuhan jaringan wireless dirumah bagi pelanggan Speedy tentunya yang anda butuhkan adalah sebuah Modem Speedy wifi dimana satu perangkat tunggal yang didalamnya sudah termasuk wireless router dan modem ADSL, dan umumnya sudah termasuk Switch 4-port baik fast Ethernet maupun Gigabit Ethernet. Harga modem speedy ini bermacam-macam dipasaran dan dengan spesifikasi yang hampir sama harga dari vendor yang berbeda bisa mempunyai selisih yang lumayan jauh.

Bagi anda pelanggan Fastnet atau layanan Cable lain yang sudah ada Modem cable murni, artinya modem yang tidak ada fitur router nya maka anda butuh sebuah wireless router untuk membuat sebuah jaringan wifi dirumah. Simak 10 besar wireless router di link ini.

Bagi pelanggan speedy, maka anda perlu mengganti modem yang belum ada wifinya dengan satu perangkat Modem Wifi Speedy. Ada banyak ragam speedy wifi ini dipasaran, dan mana saja yang terbaik dan popular dipasaran mari kita simak satu persatu dari model dengan spec rendah sampai yang tinggi beserta harga nya sekalian.

  1. TP-link TD-W8961ND

Produk ini adalah salah satu modem wifi speedy yang sangat terkenal bandel dan jadi produk yang hot dimanapun. Bagi anda yang mempunyai computer, dua atau tiga laptop dirumah dan beberapa hape smartphone baik Android, iOS maupun BB maka satu perangkat ini sudah bisa mengkover semua perangkat dirumah dengan bagus. Model modem ini dibanding versi pendahulunya sangat berbeda, tampil lebih manis dengan warna biru atau putih dan motif di permukaan yang enak dipandang jika dipajang didinding rumah anda atau ditempatkan diatas meja kerja anda. Dilengkapi dua antenna luar, sangat cocok untuk rumah kecil menengah sedang satu tingkat.

Speedy wifi TP-link W8961ND

Fitur utama

  • Sudah termasuk modem ADSL bergabung dengan wireless router
  • 4 buah Fast Ethernet Switch cocok untuk computer desktop anda
  • Berbasis wireless standard 802.11n
  • Speed sampai 300Mbps single band 2.4GHz
  • Cocok untuk berbagi Speedy rame-rame, gaming dan bermedsos lainnya

W8961ND ini adalah salah satu produk speedy wifi yang dikeluarkan oleh TP-link yang cukup lama membanjiri pasar internasional dan terkenal sangat bandel. Saya termasuk yang memakai produk ini untuk mengakomodasi 5 hape, dua laptop dan satu server. Harga modem speedy ini berkisaran antara 300 sampai 400 ribuan.

Kekurangan

  • Tidak ada port USB untuk berbagi printer atau storage
  • Single band 2.4GHz saja
  • Bandwidth terbatas sampai 300Mbps saja

Akan tetapi bagi rumah kecil menengah, beberapa perangkat computer, mobile phone dan lainnya sangat memadai. Jika masih ada area jauh misal di taman atau di kamar belakang rumah tidak tercover maka anda butuh sebuah wireless range extender.

  1. Linksys X3500

Bagi anda penggemar atau loyalis produk Linksys, ini lah produk modem wifi speedy yang bisa anda gunakan jika anda membutuhkan jaringan wifi dual band sekaligus. Design dari Linksys X3500 ini terlihat kokoh dengan body ramping dan antenna dikemas didalam body jadi tidak terlihat antenna yang menjulang keatas. Total bandwidth yang bisa diberikan hampir dua kali lipat dibanding W8961ND dari TP-link diatas yaitu sampai 750Mbps dengan rincian 300Mbps untuk 2.4GHz band dan 450Mbps untuk 5GHz band.

speedy wifi linksys x3500

Fitur utama

  • Berbasis technology wifi N750
  • Speed N300 dan N450 dual band bersamaan
  • 4x Gigabit Ethernet port
  • 1x USB 2.0 port untuk sharing storage
  • Sertifikasi DLNA media server
  • Keamanan wifi tinggi, parental control dan Guest access

Akan tetapi dikelas ini harga modem speedy dari Linksys X3500 ini termasuk tinggi yaitu sekitaran hampir dua jutaan rupiah. Pesaing dikelas ini adalah dari produk TP-link tentunya dengan harga yang lebih miring yaitu TP-link W8980 ADSL N600 yang juga dual band dan dilengkapi dengan dua port USB.

  1. Netgear D6300

Netgear D6300 adalah salah satu modem wifi speedy yang dibesut dengan technology wifi generasi ke lima (5G wifi) yaitu wireless 802.11AC yang mempunyai bandwidth Gigabit dan dual band sekaligus. Sangat cocok untuk rumah besar ataupun jaringan wifi dengan kepadatan perangkat wifi yang banyak baik laptop, perangkat mobile Android, Windows phone, iOS maupun BB. Dengan lebar bandwidth yang tinggi memungkinkan applikasi streaming video HD maupun 4K video bisa berjalan sangat lembut dan mulus.

speedy wifi netgear d6300

Fitur Utama

  • Basis teknology wifi AC1600 dual band
  • Speed sampai 300Mbps untuk 2.4GHz band dan sampai 1300Mbps untuk AC 5GHz band
  • Gigabit port dan 2x USB port
  • Tersedia port Gigabit WAN untuk koneksi ke Cable modem
  • Beamforming teknology
  • DLNA media server
  • Parental control dan guest network

Dengan fitur ini tentunya modem wifi ini tidaklah murah, dan harga modem speedy ini dibandrol dengan harga sekitaran 2,9 jutaan rupiah. Jika perangkat dirumah anda masih belum banyak yang berbasis 5GHz band maka percuma saja memasang modem speedy ini, karena hanya kepakai yang 2.4GHz saja.

Jika modem ini dibuat dari paman Sam, tentunya pesaingnya adalah dari China yaitu TP-link seri Archer seperti dua berikut dibawah ini.
Catatan: Netgear telah merilis model terbarus D7000 AC1900 ADSL-VDSL router.

  1. TP-Link Archer D7

Archer D7 ini adalah salah satu unggulan produk modem wifi speedy dari TP-link yang berbasis wireless AC1750. Secara teori dibanding Netgear D6300, Archer D7 ini memberikan total bandwidth sedikit lebih tinggi yaitu total bandwidth sampai 1750Mbps. Dilengkapi dengan tiga antenna luar yang kokoh, modem ini sangat elegan dengan warna hitam bisa diletakkan diatas meja kerja anda atau ditempel ditembok dinding rumah anda.

speedy wifi archer d7

Fitur utama

  • Berbasis technology wifi wireless AC1750
  • Simultaneous dual band
  • Kecepatan sampai 450Mbps wireless N pada 2.4GHz band dan sampai 1300Mbps pada wireless AC 5GHz band
  • 3x Gigabit Ethernet LAN ports dan 1x Gigabit EWAN port
  • 2x USB 2.0 port
  • Mendukung sampai 10x VPN IPSec tunnels

Dan masih banyak fitur lain standard seperti pada modem lain. Produk ini termasuk popular di dunia dengan performa yang memadai untuk layanan internet DSL. Dengan fitur lebih dibanding Netgear D6300 harga modem speedy ini ditawarkan lebih miring yaitu sekitaran 1,6 jutaan saja. Artikel detailnya ada disini Archer D7 dari TP-link.

Dengan selisih harga yang relatif kecil anda bisa mendapatkan versi diatasnya Archer D9.

  1. TP-link Archer D9

Archer D9 adalah salah satu speedy wifi paling cepat dan paling keren yang ditawarkan oleh TP-link. Modem wifi speedy ini sangat cocok bagi rumah yang besar dengan banyak perangkat wifi dan sangat cocok untuk applikasi yang memakan bandwidth besar seperti streaming HD video, gaming online dan segala macam aktifitas brawsing lainnya.

speedy wifi archer d9

Fitur utama

  • Berbasis teknology wifi AC1900, total bandwidth sampai 1900Mbps
  • Simultan dual band dengan speed sampai 600Mbps (2.4GHz) dan sampai 1300Mbps (5GHz)
  • 3x Antenna luar yang bisa dilepas dengan high power amplifier
  • Teknologi Beamforming
  • 3x Gigabit Ethernet LAN port
  • 1x Gigabit EWAN port
  • Parental control dan guest network
  • pengendali bandwidth berbasis IP

Dibanding dengan Netgear D6300, TP-link Archer D9 ini masih lebih unggul. Disamping itu harga modem speedy Archer D9 ini sangat miring dibanding Netgear D6300. Disamping itu Archer D9 dilengkapi dengan USB 3.0 Superspeed USB. Dan untuk kebutuhan VPN, jangan takut modem speedy wifi ini mendukung koneksi IPSec VPN tunnels sampai 10 koneksi.

Bagi anda yang mengharapkan bandwidth melimpah sangat lebar untuk kebutuhan koneksi Speedy anda maka tidak ada salahnya anda menjatuhkan pilihan pada TP-link Archer D9 ini.

Lihat juga artikel terkait:

Cheers, Ki G




Share

You may also like...

6 Responses

  1. Abdul Aziz says:

    Terima kasih Kak, Artikelnya sangat bermanfaat sekali
    ..^_^..

    Pesantren Tahfidh Qur’an
    http://www.nuranitahfidh.com

    Haji dan Umrah Tour & Travel
    http://www.nuranitravel.com

  2. Abdurrahman says:

    Thank you very much, nice article bro .. ^ _ ^ ..
    Very helpful. Continued writing your article, bro .. ^ _ ^ ..
    Glad to read your article..

  3. Terimakasih atas artikel dan informasinya, saya menggunakan wife bawaan dari telkom indihome, mantap walau hanya 3 mbps

  4. haidar says:

    kalau mau beli di mana ya?

  5. Radiartono says:

    bagaimana cara koneksi internet tanpa pake jaringan telepon atau modem????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *