Troubleshooting Koneksi Internet

Beberapa macam Utility untuk Troubleshooting koneksi Jaringan TCP/IP pada suatu jaringan koneksi internet atau jaringan koneksi internetwork

Pendahuluan

Dalam suatu infrastructure jaringan yang berskala besar dalam suatu organisasi, kemampuan untuk melakukan suatu troubleshooting masalah jaringan dan juga masalah system adalah sangat penting. Masalah dalam suatu jaringan adalah kebanyakan masalah konesi kepada jaringan. Strategy dasar untuk troubleshooting koneksi jaringan adalah berangkat dari sumber masalah / lokasi masalah, dan kita bisa memulai memferifikasi fungsional pada layer-layer jaringan bagian bawah. Jika sebuah komputer mengalami masalah koneksi kepada jaringan local langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memeriksa konfigurasi TCP/IP meliputi IP address, subnet mask, gateway, atau parameter IP lainnya.




  • Untuk troubleshooting konfigurasi jaringan gunakan tool berikut: ipconfig, network diagnostic, dan Netdiag
  • Untuk troubleshooting masalah koneksi gunakan tool berikut: ping, pathping, tracert, dan juga arp

 

Troubleshooting konfigurasi TCP/IP

Misalkan konfigurasi sederhana pada diagram jaringan berikut ini adalah diagram umum untuk jaringan internet di rumahan untuk koneksi ke Internet. Jika anda menggunakan layanan Speedy Telkom, maka modem-router yang digunakan biasanya mempunyai konfigurasi default dengan IP address 192.168.1.1 yang mana IP address ini merupakan IP address Gateway bagi komputer yang terhubung dengan jaringan.

Modem-router atau umum disebut sebagai modem gateway yang dipakai biasanya juga berfungsi sebagai DHCP server yang memberikan konfigurasi IP address kepada komputer dalam jaringan. Misalkan pada komputer A ada masalah tidak bisa koneksi terhadap komputer B atau tidak bisa koneksi ke Internet.

 

Troubleshooting koneksi internet

 

Mulai dari PC yang bermasalah

Untuk troubleshooting konfigurasi TCP/IP maka kita bisa memulai dari komputer yang bermasalah. Kita bisa memeriksa konfigurasi TCP/IP dengan menggunakan tool ipconfig pada command prompt. Bagaimana caranya? Tekan tombol ‘Windows’ dan tombol ‘R’ secara bersamaan untuk memunculkan windows RUN berikut dan ketik “cmd” terus klik “OK”.

Gunakan “ipconfig /all”

Setelah itu pada command prompt ketik ipconfig, dan akan muncul konfigurasi IP address, subnet mask, dan gateway. Atau jika ingin melihat konfigurasi lebih lengkap gunakan parameter /all menjadi ipconfig /all dan tekan Enter, maka akan muncul konfigurasi lengkap seperti gambar dibawah ini dan kita bisa melihat konfigurasi DNS server yang dipakai (pada contoh terlihat DNS server dari Telkom).

 

Troubleshooting dengan command ipconfig /all

 

Misalkan terjadi IP address duplikat dengan komputer lain yang ada pada jaringan maka pada subnet mask akan muncul: 0.0.0.0. kemungkinan terjadi IP duplikat jika anda tidak menggunakan DHCP server, dan IP address di setup manual ke komputer-2. Untuk memastikan bahwa konfigurasi TCP/IP pada komputer anda benar, maka gunakan ping loopback dengan mengetikkan di command promp ping 127.0.0.1 atau ping localhost, dan jika konfigurasi sudah benar maka akan muncul respon dengan “0% lost” seperti pada gambar berikut ini.

 

ping localhost atau ping 127.0.0.1

 

Gunakan “ping”

Jika semua tampak bagus tapi anda masih tidak bisa juga akses ke internet Speedy, cobalah ping ke computer satunya dengan mengetikkan command berikut ke IP address computer B, ping 192.168.1.5. Pastikan bahwa respon bagus dengan 0% lost. Jika masih ada masalah atau 100% lost maka ada masalah dengan kabel komputer A ke switch. Gantilah kabel tersebut dengan yang bagus dan test lagi, jika berhasil maka kabel yang menjadi masalahnya.

Jika masih belum bisa akses ke internet, maka perhatikan lampu di modem-router apakah lampu ADSL dan Internet juga nyala normal, bisa jadi lampu Internet mati, berarti ada masalah dengan Speedy. Hal ini bisa saja terjadi jika anda mengubah password account anda di website nya Telkom Speedy dengan password yang anda gampang mengingatnya.

Jika anda mengubah password account anda di Website Telkom Speedy, maka anda juga harus mengubah password yang ada di modem-router di rumah anda, anda bisa menelpon 147 untuk minta bantuan – setidaknya dipandu untuk mengganti password di modem-router anda.

Jika modem tampak bagus, cobalah ping ke gateway dengan command “ping 192.168.1.1” dan pastikan berhasil dengan 0% lost packet, jika tidak maka periksa koneksi antara switch ke modem. Bila perlu ganti dengan kabel baru. Test lagi ping ke gateway, jika berhasil sementara anda masih belum bisa akses ke internet maka dipastikan ada masalah dengan modem atau internet di sisi Telkom. Telpon ke 147 kalau memang ada masalah dengan Speedy.

 

Network Diagnostic

Dalam suatu infrastructure jaringan windows server 2003, network diagnostic biasa digunakan untuk untuk troubleshooting jaringan juga. Network Diagnostic dalah interface grafis yang sudah ada dalam Windows server 2003 yang bisa memberikan informasi detail tentang konfigurasi jaringan local. Untuk mengaksesnya, jalankan Help and Support dari Start Menu => Tools pada Support Task area => klik Tools => cari Network Diagnostics dan klik => akan muncul disisi kanan seperti pada gambar dibawah berikut ini.

 

Troubleshooting net diag

 

Ketika “Scan Your System” di klik, Network Dianostic akan menjalankan serangkaian test yang akan mengumpulkan informasi tentang environment local seperti gambar berikut ini.

 

Scan diagnostic

 

Informasi yang dikumpulkan akan dijabarkan dalam serangkainan category yang secara default ada tiga katagory:

  • Internet service category, meliputi informasi tentang Outlook Express Mail, Microsoft Outlook Express News, dan konfigurasi Internet Explorer Web Proxy
  • Category informasi komputer, meliputi setting parameter Registry, Operating system dan versinya
  • Category Modem and Network Adapter, meliputi setting parameter registry modem, network adapter dan network clients.

 

NETDIAG Utility

Netdiag adalah utility command line yang harus dinstall terlebih dahulu dari CD instalasi Windows server 2003 yang berada pada directory \Support\Tools dan dobel klik file Supports.msi.

Untuk melakukan troubleshooting masalah jaringan, anda bisa melakukan scan Netdiag dan periksa hasilnya atas error message yang mungkin ada.

 

Troubleshooting Koneksi menggunakan Ping dan Pathping

Ping adalah utilitas untuk memeriksa koneksi level IP, sementara Pathping digunakan untuk mendeteksi kehilangan paket saat paket menjelajah dari hop ke hop (dari router ke router). Command Ping digunakan untuk mengirim permintaan echo ICMP (Internet Control Message Protocol) kepada host yang di target seperti pada contoh diatas.

  1. Untuk verifikasi konfigurasi TCP/IP gunakan ping 127.0.0.1 pada command prompt. Jika test ping gagal atau tidak ada response (100% lost) maka bisa jadi driver tidak benar, network adapternya rusak, atau terjadi interferensi IP dengan service lain.
  2. Untuk verifikasi IP address sudah benar ditambahkan ke komputer lakukan ping ke IP address local host pada command prompt
  3. Secara umum gunakan ping dengan IP address atau host name. jika ping dengan IP address sukses, bisa jadi ping ke hostname gagal dikarenakan masalah name resolution

Jika usaha ping gagal di setiap titik, periksa yang berikut

  • Pastikan bahwa IP address local komputer dan juga subnet mask sudah dikonfigure dengan benar
  • Default gateway juga dikonfigure dengan benar dan link antara local host dan gateway juga sudah dikonfigure dengan benar.

Jika ping ke remote host pada link yang lambat seperti sambungan link satellite, maka response akan memakan waktu agak lambat untuk merespon. Gunakan parameter –w untuk respon time-out yang agak lama misal 10000 msec gunakan “ping –w 10000 IP_Address”. Default time-out dari ping adalah 1000 msec (1 detik).

 

Troubleshooting dengan Tracert

Tracert adalah utility untuk tracing route yang bisa anda gunakan untuk tracking path sampai 30 hops router-to-router. tracert juga menggunakan ICMP echo request kepada suatu IP address, dengan menaikkan TTL (time to live) pada header IP dimulai dari 1, dan menganalisa error ICMP saat respon kembalian. Misal pada contoh berikut dilakukan tracert yahoo.com dari local komputer.

Jika ingin mendapatkan link yang sering tersendat-sendat gunakan pathping untuk melihat disisi router mana terjadinga delay / kehilangan paket yang sangat besar.

 

Troubleshooting menggunakan utility ARP

Jika anda bisa melakukan ping pada kedua IP address local anda dan juga loopback dengan sukses, akan tetapi anda tidak bisa ping ke suatu host pada subnet local, maka periksalah cache ARP (Address Resolution Protocol) barangkali ada kesalahan / error. Utility ARP ini sangat berguna untuk melihat cache daftar ARP, gunakan arp –a pada local host. Untuk membersihkan daftar arp, gunakan parameter –d, arp –d IP_address.

Untuk melihat address physical (MAC address) gunakan ipconfig /all atau getmac. Jika anda tidak mendapatkan error pada command ARP –a dan anda juga tidak berhasil ping ke host pada subnet yang sama, maka anda bisa memeriksa pada media fisik seperti LAN Card, Switch, dan atau cable jaringan.

Check juga Troubleshooting jaringan – melokalisasi masalah jaringan rumahan dan juga setting wireless router dan cara mempercepat koneksi internet.

Semoga bermanfa’at, salam.

Ki Grinsing




Share

You may also like...

275 Responses

  1. bocah says:

    Sebagai teknisi jaringan, saya dibilang masih awam karena masih begitu hijau..
    Langsung saja..

    Komputer Bos saya menggunakan Win.Vista telah di seting menggunakan IP DHCP dari server, dengan workgroup : WORKGROUP.

    Permasalahannya yakni koneksi jaringan yang hanya di komputer tersebut sering terputus, keterangannya “Limited Connectivity” setiap kali mengakses data2/file2 yang disharing dari komputer dalam workgroup lainnya, termasuk data2 dari server.
    Indikator yang muncul saat mengalami gangguan yakni lampu LED pada LAN card berkedip-kedip yang seharusnya menyala terus jika tidak trouble.
    Saat konektor dilepas dan dalam beberapa detik dipasang kembali, koneksi kembali normal, tapi beberapa saat kemudian menjadi trouble lagi seperti yang telah dijelaskan di atas.

    Pemeriksaan yang saya lakukan sementara ini hanya melalui OS saja, secara fisik belum karena saya sendiri masih baru menangani jaringan di perusahaan bos saya, namun analisa saya tertuju pada konektor/kabel jaringan dan LAN Card saja.

    Kira2 hal apa lagi yang harus saya periksa jika memang konektor/kabel jaringan dan LAN Card tidak bermasalah?

    Terima Kasih Sebelumnya.
    Salam.

    • admin says:

      limited konektivity biasanya masalah IP address yang tidak diterima …bisa saja scope DHCP anda terbatas dan pada saat booming terjadi over-lease …untuk meyakinkan saat terjadi masalah lihat IP address nya dengan command prompt ipconfig /all, apakah sudah benar mendapatkan IP dan subnet mask, atau jangan-2 dia mendapatkan IP APIPA (pada range 169.254.0.0 sampai 169.254.255.254) …perlu juga dilihat di DHCP servernya …apa sudah full leasingnya …?

      • sokocul says:

        IP APIPA apaan pa ? dan kenapa jika menggunakan ip 169.254.0.0 till 169.254.255.254 ?

        dan full leashing itu apa ?

      • ki Grinsing says:

        APIPA itu artinya Automatic Private IP Addressing …IP address automatis diberikan jika dijaringan tersebut tidak ada DHCP server…
        Full leasing itu kalau semua IP address dari DHCP server sudah habis kepakai dan disewakan ke client pada jaringan tersebut

  2. hraharto says:

    menyambung pertanyaan yang diajukan oleh bocah tsb di atas, saya juga sering menemui permasalahan yang sama terutama komputer yang tidak mendapat IP address. DHCP server pada kantor saya cukup untuk memberikan IP baru bagi komputer yang akan dihubungkan dengan internet, tetapi masalahnya sering mendapatkan IP 169.sekian-sekian.

    mohon penjelasan, pengecekan apa lagi yang harus saya lakukan. terima kasih atas informasinya.

  3. admin says:

    169.254.0.1 sampai 169.254.255.254 adalah APIPA address, sebuah komputer (XP / 2003) yg tidak mendapatkan IP dari DHCP server akan automatis mengambil IP address dari APIPA. Coba berikan IP address static terlebih dahulu, setelah itu di ganti lagi menjadi IP address automatic. Atau system NAT di router anda mungkin tidak di setting dengan benar.

  4. hraharto says:

    menyambung pertanyaan dari bocah dan penjelasan ki grinsing tsb di atas, seringkali saya juga mendapatkan IP pada range 169.sekian-sekian, meskipun sebenarnya DHCP server pada kantor saya cukup banyak untuk memberikan IP komputer yang akan dihubungkan dengan internet/jaringan.

    mohon penjelasan, upaya apa lagi yang harus dilakukan untuk mengatasi IP APIPA tersebut? sehingga komputer mendapatkan IP address yang benar dan terkoneksi dengan internet.

    terima kasih atas informasinya.

    salam,
    hraharto

  5. Ki says:

    anda pakai jaringan active directory nggak? apakah DHCP server berada pada segment jaringan yg sama gak? apakah PC yg selalu dp IP addr APIPA berasal dr konfigurasi ICS?
    biasanya PC yg habis dipakai dari konfigurasi ICS, terus dikoneksikan ke infrastructur Windows dg DHCP server, dia akan keras kepala walau konfigurasi TCP/IP sudah di set ke “obtain ip address automatically”. untuk meng-iman-kan lagi dia perlu diberi IP address statis secara manual sesuai dengan IP yg gak dipakai dan subnet sama dg DHCP server. setelah di restart, kembalikan konfigurasinya ke Automatic, terus coba manual dg command “ipconfig /renew”.
    jika PC berada pada segmen yg beda yach gak dapat IP dr DHCP server, kecuali ada DHCP agent.

  6. tujijia says:

    mohon bantuan
    terjadi limited CN juga di jaringan di kostan saya,server make xp,dan saya juga make xp.anehnya,limited ini hanya berlaku bagi laptop saja,sedangkan di PC jaringan masih bisa jalan dengan lancar.
    tidak ada error pada kabel,hardware komputer,maupun softwarenya,karena udah di instal ulang.saat dimasukan alamt ip secara manual,tanda limited CN memanghilang,tapi saya tetap tidak bisa mengakses internet

    jadi,kalo di set di auto
    ip addres yang keluar : 169.254.181.xxx (wajarnya : 192.168.1.xxx)
    subnetmask : 255.255.0.0 (harusnya 255.255.255.0)
    default gateway: – (kosong,gak ada alamt apa2)

    kalo dimasukin manual ip,
    DHCP enable : no
    received data di status: 1

    terimakasih sebelumnya

    • admin says:

      ini pertanda laptop anda mendapatkan IP address APIPA, dia tidak mendapatkan IP dari DHCP. Kalau memang ada DHCP server, coba kasih IP manual statis – terus di restart – setelah itu di setting ulang dengan IP address automatis untuk kedua IP address dan juga DNS servernya. Setelah itu di command prompt ketik ipconfig /renew dan tekan enter.
      jika masih belum dapat IP dari DHCP, periksa juga DHCP ip poolnya …apa masih ada sisa IP di leasing IP.

  7. tujijia says:

    oh iya maaf ada yang lupa,di kostan saya ini memakai LAN,dengan 1 ruter

  8. dadan.s says:

    sebagai pendengar saya juga masih belajar,langsung aja kii
    apa yang dimaksud DHCPip pool itu dan dimana liatnya
    dan satu lai pertanyaanya kiii
    saya nyeting dua kompt ditempat yang berbeda (beda rumah)dan setiap kompt itu dinstal OS yang sama”kompt name sama.work gproup sama.administrator sama”kenapa yang satu konek dan yang satu lagi susah koneknya ke internet {speedy)jadi maksud pertanyaan saya ,apakah karena sama namanya di Os jadi bentrok untuk mendapakan IP adressnya di dhcp .sekian kii tanyanya

  9. Ki says:

    kalau bicara masalah Speedy, berarti dia memakai perangkat modem yang sudah integrasi dengan firewall/router plus Switch LAN (satu atau 4 port LAN). Internet tidak melihat jaringan private alias jaringan dibelakang firewall (perangkat modem/router/firewall), alias jaringan di rumah kita, karena Internet (ISP) hanya mengidentifikasi IP address pada sisi WAN yaitu IP address public yang harus unik di seluruh dunia, disini bukan wilayah pelanggan karena ISP akan memberikan IP secara dinamis lewat DHCP server mereka yang mana menggunakan IP address public.
    DHCP IP Pool adalah range IP address yang dikonfigurasikan pada DHCP server untuk diberikan (disewakan) ke pelanggan pada jaringan.
    Speedy modem/router sudah ada fasilitas DHCP server yang biasanya sudah di enable by default dan biasanya teknisi Speedy men-setup range address sekitar 20 an IP pool pada DHCP server agar bisa dipakai oleh komputer pada jaringan di rumah/dikantor.
    Untuk melihatnya yach harus masuk ke router tersebut biasanya lewat browser http://192.168.1.1 (tergantung berapa IP address di gatewaynya). Untuk mengetahui berapa IP address gateway speedy ini …coba pada command prompt ketik “ipconfig /all” nanti akan kelihatan gateway IP address, itu lah IP address pada sisi LAN port dari modem/router speedy.
    Nanti diminta user dan password …nah ini harus tahu biasanya pelanggan tidak dikasih tahu, kecuali ada masalah tlp ke 147 nanti di guide. Di konfigurasi router ini kita bisa melihat IP pool DHCP service …

    untuk dua komputer yang berbeda, di dua rumah yang berbeda, dengan konfigurasi computer name, workgroupname, dan ip yang sama TIDAK masalah…karena masuk dalam wilayah jaringan masing2 alias jaringan private yang berbeda. Kecuali IP address disisi WAN modem memang harus beda, bukan wilayah pelanggan, itu ISP yang ngurus.

    terkecuali kedua kompi tersebut berada pada jaringan yang sama, tidak boleh nama komputer sama dalam workgroup yang sama atau jaringan yang sama …

  10. deni says:

    saya orang pertama yang baru belajar inconfig yah.. kira kira baru belajar, saya mau tanya inconfig/renew maksudnya apa yang saya tahu bahawa inconfig/renew adalah Membuat IP Address baru untuk adapter tertentu. maksudya muncul masuk jaringan apa komputer yang ada misalnya 198.168.0.39 merubah dirubah menjadi 198.168.0.36 makasih

  11. admin says:

    ipconfig /renew maksudnya memperbaharui IP address dengan jalan menghubungi DHCP server. Command ini tidak berlaku kalau pada jaringan anda tidak ada layanan DHCP server. Command ini melepaskan IP address komputer local dan meminta IP address baru kepada DHCP server.

  12. bima says:

    ditempat kami bekerja banyak sekali user2 yg suka mengganti ip address, karena memang user tsb klasnya di win administrator. Bagaimanakah spy user tsb tidak bisa ganti2 ip lewat kontrol panel, tool apakah yg bisa dipergunakan atau mungkin lewat registry.?
    terima kasih.

  13. Ki says:

    halo Bima …!
    kalau anda pakai infrastructure AD anda bisa bikin group policy pada container users atau bikin container tertentu untuk mereka yang tidak boleh akses control panel. Anda bisa bikin policy untuk disable control panel lewat Run (tekan tombol windows dan R bersamaan) ketik mmc Enter => piih Add/remove snap-in => klik ADD => pilih Group policy object editor => group policy object “local computer” => Finish => Close => Klik OK.
    pilih local computer security. Pilih User configuration terus pilih administration template => pilih control panel => double klik “prohibit access to the control panel.” anda bisa pilih “enable” agar user tidak bisa akses control panel.
    kalau gak pakai AD anda mesti satu-satu dan kalau user punyai akses local admin yach mereka juga bisa acak-acak lagi. kalau pakai infrastructure AD, anda bisa batasi user secara global atau per container, anda bisa control semuanya dengan mudah pakai group policy.

  14. nurdin says:

    Ki ketemu lagi nich….sebelumnya sy dengan permasalahan wireles dan beres total.
    mau tanya sedikit lagi aja nich,,,,
    pc A dengan ip 192.168.1.4 dengan nama pc4.
    pc B dengan ip 192.168.1.5 dengan nama pc4
    dengan jaringan sebagai berikut:
    isp====>modem===>mikrotik===>switch hub====>pc A
    ====>pc B
    ====> dan seterusnya..
    yg jadi permasalahan saya yaitu kenapa sewaktu pc A running dan selanjutnya pc B saya running,ada peringatan di pc B kalau ip conflict.
    apa karena nama pcnya sama(sewaktu saya install teregristasi dengan nama pc4).
    langkah apa yg harus saya ambil selain install ulang OS nya.
    ditunggu jawabannya …terimakasih.

  15. Ki says:

    error nya ip conflict ato apa? kalo hostname dan groupname sama yach emang gak mau …pasti error ada conflict. Coba saja matikan dulu pcA dan ganti PCB dengan nama berbeda. Gak usah install ulang harusnya, ganti hostname yang unique saja dari
    start> klik kanan My Computer> pilih property > disana ada network ID …ganti saja dengan nama lain.

    satu lagi itu pc ipnya di set manual IUP address ato dapet dari modem (DHCP)?

  16. Zainal Mojokerto says:

    Ada gak ya yg tau tentang teknologi mikrotik,,,,share ya,,,

  17. Madhom says:

    kenapa yah komputer di warnet saya, bisa konek internet,ping Gateway bisa, tapi di ping ke IP adress ke server(192.168.1.2) tidak bisa? padahal sebelum di instal ulang bisa semua,,

  18. Wahyu says:

    mas saya mau nanya;
    network di salah satu komputer di kantor saya sering trouble,.
    tapi untuk akses internetnya bisa,., saya sudah coba instal ulang my network place,, tp masih tetap kayak gitu lagi.,.
    internetnya nyambung tapi network ke komputer lain terputus.,
    terima kasih

    • admin says:

      coba perhatikan ip address nya, apakah dalam satu jaringan dengan lan anda. periksa konfigurasi ip address di komputer lain berapa ip jaringannya, subnet mask nya. bisa saja subnet mask beda atau ip jaringannya beda. Internet pake sambungan speedy ato apa? biasanya modem speedy sudah dikonfigurasi dg dhcp server aktif, harusnya semua pc yg connect dg setting automatik akan aman-2 saja

  19. londho jowo says:

    aslmlkm wr wb. salam kenal mas, mas mohon informasi solusi mengenai permasalahan di warnet saya sering kali jaringan lambat dan juga akhir – akhir ini koneksi facebook dan loading poker bermasalah, yang sudah kami lakukan install ulang komputer dan hubungi speedy tapi kondisi masih bermasalah.. mohon informasi solusinya bos , langkah – langkah apa yang dapat saya lakukan. terima kasih. wslmkm

    • admin says:

      speedy di warnet juga tergantung seberapa lebar bandwidth warnet anda karena harus dibagi dengan banyak pc. disamping faktor bandwidth, website target juga sangat ngaruh yg diluar kuasa kita apalagi FB …kalo pagi subuh masih bagus buka FB ..kalo siang lelet banget …kualitas pc juga sangat ngaruh …tuk mastiin apakah speedy yg lelet di website speedy itu ada speedometernya berapa bandwidth antara warnet ke kantor speedy …kalo sesuai dg quota anda, berarti dr telkom ke warnet Ok. Coba gunakan utility pathping atau trace (misal pathping facebook.com) tuk ngelihat statistiknya …
      ato kalo curiga pc, kalo ada satu pc bagus specnya …coba test ngaruh banget gak …ato coba test saat gak ada users, gunakan sendiri mungkin waktu subuh …kenceng gak …bandingkan akses website Indonesia dg website luar …
      jadi gampang2 susah nyari akar masalah leletnya internet …

  20. santoso says:

    tolong tanya mas,di warnet saya ada dua client yg sering putus-nyambung koneksinya …padahal sdh saya ganti kabel utp yang baru tapi masalahnya kok tetap sama !saya pakai speddy dg speed 1 mbps yg bs nyambung tanpa putus-putus hanya 6 client mas…terima kasih atas bantuannya.

    • admin says:

      saya sich curiga di driver NIC adapternya …atau Widnows nya gak sempurna instalasinya ….
      coba dech di uninstall NIC nya terus di install lagi …patch winodwsnya juga di update …biasanya sering masalah kalau windowsnya gak sempurna…

  21. santoso says:

    terima kasih mas atas sarannya…nanti akan saya coba install ulang semuanya..

  22. 17 th says:

    kenapa jaringan diwarnet om saya selalu dc terus??? mohon informasinya trimakasih………..

  23. lintang says:

    Gan..ijinkan saya untuk bertanya..langsung aja Gan, ane punya kompi yg terkoneksi ke internet, udah bisa konek ke internet (internet & local) tp masih ga bisa buat browsing. udah dicoba ping ga ada masalah, tracert ga ada hambatan. tp pernah coba ipconfig tertulis disitu kalo DHCP server enabled..mohon pencerahan Agan. trima kasih

  24. lintang says:

    maaf gan masih ada yg kurang..maksudnya DHCP Server enable = NO…thanks

  25. Ki says:

    koneksi internet pake apa …?speedy ato 3g modem? atau di kantor …?
    modem / router sambung langsung ke kompi ato ..??
    more detail please …!

  26. farrel says:

    mo nanya nih bos..aku sdh install win server 2003 dgn menjalankan active directory utk 1 server dgn 9 client.server 2003 kan punya cara mengatur ip sendiri nih bos,padahal di modem speedy sendiri sudah ada ip dynamicnya.gmn cara setting modem adsl speedynya agar tidak bentrok dgn ip server 2003nya dan semua komputer bisa koneksi internet lewat switch hub?.mohon petunjuk dan arahannya…bos
    thank b4

  27. farrel says:

    pada jaringan yang sedang aku kerjakan nih bos,ada 9 client dan 1 server 2003 yg menjalankan active direktori, saya ingin pasang modem speedy di Switch-Hub tidak melalui servernya apakah bisa?klo emank bisa mohon petunjuk n arahan untuk settingnya bos….makasih sebelumnya

  28. Ki says:

    speedy punya modem-router yg enable dhcp. Kalo da pakai dhcp server di win2003, disable saja dhcp yg di modem speedy. kalo anda sudah bisa akses internet pakai speedy, lihat berapa ip address modem-routernya – dari pc yg bisa connect ke internet, running “ipconfig /all” dan lihat gateway nya berapa, gateway itulah ip address dari modem anda. Biasanya 192.168.1.1 …tapi gak semua pakai default ip address itu.
    masuk ke configurasi modem http://192.168.1.1 login admin dan passwordnya …? mungkin “password” atau yang lain. Masuk LAN setting disana ada dhcp server, disable saja.

  29. ian says:

    assalamu’alaikum wr.wb

    gan ni saya ada warnet,indikator internet dan lan pada modem kedip2 terus dan koneksinya jadi lemot banget.tapi kalau kabel lan muanya saya lepas nyala normal lagi. apakah kabel lan saya bermasalah?? apakah kalau kabel lannya saya crimping ulang bisa normal kembali?mengingat kabel lan saya lepas koneksi lancar kembali. saya 7 komputer dengna paket 1mb speedy. makasi atas bantuannya.

    balas via email aja gan.

    wassalamu;alaikum wr.wb

  30. Ki says:

    coba lepas satu persatu kabel itu …cari yang mana yang bikin masalah. kalau da ketemu salah satu koneksi bermasalah …coba pinjam kabel yang bagus …kalau tetap bermasalah berarti kompi yg bermasalah …coba troubleshoot di NIC adapternya …ganti atau drivernya diremove dan install ulang …

  31. Mie says:

    Minta izin copy paste tulisannya. Terima kasih.

  32. tedirahmatfajar says:

    maaf sebelumnya saya mau betanya modem yang bagus apa cie masalahnya masa tiap bulan saya harus ganti modem trus knapa suka ngelek atau gx da jaringn

  33. Ki says:

    sebelum ganti modem anda coba periksa system grounding anda. peralatan electronic akan sangat awet jika system grounding anda bagus. Buat kabel khusus yang ditarik dari system ground ke tanah dan pastikan casing komputer di grounding ke tanah …saya pakai prolink dari speedy udah 4 tahun lebih aman2 saja.

  34. Cloning says:

    Sy punya satu server dan 8 clien yg akan saya jadikan satu jaringannya dgn yg sdh ada ketika sy coba dgn simulasi jaringan terpisah program sy bisa jln namun ketika sy jdkan satu dgn jaringam yg lama tdk mau jln. Sy sdh ping dgn cr memasukan ip dan hostname tetap tdk bisa dan sy ganti ip static tetap tdk bisa tlng pencerahannya ki wasalam

  35. Ki Grinsing says:

    @Cloning: masalah ping gak bisa coba cek dulu apakah kedua jaringan berada pada subnet yang sama dan juga gateway yang sama juga? lihat pake ipconfig dulu, bisa nya kalo gak bisa saling ping pasti masalah subnet yng beda kalo gak ada routing table yang bagus…

  36. macemmacem says:

    jika suatu jaringan DHCP, misal klien A dengan IP 192.***.**.2 dan B dengan ip 192.***.*.3, simulasinya komputer A dan B dapat ip secara auto, dan kedua ip di ping bisa A-b bisa B-a juga bisa, nah masalahnya komputer B bisa konek ke internet, ping ke gate way jga bisa tapi kenapa komputer A tidak bisa konek dan ping ke gatewaynya g bisa :), apa ya masalahya 🙂

  37. Ki Grinsing says:

    si agan yang macemmacem:

    simulasi agan pake dot di octet ketiga dua dot (pc A) dan satu dot (pc b). Keduanya bisa saling ping, ini berarti agan pake subnet 255.255.0.0 …kaerna gateway tidak disebutkan pake ip berapa dan subnet mask berapa, maka asumsi ane subnet mask di gateway pake 255.255.255.0 dan dalam satu segmen jaringan yg sama dengan pc b. sementara pc a pada segmen jaringan beda dg gateway.

  38. Ucun says:

    Gan sy pnya 1 server dan 9 clien… lampu modem menyala dgn baik,,, tp koneksinya sering putus-putus. klo saya matikan beberapa detik modemnya browsing lancar kembali namun stlah beberapa menit kemudian putus lagi…
    Mohon pencerahannya..

  39. pram says:

    maw taw dunk om … saya termasuk newbie neh ..
    saya baru buka net 1 tahun … saya da permasalahan IP lokal sering lepas pake speedy 2 line , setelah ganti IP lokal baru, baru bisa selancar lagi .. aneh nya pass posisi kosong client saya coba work semua. tpi begitu rame konsumen jadi lepas semua IP lokal terpaksa diganti lagi. jadi selama hampir 2 minggu ini saya alami seperti ini, apakah yang bisa bantu saya OM. trims sebelum nya. ^^

  40. Ki Grinsing says:

    1. maksudnya IP lepas jadi kosonng atau terganti sendiri ke IP antara 169.254.0.1 sampai 169.254.255.254 dengan subnet mask 255.255.0.0 ??
    2. Apa dhcp tidak diaktifkan??

  41. pram says:

    yups IP lepas jadi kosong … setelah diganti IP lokal yang laen seperti dari 192.168.1.15 itu kosong kemudian diganti dengan IP lokal baru 192.168.1.16 baru bisa selancar browsing kembali.
    tapi klo kembali pada IP sebelumnya dia kosong kembali.
    sekira nya apa penyebabnya om ? tolong dunk para master >.< dikit frustasi neh dengan keadaan seperti ini.
    satu lagi maw tanya neh.. Swith / hub klo rusak gejala nya seperti apa Om .. ?
    pencerahan nya om suhu

  42. Ki Grinsing says:

    kan make speedy, aktifkan saja dhcpnya dari routernya …kan semua pc bisa dapet ip automatic dari router speedy. Jadi jangan pake ip statis. aktifkan dhcp server di router speed (biasanya aktif dari defaultnya). Semua pc di set “obtain ip address automatic”, kalau manual ip statis bisa saja terjadi conflict ip kalau gak teliti. Kalau pas dapet ip kosong coba di renew dg command ipconfig /renew di dos prompt untuk memperbaharui ip.

    1. scan semua pc kalau2 ada virus dan malware
    2. pastikan ada grounding di electrik anda
    3. switch yg mau rusak biasanya bikin system jaringan sering hang … dan lampu led nyala semua tanpa blinking

  43. oLizt says:

    gan,sy mau tanya donk
    kebetulan koneksi internet di tempat saya bekerja memakai VSAT (satelit),jadi konfigurasinya dari modem – hub – komputer client , pertanyaan sy ketika menggunakan hub dari 6 komputer klien koneksiny lambat semua dan dari 6 komputer klien tsb hanya 1 yg terdeteksi di arp lalu sy coba bypass ke 1 komputer koneksi jadi cepat.Apakah masalahnya pada perangkat HUB ?

  44. Ki Grinsing says:

    harusnya kalau langsung dari modem mestinya gak bisa dibagi, karena kalao modem-only device gak bisa mapping alias tidak ada NAT nya. Tapi gw gak tahu apa itu betul modem tanpa router …atau dari modem itu ke satelite …terus dari satelite ke home-base nya dikantor mana …terus di kantor itu apa langsung ke internet atau gimana …kayaknya emang hanya satu IP yng lewat ke satelite …dan anda harus bagi lewat router dg setting NAT ke subnet anda

  45. saifudin says:

    Sy ada maslah ie di proxy , jika sy pilih offline maka ie bisa di buka ( Browsing ). Tapi jika sy pilih online maka tidak bisa buka ie .

  46. Ki Grinsing says:

    @saifudin: ini dikantoran ato dirumah. Proxy biasanya minta user-name dan password kalau emang dibatasi. port bisa saja tidak diset 80 mungkin 8080. Kalau online berarti dia mencari validasi koneksi ke internet …kalo user-name dan password gak masalah, port juga gak masalah, coba cek gateway nya kemana? bisa saja IP address tidak satu segmen.

  47. muhammad says:

    salam kenal,
    saya adalah masalah di dhcp, dimana IPnya dapat dari dhcpnya tetapi tetap tidak bisa browsing,
    mohon pencerahannya

  48. Ki Grinsing says:

    Coba periksa gateway nya mengarah kemana …?coba ping ke arah gateway bisa nggak? coba di release dan renew lagi …pakai comnadn “ipconfig /renew”

  49. barita says:

    assalamu alaikum,…. saya punya masalah nie,.. saya punya jaringan hospot klw pelanggan saya mau login ke halaman alamat hospot sy itu slalu error… binggunya gak smua laptop yg login ke hospot jaringan sy itu bermasalah.. ada yg gak ada jga yg bermslah… tolong pencerahannya,..

  50. ilham says:

    gan saya mau nanya nih..?
    kenapa saat saya mencoba ping untuk ke lan itu bisa..
    tapi saat mencoba ping ke gateway itu selalu time request out, kenapa ya gan tolong..?

  51. ki says:

    Nah lho emang gateway berada pada subnet yang sama nggak dan bisa routing nggak ke gateway ….? gini, kalau gateway router ada dalam satu LAN dirumah misalnya, gateway (router/,modem) anda ada dalam satu jaringan, artinya subnet mask nya sama misal 255.255.255.0. Kalau misal pada gambar diatas gateway tidak bisa di ping, berarti kabel ke gateway putus alias semua kompi tidak bisa konek ke internet. Coba cek subnetnya di gateway ato di kompi sama nggak?

  52. irwan says:

    Gan, ane ada problem nih di kantor…
    Ada satu PC yang memakai Windows 7 tapi tidak bisa connect Internet.
    Sudah saya setting pakai Automatical DHCP dan DNS pakai google, dan sudah mendapatkan IP Address. Setinggan pada internet options sudah saya samain dengan PC lain dikantor. Mohon pencerahannnya???

  53. ki says:

    Dikantor pakai apa, router speedy ato apa? yang dipakai ipv4 ato ipv6? yang dimaksud DNS pakai google apa? Ok, udah dapet IP address apakah IP mempunyai subnet sama dengan yang lain nggak misal 192.168.1.xxx …?apakah ip nya antara 169.254.1.0 – 169.254.254.255 …?kalo yang terakhir ini berarti gak dapet ip dari dhcp.

  54. oky says:

    saya punya masalah, masalah saya tu harus seting ip manual, misal ada hotspot tu, saya harus seting ip saya sendiri, biasanya hotspot kan memberikan ip secara DHCP, tapi saya tidak dapat menerima DHCP itu, solusinya gimana ya, tanpa harus seting IP manual

  55. ki says:

    kok tahu kalo ip address static di hotspot …emang nanya ke yang empunya untuk di setting sendiri … ? gimana ente tahu kalo ip range dari hotspot bla..bla …bla ..terus ente ambil satu ip free…?

  56. Deni says:

    Selamat Malam Mas,

    Saya sedang membangun jaringan wireless di rumah,ISP first media,router wireless linksys e1200.setelah saya konfigur jangakauan wirelessnya tidak luas.akhirnya saya beli satu lagi linksys yg sama e1200 sebanyak 2 unit 1 saya pasang diujung tangga lantai 2, yang satu lagi di kamar ( saya mengkonfigur nya dengan cara cascade,dengan ip gateway sama 192.168.1.1,nama utk SSID nya sama,dhcp automatic,range ip start 100 ( sama semua ).yang jadi masalah pc yg terkoneksi di router utama sering mengalami no internet access,server not found,terkadang bisa lagi.untuk jaringan wireless nya tidak masalah.mohon pencerahan mas kalau boleh saya minta no telpnya.terima kasih

  57. ki says:

    kok dua wireless router? di cascade maksudnya gimana? mestinya kan satu wireless router connect ke modem untuk jaringan wifi, dan e1200 kedua harusnya docnfigure sebagai range extender (itu kalo bisa). Jadi kalo satu e1200 sebagai router dengan IP gateway dimana semua client mengarah ke gateway ini. untuk menambha jangkauan mestinya menggunakan range extender misal linksys RE1000, bukan menambah e1200 lagi ntar conflict.

  58. Deni says:

    iya mas karena jangkauan wireless tidak luas saya pasang satu router wireless e1200 (LAN to LAN )di lantai 2,satu ethernet port di primary router wireless,saya konek dengan port ethernet di secondary router wireless.permasalahan timbul pc di lt 1 terkadang no access internet.apa karena terjadi conflict,tetapi utk wireless koneksi berjalan dengan baik (saya rubah chanel frekwensinya di second router).mohon diberikan pencerahan mas.terima kasih

  59. ki says:

    WAN port pada router harus konek ke modem ethernet port, jadi tidak boleh WAN port router ke ethernet LAN port router lain.

  60. andre says:

    wah..
    saya mau tanya juga nih… saya punya network dimana ada 10 PC nah untuk IP saya kasih statik semua dari .11 sampai .20 dgan gateway .1 (mikrotik) nah sebelumnya normal” aja sampai saya menemukan masalah IP yg .13 tidak mau koneksi Internet, saya disable enable tetep saja saya ping ke gateway RTO saya ping k DNS RTO saya ping ke PC lain BISA tapi gak ada koneksi INternet sedangkan PC yg lain semuanya normal bisa access Internet Tolong dibantu ya…. mohon bantuanya… udah saya unisntall dan install lg drivernya kondisi masih sama…

    makasih

  61. ki says:

    @Andre: kalau ini masalah local PC kayaknya karena ping ke gateway saja gak mau yach gak bakal bisa konek ke internet. Coba ping ke localhost (127.0.0.1) mau gak? kalau gak mau yach masalah konfigurasi tcp-ip gak bener, kalau mau coba ganti kabel utp nya.

  62. Habil says:

    Assalamualaikum ki,
    Ki saya mau nanya dong di kantor saya ada konflik internet gak bisa konek semuanya wifi mati maupun PC2 yang ada, ISP ane Biznet pake 1 MB untuk Intenasional & 5 Mb buat Local, susunan jaringannya kaya gini “Modem > Mikrotik > Switch 1 > Switch 2 lalu diswitch2 saya masukin client 6 , terus saya sambung lagi ke switch 3 dan sisa user saya masukin disini , lalu udah 2 hari ini ISP kemaren sempet down dan pas saya cek dimikrotik semua jalan , di switch 1 juga jalan , tapi dari switch 1 ke switch 2 maupun 3 semua terputus, saya liat diswitchnya kebaca tapi tetep gak konek *kedip2 switchnya, dan setiap saya masukin IP secara statik selalu limited access dan ujung2nya masuk ke ip 169.259.29~ yang kaya begitu, tolong dong ki saya stress saya baru pertama masuk kerja , makasih dan tolong ajarin saya buat bikin jaringan share agar semua bisa koneksi lagi soalnya disini antar pcnya gak ada yang bisa sharing lagi

    • Ki says:

      Coba test satu PC ke switch 1 apa bisa konek internet. Kalau dilihat di IP 169.254.xxx.xxx itu berarti client tidak dapat IP address dari dhcp server. Coba cek dhcp server apa aktif, atau bisa saja kabel dari switch 1 ke switch 2 bermasalah …coba ganti.

  63. Iman Uswana says:

    met malam saya punya warnet disalah satu komputernya tdk ada akses internetnya kenapa yach mohon penjelasan terima kasih
    Iman

  64. muttaqien says:

    Ass.Bisa tolong gambarkan desain pemasangan jaringan, dimana saat ini lokasi modem / router TP Link TD-W8951ND di lantai 3 dan ingin memasang access point di lantai 1 dan 2. Dan saat ini di lantai 1 sudah terpasang AP merk D-Link dan lantai 2 wifi-router merk TP-Link. Setting nya bagaimana?. Maaf kalo bahasa ga tersusun, mudah2an bisa dipahami. Trimakasih.

  65. zain says:

    mau tanya nih master,..
    ada yang aneh sama jaringan di tempat saya..
    ping PC lokal bisa, tp ping ke gateway ndak bisa..
    IP PC 192.168.0.10 – 192.168.0.20 (warnet)
    dan Gateway 192.168.0.1
    cuma ping ke gateway saja yang tidak bisa..
    termasuk login ke modem juga otomatis tidak bisa.. Connection has timed out..
    sebelumnya IP saya gunakan 192.168.1.1 – 192.168.1.20 dari gateway sampai PC terakhir..
    setelah saya rubah konfigurasi Lan di modem menjadi 192.168.0.1 dan IP PC saya ganti 192.168.0.10 dst jadi tidak bisa ping ke gateway..
    yang jadi aneh lagi, koneksi internet normal2 saja..
    hanya ndak bisa konfigurasi modem saja..
    mohon pencerahannya..

    • Ki says:

      Hi Zain@

      kok aneh yach …kok kayak beda subnet saja. kenapa gak pakai dhcp saja, jadi dhcp di modem diaktifin terus semua pc di buat automatis dhcp client. Jadi semua client ngikutin semua setting jaringan yang sama dengan modem. Sekarang ini pc semua statis kan?

  66. sapari says:

    kantorku pakai jaringan Lan pakai sinyal radio.dulu pakai ip aja sudah bisa,,tapi skrang katanya dibatasi hanya computer server yang bisa buat internetan.tak coba ganti ip terus tetep gak bisa gan.mohon bantuannya gmn cara agar bisa line internetnya.
    tiap tak coba ada tulisan gini gan,,
    microsoft TCP/IP
    Warning-multiple default gateways are intended to provide redundancy to a single network(such as an intranet or the internet).They will not function properly when the guteways are on two separate.disjoint networks(such as one on your intranet and one on the Internet).Do you want to save this configuration?

    Yes No

    • ali h says:

      Kalo da dibatesin gini bisa jadi access list per IP address hanya di server emang, kalo per node yanch gak bisa harus minta ke admin. Kalo per segmen network yac bisa, itupun kalo emang dibuka.

  67. Yopie says:

    Mau tanya pak, setelah dari modem ke router, apakah memungkinkan disambung lagi ke router lain? (router ke router), saya coba kok koneksinya jadi putus nyambung (internetnya, tapi LAN masih bisa di PING dan reply normal)

    • Ki says:

      kalo dari router ke router, router terakhir harus diset sebagai wireless access point (AP). Beberapa jenis router bisa dikonfigure sebagai wireless AP.

  68. Lukas says:

    saya memiliki problem dengan koneksi internet, setelah terkoneksi akan terputus sendiri setelah berjalan sekitar 5 menit kurang lebih, dan selalu muncul “default gateway is not available” setelah di diagnose local internet connection nya,
    dengan detailnya sebagai berikut:

    Details about network adapter diagnosis:

    Network adapter Local Area Connection driver information:
    Description . . . . . . . . . . : Atheros AR8132 PCI-E Fast Ethernet Controller (NDIS 6.20)
    Manufacturer . . . . . . . . . : Atheros
    Provider . . . . . . . . . . . : Microsoft
    Version . . . . . . . . . . . : 1.0.0.4
    Inf File Name . . . . . . . . . : C:\Windows\INF\netl1c86.inf Inf
    File Date . . . . . . . . . : Monday, July 13, 2009 8:46:28
    PM Section Name . . . . . . . . . : L2C.ndi
    Hardware ID . . . . . . . . . . : pci\ven_1969&dev_1062
    Instance Status Flags . . . . . : 0x180200a
    Device Manager Status Code . . : 0
    IfType . . . . . . . . . . . . : 6
    Physical Media Type . . . . . . : 14

    saya menggunakan netbook
    Acer aspire one – [A0532h]
    OP: windows 7 starter
    Processor: Intel Atom N450 1.66GHz 1.77GHz
    RAM: 2 G
    System type: 32 bit
    Networking connection adapter: Atheros AR8132 PCI-E Fast Ethernet Controller (NDIS 6.20)

    selama ini sy sudah mencoba reset ip di run cmd,
    ganti speed and duplex di networking ethernet controller
    [Atheros AR8132 PCI-E Fast Ethernet Controller’s speed and duplex di bagian adaptor local connection property] menjadi 100 Mbps yang malah jadi gak bisa koneksi sama sekali.
    sampai nge reinstall windows saya, masih saja tetap mengalami problem yang sama.

    saya juga telah mengkontak provider, fastnet, pihak fastnet mengirimkan teknisinya utk mengecek modem dan kabelnya, kemudian teknisi coba menggunakan netbook acer nya dengan menyambungkan kabel modem saya ke netbooknya, hasilnya internet berjalan lancar di netbooknya, tapi begitu balik di sambungkan ke netbook saya, penyakit disconnection nya kambuh setelah kurang lebih 5 menit terkoneksi.

    saya juga sudah mengikuti saran saran dan rekomendasi yang diberikan di internet atau website bahasa inggris, agar meng non aktifkan Microsoft Services [yang terselubung / hidden] di folder services pada run – msconfig, juga mengnonaktifkan seluruh pilihan di folder start up nya, dengan hasil nol besar, saya masih mengalami problem yang sama.

    saya merasa buntu dan lelah dengan hal ini.
    mohon bantuan dari para agan disini untuk membantu mengatasi masalah saya.
    saya sudah kehilangan software yang saya beli dengan harga yang cukup mahal [sad mood], biaya internet berjalan terus, dan saya gak sanggup beli laptop baru, saya mohon bantuan teman teman disini.

    terima kasih.
    Lukas

    • ali h says:

      Waduh Gan kalo da sampai di reinstall Windows masih belum jalan, da yakin yach drivernya OK? Ane curiga kalo ada masalah di NIC adapterx – Atheros card. Biasanya NIC adapter ini ada slot pci express mini dalam laptop, mungkin saja koneksinya kurang kuat. Ato kalo ada USB adapter external NIC coba aja …karena agan da ngelakuin banyak kemungkinan kecuali ganti NIC adapter. Coba dech ganti NIC USB external kalo ada pinjem dulu ama temen.

      Cheers

  69. Andri says:

    Network saya menggunakan mikrotik rb750 dan masuk ke AP wiresess linksys EP 3000 dan untuk LAN diset di DHCP server 192.168.2.0/24 dan untuk di AP Wireless DHCP disable. Jumlah klient -/+ 70 user

    Mau tanya nih kenapa ada beberapa klien yang ga bisa dapat IP 192.168.2.XXX tetapi dapat IPnya malah yg diluar range 192.168.233.XXX…subnet mask dan gateway kosong.saya sudah coba direnew release ip tapi sama tidak berubah.Kalau distatik dengan IP 192.168.2.XXX baru bisa..Mohon pencerahannya. Thx

    • ali h says:

      Ini client yang di wifi ato yang di jaringan kabel? Apa gak ada dhcp lain (rogue dhcp), kalo gak dapat dhcp dari server yach emang dapetnya lain biasanya ip pada range APIPA (raneg 169.254.0.1 sampai 169.254.255.254).
      Untuk client wifi dari AP, coba kasih dhcp enable dengan range diluar dhcp pada jaringan kabel.

      • Andri says:

        yang menggunakan wifi maupun kabel kalau obtain suka dapat IP 192.168.233.XXX padahal di router sudah di statik dengan IP 192.168.2.0/24.Networknya tidak ada DHCP lain. Kalau di IP Scan di mikrotik juga suka dapat IP 192.168.233.XXX. Mohon pencerahannya pak Ali. Thx

        • ali h says:

          bisa saja itu broadcast dhcp dari SSID …coba waktu dapet ip 192.168.233.xxx itu di cek ipconfig …dapet dhcp server mana?

  70. Lukas says:

    iya bro Ali, sy telah mereinstall windows, dan akhirnya teman sy merekomendasikan utk beli usb lan, dan saya sekarang memakai usb lan ternyata semua berjalan lancar. browsing, nonton youtube, semua ok seperti sedia kala. sayang sekali sy dapat informasi ini setelah sy mereinstall windows saya.

    trima kasih bro Ali telah merespond postingan saya ini.

    salam sejahtera,
    Lukas

  71. a2u.net says:

    koneksi di warnet kami sering terputus & kalau di ping keluar tulisan Destination net Uncracabel..ini yang jd masalah di koneksi internet atau di sofwear computer..
    kadang dalam berapa menit bisa normal kembali tapi setelah itu keluar tulisan rekuest time out..dan ada tanda seru warna kuning di samping logo komputer mohon solusi dan pencerahan untuk para suhu suhu..2thn sudah warnet saya begini – begini terus…langkah apa yg harus saya lakukan tlpon 147 percuma cuman gk pernah ada solusi yg bagus cuman di kasi jwaban pormalitas saja..trimakasih

    • ali h says:

      Biasanya kalo destination unreachable itu masalah DNS pada clients …coba di dhcp untuk setting DNS mengarah ke salah satu dns telkom speedy dan lainnya mengarah ke Google. Untuk telkom coba pakai DNS Telkom.net.id Telkom Speedy:

      202.134.2.5
      203.130.196.5
      202.134.0.155
      202.134.1.10
      202.134.0.62
      202.159.32.2
      202.159.33.2
      202.155.30.227

      untuk primary DNS nya, dan untuk secondary DNS pilih Google 8.8.8.8 atau 8.8.4.4. Bisa dibalik untuk primary pakai google, secondary pakai telkom.
      kalo sering RTO gini biasanya kualitas sambungan antara pelanggan ke speedy, coba minta telkom perbaiki kualitas kabel, mungkin bisa diganti kabel sambungan dari tiang ke rumah, atau ganti spliter nya jika pakai spliter, dan ganti juga kabel telpon ke modem.
      See whar happen …good luck mate!

  72. mahar says:

    selamat malam, mas saya pake modem d link sudah hampir 5 tahun, indikator lan, adsl semua menyala, tapi indikator i internet mati, saya sudah coba restart modem saya, lalu saya setting ulang username password nya, tapi tetap saja lampu indikator i tersebut mati, dan gak bisa konek internet,

    mohon pencerahannya

    • ali h says:

      Biasanya kalo indikator internet mati itu karena emang ada masalah di fihak provider. Kalo Telkom bisa saja karena kabel line telpon masalah, ato ada perubahan user-password yang tidak match antara di system telkom dan di modem anda. Coba confirm ke providernya.

  73. yopie says:

    gan sya mo tnya ni di pc sya tidak bisa conect internet tpi bisa buka data sharing ke server.
    udah sya cek n instal driver lan card tpi gagal juga.udah sya ping lewat cmd ke gateway nyambung tpi saya ping ke DNS n internet gx bsa” RTO trus..
    kira ad solunyinya gan.. terima ksih bnyak sblumnya gan..

    • ali h says:

      emang servernya kantor ato apa? di kantor biasanya pakai proxy yg bisa aja dibatasi user mana yg bisa ngenet n ngednload, mana juga yg kagak bisa …minta ke adminnya …

  74. yopie says:

    kantor pa..
    cara buka ke adminnya gmna pa langkah-langkahnya ..

    • ali h says:

      lah kalo buka ke admin harus ijin ke adminnya, emang di protek gak boleh ada yang boleh akses. Yach terima aja, ato di rayu tuch si admin yg cantik …kali aja luluh he..he…

  75. Tyv says:

    Hi,

    Langsung aja, mau tanya, baru nambah 1 PC di warnet. Buat download dari resumable link, torrent, update aplikasi tertentu (i.e Game, Flash Player), dll. lancar. Tapi buat browsing ga bisa sama sekali. Ping ke localhost OK. Ping ke address manapun sering RTO. Begitu juga ping ke gateway, sering RTO. Ping ke client lain jg sama. File sharing juga ga bisa. Melihat PC lain yg lancar, yang saya prediksikan sih kabel UTPnya (ini tang crimping udh rada tumpul, jadi mikir kesitu aja hehe).

    Pertanyaannya, apa kira-kira ada masalah lain selain itu? Ini pake OS Windows 7, soal firewall misalnya? Atau apalah…
    Mengingat download bisa, tapi buat browsing ga sama sekali.

    Trims

  76. rifki says:

    pak kalau misalkan internet saya melambat terus browsing aja lama download juga susah paling mentok dapat 20 kb/s padahal ping tidak jelek dan 2 hari terakhir masih normal – normal saja. terus saya iseng-iseng nge netcut komputer lain ternyata speed saya kembali normal tapi kalau saya normalkan lagi koneksinya lambat lagi saya ulang ulang seperti itu, kira – kira penyebabnya kenapa ? apakah komputer lain lagi download juga padahal saya netcut jam 1 pagi sampai siang terus malam secara berkala kejadiannya gitu terus koneksinya otomatis melambat. terima kasih

    • ali h says:

      nah tuch pc tadi yang bikin masalah, bisa saja ada virus yang ngebroadcast atau NIC adapter nya ada masalah. Coba di scan dg anti virus pc tsb, terus update driver NIC nya kali aja outdated …kalo masih masalah, ganti NIC adapternya.

  77. Akhadi Kurnia says:

    bapak, mohon pencerahan saya orang awam masalah jaringan, sebelum ganti modem saya ga dengan koneksi speedy, entah kenapa begitu modem baru karana setingan atau apa sekarang sering reconnect sendiri sedangkan di laptop yang lain masih reconect tapi lebih lama jangka waktunya satu jam-an. makasih perhatiannya

    • ali h says:

      ane kok kagak paham nich pertanyaan yach ..beberapa kali tak pahami kagak ngerti juga, o’on juga mich ane …maap bang Kurnia yach …

  78. Sendi says:

    Selamat Pagi,

    Pak saya mau bertanya mengenai jaringan pada router.
    Saya mempunyai 2 router, yaitu router A dan router B.
    Masing2 mempunyai 2 buah port eth (PC Router), 1 port eth untuk koneksi antar router dan 1 port eth untuk LAN.
    Di router B mempunyai DNS server, sehingga di kedua sisi LAN bisa berhubungan menggunakan host name dan di Router A mempunyai Server2 yang bisa di access langsung menggunakan host name.
    Lalu Router a diganti menggunakan mikrotik yang mempunyai lebih dari 10 port eth dan di masing-masing port mempunyai gateway yang berbeda.

    Permasalahannya adalah user di router B dan user di router A yang berbeda gateway dengan server di router a, tidak dapat meng-access server di router A menggunakan hostname (Hanya menggunakan IP). Mohon pencerahan mengenai permasalahan tersebut..
    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Sendi

    • ali h says:

      Kalo ini masalah routing. coba aja lihat di routing tablenya, apa masing2 path udah dikenalin ato belum. update dulu routing tablenya biar bisa lewat.

  79. heru says:

    q juga mau nanya nich.. q punya pc 1 yang aneh dalam warnet saya.
    masalahnya gini lancadr terhubung tapi tidak bsa di buat browsing baik pakai explorer maupun lainnya jka di pindah ke slot lain bisa bentar tp selang beberapa menit tidak bsa lagi..pengturan dari firewall udh disable dan sudah saya pdah ke lan yg lain juga sama saja.
    apakah kemungkinan lancard saya sudah low atau emang motherboardnya yg masalah ya..oya pc yg 1 ini masih p4.yg lom ada landcard internalnya jd masih pakai portabel lancard.

    • ali h says:

      Bisa aja itu karena kabel yang kurang bagus, ato emang NIC adapter. Coba update driver NIC adapternya, kalo masih masalah coba di swap dengan NIC lain dan test. Jadi coba ganti/ swap kabel kemudian NIC adapter. see how it goes

  80. mumin says:

    master mau tanya,
    kalo wifi(lan) ga bisa konek gmana ke semua pc atau perangkat?????
    troubleshooting gitu tpi udah di benerin tpi ga bisa konek terus??? gmana cara perbaikinya

    • ali h says:

      Kalo wifi gak bisa konneck ke semua client coba di cek, apa dhcpnya aktif ato kagak. Ato cek aja di client dapat IP berapa? IP ada pada jaringan yang sama dengan wifi router ato kagak? kalo ipnya dapet antara 169.254.0.1 to 169.254.255.254 maka berarti kagak dapet ipp dari dhcp.

  81. Andri says:

    halo pak ali..di kantor saya menggunakan 2 link. yg A koneksi menggunakan wiring dan yg B menggunakan Metro E. link A IP LAN dibuat 192.168.XX.XX utk server, internet dan sharing internal. Dan utk link B dibuat dengan blok IP 10.255 hanya dipakai utk server dan VPN.
    Yg ingin ditanyakan bagaimana caranya supaya link B bisa digunakan juga utk internet dan LAN internal dengan blok IP 192.168.XX.XX…karena link B BW nya lebih besar dari link A. dan link A banyak juga digunakan utk VPN. Topologinya Link A masuk ke port 2 mikrotik dan link B masuk ke port 4 mikrotik dan LAN menggunakan port 3. Topologinya dari link langsung masuk ke mikrotik dan port 3 langsung ke switch dan AP Wifi.Thx

    • ali h says:

      waduh ruwet nich ngebayangin topology jaringan ente ame microtiknya. intinya sich, kudu nambahin routing path pada port B agar bisa melewatkan port 80/8080 (internet). Mungkin aja untuk port B hanya dibuka untuk port vpn – pptp ato l2tp. coba aja bicara ama adminx bisa aja emang di blok untuk port itu. Nah kalo masing2 network kudu bisa komunikasi yach harus saling tambahin path routing masing2 jaringan.

  82. rapon says:

    gan mau tanya
    itu tempat ane kan pake speedy yang di wireleess
    terus padahal tulisannya internet akses tapi kok kagak bisa ya?
    yang konek cuma 1 laptop aja makasih

    • ali h says:

      speedy wifi maksudnya? kalo pake kabel bisa kagak and kalo pake wifi hanya satu laptop getu? Coba cek dulu di dhcp wifinya apa emang da diaktifin ato belum?

  83. Syakib says:

    Bung Admin..
    Sy sudah lakukan cripping ulang 2 berhasil .. tp tidak bisa koneksi internet padahal sudah sy lakukan ip static .. ping ke modem tidak ..apa kendala ya mohon bantuan.. terima kasih atas perhatian dan bantuannya

  84. rikizion says:

    gan.. ane mautanya, ane kmarin habis pasang speedy, udah 5harian lah, no problem,,
    trus pas itu ane copot2in kabel2 soalnya pc mau di tata lagi, biar hemat ruang, ternyata,,
    pas ane colokin semua, tiap habis komputer ane shutdown, ane nyalain lagi, speedy ga konek,
    musti Disable / Enable dulu di Control Panel > Network and Internet > Network Connections..
    baru bisa konek internet.. saya pakai Windows 7 Ultimate, modem dapat dari Speedy type Huawei HG532e, dan Komputer tidak saya instali apa-apa, karena habis saya instal ulang.. mohon pencerahannya min.. biar ga ribet tiap ane nyalain lari ke Control Panel dulu.. makasih… 🙂

    • ali h says:

      kalo pake di dos command IPCONFIG /renew tanpa harus disable enable bisa gak?
      Coba periksa kabel ke router kali aja kurang bagus koneksinya, kan awalnya masalah beresin kabel.

      • ali h says:

        kalo konflict IP yach pasti ada yang pakai ip static, coba cek satu persatu pc kali aja ada yang pakai ip manual statiic yang sama dengan pool dhcp.

  85. rikizion says:

    sudah gan, saya repair aja.. / recover…. sudah bisa, tapi,, ada lagi gan sekarang ip conflict setiap ane habis restart modem… gimana min? apa bisa jadi masalah nantinya? maaf saya masih 0 di dunia network min.. jadi banyak tanya 😀

  86. limhot says:

    siang agan ali..ane punya masalah yg ga biasa nih, windows yg saya pake windows server 2008, kalo di ping ke lokal area network bisa contoh : ” \\192.168.1.2 “, setelah di tembak ke PC tersebut ” \\192.168.1.2 ” dia keluar eror :

    “Network Eror

    Windows cannot access \\192.168.1.2
    Check the speling of the name. otherwise there might be a problem with your network, to tray to identify and resolf network problems,click diagnose”

    saya sudah uninstal drivernya tetap aja demikian, plis banget tolong di bantu pencerahannya.

    terimakasih
    salam

  87. anton says:

    sore gan, mau tanya..koneksi tempat kerja saya pakai speedy. ni koneksi cepet. buat browsing ga bs. tapi buat buka site google & donlod bisa. buka smacam kaskus & detik ga bisa..thanks

    • Ki says:

      speedy kadang ngasih dns agak ngacau pada browser pc tertentu. coba ganti dns manual saja pake dns nya google 8.8.8.8 untuk primary dan secondary nya kasih 8.8.4.4

  88. Masaru Satanabee says:

    Master2 IT, saya mau tanya dunk… File bitcrypt itu apa ya?… Kok file doc, xls, pdf & jpg saya berubah menjadi bitcrypt files dan ga bisa dibuka lagi file2 tsb.

    Mohon bantuan para master… Penting banget data2 hidup mati saya… Please

    Terima kasih sebelumnya.

  89. afrizal says:

    dikantor saya ada 1 client yg terconeksi dengan jaringan dengan menggunakan hub, client yg terhubung pd hub yg sama coneksi lancar, tetapi pd client yg satu ini receive nya tidak berfungsi, yg berfungsi hanya send. OSnya windows, ditempat saya menggunakan mikrotik…mohon pencerahannya bos….bagaimana mengatasinya…settingnya DHCP automatically

    thk’s

  90. ray says:

    permisi mau nanya nih,,laptop saya error di wifi nya,,,jd lambang wifi nya gambar sinyal dan ada connection avaible gitu,,,pas di klik connect ke wifi,,,
    nah masalah nya ga gambar wifi ke connect ,,, tp bisa browsing tapi harus di ipconfig /renew dulu baru bisa browsing,,kalo ga gitu ga bisa,,,itu masalah nya apa yah??
    OS nya windows 7 home premium.

    • Ki says:

      mungkin aja habis dipakai koneksi ke wifi lain, jadi kalo ip di laptop belum habis lease dhcpnya maka dia masih pegang ip lama, kalo ipconfig /renew dia akan ambill ip dari dhcp server yang ada.

      • ray says:

        nah itu dia,,jd ga automatis setiap mau pakai internet harus CMD lalu ipconfig /renew terus,,ada solusi biar automatis?

  91. yudi says:

    permisi saya mw nanya knp komputer saya ada tulisan terputus koneksi,dan ga’bs di buka kompputernya?

  92. manurung says:

    Bos saya mau nanya,koneksi LAN di warnet saya sering terputus,initerjadi sewaktu saya menginstal ulang PC nya,dulu pakai windows XP, saya ganti ke windows7,waktu masih pakai windows XP tidak ada masalah,sekarang koneksinya sering putus,sementara mengatasinya sekarang reset. baru dihidupkan lagi, tolong beri solusinya bos.

  93. nard says:

    Permisi mw tanya mas.
    saya ada permasalahan sama koneksi internet. saya menggunakan jasa speedy dengan modem bawaan tp-link dari telkom, terhubung dengan 10 Pc menggunakan hub 16 Port. dan sekarang ga tau kenapa koneksinya bermasalah, sudah dicoba matikan modem kemudian dihidupkan kembali tetap tidak ada koneksi. setelah saya perhatikan koneksi yang hilang bukan hanya internet tetapi juga koneksi local. kemudian saya coba untuk mematikan hub dengan cara mencabut kabel powernya dan kemudian menyambungkan kembali. setelah hub kembali nyala koneksi local dan internetnya kembali normal dan baik. tetapi tidak berlangsung lama, sekitar 5-10 menit kemudian koneksi kembali hilang. saya harus kembali mematikan dan menyalakan hub untuk mendapatkan koneksi kembali.
    semua PC menggunakan ip statis, DNS telkom. tidak ada keluar peringatan adanya ip conflict. apakah ada kerusakan pada hub atau ada kerusakan disalah satu port hub yang menyebabkan ini? terima kasih atas penjelasannya.
    catt: ketika koneksi local n internet terputus lampu internet dan adsl pada modem tetap nyala. status ping reply from 192.168.1.2 Destination host unreachable. DHCP off.

    • Ki says:

      Kayaknya ini ada masalah dengan hub (atau switch?) atau di salah satu atau beberapa pc yg koneksi ke hub. coba lepas koneksi pc ke hub satu persatu agar bisa ngelihat pc mana yang bermasalah. Atau bisa saja hubnya mengalami broadcast storm yng bikin macet jaringan. Kalo jenis switch yang ada fitur stp perlu diaktifkan walau biasanya swicth ini defaultnya adalah enable.

  94. albuqari says:

    saya punya kompi yg terkoneksi ke internet, udah bisa konek ke internet (internet & local) tp masih ga bisa buat browsing. udah dicoba ping ga ada masalah, tracert ga ada hambatan. tp pernah coba ipconfig tertulis disitu kalo DHCP server enabled= NO..koneksi internet saya pakai modem smart fren..mohon pencerahan Agan. trima kasih

  95. dwi nurcahyo says:

    Pak misalkan tidak bisa merubah ip addres atau wirelees ya tidak nampak gmn? munculnya begini
    “Windows has encountered an error saving the wireless profile. specific error: The system cannot find the file specified” mohon bantuannya pak

  96. teguh says:

    ki saya mau tanya neh..kasus yg saya hadapi saat ini disebuah perhotelan tingkat 3 memiliki 1 modem adsl speedy..masalahnya lantai 2 dan 3 tidak tercover oleh jaringan wifi..rencananya saya mau menambahkan modem tplink model WA830RE di lantai 2 dan 3..pertanyaannya apakah bisa modem tersebut dijadikan akses point dengan mengambil jaringan internet dari modem adsl speedy melalui jaringan LAN..klo bisa bagaimana cara settingnya dan klo ga bisa saya mesti gimana untuk mencari solusinya..mohon pencerahannya..tq

    • Ki says:

      WA830RE ini range extender dan mestinya harus dapet sinyal untuk bisa memperpanjang jangkauan sinyal. jadi kalo ditaruk di lantai yang kagak ada sinyal yach gak bisa.

      Kalo dikonfigure sebagai WAP yach kudu konek ke ethernet port dan butuh kabel ke router / modem ente ke lantai 2 dan 3. Jadi kalo di lantai 2 dan 3 tidak ada sinyal dari lantai 1 harus narik kabel utp dari lantai 2 dan 3 ke modem (router) dan di konfigure sebagai wifi AP.

  97. sammy says:

    Mau tanya pak. kenapa Laptop saya saat klik “properties” di wifi muncul tulisan “Error Saving Wireless Profile”. “Windows has encountered an error saving the wireless profile.Specific Error: The system cannot find the file specified.” Mohon Pencerahannya bos sekalian solusinya kalo bisa. Makasih

    • Ki says:

      Ada thread ini di Microsoft, hapus semua SSID yang tersembunyi pada control panel. ane copy-paste aja nich langkahnye:

      Step 1:
      Follow the steps mentioned below to help resolve the issue.
      a. Click Start and select Control Panel.
      b. Open Network and Sharing Center.
      c. Click Manage Wireless Networks.
      d. Remove all wireless network listed in this list.
      e. Restart computer and reconnect to your wireless network.

      Step 2:
      Additionally you may uninstall and re-install wireless network adapter from Device Manager to be on a safer side. To uninstall the wireless connection from Device Manager –
      a. Click Start, type Device Manager in the Start search box and hit Enter.
      b. Locate Network adapters and expand the same.
      c. Select the wireless connection, right-click and select Uninstall.
      d. Restart the computer, if prompted.

      Good luck gan,

  98. Azhari Aziz says:

    mohon bantuannya gimana cara mengatasi ini “Windows has encountered an error saving the wireless profile. Specific error: The system cannot find the file specified” please saya hampir putus asa

  99. Sonny says:

    Dear All,

    mohon bantuannya dunk ada kasus neh, berikut konfigurasi ip nya; lokal : 192.168.0.1/25 (A) karena beda gedung saya bedain ip nya menjadi 192.168.0.129/26 (B), permasalahannya ip yang (B) belum bisa untuk internet tapi untuk ping ke ip gateway (A) itu bisa. kira2 apalagi yang harus disetting ya ?? mohon bantuannya, pleaseee

  100. Vino says:

    mau tanya nih ttg mikrotik, waktu disetting konfigurasinya trus dites koneksinya untuk mikrotik sudah terhubung dengan internet tetapi untuk pc clientnya belum jadi. Waktu di ping di PC client ditulis reply “Destination Host Unreachable”.
    ip address sebelumnya di pc client 192.168.1.203 tetapi waktu disetting konfigurasinya diganti 192.168.77.2. Masalahnya disini dimana ya? Soalnya masih awam masalah ginian.

    • Ki Gr says:

      Kalau awal 192.168.1.203 dan diganti dengan 192.168.77.2 tentunya beda jaringan. Kalau di PC jaringannya adalah 192.168.77.0 dan jaringan yang di ping beda 192.168.1.0 tentunya tidak bisa kalo default subnet mask adalah 255.255.255.0, kecuali subnet masknya adalah 255.255.0.0

  101. debbitrie says:

    Permisi suhu, saya masih hijau unutk masalah komputer, tapi saat ini laptop temen saya sedang ada masalah, laptopnya tidak bisa nyambung ke wifi, ketika saya ketik Properties di wifinya keluar eror seperti ini :
    “windows has encountered an error saving the wireless profile specific error the system cannot
    find the file specified”

    itu karena apa yah gan..?!mohon bantunya sekali. maaf jika coment saya tidak nyambung dengan topik bahasan.

    salam kenla & thanks gan

    • Ki Gr says:

      Issue yang sama kayak Sammy diatas tuch …coba masuk ke control panel ke Network and sharing connection > manage wireless
      hapus aja semua profile dan bikin ulang …

  102. Kurnia says:

    Permisi om, mau tanya.
    Kalau semua lampu modem nyala, tapi ngga bisa connect, snr dan lr bagus, ping ke modem lancar.
    dan kata 147, itu terputus dari speedy, soalnya keterangan disana, koneksi saya down. Koq bisa ya? Kan snr dan lr bisa kebaca.

    Btw saya pakai dlink dsl 526b, dan routernya linksys wrt54gl, kalau wifi sih jalan, cuma di pc aja ngga jalan. apa mungkin hardware, atau virus?
    Tolong solusinya, saya benar2 bingung, soalnya ping ke modem bagus.

    Thanks

    • Ki Gr says:

      Kalo tak lihat itu router ketemu router, dlink dsl 526b itu juga router plus dsl modem, sementara linksys wrt juga roouter. tentu emang gak bisa, coba matikan NAT pada WRT54. Benarnya mas bro kudu beli wireless access point, bukan wireless router (wrt54), misal dlink dap1360 atau jenis wireless AP lainnya.

  103. tonggo manurung says:

    sore om…
    mau tanya nih, kalo di icon dan NIC adapter ada tanda seru kenapa itu ya om?
    apakah itu masalah dikabel atau router, tapi masalahnya satu lagi dikomputer lain conectionnya bisa .. mohon dibantu ya om
    thank u,

    • Ki Gr says:

      Biasanya kalo ada tanda seru getu yach masalah kabel gak konek atau tidak dapet IP address dari router. Coba lepas kabel dan tancap lagi kali aja ada koneksi tidak bagus. Kalo bagus, Coba klik kanan di icon adapter dan pilih troubleshoot connection …atau jalankan command di dos prompt “ipconfig /all” apa ip addressnya dapet apa kagak.

  104. yogi says:

    maaf saya punya problem saya ada koneksi 1 kabel lan saya punya komputer dan laptop , tapi di komputer kok gk konek ya sementara di laptop saya konek , sudah di pasang IP nya sama ke dua2nya tapi hanya yang bisa di laptop saya , pas saya liat drivernya kok namanya agak beda2 gitu ya itu kenapa ya?

    maaf OOT dan newbie

  105. Dhiels says:

    mohon bantuannya…di rumah pakai wifi.id tp kenapa tiba2 wifi.a (My Speedy) limited acces dan not connected.. sudah dicoba buat merest ip.a atau otomatiskan TCP/Ip.a tp ttap sj belum bisa..sdh dicoba buat remove wifi.a dan masuk lgi tp kenp belum bisa jg? masalahnya dimana ya?

    • Ki Gr says:

      Kalo bandel coba gunakan command netsh di command line (c:/>) ketik command berikut:

      c:/> netsh int ip reset C:\resetlog.txt

      kemudian reboot computer anda dan coba connect ke internet lagi, should be fine.

  106. mavhia says:

    Saya baru ngalamin masalah koneksi, berikut penjelasanya

    Status lampu pada modem huawei bawaan telkom speedi semua nyala, power, adsl, internet, lan. Tetapi tidak konek ke internet. Settingan ip address sudah benar, ping ke modem juga berhasil. Coba pakai wifi di hape pun gak konek…

    Yang saya tau biasanya kalo semua lampu nyala berarti setingan ip di pc yang salah. Tapi harusnya gak bisa masuk ke konfig modem / settingan modem.

    Kalo lampu internet mati berarti ada gangguan/lupa bayar/user id di modem salah

    Kalo lampu dsl mati brti masalah di kabelnya / gangguan.

    Nah kalo semua lampu nyala/ settingan ip udah sesuai tapi masih gak konak kira2 masalahnya dimana?

    • Ki Gr says:

      kalo semua kelihatan normal, tapi internet tidak jalan kayaknya ada masalah di setting DNS. Coba test satu PC gunakan IP manual dan setting DNS nya menggunakan DNS punya google: 8.8.8.8 untuk primary dan 8.8.4.4 untuk secondary DNS server.

  107. Agus Murdiansyah says:

    tolong bantuan nya,saya pengguna speedy, saya pakai roter untuk bagi nya ke 7 koputer di rumah,ada masalah di satu komputer sabungan dan lanpulan hidup dan baik-baik saja,di koputer yang adamasalah itu ion lan tidak konek dan internetan gak bisa,ip adres pun gak dapat apa yang harus saya lakukan ???

    • Ki Gr says:

      Kalo lamp lan di modem tak nyala berarti ada masalah di kabel ke kompi tsb. Coba pindah port di modem ke port yang lain, nyala ato tidak. Kalo tidak nyala, coba pinjam kabel yang dipakai kompi yg bisa jalan. Kalo masih tidak jalan, ada masalah di NIC adapter di kompi tsb. Coba update drivernya, ato coba ganti NIC adapternya.

  108. Jaya says:

    Selamat pagi salam, saya Jaya
    Mohon berbagi pengalaman dan info nya donk bilamana ada yang lebih pengalaman dan mengerti daripada saya dan bila ada yg salah mohon dikoreksi ya, bgini agan sy maw share :

    ada issue dalam jaringan kecil saya diwarnet saya, untuk topology sbg berikut :
    Biznet DSL>> Router + wifi mikrotik>> Switch 100mbps 24port>> PC 22

    Saya menggunakan kabel cat5 AMP + RJ45 (AMP) untuk hasil crimpingan saya pastikan sempurna dan hasil ping dalam satu LAN adalah time<1ms tidak ada yang RTO,

    masalahnya adalah
    Secara tiba tiba koneksi dalam 1 lan koneksi terputus dengan hasil ping unreacble / request time out.
    berlaku pada semua perangkat dalam satu LAN yang terhubung ke 1 Switch.

    Kemudian yang saya lakukan adalah melepas power switch dan menghubungkan kabel power switch dan hasilnya negative … padahal saya lihat pada lampu led swicth semua menyala,

    masalah ini tidak bisa dipastikan kapan akan terjadi,kadang dalam 3 hare kadang 2 hare karena masalah ini muncul secara tiba 2

    Dalam asumsi saya saya mempunyai pemikiran bahwa switch yang saya beli bermasalah , padahal swicth yang saya beli masih dalam pemakain 2 bulan, lalu swicth saya tukar ke dealer dan saya diberi dengan tipe swicth yang sama dalam keadaan baru,

    tiba2 hari ke 2 setelah penggantian swicth masalah putus koneksi terjadi kembali, Padahal lampu led pada swicth saya semua menyala, hingga saat ini saya sungguh mengalami kebinguan dalam penangan masalah ini…

    Hingga akhirnya saya menemukan solusi sementara yaitu dengan cara melepas semua kabel lan yang terhubung ka swicth lan saya, swicth saya matikan lalu saya hidupkan kembali, lalu saya pasang kabel satu persatu menunggu hasil ping antar LAN terhubung kemudian saya hubungkan semua kabel pada switch, dan hasilnya koneksi kembali normal….

    Dalam benak dan logika saya apakah ini issue yang disebabkan dari swicth? apakah swicth saya mengalami load balance?
    issue ini sampe saat ini belum terselesaikan.

    Bilamana ada agan agan yang berpengalaman mohon infox donk dan bilamana ada yg salah dari saya mohon dikoreksi …

    ini no hp saya 082-339-240-159 terimakasih mohon pencerahannya

    email : jayabaya@email.com

    • Ki Gr says:

      Biasanya ini bukan masalah switch, ada salah satu pc yang membuat broadcast storm (membroadcast message yang berulang-2 tanpa henti) yang bikin jaringan jadi jenuh. salah satu cara manual adalah memang mematikan satu per satu bergiliran. umpama sekian jam pertama pc A dimatikan, dan perhatikan apa LAN bermasalah. Jika dalam beberapa jam tidak bermasalah, ganti pc B dimatikan begitu seterusnya.

      Atau pas kejadian lan jennuh, cabut kabel satu persatu. Misal pc A dicabut kabelnya, dan perhatikan apa system LAN masih masaiah? Jika masih masalah, kembalikan kabel tadi dan cabut kabel PC B sampai menemukan PC mana yang bikin masalah.

  109. Jayabaya says:

    Terimkasih Ki… untuk infox

    Baru pagi tadi jam 2:30 wita masalah di warnet saya kembali terjadi..
    memang benar troubleshootingnya adalah melepas menyambung kabel antar pc hingga LAN kembali normal..

    Tetapi dari jam 02:30 wita samapai jam 06:30 masalah tidak dapat saya selesaikan.. menggunakan cara seperti yang Ki sampaikan yg sudah saya coba berkali kali biasanya cara itu memang bisa,

    Tepat sekitar jam 7 (untuk kondisi LAN belum normal) semua komputer client saya turn off kan. terkecuali hanya 2 komputer (serverbilling & PC saya) dan 1 router yang aktif yang harusnya :

    1. Hanya ada 3 lampu indikator pada swicth saya yang aktif yaitu router,pc billing & pc saya
    2. Mengapa ada 4 lampu indikator yang menyala?

    Posisi indikator swicth sebagai berikut :

    lampu 01 > Router
    lampu 02 > Server billing
    lampu 03 > Ps Pribadi saya
    lampu 21 > PC (Client no 11)

    Padahal saya melihat komputer PC Client no 11 dan saya pastikan komputer dalam keadaan MATI, saya lihat indikator lampu pada plug RJ45 pada belakang casing PC dalam keadaan MATI kemudian saya melepas kabel yang terhubung dengan PC 11 dan lampu Indikator pada Switch di nomor 21 lampu ikut MATI.

    Kemudian Lagi saya hubungkan kabel menuju PC 11 dan lampu indikator no 21 di switch hidup kembali padahal PC no 11 dalam keadaan MATI

    lalu saya Hidupkan PC no 11 kemudian saya lepas kabel lannya, dan indikator lampu di swicth no 21 adalah MATi saya hubungkan kembali dan indikator no 21 Hidup kemudian saya turn off PC no 11.

    Kemudian saya cek LAN Networknya hasilnya :

    1. hasil ping dari Server billing > 172.160.100.254 (PC Saya) : google.com : PC client no 11
    sedangkan PORT SWITCH no 21 saya kosongkan

    Dalam keadaan seperti ini hasil ping ke semua PC client normal Internet pun Normal

    Disini saya baru muncul pemikiran baru …:
    1. apakah swicth saya memang benar ada issue?
    2. mengapa lampu indikator pada SWITCH no 21 hidup, disaat PC client no 11 dlm keadaan mati?

    oh ya Ki untuk type SWICTH saya adalah D~Link 24 port DES-1024A

    Apakah Ki pernah mengalami hal yang sama seperti saya untuk issue pada LAN?

    Terimakasih banyak Ki sudah memberi pencerahannya , salam kenal dari saya.

    • Ki Gr says:

      Coba jangan curigain switchnya dulu, kalo curigai switch gampang aja pindah port 21 ke port lain misal port 10. Kalo kasusnya sama masih nyala walau PC 21 mati, maka bukan switch. Nah curiga di PC, bisa jadi NIC adapter bermasalah. Coba ganti / tukar NIC adapter dengan PC lain yang tidak masalah dan test apa masih sama? Kalo masih sama berarti bukan NIC adapter, bisa saja OS Windows nya bermasalah mungkin drivernya perlu diupdate. Coba test lagi!

  110. nanank says:

    selamat malam mas,saya mau minta tolong masalah “multiple ip” pada win 7…. kita punya 2 koneksi jaringan dengan ip beda clas, yang satu ip speedy, yang satunya ip VPN … dan aplikasi kita harus bisa jalan pada multiple ip tersebut… pada saat kita pake win xp tidak ada masalah tapi pada saat pake win 7 terjadi masalah koneksi ke internetnya tidak bisa, apakah win 7 memang secara default tidak bisa multiple ip ? atau bagaimana…. terima kasih

    • Ki Gr says:

      @nanang: coba gunakan command routing dengan format berikut ini:

      route -p add (destination network) (mask) (net mask) (gateway)

      di command line tentunya (C:/>). -p itu artinya routingnya permanent.

  111. su jarwo says:

    Bagaimana cara setelan Internet options tidak otomatis pindah pindah,misal di setel https://www.microsoft.kom
    bisa pindah sendiri ke http://www.yahoo.kom/avas
    hal seperti ini menggangu kecepatan jaringan

  112. Ubay says:

    Sore ki. Mau tanya, bagaimana cara menggabungkan 2 wired LAN yg berada di 2 lokasi secara wireless?
    Tempat pertama ada koneksi internet. Saya mau share internet saya ke tempat kedua, sekaligus menggabungkan LANnya.

    Saya sudah beli WA7510N 2 buah. Yg satu saya set di tempat pertama sbg AP. Masalahnya adalah, ketika di tempat kedua saya set sbg client, saya bisa ping semua device di tempat pertama, kecuali gateway, yg artinya saya gak bisa internetan (cuma konek LAN-nya aja). Tapi kalau di tempat kedua saya set sbg bridge, kedua wa7510n itu malah gak saling konek, yg artinya saya malah gak tersambung dgn LAN di tempat pertama.

    Mohon pencerahan ki, saya salah dimananya…..
    Terima kasih.

    • Ki Gr says:

      Mestinya konfigurasi nya adalah koneksi antar point to point bridge, IP jaringan mestinya sama, gateway adalah router. Apa dua jaringan dalam satu subnet atau beda subnet?
      Jadi coba dulu point to point – ada konfigurasinya dengan ngisi MAC IP address masing-masing device.

      • Ubay says:

        Saya sudah coba set kedua tplink sbg bridge. Jadi yg satu saling terisi dgn MAC satunya. Konek. Sayapun bisa ping semua device di tempat pertama. Tapi tetep saya gak bisa ping gateway (gak bisa konek internet, walaupun indikator di laptop bisa konek internet). Ini hasil yg sama persis ketika saya jadikan tplink1 sbg AP dan tplink2 sbg Client.
        Apakah karena gatewaynya itu pake mikrotik ya? Kalau benar, harus dikasih perintah apa di mikrotiknya?
        FYI, LAN tempat pertama & tempat kedua, saya pakaikan IP 172.16.0.xxx, sedangkan utk tplink, saya gunakan 192.168.0.201 dan 202. Subnet semuanya 255.255.255.0 dan semua DHCP saya matikan. Mikrotiknya Routerboard 750.

        • Ki Gr says:

          kenapa kedua TPlink tidak pakai IP yang satu jaringan saja 172.16.0.0/24? Coba ganti dg IP 172.16.0.xx yang unik masing2, tetap sebagai point2point bridge

          • Ubay says:

            Sudah dicoba ki. Hasilnya masih sama, bisa ping ke semua device, tapi gak bisa ping ke gateway mikrotik. Saya iseng telp penjualnya, trus rupanya dia simulasi juga tapi tanpa mikrotik. Berhasil.
            Berarti, apakah benar karena mikrotiknya? Kalau benar, harus disetting seperti apa ya mikrotiknya?

  113. Ubay says:

    Sudah dicoba ki. Hasilnya masih sama, bisa ping ke semua device, tapi gak bisa ping ke gateway mikrotik. Saya iseng telp penjualnya, trus rupanya dia simulasi juga tapi tanpa mikrotik. Berhasil.
    Berarti, apakah benar karena mikrotiknya? Kalau benar, harus disetting seperti apa ya mikrotiknya?

    • Ki Gr says:

      mestinya di microtik ada prinsip2 add route untuk daftarin di routing tablenya. Coba aja add route di ethernet masing2 tplink secara manual terus add gateway.

  114. benny says:

    siang ki. mau tanya ki.
    saya pakai 2 jaringan di kantor dg topologi spti ini:
    1.modem speedy adsl sa5100 –>router dlink 1(dir605L) –> switch hub –> pc client
    2.modem vsat –>router dlink 2 (dir605) –> pc client
    pertanyaan saya
    1.bagaimana cara setting agar jadi 1 jaringan saja pakai modem speedy?
    2.saat saya setting router dlink 1 sy pakai dynamic ip (DHCP) untuk internet, krn kesalahan saya klik DHCP realese.trus jaringan gak bisa internet. saya coba klik DHCP renew masih juga gak bisa internet. tapi sy ganti pake statis ip untuk internet di router tsb bisa internet. bgm caranya agar saya bisa pakai lagi dynamic ip (DHCP) untuk internet?
    terimakasih bantuannya ki

    • Ki Gr says:

      Setahu saya sich Sanex ADSL sa5100 itu adsl gateway, artinya modem plus router dalam satu perangkat. jadi harusnya bukan ditambahin wireless router dir605, akan tetapi mestinya pakai wireless access point. Kalo pakai dir 605 harus dicari tahu dulu apakah bisa 605 ini diubah jadi wireless AP mungkin dengan disable NAT, sebab router tidak ketemu wireless router.

      gimana jadi satu jaringan? yach emang beda tempat atau gimana, kalau dalam satu lokasi yach jadikan satu saja dengan satu IP jaringan / subnet yang sama sementara modem satunya dimatikan atau mungkin dim=fungsikan lain mungkin untuk koneksi other site ….

      • benny says:

        modemnya gak ada routernya ki. modem di letakkan di lantai 2 dan sinyalnya kecil dari router di lantai 2 ke lantai 1. dir 605 bisa di buat AP..namun bagamaina konfigurasinya ki biar bisa 1 jaringan smua? setting ip dan gateway brp ya ki?
        thx

        • Ki Gr says:

          kan kalo mau jadikan satu jaringan matikan saja modem satunya …asuimsi untuk modem speedy adalah murni modem adsl (tanpa nat) koneksi ke dir605 yang diset sebagai wireless router – set ip address 605 ini pada jaringan default saja misal 192.168.1.1 dan dhcp range dari 192.168.1.100 sampai 200, maka default gateway dari client yang dapet dhcp client dari 605 akan lari ke ip address 605 ini yaitu 192.168.1.1, subnet 255.255.255.0.

          untuk wifi client yach sama akan lari ke SSID dari 605 atau bikin sebagai preference ke 605 SSID nya…

          let me know …

  115. Ardan says:

    Saya mau Tanya master..
    Laptop saya wifi bermasalah.. Ada tanda seru di jaringan wifinya.. Tapi saya coba cek di tempat yang menyediakan wifi lain tidak ada masalah.. Hanya saja saat saya ingin koneksi ke wifi di rumah selalu ada tanda seru. Teman2 saya lancar-lancar saja menggunakan wifi di rumah. Hanya laptop saya yang tidak Bisa.. Saya sudah jalan kan semua cara. Mulan dari mengubah ip manual. Ke undian cmd dengan ipconfig sampai dengan ping. Tapi tetap nihil hasil nya.. Padahal saya Ping tadi hasilnya normal. Tidak ada masalah.. Tapi tetap ada tanda seru. Bagaimana cara mengatasi Hal tersebut ya? Terimakasih

    • Ki Gr says:

      cek di pc temen yang jalan, terus ipcpnfig /all dan lihat IP addressx dapet berapa…misal 192.168.1.xxx; terus lakukan dikompi anda dan cek ipconfig /all apa dapet network yang sama 192.168.1.xxx (sembarang xxx antara 1-254).

      atau coba saja cara pintas …matikan dan hidupkan modem terus reboot kompi anda.

  116. piter says:

    gimana kalau yang lain connect ke wifi lalu ping ke google lancar
    giliran komputer/lptop 1 lagi sering RTO ketika ping ke google
    ada yang tau masalahnya ?
    dan solusinya ?
    apakah karena perangkat keras yang bermasalah atau drivernya ?

    —————
    Supplier Tas Fashion

  117. edo says:

    Master,
    Mohon bantuannya.

    Di rumah saya memasang internet dari first media/ fastnet, terdapat wifi juga.
    Setelah connect menggunakan wifi, kecepatan internet sangat lambat, menggunakan laptop.
    ketika coba menggunakan langsung dari kabel dari modem, kecepatan internet normal (dicoba dengan speedtest).

    Saya coba Laptop lain, wifi berjalan dengan normal. dengan perangkat android juga normal.

    Saya coba connect laptop saya menggunakan provider lain (telkomsel, 3, mnc kabel tv) kecepatan internet berjalan normal.

    Mohon masukan dan bantuannya

    Terima kasih

    • ali h says:

      lambatnya kalo pake wifi dari laptop saja kan? berapa speed dari wifi laptop, jangan-jangan model lama yang masih pakai 802.11b. Coba deh cek dulu apa laptop ini masih pake wifi wireless b

  118. edo says:

    Kecepatan normal up to 6 Mbps
    ketika menggunakan wifi fastnet 0.1-0.3 Mbps
    Menggunakan kabel 5-6 Mbps

    ketika menggunakan wifi selain fasnet normal, antara 3-10 Mbps

    model modem Intel(R) Centrino(R) Wireless-N 1030

    sementara saya coba update driver dari wireless, dan problem solved
    jika terdapat perkembangan akan kami infokan, terima kasih

    • Ki Gr says:

      kalau selain fastnet dapetnya 3-10mbps bisa jadi emang wifi laptop adalah wireless b (802.11b). Mungkin routernya gak support wireless b kali, tapi masih konek yach …coba di configurasi router/modem nya kali aja hanya wireless g/n

  119. Adi says:

    Mas, mau tanya awalnya dulu saya bisa konek dan bisa internet via wifi tetangga, tp skrg bisa konek (indikasi sinyal exellent) tp tidak bisa internet alias halaman bermasalah terus, kenapa ya mas trims. oh ya Mas, wifi nya tidak dikunci.

    • Ki Gr says:

      tidak bisa internetx semuanya ato sebagian bisa …coba ping ke yahoo.com bisa nggak. atau coba ping ke gateway bisa nggak?

      Kalo bisa sebagian dan sebagian lain gak bisa, coba ganti DNS server nya, coba pakai DNS google, 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

  120. adi says:

    sudah saya coba ping hslnya timeout, sdh saya coba ganti ip address dan dns tetap tidak bisa, sepertinya di hotspotnya dibuat perintah spy nggak bisa internet atau gimana saya nggak tau Mas, mohon bantuannya krn saya frustrasi saya beli modem usb tp koneksinya lemot dan sering down, sedangkan hotspot tetangga saya sinyalnya exellent 150 mbps, mohon pencerahannya Mas, trims.

    • Ki Gr says:

      nah emang tetangga tahu nggak kalo ente dulu pakai internet die …makanya tanya dulu apa emang ada perubahan mungkin dia protek agar MAC address laptop mereka punya saja yang bisa akses. Jadi di modem mereka bisa dikonfigurasi hanya MAC address tertentu saja yang bisa akses, makanya mereka buka tanpa secuity password…

  121. adi says:

    Mas justru saya nggak ksh tau ketetangga saya (maklum spy dpt gratis) krn pakai modem sendiri lemot dan suka down (jengkel), oh ya Mas ternyata ping hanya ke gateway yg bisa lainnya rto , di ip config/all kelihatan kalau dhcp no, apakah krn perintah itu maka saya skrg nggak bisa internetan ya, trims. (cuma mau tau penyebabnya saja krn saya rencana mau tukar kartu internet yg lbh ok)

    • Ki Gr says:

      yach susah Bro kalo kagak tahu tuch konfigurasi routernya dia…bisa saja dia emang buka passwordnya …tapi dia lock untuk perangkat dengan MAC address tertentu saja … makanya kalo bisa jujur ama dia kan bisa nanya apa emang di lock based on MAC address…

      kalo di ipconfig /all kelihatan di range berapa IP nya misal di gateway 192.168.1.1 …coba saja di IP address ente kasih 192.168.1.251 misal…dan subnet 255.255.255.0 dan gateway sama dan DNS nya kasih saja google punya 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

  122. yfi says:

    gan, mo nanya..ane punya laptop windows 8.1, pake internet speedy, tiba2 (yaah…baru2 ini tersadar sih) gak bisa akses akun microsoft, padahal udah di re-install, dan kalo pakai koneksi selain speedy ternyata ga ada masalah, udah di “ping” juga pake koneksi lain bisa. kata org microsoft harus di reset speedy ane, itu juga udah, tapi ternyata gak bisa juga. Sampe teknisi speedy nyerah.
    Jadi IE nya juga gak bisa dipake kalo pake jaringan speedy, bisanya browsing pakai goggle chrome. mohon info kali tau mesti diapain @.@

    • Ki Gr says:

      microsoft accound email ato microsoft VA ato apa? coba lihat DNS nya mengarah kemana, ke telkom ato kemana? biasanya dns yang bermasalah. Coba ganti DNS nya untuk primary ganti punya google mengarah ke 8.8.8.8 dan secondary 8.8.4.4

  123. leo says:

    Salam kenal admin,saya leo,saya ada masalah jaringan,
    kenapa untuk copy paste dengan jaringan sangat lambat ya?
    spesifikasi hardware, router tp-link 300mbps, usb wifi tl-wn727
    tolong infonya ya admin???
    makasih

    • Ki Gr says:

      Copy paste lewat jaringan lelet bisa saja koneksi jaringan nya yang masalah…kalo file yg di copas besar apalagi lewat jaringan antar komputer yach bisa botleneck … tl-wn727 itu kan speed 150 mbps sementara router bisa 300mbps, jadi botleneck. Atau bisa saja koneksi wifinya kurang effisien banyak halangan mungkin

      • leo says:

        apakah saya harus mengganti usb wifinya atau hal apalagi yang bisa saya lakukan agar copas bisa lebih cepat?
        terimakasih

  124. fajri says:

    Gan mau nya nih… Komputer A awalny bisa internet kmdian di putus sama ITnya… Krna trlalu bnyk mkn kuota… Trus dismbunin lagi udh gk bisa konek… Knpa ya? Komputernya pke jaringan LAN

    • Ki Gr says:

      Yach harus dilihat dulu apa emang diblock by IP atau mungkin kalo pakai proxy mereka bisa aja ngeblok pakai rule base …tanya admin nya saja, kali aja emang di blockir.

  125. yehezkiel says:

    Salam… sya lgi belajar maslah jaringan dan diberi tugas rumah dg pertanyaan berikut.
    ada 5 computer, 5 laptop masing2 ip add nya segmen berbeda ( ex 192.168.5.1 sicomp, si laptop 192.168.7.1) . Masing2 terhubung dalam 1 router yang terconect dg modem speddy yang dhcp.
    Tolong bantuan topologinya master..

    • Ali H says:

      ini maksudnya 5 laptop dg segmen 192.168.7.0/24 terhubung dengan router 1; sementara 5 pc dengan segmen 192.168.5.0 /24 terhubung dengan router 2 dan kedua router terhubung ke modem gitu kan?

      nah modem speedy dg segmen 192.168.1.0 punya 2 koneksi kabel utp ke dua router tersebut. masing2 router di sisi modem mempunyai ip network sama misal ip add 192.168.1.5 (untuk router 1) dan ip add 192.168.16 (untuk router 2) . dan masing2 router punya switch ke masing2 5 laptop atau 5 pc.
      susah gambarnya yach …..!?

      • yehezkiel says:

        Trimakasih sbelumnya pak ali, yang jd permasalahan saya itu routernya hanya ada 1. Sedangkan disuruh buat segmen yg berbeda antra cpu dg laptop.si router tersambung ke 1 modem yg siftnya Dhcp. Bgaimana supaya laptop dg comp bisa saling terhubung.Mohon solusinya

        • Ali H says:

          emang routernya ada berapa ethernet port? ini router rumahan biasa atau router cisco dengan iOS platform yang bisa diprogram atau gimana?
          kalau bisa diprogram yach bikin saja roouting tablenya masuk ke admin dan masing2 ethernet port diprogram ip address dg segmen beda, dan bikin di modem nya dhcp dengan dua scope yg beda.

          kalo router rumahan kayaknya tidak fleksible dech programnya, tapi prinsipnya sama saja asal bisa bikin routing table yach bisa komunikasi.

  126. Muhammad Arif says:

    Bang, kalau di ip adress kolom isian default getway berpengaruh nggak pada koneksi internet? karena saya lihat di laptopku mulai hari ini gak bisa nyambung ke internet (pakai speedy). iseng2 saya buka ip adress disitu saya lihat kolom default getaway kosong. Saya sudah coba isi lagi. tapi hasilnya tetep saja kembali kosong.

    • Ali H says:

      tentu sangat ngaruh itu gateway, karena itu arah kemana pertanyaan anda akan mengalir keluar. Isi gateway dg ip modem / router speedy anda. Jika tplink, linksys, router biasanya default adalah 192.168.1.1.

      • Muhammad Arif says:

        Permasalahannya kolom default gateway tiap kali diisi, kemudian keluar dari pengaturan ip address tetep aja hasil akhirnya kosong.

  127. ferida says:

    assalamu’alaikum..
    mw tanya pak, problem sya tiap connect @wifi.id dikos (ada tanda “limited access”) lalu saya buka command prompt (sya ketik ipconfig/all) hasilnya sprti ini:

    Wireless LAN adapter Wireless Network Connection:
    Connection-specific DNS Suffix :
    Description : Broadcom 802.11g Network Adapter
    Physical Address : 00-26-82-27-7B-D4
    DHCP Enabled : Yes
    Autoconfiguration Enabled : Yes
    Link-local IPv6 address : fe80::74fc:b5ba:109:2912%11
    Autoconfiguration IPv4 Address : 169.254.41.18
    Subnet Mask : 255.255.0.0
    Default Gateway :
    DHCPv6 IAID : 184559234
    DHCPv6 Client DUID : 00-01-00-01-1C-FB-9D-9E-00-26-22-99-09-4F
    DNS Servers : fec0:0:0:ffff::1%1
    fec0:0:0:ffff::2%1
    fec0:0:0:ffff::3%1
    NetBIOS over Tcpip : Enabled

    Solusinya bagaimana pak?

    • ki Grinsing says:

      jika dilihat di IP address 169.254.41.18 ini emang ip APIPA emang kagak konect alias kagak dapet ip dhcp dari wifi@id
      coba run berikut di command line:

      netsh winsock reset, terus tekan enter
      Restart laptop

      jika m asih masalah coba masuk di control panel => cari Open network and sharing center => change adapter setting =? di network connection pilih wifi klik kanan => pilih disable => terus enable lagi …

      coba dech…!

  128. BuSe says:

    Bro mau tanya, komputer saya menggunakan Windows 7,
    Untuk email saya menggunakan Microsoft outlook 2007.
    Permasalahan yang terjadi adalah saat download email kadang berhenti dan error, tetapi saat kirim email sangat lancar walaupun filenya besar. Untuk akses ke internet, berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
    Hal ini hanya terjadi pada kompter saya. Dan sebagai catatan setting Incoming server (POP3) 995 (SSL) maupun 110 sudah saya coba, tetapi tetap seperti itu. Saya menggunakan koneksi dengan WiFi. Mohon pencerahannya.

    • ki Grinsing says:

      selain setting di gamil online sendiri yang harus di enable pop3, di outlook juga perlu di setting dengan benar.

      incoming pop.gmail.com
      pop3 995

      outgoing smtp.gmail.com
      smtp 465 dan encryption kasih SSL

  129. syaiful says:

    Asslamualaikum pak,mohon bantuannya
    Kmarin setelah ganti modem komputer untuk server tdk bisa konek dengan client trus tidak bisa browsing juga,tapi untuk komputer client lancar,saya pkai modem tp link w8961 mohon dibalas pak.
    Terima kasih

    • ki Grinsing says:

      Wa’alaikum salaamm…w8961 ini untuk speedy kan…tadinya modemnya apa..? sebeb tplink mempunyai network ip kalau belum diubah adalah 192.168.1.xx …server pakai kabel kan? kalau pakai kabel kali saja ip nya berbeda dengan jaringan tplink 192.168.1.xx…coba cek dulu …kalau speedy itu mestinya pakai pppoe …kalau pakai cable modem biasanya dijadikan …kan sudah bisa konect sekarang ….!

      • syaiful says:

        Iya pak modem speedy,Default nya 192.168.1.1 modem sebelumnya saya pakai tplink w8151n,saya sdah coba ketik di adress bar 192.168.1.1 tapi bukan ke halaman tp link malah ke google,tpi saya coba di komputer client bisa pak.

        • ki Grinsing says:

          nah kalao gitu tlp ke 147 …masih ingat user password speedy nggak….ganti modem harus juga di setting yang masukin user password speedy juga….dan sedikit setting di koneksi ke WAN …

          • syaiful says:

            Makasih pak ternyata status dari telkom emangn stop saya sudah telp,jngan bosan2 pak kalo saya berkunjung lagi heheh.

      • ki Grinsing says:

        coba di komputer itu dilihat dapet ip berapa …kayaknya ip statis kali yach …command line ketik ipconfig /all …ntar kelihatan ip nya berapa, jangan2 diluar ip jaringan 192.168.1.xx

        • syaiful says:

          Dpatnya 192.168.1.1 pak,saya minta tolong pak untuk setingan modem w8961 setelah di install selang 2 hari tdak bisa internet hanya lampu adsl yang nyala.

  130. syaiful says:

    Saya mau nanya juga pak untuk setingan modem tp link w8961nd buat dipakai di warnet bagusnya pakai setingan PPPoE atau bridge mode? Mohon dibantu pak Terima kasih

  131. yanmer61@gmail.com says:

    karena gaptek waktu mau pake modem lupa kabel masih nancap diport belakang setela dileps baru bisa pake modem

  132. Hanafi says:

    Network Unreacable saat ngeping client lewat server tapi client ping server bisa.
    itu bagai mana solusinya ya?

    • Ali H says:

      bisa saja jaringan yang dimaksud gak masuk di routing table local …coba dilihat routing dari server local dari command windows:

      C:> route print

      lihat apa ada didaftar jaringan local PC yg di ping tidak bisa …? Jika tidak ada bisa ditambahkan dg command route add misal:

      route add 192.168.1.0 255.255.255.0

      coba dulu

  133. wahyulianto says:

    salam para master ,mau nanya nih.
    di tempat saya ada beberapa komputer yg tersambung dengan hub yg sering tidak mendapatkan ip tapi setelah power hub tersebut di cabut dan pasang lagi maka bisa normal. bisa koneksi dpt ip juga. sdh di coba ganti hub maupun switch. masih tetap begitu, sdh di coba memakai aturan kabel cross maupun straight. juga masih tetap kadang koneksi kadang tidak. di sini memakai dhcp server. range ip leasing jg sudah sangat cukup . ini sbenernya knp yah bisa di bantu….makasih

    • ki Grinsing says:

      Biasanya yang ginian ini ada masalah dari salah satu sumber PC yang mungkin NIC adapter nya tidak bagus, bisa perlu update driver, bila perlu diganti saja NIC adapternya, atau salah satu kabel dr PC masalah sehingga bikin saturasi salah satu port yg akibatnya bikin masalah hub. Test satu persatu pc dilepas seharian atau beberapa jam…pc mana yang bermasalah ….

  134. Dedy Kurniawan says:

    Assalamu’alaikum
    Tempo hari saya upgrade paket indihome 5mbps ke indihome 10 mbps tapi kenapa billing server tidak bisa terhubung ke client trus hanya server yang bisa internet. Pertanyaannya apa salah pemasangan kabel apa biilingnya yang harus di ganti? Saya memakai pikabilling. Mohon pencerahannya. terimakasih

    • ki Grinsing says:

      Apa emang IP berubah …? diserver IP nya berubah dari awalnya seblum upgrade…? bisa aja server billing ini menggunakan ip statis…ane gak faham pikabilling…coba cek lagi

  135. bambang says:

    aslamualiakum.. saya punya mslh tntng jaringan,semoga di bantu. koneksi salah pc saya klo ingin konek harus di disable dulu lalu di enable pada device manager nya, nanti pc nya di hidupkan kan lagi ya harus di ulangi lagi. terima kasih bantuan nya

  136. Handoko says:

    Dear all, sy mau menanyakan mengenai IP di salah satu komputer di kantor sy yg suka berubah sendiri. Di set DHCP. IP yg didapat adalah 192.168.1.52, tetapi sering bisa berubah sendiri ke 127.0.0.1, sehingga tidak bisa konek shared folder. Yg ingin ditanyakan apa penyebab dan solusinya y? Sudah ganti kabel LAN baru dan Swtich Hub baru, tetapi hasilnya sama saja. Thank you.

    • ki Grinsing says:

      Coba di update driver NIC adapterx gan…..setelah diupdate lihat masih masalah gak…kalau masih coba uninstall tcp/ip terus install ulang ….

      kalo masih mslsh, Coba terlebih dahulu dikasih ip statis Gan, bikin IP yg diluar range dhcp atau dibikin exclusive ip di dhcp, biasanya ip 127.0.0.1 itu kan ip local machine, jadi ip dr dhcp lepas atau tidak dapat ip dr dhcp.

      Coba dech …let me know

  137. rio says:

    mohon pencerahan ki, di kantor saya ada 2 jaringan, vpn dan spedy. utk keperluan kantor settingan di user menggunakan gateway vpn. namun kendalanya sewatu jaringan speedy kita konekin k switch jaringan vpn kita down. mohon solusinya??

    • ki Grinsing says:

      untuk VPN pakai internet apa …? Bisa saja waktu Speedy di konek ke Switch karena modem speedy ada dhcp servernya …maka mengubah gateway kearah Speedy dan tidak lari kearah VPN…harus dibuat agar untuk internet lari ke speedy gateway dan vpn ke g/w keara Internet VPN

  138. hudhori says:

    mau minta sarannya ki, saya ingin membuat jaringan di area asrama. isp menggunakan indihome 20 mb. ada 4 blok pengguna (50 orang). tiap blok rata2 12 orang. diinginkan jaringan wireless sehingga tiap orang bisa meng-conect-kan laptop dan smartphonenya tanpa ada masalah jaringan/ lancar?.topologinya seperti apa? dan hadware yg digunakan apa saja?

    jarigan yg sudah sya coba
    pertama modem-1 router mikrotik-1 swich prolink-4 ap (apny dibuat dari router tp link yg di non aktifkan dhcp servernya) sering rto solusi restrat router mikrotik jadi tapi 1 hari tidak cuma sekali terjadi.
    lalu saya ganti topologinya modem-swich prolink-4 router tp link
    sekarang masalahnya laptop client kadang muncul pesan cannot reach dns server. tidak hanya terjadi di 1 blok saja tapi semua blok sering mengalami. solusi masih reboot router tp link ny

    • Ali H says:

      gateway kearah mana …? mestinya kearah router IP microtik kan…
      dan pastikan juga IP masing2 AP segaris satu jaringan dg ip uniq…
      koneksi router ke AP lewat LAN to LAN port bukan WAN port kan …?
      ane yakin ente da nglakuin semua …coba cek sekali lagi …

      • hudhori says:

        iya sudah seperti yang disebutkan router ke ap lan to lan , hanya saja apny gak punya ip. yg terditeksi di mikrotik langsung ip client mungkin gara2 dhcp server (router tp link yg difungsikan ap) dimatikan. mikrotik yang saya gunakan rb750r2. apa letak kesalahannya di situ ya?ato hadware mikrotiknya yang tidak kuat?

      • Ki Gr says:

        nah kan AP nya di konfigure juga harus punya ip unik dalam jaringan yang sama … kalau di ping dr client kan bisa diurut …ato pakai aja tracert bisa kelihatan dari client …misal dr client A running command c:> tracert yahoo.com …..liha kemana saja IP nya berjalan ….

  139. Deden says:

    Pak kalo ketika saya trace ke domain lokal… (saya ambil contoh detik.com) itu ko yg muncul di hop pertama ip private….

    itu kenapa yaa.. mohon pencerahannya

    • Ali H says:

      Yach tentu saja ….kan ping pertama kearah default gateway yang tidak lain adalah router / modem anda yach tentu IP masih didalam bukan public punya …baru kemudian ke arah router pertama dari ISP terdekat…yg ip public

  140. Deden says:

    oke pak terima kasih…

  141. wawan says:

    misi pak..?
    ane bekerja di suatu perusahaan. dan memiliki jaringan internet. tapi masalahnya kami tidak bisa browsing situs apapun kecuali web perusahaan, dengan kata lain di blok untuk browsing ke situs google.FB, Mail Google, Dan lainnya. namun khusus karyawan yang jabatannya tinggi bisa untuk browsing.

    gimana ya pak agar komputer saya juga dapat browsing bebas di jaringan internet…?

    trima kasih pak..

    • Ki Gr says:

      company dg infrastructure yg bagus emang membuat policy ttg ‘specific users only’ yg bisa akses internet, bisa pakai proxy dg internet-access-group only yg bisa berdasarkan user atau by device (IP address) biasanya by user-name. jadi yach minta ke admin agar bisa masuk dlm group yg bisa akses internet …

  142. Dinar says:

    isp saya telkom indihome, ping ke IP manapun selalu “destination net unreachable” , tapi hasil ping, loss nya 0 persen, dan browsing, download lancar. Seharusnya kalo ” destination net unreachable” kita tidak bisa browsing, download ke IP tersebut kan, kenapa yah ? ada satu publisher game “garena.co.id” di situ ada game fifa online 3, kenapa website nya kadang lambat, kadang webnya error “the connection was reset” , game fifa online 3 nya juga jadi ikutan nge lag, lambat, game nya keluar sendiri karena “error koneksi buruk”, padahal servernya lokal kenapa yah ? kalo saya akses ke game/website selain garena.co.id lancar lancar aja.,.,.,., trobleshooting yang harus saya lakukan seperti apa ?

    • Dinar says:

      satu lagi, itu diatas saya ping di PC pake “cmd”, tadi saya coba ping dari mikrotik, ping ke facebook.com keterangannya “no route to host” packet loss 100 persen, seharus nya ga bisa akses facebook.com kan, karena no route to host, packet loss 100 persen ? tapi ternyata bisa lancar.,.,.,, mungkin masalah ini mengakibat kan akses ke game fifa online 3 dari garena.co.id selalu lambat dan error koneksi tapi ga habis pikir cuma satu game ini aja “game nay sensitif kali yah”.,. mohon petunjuk dan saran.,.,

    • Ki Gr says:

      ping tidak bisa bukan berarti ada masalah dengan website tsb. Bisa jadi emang admin dari garena.co.id ngeblok command ping ini…(eacho off), karena command ini bisa jadi titik lemah dr website tersebut dari serangan DOS attack …makanya di block …dan biasanya hanya authorize IP saja yang boleh ngeping …
      Game lambat ke site tsb bisa saja karena bandwidth dr vendor tsb memang sempit jadi begitu banyak yg akses maka bisa saja overload bandwidthnya….

  143. areza says:

    siang min, ane pake speedy, masalah di no internet access, setelah di ipconfig muncul :

    dhcp enable : no

    ane coba ipconfig/ renew
    no operation can be performed….while its media disconnect.

    kira-kira masalah setting dimana ya min.?
    ane coba masuk google masuk ke settingan speedy.

    mohon bantuannya..terimakasih.

    • Ki Gr says:

      Ini pake wifi atau koneksi kabel saja? Kalo dhcp enable no bisa saja setting TCP/IP tidak automatic dhcp ..coba cek di TCP/IP apa sudah di setting terima DHCP..? jika sudah actif terima dhcp coba cek modemnya.

      Coba periksa dulu di konfigurasi modemnya, bisa saja dhcp di non-actifkan…tapi biasanya speedy itu selalu actif bahkan defaulnya pun aktif.

      • areza says:

        dhcp aktif ki, namun tetap no internet access, notif awal “additional log on..bla.bla” dan diarahkan menuju settingan speedy. kira-kira kenapa ya ki.?.

      • Ki Gr says:

        kalo diarahkan ke setingan speedy …kayaknya modem bermasalah macam ke default setting …coba tlp ke 147 speedy saja…

  144. Tri says:

    permisi saya lagi belajar konfigurasi router/AP, router yang saya pakai linksys WAP610N, ternyata ga ada ip defaultnya dan harus pake dhcp server, nah setelah install dhcp server di windows dan router tersambung langsung dengan pc saya menggunakan kabel, yang terdaftar sebagai client dhcp hanya pc saya, sedangkan router tidak mendapat ip. ada yang bisa membantu?

  145. Ki Gr says:

    default ip dari Linksys umumnya adalah 192.168.1.1…coba akses pakai kabel jaringan UTP koneksi ke pc/laptop dg ip jaringan yg sama misal 192.1.1.10, dan untuk konfigurasi linksys panggil ip tsb di browser misal http://192.168.1.1 klik enter nanti akan keluar menu

  146. indra says:

    Selamat mlm om
    Mau tanya nih saya punya 2 pc dan 1 laptop semuanya bisa connect internet,kebetulan yg pake laptop pake jaringan wifi tp ketika di ping ke 2pc client trsbt tidak bisa malah DHU tp ping ke ip gateway bisa.mohon pencerahan nya om.

    • Ki Gr says:

      Coba dilihat di konfigurasi control panel bagian firewall …
      Start>>Run>>firewall.cpl>>Advanced>>Klick “Settings” dibawah ICMP
      Coba perhatikan check “Allow incoming echo request”

  147. indra says:

    Echo request-ICMPv4-in sudah enable semua om kira kira apa nya ya om?
    Bingung

  148. diana says:

    Assalamulaikum om indra..

    mohon bantuannya…ini kami kan menggunakan speedy di 4 computer, yang 3 computer bisa menggunakan internet, ada satu computer yang tidak bisa, saya cek kabel jaringannya lampunya menyala baik yang di CPU maupun yang di speedy..tapi yang di sudut bawah computer jaringannya ada tanda warning, terus bacaannya no access internet…
    kalau saya ping 162.168.1.106 pesannya transmit failed, general failure…

    • Ki Gr says:

      ping ke ip 162.168.1.106 ini ping kemana? gateway atau apa …coba bandingkan di pc 1 dan pc ini dengan mbandingin ipconfig /all …apa keduanya dalam jaringan yg sama misal 192.168.1.xx atau yg masalah ini tidak dpt ip misal diluar 192.168.1.xx…atau coba aja klik kanan gb kompi itu dan pilih troubleshooting problem…

  149. Bona says:

    Permisi mau numpang tanya…ditempat kerja saya menggunakan lan onboard..dan disalah satu komputer lan onboardnya rusak maka saya pasang lan card external…tapi setelah ip saya ganti dengan ip sebelumnya dan statusnya connect tapi kok saya tidak bisa konek ke komputer server…padahal status konek…mohon pencerahannya

    • Ali H says:

      Coba masuk system bios kali saja ada cara disable LAN onboard…bisa saja masih pegang ip lama dan aktif. Biasanya walau sudah problem dan rusak di obboard perlu didisable biar gak bikin konflict.

  150. Asep says:

    mlm om ali
    mau minta bantuan nya om udah buntu ni 😀
    saya di kantor ada 2 pc dan 1 laptop,2 pc terhubung bagus ke lokal maupun ke internet karena koneksi memakai kabel,yang laptop 1 memakai koneksi wifi dan berhasil konek ke internet namun pas nyoba ping ke lokal/ping ke pc lokal ngga bisa,tadinya saya niatnya mau share printer dari pc lokal namun ping ke pc lokal ke laptop ngga bisa dari laptop ke pc lokal ngga bisa gimana mau share printer,tapi jika laptop tersebut memakai koneksi kabel bisa ping ke lokal dan internet,gitu om mohon om pencerahan nya saya udah 1 bulan bingung sendiri heheh maklum masih awam.

  151. Afrianto says:

    Halo Sekalian 🙂
    Ane mau nnya kalau PC di sambungkan ke jaringan LAN melalui kabel tetapi statusnya adalah “unidentified network”. itu solusinya gmn ya agan agan sekalian? FYI OSnya win7
    sebelumnya terima kasih

    note : saya baru di dunia jaringan 😀

    • Ki Gr says:

      Bisa saja masalah kabel yang masalah…coba ganti kabel yang dari kompi sebelah yang jalan. Ataua bisa saja masalah driver dan mungkin juga adapternya sendiri. Coba dulu di test konfigurasi tcp/ip
      c:> ping 127.0.0.1 kalau respon bagus berarti tcp dan adapter bagus …cek kabelnya …

  152. Muhammad Arif says:

    Assalamu alaiku, saya mau bertanya.
    Pada saat saya konek kabel LAN ke LinkSys WTRG54 dan power supplay sudah menyala, kok tidak ada respon (lampu indikator tidak berkedip) awalnya sewaktu saya pasang masih berfungsi. Apakah wifi saya yang rusak atau ada problem yang lain?

    Mohon bantuannya admin…
    Terima kasih

    • Ki Gr says:

      WRT54g ini router wifi dan dikonek kemana ..cable modem ato apa? Biasanya kalo belum dapet sinyal internet dari modem beberapa lampu tidak nyala…coba pastikan kabel ke WAN port yg terhubung ke modem diperiksa…

  153. sagari says:

    gan

    ane ada modem d-link. lampu indikator internetnya kedip dan blink setelah sekitan detik

    mohon bantuannya untuk mengatasi ini

    thanks

  154. Ephyn says:

    Mt pagi bang. Saya ada masalah ne, mohon bantuannya. Di kantor saya pake indihome telkom sudah sekitar 8 bulan. Saya ada laptop Aspire ES1-431-C149 yang baru saya beli 1 bulan lalu dengan OS bawaan windows 8. Masalahnya, ketika saya sambungkan laptop dengan wifi di kantor saya itu, selalu limit, trus keterangannya no internet akses. di IPV4 dan IPV6 juga no internet akses.Saya sudah coba berbagai cara bang, dari disabe dan enable di network connection untuk wifinya, instal dan uninstal drivernya, trus update drivernya tapi tetap saja g bisa. kalau di laptop teman2 saya semuanya bisa connect bang. Tapi kalau saya connect dengan kabel LAN, laptop saya bisa terconect bang. Juga kalau saya coba tather wifi dari HP saya ke laptop bisa connect juga. Apa memang indihome itu tdk compatible sama laptop saya yah?? tapi ko bisa dengan kabel LAN. Makanya saya bingung bang. sekali lagi mohon bantuannya dan trima kasih sbelumnya bang.

    • Ki Gr says:

      @Ephyn: bisa jadi emang modem wifinya indihome tidak support wifi adapter laptop. Coba aja diset manual di laptop pake IP address statis…minta ke admin IP address yg kosong …kalo bisa masuk ke admin router indihome coba di menu ip range berapa. …ato test aja pake kabel dg command ipconfig /all misal dapet ip 192.168.1.25 ….coba kasih IP statis di laptop dengan IP paling ujung misal 192.168.1.200 kalo emang kagak ada admin nya.

  155. yusran says:

    assalamu alaikum dan selamat siang.
    mohon bantuannya nich. komputer di rumah ada 2 dan kami menggunakan modem sdeedy merk huawei yang bisa wifi. permasalahannya adalah, kenapa kok semua pc jika di setting ip addesnya malah tidak bisa connet internet akan tetapi jika ip addres di otomatiskan connet internet.

    • Ki Gr says:

      kalo pakai ip statis apa ip tidak konflik dg ip address pada range dhcp router? lihat dulu dhcp range ipnya antara ip berapa sampai berapa misal dari ip 192.168.0.1 sampai 192.168.0.100 maka kalau mau set ip statis pastikan ip address diluar range IP dhcp.

  156. Kaamiliaa says:

    Halloo, mau tanya siapa tau ada yang paham, kalo lupa username dan password wifi apa bisa disetting ulang? Makasih

  157. rey says:

    Mohon maaf mas.
    saya mau tanya, kenapa wifi speedy saya setlah d restart jadi ada tanda seru ? padhal settingan sudah ssuai dengan buku panduan.

    • Ki Gr says:

      Apakah semua lampu di router normal hidup nggak? apa ada salah satu wifi client bisa connect nggak? Coba di restart saja PC tsb.

  158. Rini says:

    kalo ceritanya kayak gini penyebabnya apa ya?
    laptop ga bisa koneksi dengan wifi umum ? tetapi kalo wifi di hotspot hp bisa? mohon penjelasannya .

    • Ki Gr says:

      coba delete wif di “manage wifi network” terus restart laptop dan biarkan connect ke wifi yg mana. Biasanya dg jalan in ibisa sembuh.

  159. Romy says:

    gan minta tolong dog,
    mau naya nih! aku pakai OS linux chaletos 16.4, masalahnya udah di kasih ip, gateway, subnet mas, dnsnya juga, udah smuanya tpi coba browsing nggak bisa internetan, kalau di ping di commend linenya gatewaynya sama ipnya jalan, tpi ping dns google sama dns ISPnya nggak bisa jalan, knpa ya,,
    tolong dong, Mksi yaa sebelumnya,,!!

    • Ki Gr says:

      Gatewaynya mengarah kemana? gateway mestinya mengarah ke ip address router (modem router), pakai speedy ato apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *