Wireless Router Google OnHub

Google merilis OnHub wireless router menggandeng TP-link (TGR1900) dan Asus (SRT-AC1900), era baru cara ber wifi.

Apa itu Google OnHub?

Google memperkenalkan cara baru ber-Wifi dengan wireless router OnHub. Fungsi persis sama dengan wireless router pada umumnya bisa streaming lebih cepat, anda bisa bicara dengan bahasa yang dimengerti olehnya (inggris) dan masih terus berkembang, karena ini baru permulaan dan kelak terintegrasi dengan Home automation.




 
OnHub pertama kali dirilis Google dengan menggandeng TP-link dengan produk pertamanya TGR1900 dan produk keduanya dengan performa lebih bagus Google menggandeng Asus dengan produknya SRT-AC1900. Yach keduanya berbasis technology wifi AC1900 seperti pada wireless router mereka yaitu TP-link Archer C9 dan Asus AC68U.

Keduanya mempunyai design yang hampir sama, Onhub pada TP-link dikemas compact seperti topi silindernya pesulap dengan sedikit diatas lebih melebar. Sementara Asus mempunyai design sedikit berbeda, seperti model TP-link yang dibalik dimana bagian atas menjadi bagian bawah, jadi bagian bawah melebar.

OnHub tidak jauh berbeda dengan wireless router pada umumnya, sebenarnya ada beberapa perbedaan mencolok, pada intinya memberikan layanan wifi kepada client wifi di rumah anda.

Bagus untuk perangkat Mobile

Kedua produk ini sangat cocok jika dirumah anda hanya melayani perangkat smartphone baik Android, iOS ataupun Windows phone, akan tetapi untuk kebutuhan akan koneksi jaringan kabel yang handal Onhub kurang mendukung, walau memang ada tersedia satu saja port RJ45 Gigabit untuk LAN dan satu port WAN gigabit. Bandingkan dengan wireless router pada umumnya yang memiliki port Ethernet 4 buah LAN dan satu WAN.

Google onhub router

Google OnHub by TP-link

Diletakkan diruang tengah

Prinsip Google memang untuk mengurangi kabel sliweran diruangan anda, dan memang Onhub dimaksudkan untuk diletakkan diruang terbuka agar jangkauan wifi merata diseluruh ruangan. Yach masih saja sich tersisa kabel koneksi WAN.

Tidak seperti wireless router pada umumnya yang memang diletakkan diujung dimana terdapat koneksi kabel broadband dan modem, Onhub dimaksudkan untuk di ruangan terbuka dirumah anda sebagai bagian dari dekorasi ruangan. Makanya hanya tersedia satu port RJ45 untuk koneksi LAN dan satu port WAN. Walau sebenarnya masih menyisahkan kabel sliweran untuk koneksi WAN dan itu berarti kabel WAN anda harus sepanjang dimana Onhub diletakkan diruangan anda dari saluran broadband modem.

Google onhub router

Google OnHub by Asus

Integrasi Home automation

OnHub wireless router sudah menyediakan standard automasi rumah walau saat ini belum diaktifkan, hanya fitur untuk memberikan prioritas koneksi ke perangkat dengan cara melambaikan tangan anda diatas Onhub. Mengingat Onhub terintegrasi dengan Google On app maka diperlukan satu account google yang selalu koneksi ke internet.

Untuk video perkenalan system OnHub ini silahkan simak video berikut ini:

Fitur utama

Kedua produk ini baik TP-link TGR1900 dan Asus SRT-AC1900, keduanya mempunyai kemiripan fitur walaupun secara hardware Asus memepunyai kelebihan, mungkin kelak TP-link juga memperbaiki hardware menjadi lebih optimal bekerja. Berikut adalah fitur umum yang dimiliki kedua model router Google OnHub:

  • Untuk setup menggunakan Google On app (Android dan iOS) yang bisa melihat perangkat mana saja yang terkoneksi ke jaringan dan memberikan bantuan ketika ada wifi melemah
  • Dikemas dengan technology wireless AC1900 simultaneoud dual band dengan design antenna sekeliling cylinder bagian atas
  • Speed sampai 1300Mbps untuk freq band 5GHz dan sampai 600Mbps untuk freq band 2.4GHz
  • System selalu mencari channel paling sepi untuk kemudian beralih ke channel tersebut
  • Wave control lambaian tangan untuk memberikan prioritas bandwidth kepada perangkat tertentu
  • Update firmware secara automatis begitu juga security upgrade

Sebenarnya ada perbedaan antara keduanya walaupun fungsinya sama karena produk ini produk Google dengan menggandeng partner TP-link dan Asus.

Perbandingan

Pada table dibawah ini silahkan disimak untuk melihat perbedaan spec (jika ada) dari kedua produk OnHub Google dari TP-link dan Asus.

Table perbandingan OnHub TP-link Vs Asus

  TP-link TGR1900 Asus SRT-AC1900
Teknologi Wifi Wireless AC1900 Wireless AC1900
Speeds Sampai 1300Mbps pada freq band 5GHz dan sampai 600Mbps pada freq band 2,4GHz. Sampai 1300Mbps pada freq band 5GHz dan sampai 600Mbps pada freq band 2,4GHz.
Antennas 13x dual band Wi-Fi antennas performa tinggi

1x Bluetooth antenna

1x Zigbee antenna

7x dual band antennas cerdas performa tinggi

1x Zigbee antenna

1x Bluetooth antenna

Ethernet Ports 1x Gigabit LAN port

1x Gigabit WAN port

1x Gigabit LAN port

1x Gigabit WAN port

USB Port 1x USB port (penggunaan masa depan) 1x USB port (penggunaan masa depan)
Firmware Update firmware Automatic begitu juga upgrade security Update firmware Automatic begitu juga upgrade security
Price in Amazon $199.99 $219.99

 

Kedua produk hampir mempunyai spec yang sama, hanya dari sisi design antenna agak berbeda. Untuk melihat spesifikasi lengkap silahkan simak link dibawah ini.

Kedua produk ini masih dikembangkan terus oleh Google untuk fitur home automation nya, semua system rumah cerdas akan terintegrasi disini dengan dukungan standard automasi ZigBee. Kelak setiap ada penambahan system security rumah maka akan dibuat firmware update yang didorong secara automatis kesystem router.

Kendala

Bagi anda pelaku gamers yang mengandalkan koneksi kabel misal untuk desktop gaming computer, dan mungkin untuk koneksi cepat ke server, OnHub bukanlah yang anda perlukan mengingat OnHub hanya memiliki satu buah port LAN Gigabit.

Tentunya akan lebih nyama jika anda memilih wireless router biasa yang memiliki empat port LAN dan apalagi yang mempunyai kecepatan wifi dari technology wireless AC2400 misal Linksys EA8350, Nighthawk X4 dan Asus AC87; atau mungkin yang super cepat wireless router tiga band misal Nighthawk X6.

Akan tetapi saat ini hampir dalam satu rumah ada satu Smartphone Android, iOS untuk setiap anggota keluarga tentunya nanti OnHub ini menjadi semakin seru, cara baru ber-Wifi begitu semboyan Google. Disamping itu, dengan perkembangan teknology wifi, kini mulai bermunculan Mesh wifi system sebut saja contohnya adalah Google mesh wifi system atau yang lebih besar skalanya adalah Linksys Velop.

Cheers, AH




Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *